Cara Terhindar Dari Hukuman Google Panda

Pada postingan kali ini saya hendak memperkenalkan kepada para blogger atau pemilik situs mengenai sebuah algoritma dari Google. Algoritma ini dinamai dengan Panda.

Google Panda pertama kali dirilis diawal tahun 2011, dan hingga sekarang telah diupdate beberapa kali seiring dengan perkembangan teknologi dan fitur-fitur baru yang diusung oleh Google.

Google Panda berfungsi untuk memonitor isi tulisan dari situs yang beredar pada mesin pencari Google sehingga konten-konten yang berkualitas rendah bisa dihilangkan dari halaman pencarian Google.

Tujuannya adalah untuk membantu para pencari agar menemukan konten-konten yang berkualitas bagus dan relevan dengan kata kunci sehingga mereka menemukan dengan tepat apa yang mereka cari di Google.

Algoritma ini dibuat dikarenakan banyaknya keluhan dari para pelanggan Google disebabkan membanjirnya situs spam dan kualitas pencarian menjadi rendah. Sehingga pelanggan Google dalam melakukan pencarian tidak menemukan informasi yang dicari yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Hal ini dikarenakan para pemilik situs menggunakan kelemahan yang dipunyai oleh Google untuk mengoptimalkan hasil pencarian dalam upaya situs mereka selalu berada di halaman pertama hasil pencarian Google pada seluruh kata kunci.

Dengan diluncurkannya Google Panda, maka banyak situs yang terkena akibat dari algoritma ini yaitu situs tersebut tidak tampil lagi di halaman pertama Google bahkan ada yang tidak bisa ditemukan lagi pada mesin pencari Google alias dihapus.

Agar anda tidak terkena dampak dari algoritma ini, berikut saya berikan tips agar situs tidak terkena jerat si Panda.

  1. Buang atau perbaiki konten dari postingan yang berisi konten duplikat atau tidak relevan dengan topik.
  2. Rapikan situs. Caranya adalah:
    Jangan terlalu banyak iklan
    Jangan terlalu banyak tautan di satu halaman tersebut.
  3. Konten bisa dibaca dengan baik
  4. Perbaiki tautan yang rusak.
  5. Ringankan tampilan situs. Caranya adalah:
    Pergunakan template yang ringan
    kompres file gambar dan video sehingga menjadi lebih ringan
  6. Jangan gunakan flash
  7. Perkecil file
  8. update situs secara reguler dengan isi yang relevan, tidak copas, dan pastikan situs tersebut berguna bagi para pembaca.

Demikianlah tulisan kali ini mengenai salah satu algoritma dari Google.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda