Cara Membuat Watermark Gambar Otomatis di WordPress

Jika anda adalah seorang photographer atau artis sebaiknya menggunakan watermark agar terhindar dari penyalahgunaan gambar yang telah di upload ke dunia maya. Dan kalau anda menggunakan WordPress sebagai media tampil di internet, anda harus membaca artikel ini. Berikut akan saya sampaikan bagaimana cara membuat watermark di WordPress.

Metode 1. Menambahkan Watermark Menggunakan Galeri Envira

Envira Gallery adalah salah satu plugin terbaik di WordPress. Dengan Envira, anda bisa membuat gambar yang indah dan mobile friendly di situs WordPress, setelah ditambahkan watermark tentunya. Envira menyertakan sebuah addon sehingga akan memudahkan anda untuk menambahkan watermark ke gambar di WordPress. Bagi anda yang baru mengenal Envira, bisa dapat korting sebesar 25% dengan kode WPB25.

Hal pertama yang perlu anda lakukan tentu saja menginstalnya dan mengaktifkan plugin Envira Gallery. Lebih lengkapnya, silakan ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Setelah anda instal melalui Envira Gallery, kemudian aktifkan dengan masuk ke halaman Envira Gallery => Setting untuk memasukkan lisensi.

Lisensi dapat anda dapatkan dari dashboard situs Envira Gallery.

Setelah kode tersebut diverifikasi, anda dapat melanjutkan ke halaman Envira Gallery => Addon, gulir ke bawah atau carilah Watermarking Addon, dan kemudian install dan aktifkan.

Setelah diaktifkan, anda telah siap untuk menambahkan gambar ke galeri yang responsive dengan tambahan watermark. Untuk membuat galeri, silakan lanjut ke Envira Gallery => Add New.

Gulir ke bawah pada halaman tersebut, dan anda akan melihat tab watermark. Klik dan kemudian anda akan ditampilkan seting untuk membuat watermark. Anda harus mengklik kotak disamping kata Enabled untuk melihat pilihan lainnya.

 

Kemudian klik tombol ‘Choose Watermark’ dan upload sebuah gambar yang ingin diberi watermark. Anda juga bisa merubah posisi dan margin dari gambar yang akan diberi watermark tersebut.

Setelah menambahkan gambar berwatermark, anda sekarang pindah ke adding images into this gallery. Gulir ke atas, dan kemudian klik tombol ‘Select files from computer’ atau ‘Select files from other sources’.

Setelah menambahkan beberapa gambar ke dalam galeri, maka gambar itu siap di publish. Sekarang anda sudah bisa menambahkan gambar di galeri tersebut ke postingan atau halaman. Setelah tulisan postingan siap, kemudian klik tombol “Add Gallery”.

Dengan mengklik tombol Add Gallery tadi, akan muncul sebuah popup dimana anda bisa memilih gambar dari galeri yang barusan dibuat dan kemudian klik tombol insert.

Anda akan melihat sebuah shortcode muncul di post editor. Anda kemudian bisa menyimpan atau mempublik postingan atau page tersebut.

Metode 2. Menambahkan Watermark Menggunakan Easy Watermark

Langkah pertama tentu saja anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Easy Watermark. Setelah aktivasi, lanjut ke halaman Setting => Easy Watermark untuk menyetel setingannya.

Pada halaman setting terdapat tiga tab. Pilihan pertama di tab General berfungsi untuk menambahkan watermark secara otomatis kepada seluruh gambar yang di upload. Anda juga bisa memilih tipe gambar mana yang akan di beri watermark secara otomatis.

Pilihan kedua adalah backup atau mencadangkan. Anda harus menceklis bagian ini jika anda ingin menyimpan foto asli ketika mengupload. Foto tersebut akan tersimpan di server. Anda juga bisa memilih ukuran gambar berapa saja untuk diberi watermark.

Setelah itu anda bisa memilih tipe watermark yang akan dipakai. Di plugin ini bisa akan tambahkan gambar, teks, atau kedua-duanya sekaligus sebagai watermark untuk foto.

Di bawahnya masih ada beberapa pilihan lagi, silakan anda tentukan sendiri dan kemudian jika telah selesai klik tombol ‘save changes’ agar setingan tersebut berfungsi.

Tab kedua adalah ‘Image’. Disini anda dapat mengupload gambar yang akan dijadikan sebagai watermark.

Jika anda sebelumnya memilih ‘image+text’ atau hanya text saja pada tipe watermark, maka anda harus mengklik tab text. Disini anda dapat menambahkan teks yang ingin ditampilkan sebagai watermark. Silakan pilih fontnya, ukuran huruf, alignment, transparansi dan warna tulisan yang akan dijadikan watermark.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol ‘save changes’ agar setingan berfungsi.

Menambahkan Watermark Untuk Gambar Yang Telah Diupload Sebelumnya

Untuk menambahkan watermark ke gambar yang telah diupload terdahulu, anda harus pergi ke Media => Easy Watermark, kemudian klik tombol start di bawah Bulk Watermark.

Catatan: Perlu diingat bahwa proses ini tidak dapat dibatalkan. Sangat disarankan sekali agar anda membuat cadangan situs sebelum melakukannya jika terjadi kesalahan.

Jika anda telah memilih pilihan untuk membuat cadangan bagi gambar asli, kemudian anda bisa menggunakan fitur restore bagi halaman anda, dengan demikian, semua watermark tadi bisa kembali seperti semula.

Menambahkan Watermark Secara Manual

Jika anda tidak ingin menambahkan watermark untuk seluruh gambar yang di upload ke blog, Easy Watermark memberikan anda pilihan untuk menambahkannya secara manual.

Langkah pertama adalah pergi ke Setting => Easy Watermark dan pastikan anda menghilangkan centang pada kotak di sebelah Automatically add watermak to images.

Kemudian masuk ke Media => Library. Disini anda harus merubah ke daftar tampilan untuk melihat pilihan Add Watermark untuk tiap-tiap gambar di dalam Library.

Demikianlah cara membuat Watermark gambar otomatis di WordPress, semoga tulisan ini bisa membantu anda untuk menambahkan sebuah watermark di gambar.

Jika anda menyukainya, silakan rekomendasikan di Google atau sebarkan melalui tombol berbagi yang berada di sebelah kiri layar anda.

One thought on “Cara Membuat Watermark Gambar Otomatis di WordPress

  1. terima kasih gan sngat bermanfaat..
    tentunya watermark ini bisa mencegah pengambilan gambar dari situs lain (hot linking) yang membuat server kita menjadi boros bandwidth.

Silakan sampaikan komentar Anda