Daftar Sumber Daya Google Analytics

google-analytics

Anda sebagai pemilik blog atau pebisnis yang menjual melalui internet tentu sudah tidak asing dengan namanya Google Analytics. Tetapi, apakah sudah seluruh fitur dan perkembangan GA ini telah dipergunakan secara optimal? Barangkali kebanyakan dari kita tidak mengetahui bagaimana kekuatan GA sebenarnya. Untuk itu disini saya kumpulkan berbagai sumber daya Google Analytics berupa canel bantuan, tool pihak ketiga yang bisa dikolaborasikan dengan GA, dan tool berkaitan dengan Google Analytic.

Kanal Resmi Google Analytics

Agar memperoleh informasi terbaru tentang Google Analytics dan memperoleh bantuan ketika terjadi masalah terhadap situs, bisa mempergunakan kanal resmi di bawah ini.

  1. Google Analytics Blog – Blog resmi dari GA, berisikan tentang update dan berita terbaru.
  2. Google Analytics Help Center – Pusat bantuan ketika terjadi masalah. Disini bisa ditemukan berbagai tip dan tutorial sewaktu menggunakan Google Analytics dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan.
  3. Google Analytics Developers – Disini berisi platform developer untuk dapat mengakses sumberdaya untuk mengumpulkan, mengkonfigurasi, dan laporan terhadap interaksi pengguna dengan konten blog.
  4. Google Analytics Product Forums – Di forum ini anda bisa bertanya dan menjawab pertanyaan dari pengguna lain, mencari jawaban dari kesulitan yang anda alami dan mendiskusikan produk dari ini serta bertemu dengan pengguna Google dari seluruh dunia untuk seluruh produk Google.
  5. Google Analytics Academy – Tempat belajar GA secara online gratis.
  6. Google Analytics Training & Certification – Tempat belajar GA dan jika anda ingin memperoleh sertifikat keahlian GA, disinilah tempatnya.
  7. Google Analytics Partners – Jika menemukan kesulitan dan ingin bimbingan dari para profesional GA, kunjungilah tempat ini.
  8. Google Analytics Solutions Gallery – Tempat ini berisi solusi produk seperti dashboard, laporan dan segmentasi untuk memperdalam keahlian GO dan meningkatkan pendapatan. Disini mereka akan bersedia membantu anda untuk mempelajari data-data blog anda.
  9. Google Analytics URL Builder – Disini anda akan memperoleh bantuan untuk menambahkan parameter tertentu ke URL yang digunakan untuk promo khusus. Ketika pengguna mengklik link yang diberikan, parameter unik akan dikirimkan ke akun Google Analytics, sehingga anda dapat mengidentifikasi URL yang paling efektif di website.
  10. Google Analytics on YouTube – Kanal resmi khusus untuk pengguna Youtube.  Disini mempelajari tentang analitik web Google dan produk iklan online.
  11. Google Analytics on Google+ – Ini adalah akun resmi Google+ dari Google Analytics. Dengan memfollow akun resmi GA bisa langsung memperoleh informasi terbaru, tip dan tren di dunia maya.
  12. Google Analytics Academy on Google+ – Disini tempat belajar mengenai fondasi bagi pemasar dan para analis untuk mengerti mengenai prinsip dasar terhadap analitis digital dan meningkatkan performa perusahaan melalui pengukuran secara digital yang lebih baik.
  13. Google Analytics on Facebook – Ini adalah halaman resmi komunitas Google Analytics di Facebook. Disini bisa mendiskusikan berbagai topik tentang Analytics dan seandainya ada permintaan khusus, bisa langsung menghubungi Google secara langsung.
  14. Google Analytics on Twitter – Satu berikutnya adalah kanal resmi Google Analytics di Twitter. Sama seperti akun media sosial lainnya, anda akan memperoleh berita terbaru, tip dan trend yang sedang terjadi di internet.

Aplikasi Terintegrasi Dengan Google Analytics

Di internet, telah banyak aplikasi yang dapat digunakan mirip dengan Google Analytics. Tool ini, selain GA tentunya, dapat membantu untuk mengumpulkan informasi mengenai kinerja situs dan pendapat orang tentang situs setelah berinteraksi dengannya. Adapun beberapa buah aplikasi  yang terintegrasi dengan Google Analytics diantaranya antara lain:

  1. JW Player
  2. LiveChat
  3. Authority Labs
  4. AWeber
  5. Brightcove
  6. CallRail
  7. Magento
  8. 3dcart
  9. Constant Contact
  10. Drupal
  11. WordPress
  12. Tapstream
  13. Uberflip
  14. Unbounce
  15. ShareThis
  16. AddThis
  17. Freshdesk
  18. GetResponse
  19. Gigya
  20. MailChimp
  21. Campaign Monitor
  22. ClickTale
  23. Shopify
  24. SnapEngage
  25. Eventbrite
  26. FastSpring
  27. Formstack
  28. Squarespace
  29. VerticalResponse
  30. Visual Website Optimizer
  31. Usabilla
  32. Optimizely
  33. OrgSync
  34. Qualaroo
  35. Mashshare
  36. Oktopost
  37. Olark
  38. Raven Tools
  39. UserReport
  40. Wufoo
  41. Volusion
  42. Wistia

Tool Google Analytics

Beberapa tool di bawah ini dapat membantu anda untuk dapat memanfaatkan GA agar lebih bernilai dan dapat menggunakan GA dengan beberapa cara berbeda, diantaranya adalah:

  1. Aplikasi mobile – Jika anda menggunakan perangkat bergerak, bisa gunakan aplikasi berikut di iOS and Android.
  2. Quill Engage –Tool untuk dapat memisahkan hasil analitik yang penting dan kurang perlu terhadap performa situs. Seluruh hasilnya akan dikirimkan ke inbox.
  3. Cyfe – Jika anda memiliki beberapa buah situs bisa gunakan tool ini. Karena dengan Cyfe bisa menggabungkan dashboard beberapa buah akun GA ke dalam satu dashboard saja tanpa harus ribet pindah-pindah lagi.
  4. Segment – Kegunaan tool ini untuk memetakan dan mensegmentasikan data yang didapat dari GA. Segment terintegrasi dengan lebih dari 130 data provider untuk periklanan, analitik, pemasaran, penjualan, layanan dukungan.

Silakan sampaikan komentar Anda