Berkenalan dengan Spaces, Aplikasi Baru Dari Google

Barangkali anda pernah mendengar tentang Spaces, sebuah aplikasi perpesanan dari Google. Kita tidak mengetahui dengan pasti apa maksud dari Google untuk meluncurkan aplikasi Spaces ini, bisa jadi dibuat untuk menyaingi Pinterest atau bisa juga akan menjadi masa depan bagi Google+. Apapun itu, menggunakan aplikasi ini pasti akan lebih menyenangkan dan menggelitik kita untuk mengetahuinya lebih dalam. Sekarang Spaces telah bisa diakses melalui Android, iOS, desktop dan mobile web. Berikut beberapa petunjuk dasar yang bisa anda pergunakan sebagai awal mengenal Spaces.

Spaces vs. aplikasi perpesanan

Percakapan merupakan aspek utama dari Spaces, tetapi kita tidak seperti aplikasi Messenger, WhatsApp atau Google Hangouts. Percakapan anda akan dibuat lebih spesifik.

Anda dapat membuat sebuah space percakapan untuk aktifitas seperti liburan yang akan datang, atau merencanakan sebuah kelompok belajar atau bisa juga digunakan sebagai tempat koleksi gambar, tautan dan video yang menarik minat anda. Di Spaces, ada tiga tipe postingan, yaitu tautan (termasuk video di Youtube dan GIF), photo dan teks.

Keutamaannya, jika anda menggunakan alat bergerak atau smartphone, anda tidak perlu masuk dan keluar dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Anda bisa langsung berkomentar di tiap postingan, dan bahkan melakukan percakapan ketika membaca sebuah tautan atau menonton video.

Mendiskusikan sebuah topik merupakan prioritas utama di Spaces, seperti menggunakannya oleh sebuah grup kecil teman akrab, keluarga atau karyawan sekantor dimana anda harus selalu berkoordinasi dengan mereka. Jadi, aplikasi ini diperuntukkan bagi sekelompok kecil orang yang mempunyai tujuan atau keinginan sama. Jika anda pernah menggunakan Pinterest, anda akan sangat mudah menggunakan aplikasi ini.

Membuat Akun Space

Langkah awal anda bisa log in ke spaces.google.com atau masuk melalui aplikasi Spaces di smartphone (bisa didapatkan melalui Google Play). