Google Plus untuk Search Engine Optimization (SEO)

Google Plus yang baru diluncurkan beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat populer bagi seluruh kalangan, seperti para pengusaha, politikus, blogger, bahkan social addict.

Saking populernya, sudah banyak para pengguna Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya meliriknya dan mulai membangun “kerajaan” mereka di Google Plus sehingga mempunyai banyak follower yang berarti kepopuleran meningkat tajam.

Google Plus sangat berbeda sekali dengan Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Di media sosial ini terintegrasi dengan mesin pencari atau Search Engine Google yang sudah menjadi raksasa mesin pencari dunia.

Jika memposting di media sosial lain, maka post tersebut tidak akan langsung terindeks atau terdeteksi di mesin pencari Google. Sementara Google Plus, jika mempos sesuatu, maka Google akan mengindeksnya dengan baik di mesin pencarinya. Bahkan kita pun tidak memerlukan alat lain agar ketertampakan postingan tersebut untuk mengoptimasinya seperti menggunakan Webmaster Tool ataupun Google Analytics. Itu pula sebabnya, Google Plus dapat dijadikan sebagai tempat mini blogging.

Oleh karena itu, jika anda mempunyai sebuah situs dan ingin trafik yang tinggi, maka Google Plus adalah tempat yang tepat agar blog tersebut cepat terlihat oleh mesin pencari Google. Namun demikian, bagi para pengguna situs yang top level domain, penggunaan alat optimasi mesin pencari seperti Webmaster Tool dan Google Analytic masih diperlukan.

Cara yang ingin saya sampaikan ini merupakan pendukung yang bisa mempercepat akselerasi keterlihatan situs di mesin pencari.

Mari kita mulai:

1. Langkah pertama adalah menautkan akun Google Plus ke situs yang anda punyai. Caranya dengan menambahkan anda sebagai kontributor pada situs.

2. Setelah langkah pertama selesai, selanjutnya adalah menautkan URL tulisan di situs ke postingan di Google Plus.
Menautkan URL barangkali tidak perlu dibahas lagi, karena tentunya sudah pada ahli, yaitu dengan mengklik tombol Link yang terdapat dibawah tempat menulis status. Yang perlu menjadi perhatian adalah tulisan komentar yang akan ditulis disana. Di saat posting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

a. Judul postingan harus sama dengan judul tulisan di situs. Hal ini penting karena yang dirayapi oleh Google Search Engine adalah tulisan yang ditulis pada bagian komentar ini, bukan URL yang dilampirkan pada komentar (laman situs). Selanjutnya jangan lupa untuk menebalkan tulisan judul dengan memberikan tanda asterisk (*) di awal dan di akhir judul.

b. Pada tiap awal huruf yang ada di judul harus diberi huruf besar (sesuai EYD), karena dengan memberikan kombinasi huruf besar dan huruf kecil menjadikannya salah satu kata kunci atau keyword.

c. Beri jarak satu kali enter antara judul dan isi posting.

d. Buatlah hashtag, dimana hashtag ini menjadi kata kunci utama. Sangat sempurna jika hashtag tersebut ditempatkan pada judul posting anda, sehingga kata kunci utama mendapatkan tiga perlakuan istimewa, yaitu ditebalkan, kombinasi huruf besar dan huruf kecil dan hashtag.

Contoh: *Cara Menggunakan #GooglePlus untuk #SearchEngineOptimization (SEO)*

3. Kalau judul sudah selesai, maka komentar yang diberikan adalah apa manfaat yang akan diperoleh para pembaca jika membaca tulisan.

4. Perbanyaklah follower, karena jika follower bertambah sebanyak 100 orang, maka ketertampakan di mesin pencari Google akan bertambah sebanyak 14 persen lebih.

5. Selalu beri +1 pada status yang dibuat.

6. Bagikanlah hasil postingan tadi ke berbagai komunitas yang terdapat di Google+ dan jangan lupa beri juga +1 pada pos dibagikan di komunitas itu.

Itulah cara menggunakan Google Plus untuk meningkatkan SEO, yang tidak akan didapatkan dari media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda