Fitur Baru WordPress 4.9

Pada bulan November 2017 ini, WordPress 4.9 baru dirilis. Ini merupakan liris kedua dan rilis utama dari WordPress dimana terdapat beberapa fitur baru dan peningkatan yang sangat menarik. Di tulisan ini, saya akan menunjukkan apa saja yang baru di WordPress 4.9 dan fitur apa saja yang harus anda coba setelah mengupdatenya.

What's new in WordPress 4.9

4.9 ini adalah rilis WordPress terbesar dan jika anda tidak mensetnya agar update secara otomatis, maka anda harus melakukan update secara manual.

Catatan: Jangan lupa untuk selalu membuat cadangan lengkap sebelum memulai mengupdate.

Pengalaman Browsing Tema di Customizer

Pada WordPress 4.9 terdapat beberapa peningkatan bagi penggunanya. Perubahan ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan seperangkat tool untuk para developer.

Mereview dan merubah tema secara langsung dari customizer sekarang ini telah lebih user friendly. Anda bisa melihat seluruh tema yang terinstal pada panel preview dan mengklik tombol live preview untuk menampilkannya pada customizer.

 

Browsing themes in customizer

Anda juga bisa browsing dan mencari tema WordPress dan menginstalnya langsung dari customizer.

Install and preview WordPress.org themes directly from customizer

Menyimpan dan Melakukan Perubahan Terjadwal di Customizer

WordPress 4.9 terdapat perubahan tampilan pada tema customizer. Tampilannya seperti Post Revision tetapi ini untuk perubahan tema. Anda bisa melakukan perubahan tanpa harus menerapkannya di situs.

Save theme draft

Fitur baru ini juga dapat membantu anda untuk secara gampang membagikan sebuah preview terhadap perubahan tersebut kepada semua orang. Cukup dengan mengkopi URL previewnya dan kirim URL tersebut ke orang yang ingin anda bagikan. Anda bisa melihat perubahan tersebut tanpa harus login.

Share customizer changes preview

WordPress 4.9 juga memudahkan anda untuk melakukan perubahan terjadwal terhadap tema secara otomatis. Sehingga anda bisa menentukan kapan tema tersebut berganti tanpa harus login karena telah terubah secara otomatis sesuai dengan keinginan.

Schedule theme changes in customizer

Developer tema sekarang ini bisa menggunakan perubahan-perubahan baru tersebut pada JS API customizer. Perubahan ini dapat membantu mereka untuk memperoleh kontrol yang lebih baik, panel luarnya sangat bagus dan tampilan notifikasi langsung tampil di layar.

Better notifications in customizer

 

Wiget Gallery Baru di WordPress 4.9

WordPress 4.9 memperkenalkan widget media baru, termasuk rich text, audio, gambar dan video. WordPress 4.9 diperluas dengan memperkenalkan widget gallery yang baru ini.

Dengan widget baru ini anda bisa membuat sebuah gallery WordPress tersendiri dan menambahkannya pada sidebar atau pada area khusus untuk widget.

 

New gallery widget in WordPress 4.9

Seperti galery native WordPress lainnya, widget ini bisa dibatasi fungsinya. Jika anda ingin galery tersebut lebih powerful dengan album, maka anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan plugin pihak ketiga seperti Envira Gallery.

Menambahkan Tombol Media pada Widget Teks

Widget teks pada WordPress 4.8 widgetnya hanya berbentuk teks polos dan tab HTML. Namun sekarang, jika anda ingin menambahkan sebuah gambar pada sidebar text widget, maka anda masih harus menuliskan kode HTMLnya.

Pada WordPress 4.9 hal ini telah diperbaiki dengan menambahkan tombol “Add Media” pada widget teks. Sekarang anda akan lebih gampang memilih atau mengupload sebuah gambar langsung di text widget.

 

Add Media button in text widget

Dukungan OEmbed Diluar Post Content

Pada versi sebelumnya menambahkan embed secara otomatis tidak bisa di luar area konten postingan. Dengan WordPress 4.9, oEmbed bisa dilakukan pada text widgets dan daerah lainnya.

oEmbed in sidebar widgets

Shortcode pada Sidebar Text Widgets

Pada versi sebelumnya, WordPress tidak mengizinkan penggunanya untuk mengeksekusi shortcode pada widget teks. Para pengguna harus secara langsung untuk men-enable-kan shortcode pada widget teks terlebih dahulu. Namun sekarang hal tersebut telah berubah dan para pengguna bisa menambahkan shortcode pada widget teks di luar kotak.

Shortcodes in sidebar widgets

Pengalaman Baru Saat Mengedit Kode di WordPress 4.9

Dengan WordPress anda bisa menambahkan kode HTML/CSS pada beberapa tempat seperti editor tema, panel custom CSS atau pada widget custom HTML.

Di versi sebelumnya, area ini hanya berupa kotak teks dan tidak terlihat seperti editor kode pada umumnya.

Pada WordPress 4.9 hal ini telah berubah dengan menambahkan penyorotan syntax, usulan kode, dan auto-completion pada area tersebut.

 

Code editing in WordPress 4.9

Jika anda pernah mengalami syntax error ketika mengedit tema anda, maka peningkatan ini akan secara otomatis akan memperbaiki beberapa kesalahan umum yang menyebabkan error tersebut.

Error highlighting

Jika anda tidak ingin menggunakan fitur penyorotan syntax, maka anda masih bisa menonaktifkannya. Cukup dengan masuk ke halaman profil dan hilangkan pilihan penyorotan syntax.

Disable syntax highlighting

Salah satu masalah penggunaan yang dihadapi oleh blogger pemula adalah masalah perubahan yang langsung dilakukan pada editornya tanpa mengerti atau paham mengenai konsekuensinya. Kesalahan kecil saja akan membuat syntax error dan membuat website tersebut tidak bisa diakses.

Pada WordPress 4.9 akan muncul peringatan ke pengguna ketika mereka mengakses editor tadi.

 

Theme editor warning

Disini juga akan muncul beberapa tip dan mengarahkan mereka ke panel CSS custom pada customizer.

Bagaimanapun, beberapa pengguna mengakses editor tidak untuk membuat perubahan tetapi hanya ingin melihat kodenya saja. Biasanya ketika mereka bekerja pada child themes. Untuk membantu para pengguna tersebut, editor akan menampilkan file dan folder secara rekursif pada sidebar agar browsingnya lebih gampang untuk seluruh file pada folder tema.

 

Files and directories in theme editor

Perubahan Yang Tidak Tampak

Berikut ini merupakan beberapa perubahan yang tidak kelihatan.

  1. Susunan widget tema dan menu navigasinya lebih bagus setelah menukar tema. #39693#39692.
  2. Membuang WSFUpload library dari core.  #41752
  3. Mewajibkan sebuah tautan konfirmasi di sebuah email untuk di klik oleh admin ketika seorang pengguna ingin merubah alamat emailnya. #16470

Itulah beberapa perubahan pada WordPress 4.9 terbaru, semoga bermanfaat.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda