Cara Mengambil Keuntungan, Mencegah dan Melapor Tulisan Plagiat

Bagi anda para blogger dengan konten asli dan hasil dari kerja keras, tulisan anda di copy paste tentunya sudah mengenal dengan baik. Mereka akan menyalin seluruh hasil kerja anda, dan memanfaatkannya demi keuntungan mereka sendiri. Dengan demikian, terkadang, hasil copycat itu tampil lebih baik dibandingkan tulisan aslinya.
Untuk mencegah orang lain melakukan plagiat, barangkali tidak bisa anda lakukan, tetapi dalam tulisan ini, kita akan membahas bagaimana cara mengetahui blog anda telah diplagiat dengan cara membuat link building, cara untuk menemukan situs yang telah mengcopas konten anda, dan apa yang harus dilakukan jika anda ingin mengambil keuntungan dari konten dicopas atau melaporkannya.

Keuntungan Saling Mengaitkan Konten Blog

Jika anda saling mengaitkan antara satu tulisan dengan tulisan lain dan saling mempunyai relevansi di blog, ini bisa sangat menguntungkan, karena dengan demikian orang yang melakukan plagiat (langsung copas saja dari blog anda) telah memberitahukan bahwa dia melakukan plagiarism.

Hal ini bisa terjadi karena dia tidak menghapus tautan internal yang telah anda benamkan melalui ancor text di tulisan tersebut (dengan catatan anda menautkannya dengan tulisan yang relevan dan setopik dengan konten blog anda lainnya). Ini bisa terjadi kalau mereka menggunakan tool di internet untuk melakukan praktek ‘auto generated content’.

Dengan bantuan Webmaster tool, akan dikenalilah situs apa saja yang telah manautkan ke situs anda. Praktek ini dapat juga menguntungkan bagi anda (apalagi kalau Page Rank situs tersebut cukup tinggi) karena telah melakukan praktek link building.

Cara Mengetahui Konten Telah Diplagiat

Anda dapat mengetahui blog apa saja yang telah menautkan ke blog anda. Jika anda ingin mengetahui website mana saja yang telah mengcopy paste, berikut beberapa tip untuk melakukannya.

Copyscape

Copyscape merupakan mesin pencari sederhana yang dapat membantu untuk melakukan pelacakan terhadap tautan yang mengarah ke sebuah blog. Anda cukup memasukkan URL blog tersebut, lantas hasilnya akan tersaji dengan instan. Layanan ini gratis, tetapi jika untuk situs yang lebih besar dan hasil lebih banyak, bisa menggunakan layanan premium untuk memeriksa hingga 10.000 halaman lebih.

Trackbacks

Jika anda menggunakan WordPress, bisa menggunakan layanan dari Trackbacks. Jika anda menggunakan Akismet, akan muncul di folder spam email anda. Tip agar laporan dari Trackbacks ini muncul adalah dengan menautkan halaman tersebut dengan laman lainnya di blog dan pastikan link itu diletakkan sebagai kata kunci utama bagi tulisan tersebut.

Webmaster Tools

Cara lainnya untuk melacak orang yang mengcopy paste menggunakan Webmaster tool. Setelah masuk ke search console, klik Lalu Lintas Penelusuran => Tautan ke Situs Anda. Disana akan terlihat siapa saja yang telah menautkan halamannya dengan blog anda. Dengan demikian anda bisa melihat dan mengetahui situs apa saja yang telah tertaut.

Carilah situs yang paling banyak punya link ke blog anda tetapi tidak berasal dari jejaring sosial, situs social bookmarking atau follower, maka bisa dipastikan blog tersebut adalah plagiat. Kemudian kunjungi situs tersebut dan carilah di halaman mana asal tautan tersebut.

Google Alerts

Google Alerts akan efektif jika anda tidak sering menulis di blog atau ingin selalu mendapat notifikasi jika sebuah blog tertaut dengan situs anda. Dengan demikian anda akan memperoleh preview langsung dari Google Alerts melalui notifikasi atau lewat email.

Cara Memperoleh Keuntungan dari Postingan Plagiat

Jika anda menggunakan WordPress, anda bisa menggunakan RSS footer plugin. Dengan plugin ini anda tempatkan beberapa teks di atas atau dibawah konten RSS feed anda. Dengan demikian, anda akan dipromosikan ketika mereka mengcopy paste konten dengan adanya teks yang menjelaskan dari mana orang itu memperoleh kontennya.

Cara Menghentikan Praktik Plagiat

Jika anda merasa tidak senang kalau konten dicuri, ada beberapa pilihan untuk menghentikannya. Cara pertama adalah dengan menghubungi mereka melalui email, form contact atau melalui media sosial dengan men-tag orang tersebut agar tulisan dihapus segera. Jika tidak ada alamat yang bisa dihubungi, bisa melalui Whois Lookup untuk mengetahui siapa yang mempunyai domain tersebut. Jika tidak terdaftar juga, anda bisa menemukan alamat email resminya.

Jika tidak juga, anda minimal bisa mencari di mana dia menyewa domain itu (registrar). Dengan demikian anda dapat menghubungi tempat hostingnya lantas meminta mereka untuk mensuspend atau menghapus blognya. Atau bisa juga menggunakan DMCA dan menggunakan layanan takedown services untuk mengadukan dan meminta mereka agar domain itu dihapus.

Itulah beberapa cara mengambil keuntungan dengan para pencuri hasil karya atau tulisan blog dan mengadukannya jika anda merasa tidak berkenan dengan kelakuan pencuri konten di internet. Jika tulisan ini masih berasa kurang, silakan sampaikan tambahan di komentar untuk menyempurnakan tulisan ini.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda