Cara Mendapatkan Verifikasi Laman Google My Business

Mendapatkan laman Google My Business bagi para pengusaha, baik besar maupun kecil, merupakan hal yang sangat penting. Ini menjadi penting karena dengan adanya laman Google My Business yang terverifikasi menandakan bahwa usaha anda merupakan usaha yang telah diakui dan dipercayai Google.Otomatis, calon pelanggan anda pun akan yakin bahwa usaha anda dapat dipercaya.

Laman yang telah terverifikasi ini ditandai dengan adanya tanda ceklis atau centang di sebelah photo profil laman Google My Business anda seperti laman Kopi Datuk. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut ini adalah pengalaman kami sehingga Google memberikan kepercayaan untuk memberi verifikasi.

Hal pertama yang anda lakukan tentulah harus membuat sebuah akun Gmail khusus untuk bisnis anda ini. Akun ini kami beri nama yang sesuai dengan nama usaha yaitu Kopidatuk@gmail.com. Kenapa kopidatuk? karena brand atau merek usaha kami adalah Datuk dan jenis usaha adalah jualan kopi bubuk.

Selanjutnya melengkapi data-data yang diminta oleh Google Plus untuk ditampilkan pada halaman profil secara lengkap dan benar hingga kelengkapannya dinyatakan 100% (termasuk nomor telpon anda yang dapat dihubungi).

Untuk photo profil pergunakan foto wajah anda sehingga Google Plus dapat mengetahui bahwa anda adalah manusia, bukan mesin.

Untuk keamanan akun dan meningkatkan kepercayaan Google, kamipun mengaktifkan verifikasi dua langkah akun Gmail tersebut.

Catatan: nomor telepon yang dientrikan jangan sampai hilang atau anda tidak dapat mengakses akun anda tersebut jika anda lupa password. Jika anda lupa password, Google akan mengirimkan lewat SMS nomor sebanyak 6 digit untuk mereset password akun Gmail anda ke nomor telepon yang anda gunakan untuk verifikasi dua langkah.

Jika nomor telepon anda hilang atau anda tidak dapat mengakses akun anda setelah dikirimkan maka anda akan kehilangan kepercayaan Google dimasa mendatang. Nomor yang kami gunakan adalah kartu paska bayar (Kartu Halo).

Upload logo perusahaan anda. Untuk Kopi Datuk, kami minta bantuan kepada ahli logo atau percetakan untuk membuat logo yang kami pakai sebagai cover produk sehingga terlihat "mentereng" hehe.

Aktifkan fitur "Lacak lokasi", baik di perangkat Android maupun settingan pada browser komputer anda,  sehingga Google mengetahui bahwa anda berada di alamat yang telah anda tuliskan di profil.

Buat sebuah blog mengenai perusahaan anda menggunakan blogspot (lebih bagus lagi kalau menggunakan platform WordPress).

Lakukan postingan secara wajar dan hindari spam, karena Google Plus sangat tidak menyukai spam. Spam adalah melakukan posting secara berulang-ulang dalam waktu singkat. Interval waktu melakukan posting yang disukai Google adalah tiap dua jam atau lebih.

Posting yang anda lakukan adalah kegiatan anda sehari-hari dalam melakukan bisnis anda. Interval waktu postingan ini tidak perlu terlalu sering, satu kali sebulan pun jadilah. Postingan yang anda lakukan tiap hari bebas, boleh tentang perasaan anda, apa yang anda sukai (kalau saya suka kucing dan menulis hehe) dan hal-hal lainnya. Yang penting Google mengetahui bahwa anda melakukan kegiatan bisnis anda.

Langkah selanjutnya adalah menunggu dengan terus bersosialisasi dengan teman-teman yang ada di dalam lingkaran, tambahkan mereka dan merekapun akan menambahkan anda.

Lakukan pencarian nama perusahaan anda pada mesin pencari Google atau Google.com secara berkala (satu kali sebulan). Jika suatu saat ketika anda melakukan pengecekan perusahaan anda, dan anda temukan suatu situs yang tidak anda kenal tapi situs itu bernama perusahaan anda, artinya Google sudah menyiapkan laman Google My Business untuk anda dan anda sudah bisa mengklaimnya sebagai laman bisnis anda.

Sewaktu akun Datuk Suhardi ini mempunyai jumlah follower diatas 5000, Google pun menawarkan memverifikasi Google My Business kepada kami dan kesempatan ini tidak kami sia-siakan.

Penutup
Google My Business diperuntukkan bagi semua perusahaan di seluruh dunia, tidak peduli apakah anda perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Bahkan jika anda punya usaha jualan gorengan di pinggir jalanpun saya yakin akan dibantu oleh Google untuk menampilkan usaha anda di Google My Business. Untuk mendapatkan verifikasi ini, kami tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Kopi Datuk pun bukanlah usaha besar, yang mempunyai omzet puluhan juta rupiah tetapi hanya usaha keluarga sederhana. Tetapi yang terpenting adalah Anda "ADA" dan tidak dibuat-buat. Maka mulailah dari sekarang untuk menggunakan Google Plus dan Google My Business demi masa depan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Silakan sampaikan komentar Anda