Cara Memilih Keyword

Sekarang tidak perlu lagi mempergunakan segala cara agar dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian Google karena sudah tidak ada lagi istilah PageRank seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal terpenting yang perlu dilakukan hanyalah memilih kata kunci yang mungkin akan dicari oleh para pengguna Google.

Cara-cara lama SEO, sekarang sudah tidak dipakai lagi. Google mengurangi pentingnya kata kunci dalam ranking pencarian dan meningkatkan algoritma pencarian agar memastikan bahwa kata kunci yang dimasukkan tidak mengalahkan keinginan pencari atau pengguna Google.

Ranking di halaman pertama di Google tidak sama dengan konversi, penjualan dan pendapatan. Anda hanya perlu memastikan bahwa ranking kata kunci yang dipergunakan benar-benar mengacu kepada apa yang ingin disampaikan pada artikel tersebut.

Abaikanlah memilih kata kunci yang mementingkan peringkat dalam SERP. Tapi pilihlah kata kunci yang dapat mengarahkan dan menginspirasi calon pembaca anda untuk memilih artikel kepunyaan kita. Berikut beberapa pendekatan untuk mengidentifikasi kata kunci-kata kunci tersebut.

Pergunakan Tool Analytic dan Keyword

Untuk mendapatkan kata kunci yang bagus, ada dua alat yang bisa dipergunakan, yaitu laporan analytic, untuk menunjukkan apa yang sedang terjadi di situs, dan beberapa tool untuk mencari kata kunci.

Dulu ada Google Adwords Keyword Tool. Ini sangat bagus sekali untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi, digantikan dengan Google Keyword Planner. Untuk menggunakannya, anda harus menggunakan Adwords terlebih dahulu.

Ketika mencari kata kunci, kita harus melihat “exact match” untuk melihat lebih tepat kata kunci apa yang sedang dicari oleh orang sewaktu menggunakan mesin pencari. Kita punya pilihan untuk melihat secara regional atau informasi secara local.

Langkah pertama adalah menggunakan laporan analitik untuk mengetahui kata kunci yang membawa pengguna Google menuju ke situs dan seberapa efektif kata kunci tersebut. Anda juga bisa melihat apa yang sedang dicari dan mengetahui kemana mereka setelah membuka situs kita.

Buatlah beberapa daftar hasil yang ingin dicapai sehingga bisa melihat keyword apa saja yang tidak menghasilkan trafik ke website, kemudian periksa volume pencarian dalam kata kerja yang telah dipilih itu. Beberapa tool telah memasukkan informasi secara local.

Gambaran Keseluruhan

Ada beberapa cara untuk menentukan kata kunci terbanyak membawa trafik ke situs, yaitu:

1. Pergunakan indeks: Google melakukan pencarian untuk melihat berapa banyak situs yang mempunyai keyword potensial di tiap judul artikel.

2. Periksalah pilihan di Google Suggest. Tool ini memberikan saran-saran berdasarkan pencarian orang di search engine.

3. Lakukan pencarian melalui web dengan memasukkan salah satu kata kunci dan lihat keterkaitan pencarian yang muncul di bawah halaman pencarian. Hasil ini berdasarkan pada kata kunci paling banyak dipakai.

4. Lakukan analisis kompetitif untuk mengetahui kata kunci yang ditargetkan oleh competitor dan bagaimana trafik yg mereka dapatkan.

Pergunakan Pendekatan Dandelion

Pendekatan Dendelion yaitu kegiatan sewaktu memilih kata kunci yang merupakan mengenai cluster daripada inti sebenarnya dari kata kunci itu sendiri.

Fokuslah ke Pertanyaan

Fikirkanlah bagaimana orang pada umumnya melakukan pencarian – dan bagaimana anda biasanya mencari sesuatu ketika anda tidak menggunakan teknik SEO. Biasanya orang melakukan pencarian dengan pertanyaan real.

Mengetahui apa sedang dicari bisa meningkatkan keterlihatan website di mesin pencari. Dengan algoritma Hummingbird, google lebih focus ke pencarian yang bersifat percakapan natural sehari-hari.

Jika seseorang menuliskan sebuah pertanyaan di kotak pencarian Google, kemudian situs kita merupakan jawabannya, maka hasil pencarian akan menempatkan situs itu di halaman pertama. Pertanyaan yang ditanyakan oleh orang itu akan dimasukkan ke dalam laporan analitis anda.

Menilai Maksud Pengguna

Perhatikanlah maksud dari pengguna Google. Keyword hanya muncul jika mereka cocok dengan apa yang dilakukan. Beberapa orang mencari informasi karena ingin tahu. Sementara orang lainnya melakukan pencarian karena mereka ingin melakukan sesuatu, seperti akan melakukan pembelian karena mereka butuh suatu barang.

Untuk menilai maksud dari pengguna, anda perlu memeriksa bentuk pencarian dan melihat mana cirri-ciri kata kunci dari orang yg butuh sesuatu. Semakin spesifik kata kuncinya, maka mereka ingin mencapai sesuatu yang lebih spesifik.

Contoh, “berapa harga mesin penggiling beras termurah”. Bandingkan dengan “harga mesin penggiling beras”.

Biasanya orang yang melakukan pencarian pertama mempunyai niat untuk membeli sebuah mesin penggiling beras. Sementara pencarian kedua hanya ingin mengetahui berapa harga penggiling beras tanpa maksud untuk membelinya.

Lakukan Analisis Forensik

Cara lainnya adalah dengan memilih kata-kata yang mengarahkan ke tindakan. Kombinasikan kata-kata yg mengarahkan pembaca anda untuk melakukan pencarian dengan ekspresi yang berhubungan dengan usaha anda. Proses ini akan membawa kita ke kebutuhan utama para pencari.

Targetkan ke Pencarian Mobile

Pengguna mobile sekarang sudah mulai meningkat, bahkan telah mengalahkan pencarian yang dilakukan menggunakan desktop. Para pengguna smartphone akan bertindak lebih cepat ketika mereka menemukan informasi yg mereka butuhkan di internet. Itulah alasannya kenapa harus memperhatikan tren pada perangkat mobile ini dan mobile analytics bisa membantu untuk mencarikan kata kunci tertarget.

Perlu juga diketahui bahwa orang yang melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile biasanya akses lokasi mereka aktif karena mereka membutuhkan informasi nyata. Para pengguna mobile ingin mengetahui dimana mereka bisa membeli dengan harga yang termurah dan di lokasi terdekat di mana mereka sedang berada.

Kesimpulan

Konversi bukan hanya mengenai kata kunci tetapi bagaimana mengoptimalkan situs kita dengan tulisan yang bermanfaat sehingga para pengguna mendapatkan pengalaman yang positif ketika suatu kata kunci membawa mereka ke sebuah situs.

Silakan sampaikan komentar Anda