Cara Kerja Lingkaran di Google Plus

Lingkaran merupakan hal yang utama pada Google Plus. Dengan lingkaran ini anda dapat mengontrol apa yang anda lihat di arus profil dan dari siapa saja notifikasi akan anda terima. Lingkaran juga berguna untuk menentukan dengan siapa anda akan berbagi informasi.

Cara Menyusun Lingkaran

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

> Lingkaran anda merupakan sesuatu yang pribadi. Hanya anda yang bisa melihat orang yang berada di dalam lingkaran anda. Artinya anda bebas membuat nama lingkaran sesuai dengan keinginan dan tidak seorang pun akan mengetahuinya.

> Batas orang yang bisa anda masukkan ke dalam lingkaran hanyalah 5000 orang saja. Ini berlaku bagi semua akun Google Plus.

> Anda bisa memasukkan teman anda lebih dari satu lingkaran. Contoh, anda bisa memasukkan +datuksuhardi ke berbagai lingkaran, misalnya ke lingkaran “teman”, “mengikuti”, dan “orang penting”. Walaupun saya ada di banyak lingkaran anda, tetapi tetap dihitung satu.

> Anda dapat mengelompokkan orang tersebut dalam suatu lingkaran tertentu.

> Anda dapat menentukan apa yang akan muncul dalam arus utama anda dengan mengontrol berapa banyak postingan yang dapat muncul.

> Anda dapat menggunakan lingkaran untuk mengontrol dari siapa saja anda akan mendapatkan notifikasi.

> Anda dapat melihat semua postingan dari orang-orang yang berada di suatu lingkaran, meskipun anda tidak melihatnya di arus anda.

Lingkaran Anda

Lingkaran Anda bukanlah semua lingkaran yang anda buat. Lingkaran Anda merupakan satu bagian dari sebuah kelompok besar yang saling berhubungan dari seluruh lingkaran yang anda buat. Kita mempunyai lingkaran yang berisi orang-orang dekat dimana anda saling berhubungan dengan mereka (anda kenal dengan mereka) dan lingkaran lainnya adalah orang yang tidak kita kenal secara dekat seperti artis dan sebagainya.

Anda tidak akan memasukkan artis tersebut ke dalam Lingkaran Anda (kecuali anda mengenal mereka secara personal).

Lingkaran Diperluas

Jika anda memasukkan saya ke dalam lingkaran anda, maka seluruh orang yang ada di dalam lingkaran saya merupakan Lingkaran Diperluas anda.

Berbagi dengan Lingkaran Anda akan membatasi siapa saja yang dapat melihat postingan anda (bahkan anda bisa menentukan lingkaran mana saja yang bisa membaca postingan tersebut dan anggota lingkaran lainnya tidak dapat melihatnya). Artinya, anda dapat mengontrol kepada siapa saja anda ingin berbagi.

Sementara dengan Lingkaran Diperluas, anda tidak bisa mengontrolnya karena anda tidak bisa mengontrol siapa saja yang berada di lingkaran orang lain. Oleh karena itu, postingan anda hampir menjadi publik. Namun postingan anda baru akan terlihat oleh Lingkaran Diperluas jika pengikut anda memberikan +1 pada postingan tersebut.

Berbagi dengan Publik artinya semua orang dapat melihat postingan anda (kecuali orang yang telah anda blok).

Bahkan orang yang bukan anggota Google Plus pun dapat melihat postingan anda, jika mereka dapat menemukan anda pada pencarian google (tentunya dengan kata kunci yang tepat menuju ke postingan anda). Namun mereka tidak mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa anda telah memposting sesuatu.

Berbagi dengan Lingkaran Anda, maka orang yang ada di dalam lingkaran anda akan mendapatkan notifikasi bahwa anda telah memposting.

Semoga bermanfaat.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda