Cara Meningkatkan Otoritas Domain

Berkaitan dengan domain ada beberapa pertanyaan yang paling berperan untuk meningkatkan otoritas domain sebuah blog.

Dalam pemasaran di internet banyak faktor yang saling berkaitan satu sama lain, seperti fans dan follower, konversi dan dari mana datangnya kunjungan dan sebagainya. Beberapa faktor tersebut ada yang lebih penting dan berperan dibandingkan faktor lainnya. Dari sekian banyak faktor itu, yang paling berperan adalah otoritas sebuah domain.

Dalam tulisan ini saya akan menjawab metrik apa saja yang berpengaruh terhadap otoritas domain blog. Kita mulai dari gambaran umumnya dan kemudian berlanjut ke hal lebih praktis. Dan kemudian diakhiri dengan pertanyaan paling penting, yaitu bagaimana cara meningkatkan otoritas domain sebuah blog.

1. Pengertian Otoritas Domain

Otoritas domain adalah sebuah tingkat penilaian yang mengindikasikan terhadap kesukaan sebuah mesin pencari terhadap sebuah blog. Dengan demikian, mesin pencari akan menampilkan blog itu di halaman pertama atau barangkali di baris pertama hasil pencarian dengan kata kunci relevan. Skala ukurannya dimulai dari 1 hingga 100.

Otoritas domain ini pertama kali diprakarsai oleh Moz, tetapi penaksirannya berdasarkan skor PageRank Google (yaitu dari 1 hingga 100) dimana ukuran ini untuk mengukur kredibilitas sebuah situs.

Untuk saat sekarang, Google PageRank sudah tidak ada lagi, oleh karena itu para ahli pemasaran dunia menggunakan otoritas domain ini sebagai gantinya.

Otoritas domain (dalam bahasa Inggris dikenal dengan Domain Authority atau disingkat dengan DA) menunjukkan bagaimana kredibilitas sebuah situs dibandingkan dengan situs sejenis lainnya, berdasarkan beberapa faktor, terutama tautan ke situs tersebut. Jika sebuah situs A membuat sebuah tautan ke situs B, itu artinya situs A mempercayai situs B. Dengan adanya tautan ini, otoritas domain situs B akan meningkat dan kualitas halaman yang tertaut langsung tadi akan berpengaruh terhadap domain secara keseluruhan.

2. Cara Menghitung Otoritas Domain

Jumlah tautan ke sebuah domain akan berdampak terhadap otoritas domain. Tetapi tautan yang berkualitas lebih penting dibandingkan jumlah tautan itu sendiri. Tautan dari situs yang mempunyai otoritas domain yang lebih tinggi ke domain di bawahnya akan berdampak lebih besar. Inilah yang disebut dengan tautan berkualitas.

Otoritas ini bisa diibaratkan seperti kurva eksponensial. Situs dengan otoritas lebih tinggi akan mendapat lebih banyak link.

Blog harian populer biasanya memiliki otoritas domain di atas 80.

Situs media massa populer biasanya mempunyai otoritas domain di atas 90

Hanya sedikit situs yang mempunyai otoritas domain sempurna atau 100 seperti Wikipedia, Twitter, Facebook, dan Google.

Tentu saja otoritas domain ini tidak satu-satunya faktor sewaktu mesin pencari meranking situs. Situs dengan otoritas rendah pun terkadang ditempatkan lebih di atas dengan otoritas domain lebih baik. Ini bisa disebabkan karena tulisan yang disajikan lebih detil, lebih fokus terhadap kata kunci dan sebagainya. Halaman web perlu relevansi, disamping sebuah otoritas, agar di ranking lebih baik di mesin pencari.

3. Seberapa Sering Perubahan Dalam Mengkalkulasikan Otoritas Domain

Algoritma yang digunakan untuk menghitung otoritas domain selalu berubah seiring waktu, walaupun tidak terlalu sering. Perubahan ini biasanya tidak terlalu besar, tetapi semuanya akan bergantung kepada algoritma Google. Jadi jika Google melakukan perubahan dalam algoritmanya dalam meranking sebuah situs, maka barulah akan dilakukan penyesuaian atau perubahan cara untuk mengkalkulasikan otoritas domain.

4. Perbedaan Otoritas Domain dan Otoritas Halaman

Sebenarnya Google tidak pernah meranking sebuah domain atau situs, tetapi Google hanya meranking halaman yang terdapat di dalam sebuah web. Cara fikir sewaktu mengoptimisasi mesin pencari seperti ini, yaitu:

Setiap istilah pencarian adalah sebuah kompetisi

Semua halaman di internet merupakan saingan.

Sebuah halaman memperoleh otoritasnya dengan dua cara, ketika sebuah halaman mendapat link dari halaman lainnya, halaman tersebut akan mendapatkan otoritas langsung, disamping itu juga akan membawa otoritas dari domainnya sendiri.

5. Cara Memeriksa Otoritas Domain

Cara gampang memeriksa otoritas domain bisa menggunakan Open Site Explorer. Tool ini gratis. Cara kerjanya cukup dengan menuliskan sebuah domain dan kemudian anda bisa melihat otoritas domain itu dan profil backlink nya. Versi gratis ini hanya akan menampilkan sebagian data saja. Jika anda ingin memperoleh seluruh data tentang otoritas domain, bisa di upgrade ke versi berbayar.

Jika anda ingin melihat otoritas domain yang muncul di hasil pencarian google sewaktu memasukkan kata kunci, silakan gunakan Mozbar Chrome Extension. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menginstalnya dan kemudian mengaktifkannya. Jika sudah aktif, silakan lakukan pencarian di mesin pencari google. Sewaktu hasil pencarian muncul, maka akan ditampilkan pula data tambahan mengenai otoritas domain ini beserta data-data lainnya seperti otoritas halaman, berapa buah link tertaut ke halaman tersebut dan sebagainya.

6. Alasan Halaman Dengan Otoritas Lebih Rendah Bisa Diranking Lebih Baik

Jangan pernah kaget jika sebuah halaman dengan otoritas domain lebih rendah bisa di ranking lebih baik dibandingkan domain dengan otoritas lebih tinggi di mesin pencari. Memang otoritas domain ini penting, tetapi ini tidaklah satu-satunya faktor sewaktu Google meranking sebuah halaman. Google tidak sesederhana itu, karena ada banyak faktor yang diperhitungkan oleh Google sewaktu meranking situs, tiap faktor berisi pula variasi lainnya.

Ketika sebuah halaman dengan otoritas rendah diranking lebih baik, bisa jadi penentunya adalah beberapa hal berikut ini, yaitu:

a. Halaman itu lebih relevan dengan target kata kunci. Barangkali kata kuncinya lebih banyak digunakan di tempat-tempat strategis di halaman tersebut dan cocok.

b. Halaman itu lebih detail sewaktu membahas topik yang sama. Bisa jadi tulisannya lebih panjang atau menjawab lebih banyak pertanyaan terhadap topik penulisan.

c. Menggunakan anchor text yang cocok dengan kata kunci.

d. Halaman itu lebih menarik pengunjung dan dapat ‘memaksa’ pengunjung untuk berlama-lama membaca tulisan itu.

Itulah beberapa alasan umum kenapa sebuah halaman dengan otoritas domain lebih rendah akan diranking lebih baik dibandingkan domain dengan domain yang berotoritas lebih tinggi.

7. Penyebab Otoritas Domain Jatuh Bebas

Sebenarnya tidak ada yang perlu dicemaskan jika otoritas domain anda menurun drastis. Ini disebabkan otoritasnya secara keseluruhan tidaklah berubah sama sekali. Hal ini disebabkan karena sangatlah susah bagi Moz untuk memperoleh gambaran akurat terhadap seluruh tautan di internet, karena untuk mengukurnya banyak tantangan teknis yang harus dilalui. Terkadang dia mengupdate otoritas domain ini tiap minggu, terkadang tidak pernah berubah dalam jangka waktu berbulan-bulan.

Disamping masalah teknis tadi, masalah metrik juga menjadi kendala tersendiri. Ini disebabkan karena metrik itu sendiri selalu berubah pula seiring waktu. Makanya, jika otoritas domain anda jatuh secara mencolok, biasanya otoritas domain lainnya pun ikut turun, begitu juga sebaliknya, jika otoritas domain anda naik drastis, bisa disimpulkan bahwa domain lainnya pun ikut naik.

8. Cara Meningkatkan Otoritas Domain

Jika otoritas domain anda masih rendah, sebenarnya tidak susah untuk meningkatkannya dengan cepat. Tetapi jika anda ingin nilainya meningkat hingga 70 atau 80, maka dibutuhkan waktu bertahun-tahun guna mencapainya.

Berikut hal yang tidak terlalu mempengaruhi otoritas domain secara tidak langsung:

a. Tautan antar halaman di website

Dengan menautkan antar halaman, maka halaman yang saling tertaut tadi akan saling mempengaruhi, tetapi tidak akan meningkatkan otoritas domain secara keseluruhan.

b. Tautkan dengan Facebook atau media sosial lainnya.

Tautan dari Facebook atau media sosial lainnya merupakan keuntungan tersendiri karena otoritasnya sudah mencapai 100. Namun demikian, karena di Facebook jumlah akunnya sudah jutaan maka nilai otoritasnya tergantung dari kepopuleran akun itu sendiri.

c. Tautan dari media massa

Google menilai media massa merupakan jenis konten tersendiri. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menulis di media massa dan kemudian tautkan blog anda di sana. Apalagi kalau topiknya tidak relevan.

d. Tautan dari komentar blog

Tautan dari komentar di sebuah blog biasanya mempunyai tag nofollow, oleh karenanya tidak bernilai.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan otoritas domain? Berikut beberapa tip untuk memperoleh link langsung:

a. guest blogging

b. Menyertakan kutipan dari kontributor.

c. Berpartisipasi dalam sebuah perkumpulan atau grup

d. Menyampaikan testimoni di situs dengan DA lebih tinggi

e. Terdaftar di direktori

Disamping cara di atas, dimana anda akan memperoleh link secara langsung, berikut beberapa cara untuk meningkatkannya secara tidak langsung. Walaupun tidak terlalu berpengaruh, tetapi akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang, yaitu:

blogging, chating di Twitter, melakukan webinar, siaran langsung, mensponsori suatu kegiatan, podcasting, mempublikasikan riset original, membuat ebook dan jenis tulisan lainnya, promo di radio, berkolaborasi dengan influencer, beriklan, email marketing, melakukan perlombaan, tulislah tulisan yang berkualitas tinggi, promosi online, affiliate marketing, memenangi sebuah perlombaan, menjadi anggota grup, dan lain sebagainya.

Dari sekian tip tadi, yang paling penting adalah membuat konten berkualitas tinggi, dan original.

Silakan sampaikan komentar Anda