Cara Memperbaiki Error 404 di Postingan WordPress

WordPress merupakan CMS paling berpengaruh di dunia. Namun terkadang sebuah tweak yang salah bisa membuat website anda tersebut tidak dapat diakses. Sebenarnya menemukan solusi bagi permasalahan yang terjadi di WordPress sangatlah gampang karena dia mempunyai team pendukung. Salah satu error yang terjadi adalah sewaktu membuka sebuah postingan atau tulisan terjadi Error 404. Pada tulisan ini kita akan bahas bagaimana cara memperbaiki dan penyebab Error 404 ini.

Pada kasus ini, biasanya si user bisa mengakses area admin dari WordPress, halaman utama blog, tetapi ketika mengakses salah satu tulisan terjadilah kesalahan 404 not found. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan sekali-kali panik, karena biasanya tulisan anda tadi masih ada dan tersimpan dengan aman atau tidak hilang sama sekali. Ini biasanya terjadi jika file .htaccess terhapus atau ada kesalahan pada aturan rewrite. Yang harus dilakukan adalah memperbaiki setingan pada permalink.

Silakan ke Setting > Permalinks, dan klik tombol Save Changes.

Dengan melakukan tindakan tadi, biasanya akan mengupdate setingan permalink dan menyegarkan kembali aturan rewrite. Pada beberapa kasus, cara ini bisa memperbaiki error 404 pada postingan di WordPress. Akan tetapi, jika tidak berhasil juga, barangkali anda harus mengupdate file .htaccess secara manual.

Caranya adalah dengan login ke server menggunakan FTP, dan modifikasilah file .htaccess yang terdapat pada folder seperti /wp-content/ dan /wp-includes/. Cara tergampang yang bisa dilakukan adalah dengan membuat file yang dapat ditulis untuk sementara dengan mengubah ijin menjadi 666. Kemudian lakukan lagi solusi original. Jangan lupa untuk merubah ijinnya kembali ke 660. Anda bisa menambahkan kode di bawah ini secara manual pada file .htaccess.

01 # BEGIN WordPress

02 <IfModule mod_rewrite.c>

03 RewriteEngine On

04 RewriteBase /

05 RewriteRule ^index\.php$ – [L]

06 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

07 RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

08 RewriteRule . /index.php [L]

09 </IfModule>

10 # END WordPress

Perbaikan untuk Server Lokal

Sering kali para desainer dan developer menginstal WordPress pada komputer mereka dengan menggunakan sebuah server lokal untuk tujuan percobaan. Jika anda ingin menggunakan permalinks khusus, maka anda harus meng-enable-kan rewrite_module pada konfigurasi Apache pada MAMP, WAMP, atau XXAMP.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda