Cara Tulisan Disukai Pembaca dan Mesin Pencari

Jika anda ingin memperoleh pembaca loyal bagi blog maka anda harus membuat sebuah tulisan berkualitas bagus yang mempunyai nilai bagi pembaca. Sementara itu, jika ingin blog anda bisa ditemukan oleh Google atau mesin pencari lainnya, anda harus menulis sebuah tulisan yang dapat dioptimisasi oleh mesin pencari tersebut. Tantangan terbesar bagi para blogger adalah membuat sebuah tulisan yang bermanfaat bagi pembaca dan juga dapat dioptimisasi oleh mesin pencari dengan baik. Untuk itu, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis sebuah konten yang disukai oleh pembaca sehingga mereka bersedia membagikannya dan juga bisa dioptimisasi dan diranking di halaman pertama oleh Google atau mesin pencari lainnya seperti Yahoo dan Bing.

SEO sering di salah artikan, tetapi kalau anda sudah mengerti dasar-dasarnya, SEO sebenarnya tidaklah sesulit dibayangkan. Beberapa blogger melakukan kesalahan dengan menempatkan SEO di atas para pembaca, dan membuat konten yang dapat di ranking oleh mesin pencari tetapi tidak mempunyai nilai lebih bagi para pembaca. Sementara pemilik blog lainnya mengabaikan SEO dan hanya menulis konten berkualitas saja. Makanya, dikarenakan anda tidak mengoptimisasi tulisan tersebut  dengan sewajarnya sehingga tidak dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Akibatnya pengunjung blog bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

Salah satu kunci dalam menulis konten yang diranking baik adalah dengan memperhatikan dua aspek yaitu SEO dan para pembaca. Dua aspek ini haruslah berjalan secara beriringan. Tulisan harus bisa dinikmati oleh pembaca sehingga ada sebuah nilai mereka dapatkan, mungkin bisa menjadi solusi bagi masalah mereka atau mengajarkan mereka sesuatu dimana sebelumnya mereka belum mengetahui mengenai hal tersebut. Sementara oleh mesin pencari akan mudah meranking dan memperoleh kata kunci yang di inginkan.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara melakukannya, bagaimana menyeimbangkan dua hal ini sewaktu membuat tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak, tetapi juga bisa diranking dengan baik atau bisa tembus halaman pertama di mesin pencari Google, Yahoo dan Bing? Untuk itu, tulisan ini bisa menjadi salah satu acuan bagi anda agar bisa menghasilkan konten menarik dan diranking di halaman pertama Google.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari

Ketika anda melakukan pencarian di Google, anda akan memperoleh beberapa daftar website dari hasil pencarian tersebut. Dimana, menurut Google, hasil pencarian itu merupakan hasil paling relevan dari kata kunci yang anda tuliskan di kotak pencarian. Pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana cara Google memutuskan bahwa hasil pencarian tersebut merupakan hasil paling relevan? Kenapa salah satu web berada di baris pertama hasil pencarian dan sementara situs lainnya berada di nomor ke sekian?

Kunci untuk mengefektifkan SEO sebenarnya berada di website anda. Mungkin Google yang menentukan ranking anda tetapi dia hanya merespon bagaimana cara konten anda ditampilkan. Google mempertimbangkan beberapa faktor termasuk bagaimana target kata kunci, anchor text, pemilihan meta tag, dan sebagainya. Dia juga akan melihat kepada tingkat kesehatan situs, jumlah komentar, tingkat retensi, dan popularitas melalui media sosial. Kesemuanya ini merupakan bagian yang bisa anda kontrol. Jika anda ingin meningkatkan ranking di mesin pencari Google, anda harus memperhatikan aspek di atas. Anda harus membuat konten dengan tipe yang pas.

Kata kunci merupakan hal penting utama bagi Google ketika dia mencoba untuk menentukan apa topik di halaman anda. Google menentukan relevansi antara konten anda dengan menemukan beberapa faktor, yaitu seberapa sering dan dimana saja berada kata yang dipergunakan di sebuah halaman. Kata kunci inilah yang menjadi sentral bagi anda untuk mempelajari bagaimana cara menulis yang bisa di “baca” dengan baik oleh Google.

Menulis efektif merupakan keahlian sangat vital ketika membuat sebuah konten. Keahlian ini merupakan investasi besar sehingga jika diperlukan, anda harus menyewa penulis professional guna membantu membuat sebuah konten berkualitas. Tanpa tulisan yang efektif, maka tidak ada yang akan membaca tulisan atau menemukan apa maksud dari tulisan yang anda buat. Tulisan anda haruslah bisa dimengerti oleh pembaca sehingga mereka bisa mengetahui maksud dari bacaan tersebut. Anda harus mengerti apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka butuhkan, dan anda harus menjelaskan bagaimana perusahaan anda bisa memenuhi kebutuhan mereka. Postingan anda harus bisa membawa mereka untuk melakukan pembelian atau menarik mereka untuk, minimal, menghubungi anda.

Dengan menulis konten berkualitas sehingga bisa dioptimisasi dengan baik oleh mesin pencari, disamping itu para pembaca anda akan sukarela untuk membagikan ulang di media sosial mereka.

Memilih Kata Kunci

Mengetahui kata kunci apa yang harus menjadi target tulisan adalah hal terpenting jika anda ingin konten bisa terlihat di mesin pencari. Dua pertiga klik asalnya dari mesin pencari jika konten bisa berada di baris 1, 2 atau 3 pada halaman pertama hasil pencarian. Jika konten bisa berada pada posisi demikian, maka anda sudah berada pada posisi kuat untuk meningkatkan trafik ke situs.

Agar bisa muncul pada posisi tersebut, anda harus fokuskan usaha ke kata kunci yang tepat. Sangat efektif jika fokus pada kata kunci berbentuk phrase atau terdiri dari beberapa kata yang sangat spesifik terhadap topik anda, karena akan mengurangi tingkat kompetisi dengan topik sama. Para pelanggan biasanya mempunyai kebutuhan spesifik ketika mereka menulis kueri di kotak pencarian, mereka biasanya menggunakan kata yang lebih banyak dan lebih spesifik sehingga hasil pencariannya akan lebih baik.

Untuk mencari kata kunci, dapat dipergunakan tool Google Keyword Planner.

Cara Membuat Judul

Judul merupakan aspek terpenting ketika membuat konten berkualitas dan SEO friendly. Judul merupakan hal pertama yang dilihat oleh seseorang ketika mereka mendapatkan hasil pencarian di Google. Dari judul inilah mereka akan memutuskan untuk meneruskan membaca tulisan anda atau tidak. Jika judul tidak menarik, maka tingkat klik akan menjadi rendah, tidak peduli seberapa bagus atau bermanfaat tulisan yang telah di buat, karena mereka merasa judulnya saja tidak menarik sudah tentu isinya tidak ada manfaatnya sama sekali.

Membuat judul yang menarik tidaklah terlalu sulit. Coba posisikan diri anda sebagai orang yang melakukan pencarian di Google. Apa yang mereka inginkan? Apa yang mereka cari ketika mereka menulis kueri di kotak pencarian Google. Dengan demikian, anda telah menemukan bagaimana judul tulisan yang ingin dibuat.

Judul berbentuk menjawab pertanyaan biasanya sangat efektif. Teknik lainnya adalah dengan menggunakan angka di awal judul. Cara ini telah banyak dipraktekkan oleh situs-situs terkenal di dunia dan telah menghasilkan jutaan klik. Contoh judul seperti berikut:

a. 5 Cara Meningkatkan Penjualan UKM

b. Cara Meningkatkan Follower di Media Sosial dalam 24 Jam

c. 6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh UKM

d. Alasan Profil Anda Harus Memiliki Gambar Lebih Besar

Dengan mencantumkan kata kunci di judul merupakan cara terbaik bagi SEO dan terlihat natural. Tetapi perlu diingat, jangan ada kesan pemaksaan memasukkan kata kunci pada judul jika tidak memungkinkan dilakukan, biarkan saja terlihat apa adanya.

Menulis Konten

Mesin pencari sangat menyukai konten yang segar, asli dan sangat berguna bagi pembaca. Inilah alasan utama sehingga Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan menyediakan konten baru akan memberikan pembaca informasi actual, disamping itu juga akan membuka kesempatan bagi anda untuk meningkatkan ranking di Google.

Agar anda bisa konsisten menulis konten yang bisa diranking di halaman pertama mesin pencarian, anda harus mempunyai tujuan spesifik sebelum memulai menulis. Kata kunci harus tertarget. Bukan berarti anda memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya di dalam tulisan tersebut, tetapi biarkan terlihat alami di dalam konten.

Berapa Panjang Sebuah Tulisan Seharusnya?

Jawabannya cukup sederhana, yaitu sebanyak yang dibutuhkan sehingga anda bisa menjelaskan topik tersebut dengan jelas dan gamblang dan bisa dimengerti oleh pembaca. Tulisan di blog umumnya lebih panjang. Biasanya, panjang tulisan di sebuah blog adalah sebanyak 500 buah kata. Tetapi update Google terakhir telah meningkatkan tren dimana anda harus menulis lebih detail. Konten dengan tulisan terpanjang biasanya akan di tempatkan lebih baik di bandingkan tulisan pendek, dan juga akan meningkatkan profil online anda melalui media sosial. Postingan anda di blog minimal 1200 kata dan pemaparan tulisan haruslah lebih terperinci dan fokus. Jangan pernah tergoda untuk membahas hal lain yang berada di luar topik tulisan.

Sebelum memulai menulis, rancanglah terlebih dahulu. Tiap tulisan harus mempunyai kata pengantar, isi berkualitas dan bagian kesimpulan yang dapat menyimpulkan dari keseluruhan tulisan. Dengan mempunyai rancangan ini akan membuat anda fokus dalam membahas sebuah topik.

