Cara Membuat Grafik Menggunakan Visualizer di WordPress

Pengguna WordPress sebagai media untuk tampil Online rata-rata hanya menggunakan gambar sebagai tampilan tambahan pada blog atau situsnya. Jarang sekali kita lihat sebuah blog yang menampilkan grafik agar data yang ditampilkan lebih terlihat bagus dan jelas.

Di tulisan ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk membuat grafik di WordPress menggunakan plugin Visualizer.

Permasalahan Yang Sering Timbul

Ada banyak plugin untuk menambahkan grafik di WordPress. Akan tetapi, keluhan umum dari para penggunanya adalah plugin tersebut kebanyakan sangat kompleks dan susah digunakan. Beberapa plugin bahkan mengharuskan penggunanya untuk menambahkan sebuah data didalam shortcode, cara menambahkan shortcode ini formatnya sangat berbelit-belit sekali.

Daripada menggunakan sebuah plugin, banyak pengguna WordPress lebih memilih untuk membuat sebuah grafik dengan aplikasi kantoran seperti Ms. Office dan merubahnya menjadi sebuah gambar. Barulah di posting di blog atau situs mereka.

Kelemahan membuat grafik dengan aplikasi office ini adalah, dia tidak bisa dirubah karena sebuah gambar tidak bisa diperbaiki. Disamping itu data yang muncul tampilannya tidak interaktif.

Idealnya, sebuah grafik harus bisa:

a. dimasukkan dari berbagai sumber data seperti dari komputer atau dari internet.

b. tampilannya bisa berbentuk pie, batang, bar dan lain sebagainya.

c. Paling penting adalah data tersebut bisa di update kapanpun anda inginkan.

Untuk itu, saya menyarankan anda menggunakan plugin Visualizer untuk membuat grafik di blog berbasis WordPress.

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menginstal dan mengaktifkan plugin Visualizer di blog anda. Dengan versi gratisan, anda sudah memperoleh banyak fitur dasar untuk membuat sebuah grafik di blog. Tetapi jika anda ingin lebih, bisa pergunakan versi pro dari Visualizer ini. Fitur tambahannya seperti menambahkan data langsung menggunakan sebuah spreadsheet dan mengimpor data langsung dari grafik lain.

Di tutorial ini saya hanya membahas bagaimana menggunakan plugin visualizer yang gratisan.

Setelah diaktifkan, anda masuk ke halaman Media => Visualizer Library. Seperti gambar dibawah.

Untuk membuat sebuah grafik, silakan klik tombol Add New. Setelah di klik, akan muncul jendela popup di layar. Disana akan terlihat beberapa tipe grafik. Silakan pilih bentuk grafik seperti apa yang akan dibuat. Setelah itu klik tombol next untuk melanjutkan.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan data dengan format CSV. Jika anda telah menyimpan data dalam bentuk spreadsheet menggunakan Excel, Google Sheets atau program lainnya, silakan export terlebih dahulu filenya ke format CSV. Setelah mendapat file berformat CSV, silakan di upload dengan mengklik tombol From Computer.

File CSV itu harus mempunyai nama kolom di baris pertama dan tipe data di baris kedua. Plugin mendukung format data: string, angka, boolean, tanggal, jam.

Berikut contoh data file di sebuah spreadsheet.

Jika anda membuat file CSV menggunakan text editor, bentuknya seperti dibawah ini.

Browser,visitors

string,numbers

Chrome,7894

Firefox,6754

Internet Explorer,4230

Safari,2106

Opera,627

Menambahkan Grafik di WordPress Menggunakan Google Drive Spreadsheet

Jika anda membuat data menggunakan spreadsheet di Google Drive, anda bisa menambahkannya ke grafik tanpa harus mengekspornya.
Buka file di Google Spreadsheet kemudian klik File => Publish to the web.

Setelah itu akan muncul sebuah popup, disana anda harus memilih bagaimana dokumen tersebut ingin anda tampilkan. Silakan pilih Comma Separated Values (.csv).

Kemudian klik tombol Publish

Kemudian akan tampil URL dari data tadi sebagai sebuah file CSV. Kemudian copy URL tersebut dan kembali ke Visualizer. Klik tombol From Web dan kemudian masukkan atau pastekan URL dari Google Drive tadi.

Segera setelah anda masukkan atau pastekan URL, plugin akan mengambil file CSV tersebut dan akan tampil preview dari grafik tersebut. Sebagai langkah terakhir klik tombol Create Chart untuk menyimpan grafik yang telah dibuat tadi.

Menambahkan Grafik di Halaman WordPress

Untuk menambahkan grafik di postingan atau halaman WordPress sangat gampang, karena sangat mirip dengan memasukkan gambar. Buat sebuah post / halaman atau edit postingan yang sudah ada, kemudian pada layar, klik tombol Add Media di atas post editor.

Setelah itu akan muncul popup tempat mengupload media. Kemudian klik tab Visualizations di kolom sebelah kiri lantas akan muncul seluruh grafik yang telah dibuat dan simpan di WordPress tersebut.

Klik tombol insert dibawah grafik. Kemudian popup akan menghilang dan anda akan melihat grafik tersebut telah ditambahkan ke postingan di WordPress sebagai sebuah shortcode.

Setelah itu anda bisa menyimpan postingan atau halaman tadi, lantas kunjungi website tersebut untuk melihat apakah sudah terlihat di halaman.

Mengedit Grafik

Anda dapat mengedit dan merubah grafik tersebut kapan saja. Silakan masuk ke halaman Media => Visualizer Library. Dari sana anda dapat membuat copian sebuah grafik, menghapus atau mengedit tampilan visualnya.

Untuk mengubah atau mengedit data yang ada di grafik tanpa merubah tampilannya sangat mudah dengan Visualizer ini. Jika data tersebut ditambahkan dari Google Spreadsheet, cukup edit atau perbaiki data tadi di Google Drive dan masuk ke File => Publish to the web dan publish kembali spreadsheet tersebut seperti langkah diatas. Perubahan tadi akan otomatis tampil di grafik tersebut.

Sementara jika data yang anda buat menggunakan file CSV, bisa dilakukan dengan memperbaiki data tersebut di komputer, kemudian disimpan. Setelah anda simpan file tersebut dalam bentuk CSV, silakan upload di bagian Upload CSV file. Perubahan data akan muncul otomatis di postingan atau halaman di mana anda telah memasukkan grafik tadi.

Menambahkan Grafik di WordPress Sidebar Widget

Visualizer selalu menggunakan sebuah shortcode untuk memasukkan grafik. Masuk ke Media => Visualizer Library, disana akan anda lihat sebuah shortcode di bawah grafik. Copy shortcode tadi dan masuk ke Appearance => Widgets. Drag dan Drop sebuah text widget ke sidebar dan pastekan shortcode tadi ke dalam widget.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda