Cara Membuat Animasi Gif

Apa yang menarik perhatian anda ketika mengunjungi blog seseorang? Ya, jawabannya adalah gambar dan video sangat menarik perhatian dari keseluruhan isi.

Gambar dan video menambah warna bagi sebuah postingan. Kalau gambar animasi bagaimana? Pernahkah anda mencobanya?

Jika belum dan ingin mencobanya, silakan lanjut. Tulisan ini memberikan cara membuat animasi berekstensi Gif dan beberapa tools yang bisa digunakan. Gambar disebelah saya pergunakan Giffysnap.

Pengertian Animasi Gif

Animasi Gif adalah kumpulan beberapa gambar yang diletakkan bersama-sama sehingga terlihat seperti bergerak. Dia bergerak otomatis sehingga akan menarik perhatian para pengunjung.

Animasi seperti ini sangat popular di internet dalam berbagai bentuk atau format dan situs terkenal seperti BuzzFeed salah satu contoh yang sering menggunakannya.

Membuat animasi ini sangat gampang dan cepat membuatnya serta sangat berguna sekali untuk mempercantik tampilan tulisan.

Kapan Menggunakan Gif?

Jika anda ingin menjelaskan sesuatu dengan video yang hanya butuh waktu beberapa detik saja, maka penggunaan gambar bergerak sangat disarankan. Karena tidak perlu susah-susah untuk mengedit video itu. Dengan gambar yang otomatis bergerak dalam beberapa detik sangat menarik perhatian.

Berikut ini beberapa tools yang bisa dipergunakan membuat animasi kecil di website:

1. Merekam Tampilan Layar Menggunakan LICEcap

LICEcap merupakan tool gratis yang bisa didownload ke computer. Cara kerjanya dengan merekam kegiatan yang dilakukan di layar komputer dan menyimpannya dalam bentuk Gif. Cara kerjanya sangat gampang, tetapi hasilnya sangat lumayan.

Setelah softwarenya didownload dan dijalankan, anda akan sedikit bingung, karena yang dilihat hanya kotak kosong.
Sebenarnya kotak kosong inilah area yang akan diambil oleh LICEcap.Artinya kita dapat mengatur area mana saja di layar kita itu yang ingin direkamnya.

Proses perekaman bisa di pause (dengan mengklik tombol pause atau kalau di keyboard menggunakan ctrl+alt+P) dan kotak itu dapat digeser-geser ke tempat dimana ingin direkam. Semakin banyak gambar diambil akan semakin bagus.

Tetapi ingat, semakin banyak gambarnya akan membutuhkan ukuran file lebih besar. Hal ini bisa berdampak terhadap kecepatan loading website.

2. Animasi Dari Photo dengan Giffysnap

Giffysnap merupakan sebuah situsweb. Kita tidak perlu mendownload software ketika mempergunakan jasanya. Untuk membuat animasinya kita harus upload gambar-gambar yang ingin dijadikan animasi gif. Situs ini gratis dan tidak perlu register terlebih dahulu.

Aplikasi seperti ini cocok untuk menggambarkan sebuah transformasi. Contohnya perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri anda, mulai dari masa kecil, beranjak dewasa, hingga saat sekarang. Sangat cocok bagi orang berkecimpung dalam bisnis bangun membagun, seperti bangun rumah dan sebagainya. Mereka dapat menjelaskan pembangunan rumah mulai dari tanah kosong hingga selesai proses pembangunan rumah.

Andapun bisa menentukan seberapa cepat gambarnya muncul dan berapa ukuran Gif nan diinginkan.
Ketika gambarnya selesai, silakan download ke computer atau mengkopi kode diberikan oleh Giffysnap kemudian mempastekan ke website.

3. Mengedit dan mengoptimalkan Gifs dengan Ezgif

Setelah mengenal dua tools diatas, yaitu LICEcap dan Giffysnap, untuk membuat animation gifs untuk posting di blogs atau websites, ada satu lagi tools yg memberikan fitur lebih, yaitu Ezgif.

Dengan Ezgif, kamu bisa mengedit GIFs yang telah dibuat dengan cara:

- Mengubah ukuran GIF

- Mengcrop gambar

- Mengupload video dan merubahnya menjadi GIF

- Mengoptimalkan gambar itu dengan mengurangi jumlah warna di sebuah frame sehingga mengurangi ukuran file.

- Tersedia filter warna

- Memutar gambarnya, seperti kaki bisa diatas, kepala di bawah.

- Merubah kecepatan tampilan gambarnya.

- Menambahkan tulisan

- Mengembalikan gambar-gambar yang telah dijadikan gifs ke bentuk aslinya.

4. Membuat Screenflow Gif dan menguploadnya ke websites dengan Recordit

Kamu harus mendownload Recordit ke computer sebelum dapat menggunakannya. Software ini dapat digunakan dengan Windows dan Mac. Sama dengan LICEcap, dia merekam tampilan layar. Bedanya dengan LICEcap, dia tidak menghasilkan sebuah file, tetapi langsung mengupload ke Redordit.io dan meregenerate sebuah tautan.

Ketika Redordit telah terinstal di computer, sebuah ikon muncul di sebelah kanan bawah taskbar. Ketika ikon diklik, garis horizontal dan vertical muncul di layar. Garis ini bisa di drag ke seluruh bagian layar untuk memilih area mana saja akan di rekam.

Setelah siap menentukan areanya, tekanlah tombol record. Setelah tombol record ditekan, Recordit akan menyimpan semua yang terjadi di dalam kotak tadi. Sewaktu merekam, tombol record tadi berubah menjadi tombol stop.

Beberapa saat setelah tombol stop ditekan, hasil rekaman akan langsung terupload ke situsnya (sewaktu melakukan perekaman kita harus terhubung dengan internet) dan sebuah popup muncul di layar menuju ke situs Recordit.io. Ada beberapa tombol media sosial muncul disana. Cukup tekan salah satu tombol media sosial mana gambar gif itu akan dibagikan. Atau bisa di download kalau tidak ingin membagikannya langsung di media sosial.

Selamat mencoba.

Silakan sampaikan komentar Anda