Buatlah Pengantar

Tulisan anda di blog pastilah membahas tentang sesuatu. Untuk itu anda harus fokus dalam membahas topik yang sedang ditulis. Dengan memulai tulisan dengan sebuah pengantar, anda bisa mendapatkan perhatian dan member mereka alasan untuk membaca tulisan anda sampai selesai. Di Pengantar harus dijelaskan secara jelas tentang apa tulisan tersebut. Pastikan bahwa anda memasukkan kata kunci di pengantar ini. Idealnya adalah long-tailed keyword.

Jangan Lupakan Meta-Description

Meta description merupakan hal penting lainnya bagi Google, karena meta description ini akan muncul di hasil pencarian Google, di bawah judul tulisan. Dengan adanya meta ini akan memandu para pencari untuk memutuskan apakah akan membaca tulisan anda atau tidak. Dengan menuliskan meta description ini akan meningkatkan jumlah kunjungan ke situs anda secara signifikan. Jumlah kata untuk meta description ini antara 150 hingga 160 karakter.

Agar penggunaan meta ini bisa bermanfaat dengan baik, anda harus mengerti tujuan dari kata kunci, yaitu apa yang dicari ketika mereka menuliskan kueri di Google? Meta description itu haruslah relevan. Anda harus menangkap keinginan mereka dengan memfokuskan deskripsi tulisan sehingga terkesan tulisan anda penting bagi mereka. Tulislah deskripsi dan jelaskan bagaimana anda bisa menyelesaikan masalah mereka.

Kerapatan dan Frekuensi Kata Kunci

Antara kerapatan dan frekuensi munculnya kata kunci adalah hal berbeda. Kerapatan kata kunci mengacu kepada seberapa sering sebuah kata kunci muncul dalam sebuah halaman dihubungkan dengan kata lainnya di halaman tersebut dan biasanya ditampilkan dalam bentuk persentase. Frekuensi kata kunci adalah jumlah berapa kali kata kunci itu muncul di sebuah halaman.

Kerapatan dan jumlah kata kunci merupakan dua buah faktor yang masih penting dan masih berdampak terhadap bagaimana Google meranking situs anda, walaupun tidak seperti dulu lagi. Update google akhir-akhir ini lebih menekankan pada faktor-faktor lainnya, termasuk panjang tulisan dan seberapa sering anda mengupdatenya. Disamping itu, juga bergantung kepada hal lain di luar konten, seperti kecepatan sebuah halaman tampil, ekstensi dari nama domain, dan umur domain. Tetapi perlu diingat, jika kerapatan kata kunci lebih besar dari pada 5,5% maka anda bisa saja di beri hukuman.

Menautkan Konten

Menambahkan tautan ke dalam tulisan bisa menjadi sangat menguntungkan. Jika anda telah pernah menulis sebuah subjek dengan topik yang sama, maka menambahkan sebuah tautan ke tulisan terbaru anda adalah cara terbaik agar para pembaca dapat menemukan konten lawas anda sehingga mereka akan berada di situs anda akan lebih lama. Atau bisa juga referensikan ke situs lainnya dengan menggunakan anchor text sehingga kata kunci anda bisa terhubung dengan konten yang anda tautkan.

Isi Tulisan

Konten paling bermanfaat akan selalu menarik minat dan jumlah pembaca untuk mengunjunginya dan akan memperoleh jumlah share di berbagai media sosial. Ini bisa terjadi jika anda menulis sebuah tulisan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dipunyai oleh para pembaca, kemudian kata kunci anda terlihat natural berada di konten tersebut. Tetapi jika tidak, maka anda harus memperbaikinya, kemungkinan kata kuncinya salah atau tulisan itu tidak fokus.

Jangan Lupakan Subjudul

Subjudul memberikan batasan-batasan terhadap tulisan. Disamping itu subjudul juga penting bagi SEO. Menggunakan tag heading h1-h6 untuk menset ukuran huruf. Dengan tag ini akan memberi saran kepada Google bagian-bagian terpenting dari tulisan dan akan membantu Google untuk lebih mengerti tentang bagian-bagian tulisan.

Membuat Kesimpulan

Setelah anda membahas topik tulisan, sekarang saatnya tiba untuk mengakhiri tulisan. Pada bagian ini anda menjelaskan kembali kenapa anda menulis topik tersebut, dan apa yang bisa anda sarankan kepada mereka. Di sini anda bisa menuliskan apa yang anda inginkan atau apa yang harus mereka lakukan. Lakukan dengan cara persuasive. Katakan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan dan kenapa mereka harus melakukannya. Ajakan bertindak ini harus memberi mereka sebuah alasan untuk bertindak, atau mengundang mereka untuk melakukan hal lainnya seperti mengundang mereka untuk bergabung dengan anda atau menjadi pelanggan perusahaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda bisa meningkatkan ranking tulisan anda di mesin pencari Google. Walaupun tulisan ini masih jauh dari sempurna, tetapi diharapkan bisa memberikan tambahan wawasan bagi siapa saja yang telah membacanya. Jika anda masih merasa ada yang kurang, silakan anda sampaikan melalui komentar atau bisa jadi anda bagikan ke teman.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda