Fitur Photo Autobackup di Google Plus

Google Plus mempunyai sebuah fitur yang berfungsi untuk mencadangkan foto yang ada di handphone. Nama Fiturnya adalah autobackup. Dengan adanya fitur ini, foto yang ada di dalam handphone anda akan secara otomatis dicadangkan dan diupload ke server google untuk disimpan.

Fitur autobackup  memudahkan anda membagikan foto yang telah dicadangkan ke lingkaran. Ini bisa dilakukan baik melalui handphone maupun lewat komputer desktop. Kegunaan lain dari autobackup adalah menyediakan cadangan bagi foto jika terjadi sesuatu terhadap handphone seperti kena virus atau rusak.

Photo yang bisa di cadangkan termasuk photo yang diambil melalui kamera handphone, photo yang didownload melalui handphone atau computer dan photo yang disimpan melalui aplikasi seperti WhatsApp dan Hangouts.

Keuntungan yang didapat jika menggunakan fitur ini adalah

1. Private

Photo atau video yang ada tidak akan terlihat oleh umum di internet, dalam artian, hanya anda saja yang dapat melihatnya, kecuali anda mensetnya ditampilkan untuk umum.

2. Dapat diakses dimana saja

Foto tersebut dapat diakses menggunakan perangkat yang terhubung melalui Google Plus atau aplikasi Google lainnya.

3. Tersedia penyimpanan gratis

Google menyediakan tempat penyimpanan gratis bagi foto anda yang terintegrasi dengan Google Drive.
Cara Mengaktifkan atau Mematikan Fitur Autobackup

Jika anda mengaktifkan fitur ini, berarti foto atau video yang ada di perangkat akan dicadangkan melalui internet ke akun Google dan disimpan di Drive. Anda bisa melihat dan menyusun foto dan video tersebut melalui aplikasi seperti Google Plus dan Google Drive.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka aplikasi photo dari Google

Sentuh tombol menu

Pilih settings

Sentuh Autobackup

Tersedia tombol untuk merubahnya menjadi on atau off.

Biaya dari fitur ini tergantung dari setting yang anda buat. Jika foto tersebut diset dengan ukuran standar, tidak ada biaya sama sekali. Jika mencadangkannya dengan ukuran yang penuh dan mengakibatkan Drive anda penuh, maka google akan mengubah setingannya menjadi standar. Ukuran standar photo adalah 2048px atau kurang. Ukuran photo standar tidak lebih dari 100 MB.

Menentukan Folder Handphone yang akan dicadangkan secara otomatis.

Anda dapat menentukan foto di folder mana saja yang akan dicadangkan secara otomatis. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan untuk folder, sentuh ikon berbentuk tiga buah titik di bagian kanan atas aplikasi photo, pilih setting, pilih auto backup dan pilihlah folder mana yang akan dicadangkan.

Menghapus foto yang di handphone dan di google melalui aplikasi Google+.

Jika ingin menghapus seluruh foto dari Google Plus di handphone dan di server google, di aplikasi Google Plus, pergi ke Everything, dan kemudian di bagian bawah, pergi ke photo. Pilih photo pertama yang ingin di hapus di bawah “All” dan tekan agak lama foto pertama yang dipilih, kemudian pilih foto mana lagi yang mau dihapus. Sentuh ikon bin (tong sampah) di bagian atas kanan untuk menghapus foto tersebut, baik yang di handphone maupun di server google.

Menghapus Foto yang Berada di Handphone

Jika hanya ingin menghapus foto yang terdapat di handphone saja, tetapi tidak ingin menghapus foto yang ada di server Google, langkah-langkahnya sebagai berikut. Ketika di aplikasi foto di handphone, sentuh simbol photo di bagian kiri atas menu, kemudian pergi ke “On Device”. Temukan folder kamera, kemudian sentuh nama folder untuk membukanya. Jika anda hapus melalui cara ini, maka hanya yang di foto saja yang akan dihapus.

Mengembalikan Foto di Aplikasi Google Plus

Di aplikasi Photo di handphone, sentuh symbol foto di kiri atas menu, kemudian sentuh gambar bin (tong sampah). Kemudian sentuh gambar yang ingin di kembalikan, sentuh agak lama foto tersebut. Sebuah menu akan muncul, pilih restore. Langkah ini akan mengembalikan photo di handphone dan di album Google Plus anda.

Mengembalikan photo ke Handphone

Jika anda secara tidak sengaja menghapus foto yang terdapat di foto, namun masih tersimpan di server Google, cara satu-satunya hanya menggunakan laptop atau desktop. Langkahnya adalah: di tombol Home, dan menu yang muncul, pilih foto.

Klik bar untuk melakukan pencarian dan pilih autobackup. Pilih gambar pertama yang ingin di kembalikan dengan mengklik tanda centang di bagian kiri atas foto tersebut. Kemudian scroll ke bawah hingga ke foto terakhir, tekan tombol dan tahan tombol shift, dan kemudian klik tanda centang di yang terdapat di foto tersebut. Setelah itu, klik More di bar berwarna biru, dan kemudian pilih download.

Perlu diingat, anda hanya bisa mendownload 500 foto saja dalam satu kali membackupnya. Setelah seluruh foto terunduh, anda bisa memindahkannya menggunakan kabel USB yang terhubung ke handphone anda dan copy pastekan ke folder mana foto tersebut ingin anda simpan di handphone.

Silakan sampaikan komentar Anda