Cara menggunakan Google Analytics Untuk Pemula

Google Analytics merupakan alat yang paling bermanfaat untuk melacak atau mengetahui bagaimana perkembangan sebuah website, tetapi untuk anda yang baru mulai menggunakan atau memanfaatkan blog, terkadang memahami Google Analytics agak membingungkan. Sekarang, saya akan membahas bagaimana menggunakan Google Analytics untuk anda yang menggunakan situs berbasis WordPress. Disini saya akan bahas bagaimana menggunakan laporan standar dan bagaimana menggunakannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan berdasarkan laporan tadi untuk dapat terhubung dengan para pembaca setia anda.

Jika anda telah memiliki akun Google Analytics, artinya anda tidak ada lagi yang perlu dilaksanakan, cukup log in dan anda sudah dapat menggunakan layanan ini.

Pendahuluan

Jika anda tidak memiliki latar belakang bisnis, laporan yang tersedia tidak akan bermakna apapun. Untuk itu, sebelum memulai memahami laporan tersebut, anda harus memiliki beberapa pertanyaan seperti dibawah ini, yaitu:

  • Bagaimana cara mempelajari pola kunjungan para pembaca?
  • Bagaimana audien anda menemukan situs anda?
  • Bagaimana cara memperoleh lebih banyak trafik?
  • Tulisan mana saja yang paling disukai oleh para pembaca?
  • Seberapa cepat situs anda loadingnya?
  • Apa saja kejadian di situs tersebut?

Cara mempelajari Pengunjung

Cara terbaik untuk mempelajari tentang pengunjung adalah dengan membuat sebuah survei. Cara kedua adalah dengan melihat pada dashboard Analytics di menu Pemirsa.

Dari laporan pemirsa, anda dapat melihat dari mana lokasi pengunjung situs, teknologi apa yang mereka pakai untuk mengakses blog, dan informasi penting lainnya.

Sebagai contoh, jika situs anda telah mobile friendly, anda dapat melihat di bagian Pemirsa>Selular> Ringkasan. Bagian ini untuk melihat berapa banyak trafik yang didapat melalui perangkat bergerak atau tablet. Jika anda klik bagian Perangkat, disini informasi yang diberikan adalah tipe perangkat apa yang mereka gunakan sewaktu mengakses website.

Jika anda ingin mengetahui kapan waktu paling tepat untuk menerbitkan sebuah tulisan, silakan masuk ke bagian Pemirsa > Geografis > Lokasi. Disini akan diketahui dari negara atau bagian mana mayoritas pengunjung yang datang ke blog anda.

Cara Pemirsa Menemukan Blog

Ada dua bagian pada laporan untuk mengetahui bagaimana cara pemirsa menemukan sebuah blog dibagian Akuisisi > Semua Lalu Lintas yaitu Saluran dan Rujukan.

Saluran, berfungsi untuk menyampaikan bagaimana seseorang menemukan situs anda. Data yang diberikan berasal dari seluruh sumber trafik yang didapat, mulai dari seseorang menuliskan domain anda di browser, mengunjungi melalui mesin pencari hingga mengklik dari website lain.

Rujukan, merupakan laporan lebih spesifik tetapi laporannya hanya menyampaikan darimana kunjungan berasal. Diluar mesin pencari dan kunjungan langsung, seperti kunjungan dari media sosial dan blog.

Jika anda menulis di blog orang lain, atau istilahnya guest blogging, anda bisa menggunakan Rujukan ini untuk mengetahui berapa banyak tulisan tersebut menghasilkan trafik terhadap situs. Jika anda menggunakan media sosial, Rujukan ini juga bermanfaat untuk mengetahui berapa besar trafik dari media sosial tersebut.

Jika ingin menggali lebih dalam jumlah kunjungan dari media sosial, silakan masuk ke Sosial. Disini anda akan diberitahukan dari media sosial mana saja trafik didapat oleh blog. Termasuk situs-situs media sosial seperti Facebook dan Pinterest, demikian juga situs berita sosial seperti Reddit dan Digg, serta pembaca berita seperti paper.li dan Pocket.

Cara Memperoleh Trafik

Setelah kita mengetahui bagaimana para pembaca menemukan situs anda, maka kita dapat mengetahui bagaimana caranya agar dapat memperoleh trafik lebih banyak. Ada dua cara untuk memperoleh trafik lebih banyak yaitu dengan melakukan terus menerus teknik yang telah terbukti bekerja dengan baik dan mengevaluasi ulang trik yang tidak jalan.

Jika anda banyak meluangkan waktu bersosialisasi melalui Pinterest, tetapi media ini tidak menghasilkan banyak pengunjung ke situs, maka anda harus mengevaluasi kembali waktu yang telah anda habiskan di media sosial ini. Tetapi sebaliknya, jika anda hanya sesekali saja atau waktu yang dihabiskan di Facebook tidak terlalu banyak, tetapi bisa menghasilkan trafik luar biasa ke situs anda, maka barangkali anda harus lebih banyak meluangkan waktu di media sosial ini.

Untuk memperoleh data lebih akurat, kunjungilah kembali laporan Social Overview dan klik pada jaringan sosial yang menghasilkan trafik banyak tersebut. Disini akan dibeberkan dalam laporan Network Referrals halaman mana saja yang populer di media sosial. Apakah terdapat tren yang menarik pengguna untuk mengunjungi artikel tersebut? Jika jawabannya adalah ya, maka buatlah artikel sejenis dan promosikan melalui media sosial tersebut.

Tulisan Mana Paling Disukai Pelanggan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan pada laporan All Pages, di bagian bawah Behavior > Site Content> All Pages

All Pages merupakan sebuah laporan tentang postingan atau halaman mana paling banyak dikunjungi di situs. Dia juga memberi tahu rata-rata pengunjung di sebuah halaman, rasio pentalannya dan persentase mereka keluar dari situs.

Berikut ini merupakan pengertian dari metrik-metrik tersebut:

  • Pageviews/Unique PageViews: ini merupakan jumlah pengunjung yang telah anda dapatkan. Pageviews merupakan seberapa sering sebuah halaman dikunjungi atau dilihat. Pageview unik adalah seberapa sering seseorang mengunjung sebuah halaman. Jika seseorang membuka sebuah halaman dua kali, maka akan dihitung sebagai dua Pageviews tetapi hanya satu Unique Pageviews.
  • Time on Page: Ini merupakan ukuran rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di sebuah halaman. Tujuan dari masing-masing halaman tentu akan berbeda, maka anda tidak bisa membandingkan antara satu halaman dengan halaman lainnya, tetapi anda bisa menggunakan ini untuk melihat halaman mana yang dapat “menangkap” ketertarikan pengunjung sehingga dia akan berada di halaman tersebut lebih lama dibandingkan halaman lainnya. Jika mereka berada di sebuah halaman hanya beberapa detik saja, barangkali ini merupakan sinyal bagi anda bahwa postingan atau tulisan tadi tidak menarik sama sekali.
  • Bounce Rate: Bounce rate atau rasio pentalan adalah persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja dalam satu sesi. Mereka tidak mengunjungi atau membuka halaman lain di situs anda.

Diantara ketiga metrik di atas, waktu rata-rata pengunjung di sebuah halaman merupakan metrik paling penting ketika anda ingin meninjau seberapa efektif sebuah artikel tadi. Lebih laman mereka di sana tentu akan lebih baik.

Pada umumnya, rata-rata seseorang membaca sebuah tulisan adalah sekitar 130 kata per menit. Anda bisa menggunakan ini sebagai sebuah patokan untuk menentukan apakah mereka membaca seluruh artikel atau hanya membaca sekilas saja.

Lantas dua metrik lainnya, yaitu pageviews dan rasio pentalan (dan faktor non analitis lainnya seperti sharing di media sosial) akan memberi anda gambaran tentang apa tulisan mana yang bagus dan mana yang tidak.

Kecepatan Loading Situs

Kecepatan loading sebuah situs merupakan hal terpenting bagi seorang blogger. Anda tentu tidak ingin pengunjung menunggu lama untuk membuka sebuah halaman blog anda. Anda bisa memeriksa dengan tool pemeriksa kecepatan loading website tetapi tidak dalam waktu nyata. Untuk memeriksa loading situs di Google Analytics, silakan kunjungi di bawah Behavior > Site Speed > Page Timings. Disini anda bisa melihat seberapa lama sebuah situs baru terbuka, dibandingkan dengan situs lainnya berdasarkan waktu nyata.

Pada menu, bagian kanan bawah laporan, terdapat Speed Suggestions (saran tentang kecepatan situs). Disini bisa ditemukan beberapa buah saran untuk meningkatkan performa blog. Saran tersebut perlu diperhatikan dan dilaksanakan, dan jika anda tidak bisa atau tidak mengerti, silakan minta pendapat atau seorang ahli untuk melakukan perbaikan.

Kejadian Waktu Nyata

Laporan real time atau waktu nyata menunjukkan tentang siapa, berapa orang yang sedang menunjungi situs, apa saja yang sedang mereka baca dan bagaimana mereka datang di waktu anda sedang melihat laporan analytics.

Seandainya, tiba-tiba saja ada salah satu tulisan anda yang sedang viral karena ada teman atau follower yang membagikannya di situs media sosial, maka laporan ini akan langsung memberitahukannya. Jika viralnya di Reddit, katakanlah demikian, anda bisa langsung mengunjungi media sosial tersebut dan langsung dapat membalas komentar yang sedang berlangsung. Jika yang membagikannya merupakan sebuah perusahaan atau orang berpengaruh, anda bisa langsung mengirimkan email ucapan terima kasih karena telah membagikannya dan membuatnya menjadi viral dan tentu saja membangun sebuah pertemanan untuk menjalin kerjasama di masa mendatang.

Itulah sebagian kegunaan dari Google Analytics. Dengan mengertinya fungsi dan fitur terdapat di Google Analytics, akan membuat anda lebih mengerti tentang kelebihan dan kelemahan anda sebagai seorang blogger. Untuk itu sering-seringlah membukanya untuk mempelajari fitur-fitur lainnya sehingga memperoleh pemahaman lebih pada fitur-fitur tersebut. Terakhir, semoga artikel ini dapat membantu guna membangun situs menjadi lebih besar dan lebih berpengaruh.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda