Google Analytics Untuk Pemula

 

Beginner 1.1

Pengantar

Pada tulisan ini akan membahas mengenai pemahaman dasar tentang Google Analytics. Disini anda akan ditunjukkan bagaimana cara membuat dan menerapkan sebuah akun, menyiapkan penayangan dan bagaimana menfilternya, cara membaca laporan dasar, cara mempersiapkan dasbor analytic, melakukan analisis dasar dan mempersiapkan sasaran serta pelacakan kampanye iklan yang sedang berjalan.

Pengertian Analitik Digital

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu dijelaskan mengenai definisi dari analitik digital dan kenapa analitik ini sangat penting bagi sebuah kampanye digital.

Biasanya, pengusaha meletakkan barang dagangannya di depan tokonya. Di dalam pemasaran, kita mempunyai konsep bagaimana cara pembelian. Ada beberapa tahapan cara pembelian yang menggambarkan interaksi konsumen. Pada dasarnya cara tersebut mengikuti beberapa konsep, yaitu:

  • Akuisisi yang melibatkan bagaimana cara membangun kesadaran dan memperoleh minat pengguna terhadap kegunaan barang dagangan anda.
  • Perilaku adalah saat pengguna terlibat dengan bisnis Anda seperti sewaktu melakukan pembelian
  • Konversi merupakan sewaktu pengguna menjadi pelanggan dan melakukan transaksi atau melakukan pembelian dengan bisnis Anda
google, analytics, pemula

Konsep Analytics

Di kehidupan sehari-hari, proses ini agak sulit diukur. Namun di dunia maya, proses ini dapat diukur melalui berbagai aspek cara pembelian dengan menggunakan analisis digital. Google Analytics dapat melacak perilaku berselancar pengguna seperti apa yang menyebabkan pelanggan melakukan pembelian dan menggunakan data tersebut untuk membuat keputusan tentang bagaimana cara memperoleh atau menggapai pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Praktek Analitik Digital

Anggaplah ada sebuah toko online. Kita contohkan disini Toko Google Merchandise. Tujuan didirikannya toko ini adalah untuk menjual baju kaus lebih banyak. Dengan menggunakan analitik digital, pemilik toko dapat mengumpulkan dan menganalisa data dari promosi secara digital yang dilakukan untuk melihat promosi mana yang paling efektif dan dapat meningkatkan penjualan di masa depan.

Sebagai contoh, si pemilik dapat menganalisa data penjualan secara geografis untuk mengetahui jika orang di tempat tersebut membeli kaus tadi dan kemudian melakukan promosi pula di area tempat dia berjualan. Si pemilik toko juga dapat menggunakan analitik ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan pengguna melalui troli pembelian online mereka. Jika mereka dapat mengetahui bahwa pelanggan mereka mengalami masalah dengan beberapa langkah di situsnya, si pemilik dapat melakukan perubahan di situs itu untuk menyelesaikan masalah tadi.

Ada beberapa pihak yang akan memperoleh keuntungan dari analitik digital ini, yaitu:

  • Para penerbit, mereka dapat menggunakan analitik digital ini untuk membangun audiennya agar lebih loyal, lebih terlibat dan memperbaiki iklan di situsnya agar sesuai dengan keinginan pengguna atau pengunjung.
  • Pebisnis online, mereka dapat menggunakan analitik digital ini untuk lebih mengerti mengenai kebiasaan pelanggan dalam melakukan pembelian dan meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka.
  • Situs yang berpengaruh di dunia maya, mereka dapat mengumpulkan informasi pengguna untuk tim penjual agar dapat terhubung dengan pembeli potensial. Disamping itu, Google Analytics juga bisa mengumpulkan data tentang kebiasaan dari berbagai sistem seperti aplikasi perangkat bergerak (seperti ponsel cerdas), sistem titik penjualan secara online, konsol video game, sistem manajemen hubungan pelanggan, dan berbagai platform lainnya yang terhubung ke internet.

Data-data tersebut dihimpun dalam laporan Analytics, sehingga anda dapat menggunakannya analisis yang lebih mendalam agar dapat lebih mengerti tentang kebiasaan pelanggan dan pengalaman mereka sewaktu melakukan pembelian. Untuk itu anda dapat memeriksa solusi yang diberikan oleh Google Analytics untuk meningkatkan penjualan barang anda.

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/1/lesson/1

Teks: https://support.google.com/analytics/answer/6383002

Silakan sampaikan komentar Anda