Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Meniru Tulisan Orang Lain

Barangkali anda pernah membaca hasil tulisan seseorang. Tulisannya sangat mengajak, persuasive dan menyentuh. Bagaimana dia melakukannya? Semua ahli mengatakan bahwa untuk menghasilkan tulisan bagus harus banyak membaca dan menulis dan nanti tulisannya akan menjadi lebih baik. Tetapi saran ini terkadang membuat frustrasi karena kemampuan menulis tidak cukup meningkat. Sementara untuk mengikuti kursus menulis biayanya cukup banyak dan tidak tahu di mana harus belajar.

Salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis adalah dengan menggunakan swipe file atau mengumpulkan tulisan orang lain. Meniru tulisan orang lain adalah salah satu metode paling banyak digunakan untuk meningkatkan keahlian menulis, apalagi dengan metode ini gratis, yang dibutuhkan hanya kesungguhan dan kemauan saja.

Anda tidak perlu malu untuk meniru tulisan orang lain, karena banyak tokoh dunia yang awal mulanya melakukan tiruan, seperti:

a. The Beatles memulai karirnya sebagai band pembuka.

b. Kobe Bryant sering menonton pebasket idolanya dan kemudian meniru cara idolanya tersebut bermain.

c. Banyak lagi tokoh terkenal yang awal mulanya melakukan peniruan dari tokoh idolanya.

Meniru Bukan Berarti Plagiat

Meniru bukan berarti anda akan copy paste hasil karya orang lain. Anda menggunakan tulisan mereka untuk mengerti bagaimana cara menerapkan teknik menulis dengan gaya berbeda. Meniru bukanlah hal tabu untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan harapan tulisan anda akan lebih persuasive.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membuat kumpulan tulisan dari berbagai penulis dan kumpulkan dalam sebuah map atau folder jika menggunakan computer atau HP. Contoh tulisan ini dapat dari mana saja, bisa dari berita surat kabar hingga postingan di sebuah blog atau dari email penjualan dan sebagainya. Penulis professional menggunakan cara ini untuk mendapatkan inspirasi bagi konten mereka dan meningkatkan kemampuan menulis.

Jika anda membutuhkan tool untuk memudahkan mengorganisirnya, bisa mempergunakan Evernote. Kelompokkan file tersebut dengan tag atau kategori. Dengan demikian, anda dapat menambahkan contoh tulisan ini melalui smartphone, tablet atau komputer.

Bagaimana Kumpulan File Ini Meningkatkan Kemampuan Menulis?

Tulisan-tulisan ini dapat membantu memberikan pengertian bagaimana teknik tulisan mereka. Dengan mengumpulkan tulisan mereka dalam bentuk file, bisa juga anda tiru template yang mereka gunakan untuk anda pergunakan kembali, sehingga bisa menghemat waktu. File ini juga membantu anda menemukan judul, cara menulis email, struktur tulisan dan banyak lagi, tergantung seberapa banyak anda bisa mengumpulkan tulisan-tulisan tersebut untuk dipelajari.

Cara Menggunakan Meniru Tulisan Tanpa Kesan Plagiat

Tujuan utamanya bukanlah copy paste, tetapi mempelajari teknik dan template mereka. Jangan pernah mengcopi tulisan mereka kata demi kata. Oleh karena itu, pelajarilah teks yang berasal dari luar topik blog atau produk anda.

Cara Mempelajarinya

Jangan pernah membaca file-file tersebut, tetapi mulailah menganalisa isi tulisan. Dengan demikian anda bisa mengerti kenapa konten tersebut ditulis sedemikian rupa. Makanya cobalah untuk menemukan apakah konten itu bersifat mengajak atau tidak, apakah konten itu bersifat persuasive atau tidak, apakah menginspirasi atau tidak. Apakah fikiran anda menerawang sewaktu membacanya? Kenapa menerawang? Apakah tujuan konten tersebut?

Meningkatkan Kemampuan Menulis Blog

Jika ingin mencari inspirasi sewaktu akan menulis sebuah halaman blog, pelajarilah situs orang lain dengan topik yang sama. Halaman “about”nya, sebagai contoh, akan berbeda tujuannya jika dibandingkan dengan deskripsi produk atau “home page”. Halaman about akan menjelaskan kenapa sebuah perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya, halaman deskripsi produk haruslah berusaha untuk menjual produk dan sebuah homepage harus membimbing pengunjung menuju halaman yang diinginkan mereka di website tersebut.

Apa yang harus diperhatikan ketika menganalisa sebuah halaman web?

a. Apa tujuan dari halaman tersebut? Tindakan apa yang anda inginkan dari seorang pengunjung ketika membuka halaman situs anda? Apakah permintaan tersebut cukup jelas?

b. Bagaimana argumen yang disampaikan agar mereka mengambil tindakan tersebut?

c. Bagaimana fitur dan keuntungan bagi pengunjung tersebut disampaikan?

d. Bagaimana halaman itu membangun kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen? Kenapa mereka harus mempercayai tulisan di web tersebut?

e. Bagaimana informasi disampaikan? Apakah informasi terpenting disampaikan terlebih dahulu? Sementara informasi kurang penting lebih kemudian?

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Email

Supaya kemampuan menulis email meningkat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sewaktu anda menganalisa email di file anda, yaitu:

a. Kenapa bagian subjek email tersebut menggoda anda untuk membuka sebuah email?

b. Apa tujuan email tersebut?

c. Apakah seluruh informasinya relevan atau email tersebut bisa diabaikan?

d. Apa baris pertamanya? Bagaimana dia menarik minat anda untuk membacanya?

e. Bagaimana si penulis mengajak anda untuk mengkliknya? Apakah mereka membuat anda penasaran? Apakah mereka menjanjikan bahwa anda akan mempelajari sesuatu?

Untuk Blogger

Postingan sebuah blog memiliki beberapa elemen, yaitu judul, paragraph pembuka, subjudul, isi tulisan dan paragraph penutup. Anda bisa mempelajari tiap elemen secara terpisah. Cara menganalisa sebuah postingan di blog adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

a. Apa ide pokok dari sebuah artikel? Permasalahan apa saja yang ingin mereka pecahkan?

b. Kenapa mereka mengajak anda untuk seide dengan mereka atau menerapkan saran yang diberikan?

c. Apakah susunan dari artikel tersebut bagus? Bagaimana anda bisa meningkatkan kemampuan menulis anda dengan mempelajari tulisan tersebut?

d. Kapan anda merasa bosan membaca tulisannya? Apakah karena gaya bahasanya atau informasi yang tidak berguna di tulisan tersebut?

e. Kenapa judul tulisannya bisa menarik perhatian anda? Kenapa judul tersebut membuat anda merasa penasaran?

f. Kenapa paragraph pembuka bisa menarik anda untuk membaca tulisan tersebut sampai habis? Atau kenapa tidak menarik anda sama sekali?

g. Bagaimana pargraph penutup menginspirasi anda?

h. Apakah subjudul membuat anda terus membaca artikel tersebut? Kenapa atau kenapa tidak ingin membacanya sampai habis?

i. Bagaimana mereka membuat alur cerita dan contoh-contoh dalam tulisan tersebut?

Cara Menganalisa Gaya Tulisan

Berikut ini beberapa elemen ketika anda ingin menganalisa gaya tulisan:

a. Apakah tulisan itu mempunyai harmonisasi bagus?

b. Apakah kalimat-kalimatnya panjang-panjang atau pendek-pendek? Bagaimana mereka menselang-selinginya?

c. Apakah pilihan katanya formal atau informal?

Teruslah Bereksperimen

Kesenangan sewaktu mempelajari sebuah keahlian adalah anda akan selalu menjadi lebih baik. Apakah itu mempelajari cara menulis, menari, memainkan alat musik atau menggambar. Anda bisa selalu bereksperimen dan menemukan gaya anda sendiri. Anda bisa mengobservasi bagaimana hasilnya dan mengintegrasikan teknik orang lain tersebut ke dalam karya anda. Dengan terus belajar, menggunakan berbagai ragam persamaan kata, anda bisa mengeksplorasi teknik menulis dengan selalu bereksperimen. Itulah indahnya sebuah kreatifitas.

Kesimpulan

Dari tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari banyak tulisan orang lain akan memudahkan anda untuk mengerti bagaimana teknik menulis dan menerapkannya di blog. Teruslah membaca bagaimana mereka menulis dari berbagai penulis di blog, kemudian terapkan di blog anda. Jangan pernah mempelajari semuanya di saat bersamaan. Hal ini bisa membuat anda pusing sendiri. Tetaplah fokus ke salah satu tipe konten dan rasakan peningkatan kualitas menulis anda.

Silakan sampaikan komentar Anda