Cara Meningkatkan Pendapatan AdSense

Pertanyaan utama yang perlu dijawab adalah: apakah faktor yang paling penting ketika kita ingin mendapatkan pendapatan yang tinggi dari Google Adsense?

Jawabannya adalah jumlah kunjungan organik, yaitu kunjungan dari Google dan mesin pencari lainnya.

Sebagai ilustrasi.
Anggaplah ada dua buah situs. Situs pertama merupakan situs forum online yang mempunyai 100.000 pengunjung unik tiap bulan, tetapi seluruhnya datang langsung ke forum dengan menyimpan alamat situs tersebut di browser mereka atau menuliskan alamat situs langsung di bar alamat browser, karena mungkin mereka adalah pengunjung tetap.Situs kedua mungkin situs yang tidak banyak pengunjung, hanya 50.000 pengunjung unik per bulan, tetapi sebagian besarnya, katakanlah 80%, ialah pengunjung yang datang dari pencarian mesin pencari dan 20% lagi datang dari situs lain yang dikaitkan ke situs tersebut. Maka situs kedua inilah yang akan mempunyai pendapatan yang lebih tinggi jika keduanya ikut dalam program AdSense.

Hal ini terjadi karena pengunjung yang datang dari mesin pencari merupakan pengunjung yang mencari sesuatu yang spesifik dan jika mereka menemukannya di situs anda, maka mereka akan langsung mengelik iklan AdSense anda. Berbeda dengan situs pertama yang barangkali tidak mencari sesuatu yang spesifik ke situs anda.

Kita lanjut ya....

Ide utama strateginya adalah menggunakan kata kunci yang panjang untuk meningkatkan jumlah kunjungan organik. Untuk mencari kata kunci bisa mempergunakan Google AdWords Keyword Tool.

Contoh:

Jika anda ingin membuat sebuah blog, dan tidak tahu apa topik yang ingin dibuat, maka dapat menyarankan untuk menggunakan alat ini. Carilah kata kunci yang paling banyak ditulis oleh pengguna Google. Setelah didapatkan maka bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk menjadi topik pada blog anda.

Semakin panjang kata kuncinya maka semakin baik.

Buatlah tulisan yang memenuhi kebutuhan pengunjung
Bisnis utama Google adalah pencarian. Google akan berusaha memenuhi kebutuhan para penggunanya untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan. Dengan mengetahui ini, maka langkah awalnya adalah anda harus memenuhi kebutuhan para pencari tersebut.

Mempromosikan blog
Selain mempunyai isi yang bagus, maka mempromosikan situs anda dan mempunyai banyak tautan yang mengarah ke situs kamu sangat diperlukan juga. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan :

- Kirimkan email berisi alamat situs ke orang-orang yang mungkin tertarik dengan tulisan anda. Tapi jangan hanya 10 email saja, tetapi 100 buah email. Jika perlu 1000.

- Kolom komentar di blog anda dan tukaran tautan adalah hal yang patut dicoba. Tetapi tidak 10 buah juga ya, tetapi minimal 100 buah atau lebih.

- Promosikan situs anda di media sosial. Barangkali bisa juga di buat sebuah kontes untuk menyebarkan tautan situs anda.

- Publikasi-kan halaman anda di forum online. Tidak satu atau dua buah forum saja. Tetapi banyak.

Nah, jika sudah melakukan semua, maka sekarang yang perlu anda lakukan adalah menunggu dan berdoa. Biasanya ini akan membutuhkan antara empat hingga delapan minggu.

Jika tidak berhasil, atau ingin membuat blog yang baru, anda mungkin bisa memulai dari awal lagi.

Selamat mencoba.

Silakan sampaikan komentar Anda