Cara Membuat Link Building yang Efektif

Kita harus membangun banyak link di berbagai situs yang relevan dengan isi situs kita. Ini perlu dilakukan untuk meningkatkan trafik menuju situs yang sedang kita bangun.

Cara membangun link ini salah satunya adalah dengan cara berkomentar di sebuah artikel dan menuliskan tautan yang mengarah kepada artikel kita.

Sebagai seorang blogger sudah tentu anda mengetahui apa itu link building dan kegunaannya. Namun, pertanyaannya adalah: berapa banyak tautan yang harus dibangun dan seberapa cepat kita harus membangunnya?

Tulisan ini merupakan salah satu cara untuk membangunnya:

Berapa banyak tautan yang harus dibangun?

Semakin banyak link yang mengarah kepada situs anda maka akan semakin bagus. Tetapi ada salah persepsi mengenai hal ini. Berikut alasannya.

Pada dasarnya, jangan sekali-kali untuk focus kepada kuantitas. Fokuslah kepada kualitas. Sebuah link dari situs yang sudah terkenal dengan artikel yang relevan akan lebih berharga dibandingkan 10 tautan yang berasal dari situs yang tidak jelas atau tidak relevan dengan tulisan kita. Intinya, bangunlah linkbuilding yang berkualitas tinggi sebanyak mungkin, idealnya arahkan langsung ke internal page dibandingkan ke homepage.

Seberapa Cepat Seharusnya Membangun Links ke situs?

Asumsikan bahwa anda telah menautkan laman dengan cara aman, artinya dari situs yang relevan. Secara umum, kita sudah di jalur yang benar.

Namun, ada tren yang menunjukkan penurunan kunjungan jumlah kunjungan. Jika dibuat, katakanlah, 500 linkbuildings pada 30 hari pertama waktu web itu dibangun, maka perlahan-lahan jumlah kunjungan akan terus berkurang.

Seharusnya jumlah itu akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Tapi dengan membangun lingbuilding yang terlalu cepat akan terlihat tidak natural.

Makanya jika kita membuat web baru atau mungkin sudah ada yang lama tetapi ingin membangun jaringan ling, lebih baik buatlah hanya 5 hingga 10 buah saja dalam 30 hari pertama. Lantas secara perlahan tingkatkan jumlahnya. Catatan berikut bisa dijadikan acuan:

– Bulan 1 – buatlah 5 hingga 10 buah links (idealnya langsung ke homepage).

– Dibulan 2 – bangun 10 hingga 15 buah links (campurkan, setengahnya ke homepage dan sebagiannya lagi ke laman internal).

– Bulan 3 – Bikin lagi 20 sampai 30 biji tautan (juga dicampur antara mengarah ke home page dan ke internalpage).

– Keempat – buat 30 sampai 40 link (sekarang fokuslah ke internalpage).

– Lima – buatlah lebih dari 40 buah links (focus ke internalpages)

– Dibulan ke enam – buatlah sebanyak mungkin (selalu fokuss ke internalpage)

Seperti terlihat di atas, pada bulan pertama focus ke halaman utama web, lantas perlahan-lahan berubah fokusnya ke halaman internal untuk seterusnya.

Jika webpages kamu sudah mempunyai lebih dari 100 inboundlink, sudah saatnya membuat sebanyak-banyaknya tiap bulan. Biasanya buatlah lebih dari 50 buah per bulan.

Apa Akibatnya Jika Membuatnya Terlalu Cepat?

Jika link yang dibuat itu mempunyai kualitas yang bagus, dalam artian dari blog atau situs yang relevan, maka tidak perlu mencemaskan akan mendapat hukuman dari algoritma Panda.

Yang mungkin akan terjadi adalah trafiknya tidak akan meningkat di beberapa bulan pertama atau mungkin akan menurun.

Jika kunjungannya tidak naik dengan cepat, artinya link yang dibangun tidak berkualitas bagus atau konten dalam web masih terlalu sedikit.Jalan keluarnya dengan membuat konten sebanyak-banyaknya dan terapkan SEO onpage.

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, biasanya membutuhkan waktu selama tiga hingga enam bulan untuk melihat perkembangannya. Untuk itu perlu kesabaran dalam mengelola website anda ini.

Kesimpulan

Jika menggunakan formula diatas, diharapkan perkembangan situs kita bisa lebih cepat dan terlihat natural. Natural inilah yang paling disukai oleh Google. Efeknya, laman web anda akan terlihat di halaman pertama mesin pencari Google.

Sebenarnya, yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs anda adalah dengan strategi yang disebut dengan konten marketing. Yaitu websites kamu mempunyai isi yang bagus, bermanfaat dan disukai oleh pembaca.

Inilah kira-kira strategi yang bisa dimanfaatkan agar terjadi peningkatan traffic ke websites. Jika ada tambahan, sangat diharapkan agar menambahkannya di kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda