Cara Meningkatkan Follower Twitter Tertarget Menggunakan IFTTT

Tulisan berikut berisikan tentang sebuah trik atau cara meningkatkan follower Twitter dengan menggunakan IFTTT dan digunakan untuk bisa terhubung dengan orang yang kita targetkan serta semuanya dijalankan secara otomatis.

Dengan menggunakan IFTTT, bisa dikatakan anda telah meningkatkan level dalam menggunakan Twitter sehingga follower tertarget bisa dicapai lebih maksimal.

Tetapi tahukah anda bahwa tool ini tidak hanya tentang angka-angka saja atau jumlah follower saja. Tool ini bermanfaat agar bisa terhubung secara lebih efektif dengan seluruh follower tersebut.

Anggaplah jika anda memiliki 10.000 follower, pertanyaannya adalah apakah mereka benar-benar mengikuti anda? Tidak. Apakah jumlah follower merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan? Juga tidak. Lantas, apakah follower berjumlah banyak tidak ada artinya sama sekali? Tidak juga.

Seperti kita semua telah mengetahui, bahwa pertumbuhan jumlah follower merupakan sebuah pertanda baik. Ini menunjukkan bahwa orang-orang telah menemukan dan mengetahui tentang anda. Hal ini harus menjadi perhatian serius karena pertumbuhan follower merupakan hal krusial dan penting.

Tulisan ini berisikan tentang sebuah trik untuk membantu anda agar bisa menemukan dan terhubung dengan orang baru dan terpenting adalah relevan dengan bisnis anda secara otomatis. Disamping anda yang menemukan, mereka pun akan mengetahui bahwa anda telah menemukan mereka secara otomatis juga. Artinya ada komunikasi dua arah antara anda dan mereka. Dengan kata lain, tool ini seperti sebuah autopilot untuk menemukan audien tertarget. Anda menemukan mereka dan mereka pun dapat mengetahui keberadaan anda.

Keuntungan lainnya adalah anda bisa meningkatkan pertumbuhan follower dengan orang yang aktif dan tertarget di Twitter.

Menggunakan IFTTT Untuk Memperoleh Follower Tertarget

ifttt-1

Trik berikut menggunakan IFTTT dan Twitter list untuk membantu anda bisa memperoleh follower baru yang tertarget dan relevan serta menemukan orang-orang yang berpotensi sangat berharga bagi usaha anda.

Jika anda belum mengenal IFTTT (kepanjangannya adalah If This Then That), maka bisa disampaikan bahwa layanan ini merupakan sebuah tool yang bisa anda gunakan untuk menghubungkan beberapa aplikasi, media sosial atau layanan untuk saling terhubung satu sama lain.

Idenya adalah untuk menghubungkan satu aplikasi dan menset sebuah trigger (if) di salah satu aplikasi yang akan menginisiasi sebuah aksi (then) terhadap canel satunya lagi.

Contohnya bisa disampaikan seperti di bawah ini:

a. Jika (IF) anda memposting sebuah tweet dengan hashtag tertentu, kemudian (THEN) membagikan postingan tadi ke Facebook.

b. Jika (IF) anda bagikan sebuah foto di Instagram, kemudian (THEN) simpan foto tersebut di Dropbox.

c. Jika (IF) anda mengupdate status di Facebook, kemudian (THEN) status tersebut juga akan muncul di akun Twitter.

Mendaftar di IFTTT

Langkah pertama jika ingin menggunakan IFTTT tentunya harus mendaftar terlebih dahulu, dan kemudian mengkoneksikan akun Twitter anda dengan tool ini. Prosesnya cukup mudah, seperti mendaftar ke media sosial lainnya.

ifttt-2

Klik tombol tab Channel dan cari Twitter dengan menuliskannya di bagian explore channel dan kemudian klik ikon tweeter ketika muncul. Kemudian klik tombol Connect dan selesai.

Menambahkan Recipe

Setelah canel Twitter selesai dihubungkan, yang perlu dilakukan adalah menambahkan Recipe. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah pertama adalah tentukan apa tujuan dari menggunakan IFTTT ini. Sebagai contoh, jika anda mempunyai minat terhadap photography, maka bisa digunakan logika seperti:

jika ada yang menggunakan hashtag #photography sewaktu dia mentweet, maka dia akan dimasukkan ke dalam list photographer.

Langkah kedua adalah memilih list recipe yang telah direkomendasikan. Rekomendasi recipe ini berada pada halaman utama dari IFTTT.

ifttt-3

Setelah anda dapatkan dan klik recipe untuk: jika ada yang menggunakan hashtag tertentu, maka akan dimasukkan ke dalam list.

Kemudian akan muncul gambar sebagai berikut:

ifttt-4

Silakan tambahkan hashtag #photography dan tulislah nama list mana yang akan dimasukkan orang tersebut. Di sini saya mencontohkan adalah list Photographers. Klik Add.

Perlu diingat, jika anda sudah membuat listnya di Twitter, pastikan list itu bersifat publik. Jika belum ada listnya, maka IFTTT akan membuatkannya otomatis di akun Twitter.

Jika semua langkah telah dilaksanakan, maka menggunakan list menurut logika di atas telah selesai sudah.

IFTTT akan mencari orang-orang di databasenya yang menggunakan hashtag #photography tiap 15 menit.

Menggunakan List

Setelah Recipe di IFTTT telah aktif, jangan pernah meninggalkan list ini. Periksalah secara berkala anggota list dan lihat bagaimana tipe konten yang di hasilkan oleh mereka. Arti kata, jadikanlah memeriksa list ini menjadi rutinitas sehari-hari.

Maksud dari memeriksa disini adalah terhubung dengan mereka, tergantung dari bagaimana anda akan menggunakan list ini. Bisa digunakan untuk menambah pengalaman, mengetahui informasi terbaru atau terhubung dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dari anda di bidangnya.

Anda kemungkinan juga akan menerima notifikasi atau pesan dari mereka bahwa dia sangat berterima kasih ke dalam list yang telah dibuat tadi.

Kenapa bisa demikian? Karena jika ada seseorang dimasukkan ke dalam suatu list dimana pengaturannya bersifat publik, mereka akan mendapatkan pemberitahuan juga bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam list anda. Ini merupakan bagian terbesar dari menemukan orang berpengaruh di bidangnya secara otomatis. Mereka adalah orang yang mempunyai minat, keahlian, dan kemampuan yang sama dengan anda.

Jika ada yang merespon dengan mengucapkan terima kasih atau apapun tanggapannya kepada anda, maka sebaiknya follow mereka, dengan demikian anda telah memperoleh perhatian dari mereka dan biasanya mereka akan suka berinteraksi dengan anda karena mempunyai kesamaan hobi dan minat, yaitu photography.

Kesimpulan

Jika anda mengikuti langkah-langkah di atas, saya mempunyai keyakinan bahwa follower anda akan meningkat dan orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang telah anda targetkan sebelumnya.

Disamping itu, jika anda menggunakan cara ini untuk bisnis, maka orang-orang tersebut adalah orang yang sangat peduli dan potensial bagi perkembangan usaha anda.

Meningkatkan ketertampakan anda di media sosial tidak selalu berkaitan dengan kuantitas, tetapi lebih fokuslah ke kualitas. Untuk apa gunanya anda mempunyai puluhan ribu follower tetapi tidak ada yang memperhatikan anda, dibandingkan jika hanya mempunyai ratusan follower tetapi kebanyakan mereka suka meretweet, dan menyukai konten anda bahkan bisa jadi mereka akan membantu anda untuk mempromosikan produk yang sedang anda jalankan.

Terakhir, walaupun cara di atas dapat membantu anda untuk meningkatkan follower, tetapi selalu pastikan untuk selalu menitik beratkan terhadap terkoneksi dengan manusia. IFTTT hanyalah sebuah alat, gunakanlah sebagai salah satu cara strategis untuk memoderasi akun Twitter anda.

Jika anda telah mencobakan cara di atas, dan memperoleh hasil, bisa jadi hasilnya baik atau tidak sesuai dengan harapan, silakan sampaikan di komentar. Mari kita berdiskusi.

Silakan sampaikan komentar Anda