Cara Mengatur Sasaran di Analytics

Beginner 4.3

Sasaran di Analytics menyatukan seluruh metrik pada laporan dengan tujuan bisnis tertentu. Ini merupakan cara terbaik untuk menggunakan data agar mengerti apakah tujuan bisnis telah tercapai atau belum.

Sebelum mengatur sebuah sasaran di Google Analytics, marilah kita bahas perbedaan antara dua bentuk tujuan, yaitu tujuan bisnis dan tujuan Google Analytics.

Tujuan bisnis adalah tindakan yang anda inginkan terhadap pengguna sewaktu berkunjung ke situs. Tiap kali seorang pengguna menyelesaikan tujuan bisnis anda (seperti melakukan pembelian), kita menyebutnya dengan konversi.

Tetapi di Google Analytics, kita menggunakan fitur “Sasaran” ini adalah untuk melacak konversi tersebut. Sekali anda menentukan Sasaran, Analytics akan membuat sebuah metrik berdasarkan konversi, seperti jumlah konversi, yaitu persentase pengguna yang melakukan pembelian. Kita menyebutnya dengan tingkat konversi.

Ketika anda menyetel sebuah sasaran di Google Analytics, anda juga menset sebuah “saluran sasaran”. Ini merupakan sebuah visualisasi data dari langkah-langkah berbeda yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sasaran tadi. Visual ini membantu anda untuk menentukan dimana pengguna keluar dari proses konversi. Bisnis ecommerce bisa menggunakan sasaran dan saluran ini untuk melihat dimana pengguna biasanya menyelesaikan proses menyelesaikan konversi yang memiliki beberapa tahapan. Bisnis lainnya bisa melacak pengguna yang mendaftar newsletter, menyelesaikan formulir isian, halaman mana saja mereka buka, jumlah halaman yang telah dikunjungi dalam sebuah sesi atau lamanya mereka berada di situs anda.

Anda harus menjadi Administrator pada tingkat View jika ingin mengatur sasaran pada Analytics. Perlu juga diingat bahwa anda hanya bisa membuat 20 sasaran per view, oleh karnanya harus diperhatikan sasaran mana saja yang paling penting untuk bisnis anda.

Pertama, anda harus menentukan apa yang ingin dilacak berdasarkan sasaran bisnis. Karena Google Store merupakan sebuah toko online, salah satu sasaran yang ingin diketahui adalah berapa banyak yang melakukan pembelian. Sekarang kita mengatur sebuah sasaran untuk tiap kali seorang pengguna menyelesaikan konfirmasi pada halaman pembelian. Kita juga akan mengatur sebuah saluran visualisasi, maka kita bisa melihat jika pengguna keluar atau tidak melakukan pembelian di halaman konfirmasi. Perlu diperhatikan bahwa Sasaran ini tidak akan melacak pendapatan secara tepat, dia hanya melacak sejauh mana pengguna menyelesaikan tiap tahap dari sasaran dan dimana mereka tidak menyelesaikan proses sasaran perusahaan. Membuat sebuah saluran visualisasi untuk melacak penyelesaikan sasaran seluruhnya tergantung dari anda, tetapi dia bisa menambahkan visibilitas ke tiap langkah alur konversi.

Menset Sasaran

Untuk memulai, kita harus pergi ke sesi Admin. Kemudian, di bawah “Views”, klik “Goal”. Lantas klik “New Goal”. Perlu diperhatikan bahwa setingan Sasaran anda mungkin akan terlihat berbeda dibandingkan dengan Google Store punya, tergantung dari tipe bisnis masing-masing. Analytics menyediakan beberapa templat sasaran. Jika kita ingin melacak halaman mana pengguna keluar dari halaman Google Store, kita akan memilih “Buy Merchandise” dan klik “Continue”.

Karena kita ingin melacak konfirmasi keluar, kita akan menamakan sasaran “Checkout Complete” (Menyelesaikan Checkout). Tiap sasaran menggunakan sebuah “Sasaran Slot ID” masing-masing yang disusun berdasarkan penomoran dari satu hingga dua puluh. Goal Slot ID adalah cara paling gampang untuk menyusun sasaran anda. Slot standar akan selalu di sebelah slot yang tersedia. Jika anda membuat sasaran baru pertama kali, Goal Slot ID nya akan menjadi “1”, tetapi kita bisa memilih slot berbeda jika anda ingin mengelompokkan beberapa slot bersamaan.

Kemudian kita akan memilih salah satu dari empat tipe sasaran. Tiap tipe ini akan dihasilkan berdasarkan tindakan pengguna.

  • “Destination” (tujuan) adalah ketika seorang pengguna masuk ke halaman tertentu di situs seperti halaman “terima kasih”.
  • “Duration” (lamanya mereka di sebuah halaman) berdasarkan berapa lama seorang pengguna di situs di tiap sesinya.
  • “Pages or Screen” untuk melacak setiap kegiatan pengguna di sebuah situs. Kita akan membahasnya pada pelajaran tingkat lanjut.

Jika anda ingin membuat sebuah Saluran Visualisasi, anda hanya bisa menggunakan sasaran dengan bentuk “Destination”, maka kita memilih “Destination” dan klik “Continue”.

Kemudian kita masukkan URL sasaran pada halaman “Order Complete” pada isian “Destination”. URL tujuan ini adalah URL dari halaman yang muncul ketika pengguna menyelesaikan proses pembeliannya. Daripada memasukkan seluruh URLnya, kita ingin melihat sesuatu yang khusus di URL tersebut yang akan memungkinkan kita untuk melacak tujuan dengan menggunakan halaman ini. Dikarenakan tidak ada halaman lain di Google Store mempunyai “Submit Order” di URLnya, kita akan menggunakan ini untuk menentukan halaman “Order Complete”.

Anda akan melihat bahwa jika kita memilih “sama dengan”, ketik “forward-slash SubmitORder”, dan klik “Verify” di bagian bawah, kita tidak melihat data konversi untuk sasaran ini. Hal ini dikarenakan halaman SubmitOrder adalah bagian dari URL dinamis yang lebih panjang. Untuk melacak sasaran ini, kita membutuhkan yang disebut “regular expression” dan masukkan nilai “forward slash SubmitOrder” untuk mengidentifikasikan bahwa URL mendahuluinya bisa menjadi sebuah variabel. Sekarang jika kita klik “Re-verify”, akan terlihat bahwa tingkat konversinya di atas 0, artinya kita akan bisa melacak data. Untuk Regular Expression akan dibahas pada pelajaran tingkat lanjut.

Nilai Sasaran

Jika anda ingin menetapkan sasaran konversinya dalam bentuk uang, anda bisa menggeser tombol “value” menjadi “on” dan menuliskan nilai konversi yang diinginkan. Anda hanya bisa menggunakan ini jika tiap konversi nilanya tidak berubah-ubah. Sebagai contoh, jika tiap kali pengguna mendaftar untuk memperoleh newsletter bernilai 1 dollar, anda bisa mengatur nilai sasarannya menjadi “1”. Dikarenakan kita melacak tiap kali pembelian selesai di Google Store dan masing-masing pembelian nilainya berbeda, maka kita akan menset nilainya menjadi “off”. Jika kita ingin melacak nilai nyata yang dibuat pada tiap pembelian, kita membutuhkan pelacakan ecommerce, yang akan di bahas kemudian pada pembahasan Ecommerce Analytics.

Saluran Sasaran

Setelah anda memverivikasi setingan, geser tombol “funnel” menjadi “on” untuk menambahkan langkah-langkah funnel. Tiap langkah funnel mempresentasikan sebuah tindakan pada situs anda yang harus diambil untuk menyelesaikan sasaran. Dalam kasus ini, kita harus menambahkan sebuah bagian unik dari URL di tiap halaman pada funnel dan menambahkan bagian unik dari URL. Jika tiap langkah harus menyelesaikan sasaran, geser tombol “required” menjadi ‘Yes”. Sebagai contoh, jika kita ingin pengguna yang masuk ke funnel pada langkah pertama menampilkan hasil laporan visual funnel, kita harus menset langkah pertama sebagai tindakan yang perlu dilakukan.

Perhatikan bahwa jumlah penyelesaian sasaran pada laporan konversi tidak akan berakibat pada funnel yang telah diatur sebelumnya, walaupun anda membuat beberapa langkah tersebut harus diselesaikan, karena langkah-langkah ini hanya dilaporkan pada laporan visual funnel.

Setelah anda klik Save, anda akan melihat Sasaran muncul pada daftar sasaran.

Untuk melihat metrik sasaran, kembalilah pada view Reporting dan di bawah laporan “conversions”, klik “goals” dan kemudian “Overview”. Lebih penting lagi, anda sekarang bisa melihat data sasaran di hampir seluruh laporan Google Analytics lainnya seperti pada laporan Audien dan Akuisisi.

Untuk melihat hubungan saluran visualisasi, dibawah konversi, klik laporan Funnel Visualization. Gulir ke bawah, anda melihat aktivitas pengguna di tiap langkah saluran dan seberapa banyak pengguna telah menyelesaikan langkah-langkah tadi. Jika seorang pengguna tiba-tiba keluar pada salah satu langkah, anda bisa memeriksanya. Barangkali ada masalah teknis di saluran tersebut yang mengakibatkan pengguna tiba-tiba keluar dari proses pembelian.

Sebagai tambahan untuk membuat sasaran tertentu, Analytics Solutions Gallery menawarkan beberapa Sasaran yang dibuat oleh pengguna Analytics lainnya yang bisa anda tambahkan ke akun Analytics dan digunakan untuk tujuan bisnis anda.

 

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/4/lesson/3

Transkrip : https://support.google.com/analytics/answer/6383000

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda