Cara Membuat Konten Tampil di Halaman Pertama Mesin Pencari (Langkah Demi Langkah)

Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana caranya agar berada di halaman pertama mesin pertama? Apa sebenarnya yang harus dilakukan agar bisa bersaing dengan blog lain yang sejenis? Sebagai seorang pemilik blog atau pemilik sebuah perusahaan yang mempromosikan produknya melalui dunia maya sudah tentu pertanyaan di atas merupakan pertanyaan teramat penting dan perlu dijawab.

Kenapa?

Karena dengan terjawabnya hal di atas akan membuat trafik ke blog atau situs anda akan mengalir secara konsisten dan terus menerus. Artinya, jika anda menjual produk, sudah tentu penawaran akan mengalir dan bagi anda yang menghasilkan uang melalui iklan dari tulisan blog dengan tingginya jumlah kunjungan, maka pundi-pundi uang anda akan mengalir semakin deras.

Tidak sama seperti trafik berbayar atau pemasaran melalui media sosial, jika anda membuat sebuah konten yang sangat berkualitas yang akan diranking di halaman pertama oleh mesin pencari, sudah tentu akan mendatangkan prospek ke situs anda di masa mendatang tanpa melakukan usaha tambahan seperti beriklan. Ketika konten anda berada di halaman pertama mesin pencari, ada 3 hal yang perlu anda fokuskan, yaitu:

1.    Pertama sekali adalah inbound link dari situs terkemuka lainnya.

2. Konten berkualitas, dimana konten tersebut sangat berkualitas dan informasi yang diberikan sangat membantu serta dengan kata kunci yang wajar.

3.    Pengalaman pembaca atau pengunjung sewaktu mengunjungi situs anda, termasuk navigasi situs, internal hyperlink dan bounce rate.

Maka, jika tiga di atas merupakan hal paling penting sewaktu perankingan, maka pertanyaannya adalah, darimana harus memulainya? Dan bagaimana anda mempengaruhi ketiga faktor tersebut diatas?

Cara terbaik untuk mempengaruhi ketiga faktor di atas secara bersamaan adalah dengan membuat sebuah set “content anchor”. Tulisan berikut merupakan langkah-langkah yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat content anchor, sehingga situs anda bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

A. Tentukan masalah yang ingin anda bahas di dalam tulisan tersebut beserta pemecahan masalahnya

Jika tujuan anda hanyalah untuk membuat sebuah tulisan yang bertujuan untuk sekedar mendapatkan trafik di mesin pencari, maka pekerjaan anda akan sia-sia belaka.

Oleh karena itu, jika tujuan anda adalah memperoleh trafik berkualitas bagi bisnis anda maka anda harus mengerti tipe informasi apa saja yang diperlukan oleh audien anda dan kemudian buatlah konten yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Untuk menentukan masalah yang ingin anda selesaikan dengan tulisan anda, buatlah catatan pendek yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

a.     Apa yang bisa membuat pembaca anda tertarik dengan anda?

b.    Kenapa mereka mau membeli apa yang anda jual?

c.     Apa permasalahan utama di produk anda tersebut atau bagaimana cara menyelesaikannya?

d.    Fikirkanlah 4 atau 5 topik yang muncul di pemikiran anda ketika anda memikirkan masalah tersebut.

Sekarang, anda telah mengidentifikasi masalah yang mungkin bisa anda selesaikan dengan konten anda. Langkah selanjutnya adalah menentukan apa solusi yang bisa anda berikan terhadap masalah tersebut. Kenapa demikian? Karena orang melakukan pencarian di internet karena mereka mempunyai masalah, dan sudah tentu mereka menginginkan jawaban atas masalah tersebut.

Untuk itu, jawablah pertanyaan berikut ini:

a. Bagaimana seharusnya anda menjabarkan pemecahan terhadap masalah itu?

b. Bagaimana pembaca anda biasanya menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus membeli produk atau jasa anda?

c. Buatlah 4 atau 5 topik yang muncul di kepala anda mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Jika anda sudah menemukan topik diatas, jangan pernah untuk merubah atau memperbaikinya, karena anda akan kehilangan detail nantinya.

Setelah anda dapatkan sebuah topic mengenai masalah dan bagaimana pemecahannya, pilihlah topic yang paling penting di antaranya.

B.    Temukan kata kunci yang tepat untuk artikel tersebut

Tempat pertama yang perlu anda kunjungi untuk mencari kata kunci adalah halaman pencari Google. Pilihlah topik utama yang telah anda pilih dari langkah pertama, tulis ke tempat biasanya kita menulis kata kunci ketika melakukan pencarian.

Sewaktu kita menulis di kotak pencari, biasanya Google akan menganalisa topic yang sedang anda cari, dan akan memberikan kemungkinan rangkaian kata yang dicari oleh penggunanya di masa lalu.

Disamping itu juga bisa anda lihat kata kunci terdapat di bagian paling bawah.

Cara kedua dalam mencari kata kunci dengan menggunakan Google AdWords.

Setelah anda memperoleh banyak variasi kata kunci dari Google dan AdWords, sekarang saatnya untuk memangkas variasi kata kunci tersebut sehingga menjadi sekitar 5-6 phrase saja.

Untuk memisahkan kata kunci yang tidak relevan, kata kunci tersebut harus memenuhi 4 kriteria dibawah ini, yaitu:

a.     Apakah topik tersebut sesuai dengan visi bisnis atau blog anda?

b.    Apakah kata kunci itu komparatifnya rendah dibandingkan kata kunci potensial yang lainnya? Jika jawabannya adalah ya, maka bisa diprediksi bahwa kata kunci itu mempunyai kompetisi tinggi.

c.     Apakah relevan dengan pelanggan anda untuk 6, 12 atau mungkin 18 bulan kedepan?

d.    Terakhir, apakah cocok dengan maksud atau keinginan pengguna anda?

Keinginan para pengguna adalah hal terpenting sewaktu mempertimbangkan untuk menyisihkan beberapa kata kunci potensial. Pengertian keinginan pengguna disini adalah ketika seseorang melihat artikel anda di pencarian Google, lantas apakah mereka menemukan apa yang mereka cari? Jika tidak maka konten anda tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna anda.

C. Bandingkan, perbaikan, tingkatkan dan jadikan unik

Nah, sekarang saatnya mulai membuat tulisan atau bahan untuk tulisan anda. Untuk mempercepat waktu pengerjaan, kita harus membuat sebuah konten yang sangat luar biasa. Untuk itu, temukan di Google kembali kata kunci utama anda. Kemudian bukalah 10 hingga 15 buah artikel dari hasil penelusuran tersebut. Kemudian anda lihat kembali seluruh konten yang telah anda buat di masa lalu seperti postingan, video, presentasi atau apapun yang ada.

Sewaktu anda telah menemukan topic tulisan, ambillah informasi paling penting dan tulislah di sebuah catatan, ini disebut dengan informasi kunci. Informasi kunci ini haruslah mencakup:

a.     Topik utama yang akan didiskusikan.

b.    Fakta-fakta dan statistik dari berbagai sumber.

c.     Materi berupa gambar, video dan infographic mengenai topik.

d.    Tipe konten yang paling popular (apakah tipe tulisan paling popular adalah tulisan berjenis how-to atau menjelaskan bagaimana mempergunakan sesuatu ataukah video?)

e.     Daftar orang yang paling berpengaruh di niche seperti blogger, ahli terhadap topik tersebut.

f.      Konten relevan yang pernah anda buat sebelumnya.

g.     Terakhir adalah sentuhan pribadi anda. Pada bagian ini adalah mengenai pengalaman pribadi dan pendapat pribadi anda terhadap topik tulisan.

Setelah memperoleh informasi kunci di atas, cobalah dan susun ulang sehingga bisa tergambar secara logis dan mempunyai argument yang kuat. Pastikan bahwa anda menulisnya dengan cara anda sendiri sehingga menjadi unik, pergunakan kata-kata sendiri dan mudah dimengerti oleh pembaca.

D.    Optimalkan di mesin pencari

Setelah selesai anda tulis, anda harus mengoptimalkannya sehingga mudah dirayapi oleh mesin pencari. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

a.     Pergunakan permalink yang SEO friendly (hanya pergunakan URL + kata kunci untuk diranking).

b.    Pergunakan kata kunci yang ada di dalam konten itu saja (judul, 100 kata pertama, sub judul)

c.     Taburi dengan kata kunci yang cukup panjang (long-tail keywords) di beberapa bagian tulisan, tetapi jangan lakukan secara berulang-ulang.

d.    Pastikan jumlah kata di dalam tulisan itu berjumlah lebih kurang 2000 buah kata (jika bisa melakukannya). Semakin banyak kata di tulisan tersebut akan semakin terlihat tulisan anda di mesin pencari (metode ini sudah terbukti dan ampuh meningkatkan keterlihatan sebuah tulisan di hasil pencarian di mesin pencari).

e.     Beri bumbu berupa tambahan multimedia yang sangat menarik sehingga meningkatkan pengalaman pembaca dalam membaca tulisan anda.

f.      Sertakan juga internal link dan eksternal link.

g.     Perhatikan kecepatan loading halaman situs dan kecepatan load situs secara keseluruhan. Hal ini pun mempunyai pengaruh yang cukup bagi Google untuk menentukan apakah akan ditampilkan di halaman utama atau tidak. Untuk menceknya, silakan pergunakan PageSpeed Insights tool dari Google Developers untuk menganalisa situs anda dan menentukan apakah diperlukan penambahan kecepatan dan kapasitas situs atau tidak.

h.    Kecenderungan pengguna terhadap meta description anda. Semakin mendekati deskripsi anda terhadap keinginan pengguna, maka akan semakin baguslah kueri yang akan mereka dapatkan, dengan demikian semakin besar kemungkinan blog anda akan di klik dibandingkan dengan tulisan atau situs lain yang sejenis. Semakin sering mendapat klik, semakin baguslah performa blog di masa mendatang. Jika anda menggunakan WordPress, silakan pergunakan YoastSEO untuk mengoptimalkan meta description situs anda.

Demikianlah hal yang bisa anda lakukan ditulisan anda untuk dapat mengoptimalkan tulisan anda di mesin pencari. Selain itu, ada dua faktor terbesar yang mempengaruhi keterlihatan situs anda, yaitu kredibilitas domain dan jumlah inbound link kredibel yang bisa anda dapatkan.

Selanjutnya, pada langkah ke lima adalah tip untuk membangun jaringan dan bagaimana cara mempromosikan tulisan tersebut secara efektif.

E.    Promosi

Walaupun tulisan anda sangat luar biasa, tetapi tanpa usaha untuk mempromosikannya akan menjadi sia-sia belaka. Adapun langkah-langkah untuk mempromosikan konten tersebut (tanpa membayar sepeser pun) adalah sebagai berikut:

a.     Influencer

Influencer ini adalah orang yang telah terlebih dahulu berkecimpung di niche blog dan telah mempunyai pengaruh besar di bidangnya. Salah satu ciri influencer ini adalah mempunyai follower yang cukup banyak dan aktif di media sosial.

Anda dapat memaksa para influencer ini untuk membaca tulisan anda dengan cara memberitahu mereka bahwa anda mempunyai tulisan bagus untuk mereka. Caranya bisa dengan mengirimkan email, pesan pribadi dan sebagainya kepada mereka.

Semakin dekat anda dengan para influencer ini akan semakin besar ketertarikan mereka terhadap tulisan tersebut. Sehingga mereka mau membagikan tulisan anda kepada para follower mereka.

b.    Promosikan melalui email

Selain menghubungi para influencer, langkah selanjutnya adalah mempromosikan tulisan tersebut melalui email. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1)   Mulailah dengan problem yang paling spesifik atau keinginan yang dipunyai oleh audien anda seperti dijabarkan pada step 1 diatas.

2)   Pergunakan spasi dan text formatting agar bagian-bagian penting di dalam email tersebut terlihat jelas dan mudah dibaca.

3)   Terakhir, sertakan tab tindakan khusus dimana mereka dengan mudah mengambil keputusan apa yang harus mereka klik.

Tidak masalah jumlah email yang akan anda kirimkan. Tentunya semakin banyak akan semakin baik. Yang terpenting adalah jika anda tidak menyampaikan kepada mereka maka kemungkinan besar mereka tidak akan pernah membacanya.

c.     Pergunakan media sosial

Anda dapat mempergunakan berbagai media sosial untuk mempromosikan tulisan tersebut. Promosi ini tidak hanya satu kali saja atau di satu media sosial saja. Tetapi bisa dilakukan di berbagai media sosial yang anda ikuti dan bisa dilakukan secara berulang-ulang karena tulisan yang telah dibuat tentunya akan bermanfaat selamanya. Jangan lupa mempergunakan hashtag.

Selain itu anda juga dapat menyebutkan beberapa influencer yang relevan dengan topik tetapi dengan syarat anda telah mempunyai hubungan baik dengan mereka.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kutipan yang anda ambil dari konten, lantas kutipan tersebut anda bagikan ke media sosial dengan menyertakan tautan ke halaman tersebut. Untuk itu, anda bisa mempergunakan alat atau tool yang bernama Meet Edgar.

Kesimpulan

Tidaklah mudah membuat konten berkualitas dan menempatkannya di halaman pertama mesin pencari. Proses ini butuh waktu dan kesabaran tinggi. Tetapi hal ini merupakan kesempatan bagi anda untuk melakukan suatu hal berbeda dan unik agar terlihat berbeda dari competitor anda.

Jika anda memulai dengan niat baik dan ingin membantu masalah bagi para pembaca anda, maka anda telah berada satu langkah menuju halaman pertama mesin pencari, baik itu di Google, Yahoo maupun Bing.

Jika anda mempunyai tanggapan, tambahan dan keraguan mengenai tulisan ini, silakan sampaikan melalui komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda