Cara Mengoptimisasi Database WordPress Dengan Sekali Klik

Mengoptimisasi database berarti membersihkan database tersebut dari data yang tidak diinginkan dimana data tadi akan mengurangi ukuran database dan dengan demikian akan meningkatkan performa situs. Pada artikel ini, kita akan tunjukkan cara paling gampang untuk mengoptimisasi database WordPress dengan sekali klik.

Alasan Anda Harus Mengoptimisasi Database WordPress

Jika anda telah menggunakan WordPress dalam jangka waktu cukup lama, barangkali di sana telah terdapat banyak data yang tidak berguna, seperti perbaikan yang dilakukan pada postingan, komentar spam, sampah, opsi transient, meta data tidak berguna dan sebagainya.

Dengan adanya data-data tersebut akan meningkatkan penggunaan database WordPress, ini artinya ketika anda melakukan backup maka ruang yang dibutuhkan akan lebih banyak dan waktu serta bandwidth diperlukan semakin banyak pula.

Dengan membersihkan data-data yang tidak dibutuhkan ini akan secara signifikan mengurangi ukuran database WordPress, dengan demikian akan mempercepat proses backup data, merestorenya lebih gampang dan performa database tersebut akan meningkat.

Cara Mengoptimalkan Database WP

Dikarenakan kita bicarakan ini adalah database, sangat bijak jika sebelum melakukan optimisasi ini anda buat cadangannya terlebih dahulu sebelum memulai proses optimisasi ini.

Setelah dibuatkan cadangannya, silakan instal dan aktivasi plugin WP-Optimize. Plugin ini dibuat oleh perusahaan UpdraftPlus. Seperti anda ketahui, Updraft merupakan salah satu perusahaan pembuat plugin untuk cadangan data terpopuler di WordPress. Setelah diaktifkan, plugin ini akan menambahkan sebuah menu tambahan baru pada bar admin WordPress bernama WP-Optimize. Dengan mengklik menu tersebut, anda akan dibawa ke halaman setingannya.

Pada halaman seting ini, anda akan lihat daftar operasi yang akan dikerjakan oleh WP-Optimize pada database anda. Perhatikan daftar tersebut secara hati-hati dan hilangkan centang pada item yang tidak ingin dioptimisasi.

Item berwarna merah berarti membutuhkan operasi pengoptimalan lebih intensif dibandingkan warna lainnya. Jika proses optimisasi ini terhenti selama proses pengerjaannya, barangkali terdapat data yang korup. Itulah sebabnya kami sangat merekomendasikan untuk membuat cadangan database ini sebelum melakukan optimisasi, terutama item berwarna merah ini.

Setelah memilih item yang ingin dilakukan optimisasi, silakan klik tombol “Run on all selected items” pada bagian atas. Plugin lantas akan langsung mengoptimalkan database WordPress anda dan akan terlihat proses pengerjaan sedang berlangsung.

Sebagai catatan, jika tabel database MySQL anda menggunakan mesin InnoDB, maka WP-Optimize tidak akan menunjukkan optimisasi tabel database. Anda bisa melakukan optimisasinya secara manual, menggunakan phpMyAdmin.

Itulah salah satu cara paling gampang untuk mengoptimalkan database WordPress anda menggunakan WP-Optimize dalam satu kali klik. Semoga bermanfaat.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda