Ekstensi Browser Agar Aman Online

Internet mempermudah kita melakukan apapun secara online, seperti membeli barang dengan sekali klik, tetapi dibalik kemudahan, ada beberapa konsekuensinya. Beberapa konsekuensi tersebut yaitu segala kegiatan kita akan mudah dilacak ketika beraktifitas di internet.

Anda mungkin tidak tahu hal ini, tetapi setiap situs yang dikunjungi biasanya menggunakan satu atau beberapa “pelacak” untuk mengetahui kebiasaan kita browsing di internet dan mereka mempelajari setiap kegiatan yang kita lakukan.

Biasanya mereka lakukan untuk mengetahui apa yang kita sukai sehingga mereka bisa beriklan berdasarkan minat penggunanya.

Beberapa pelacak tampak aman bagi kita, tapi sebenarnya sangat berbahaya. Contohnya seperti ikon berbagi Facebook dan Twitter. Ikon berbagi ini berguna untuk membagikan tautan secara cepat, tetapi sebenarnya mereka selalu melacak setiap kegiatan yang kita lakukan di internet jika pernah menggunakan atau mengklik ikon tersebut.

Tulisan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu software yang berfungsi untuk memblok pelacak dan software pembuat password.

Berikut penulis berikan mengenai beberapa ekstensi browser agar seluruh kegiatan di internet tidak dilacak lagi oleh mesin pelacak, yaitu:

1. Software Pemblok

Disconnect

Ini merupakan ekstensi yang harus dipakai. Dia akan memblok skrip pihak ketiga secara otomatis saat dia melacak anda, seperti Google Analytics, Intercom, tombol sosial media dan lainnya.

Disconnect menampilkan sebuah nomor kecil di sebelah ikonnya. Fungsinya menunjukkan berapa banyak skrip yang telah diblokir dan juga gambaran visual mengenai berapa banyak skrip yang telah mencoba masuk secara diam-diam untuk melacak setiap kegiatan yg dilakukan.

Ghostery

Mirip dengan Disconnect, Ghostery memblok software pelacak yang mengikuti kita di internet.

Di Ghostery terhadap fitur untuk me-enable dan disable pelacak mana yang akan anda izinkan, namanya Ghostrank. Ghostery menawarkan control yang lebih rendah dibandingkan Disconnect, walau fungsi umumnya sama.

Kedua ekstensi ini gratis, silakan anda cobakan keduanya dan pakailah mana yang dirasa cocok.

HTTPS Everywhere

Beberapa situs online telah versi HTTPS tetapi sayangnya tidak meredirect versi lama mereka yang tidak aman ke versi HTTPS secara otomatis. Kegunaan ekstensi ini untuk mengarahkan ke versi terenkripsi situs tersebut, sehingga pihak ketiga yang ingin melacak akan kehilangan anda.

Privacy Badger

Cara kerja ekstensi ini menggunakan metode algoritma untuk menentukan apakah akan memblok atau tidak sebuah mesin pelacak yang sedang melacak anda.

Keep My Opt Outs

Ekstensi satu ini merupakan salah satu produk Google. Anda bisa menentukan apakah ingin tetap dilacak oleh sebuah perusahaan  secara demografis dan minat. Cara menggunakannya dengan mengklik tombol opt-out permanently dan selesai. Kita tidak akan terlacak lagi.

Adblock / uBlock

Adblock berfungsi untuk memblok iklan yang tayang di layar anda. Disamping itu juga bisa memblok malware yang mungkin masuk ke browser. Dengan Adblock, bisa diatur apakah malware, privacy list atau memblok keseluruhan iklan.

uBlock digunakan untuk laman penyaringan pihak ketiga dan memblok seluruh software pelacak dan iklan.

Untuk iklan, sebaiknya jangan diblok. Karena akan ‘mematikan’ mata pencaharian teman-teman kita. Sebaiknya yang diblok itu hanya malware dan software yang merugikan saja.

2. Password Generator

1Password

Fungsi ekstensi ini untuk membuatkan sebuah password. 1Password adalah password manager. Dia bisa dipakai di desktop atau smartphone dan bisa dijadikan ekstensi bagi browser. Jika anda menggunakan beberapa perangkat, seperti desktop dan smartphone, 1Password dapat disinkronkan sehingga password di desktop dan perangkat lainnya menjadi sama.

Biaya lisensi untuk alat ini sebesar 50 dolar seumur hidup.

LastPass

Sama dengan 1Password, dia bisa meregenerate dan menempatkan password secara aman di cloud. Layanan ini gratis untuk penggunaan melalui desktop, tapi akan berbayar sebesar 12 dolar per tahun jika dipergunakan untuk mobile.

Dashlane

Cara kerja Dashlane dengan selalu merubah password kita secara otomatis dan meningkatkan keamanan akun secara keseluruhan. Fitur lainnya dia bisa memberikan nilai seberapa aman sebuah password. Jika kita menggunakan beberapa perangkat, biayanya sebesar 40 dolar per tahun.

Tunnelbear

Password manager ini baru tersedia bagi pengguna Chrome. Dia akan meng-enkrip ketika browsing dan membuat sebuah virtual Private Network.

Virtual Private Network adalah sebuah teknik menghilangkan identitas asli dan alamat computer dari internet. Sehingga kita seakan-akan berada di tempat berbeda dengan identitas yang berbeda pula.

Fungsi lainnya dia akan menggunakan sebuah VPN ketika terhubung dengan jaringan yg tidak aman seperti di tempat umum, café. Sehingga orang tidak bisa melihat kegiatan kita berselancar.

Layanan ini gratis hingga pemakaian 500 MB per bulan. Jika melebihi, biayanya 5 dolar perbulan.

Tidak ada pengaturan khusus agar bisa memakai layanan ini.

Selamat mencoba, dan jika ada tambahan silakan tambahkan di kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

2 thoughts on “Ekstensi Browser Agar Aman Online

  1. Rasa-rasanya untuk browsing sekarang ini sangat tidak aman bagi anak-anak..ya kan Bang.

  2. iya, jagain anak sekarang lebih susah dibanding jaman kita dulu 🙂
    apalagi kalau mereka sudah kenal dengan online

Silakan sampaikan komentar Anda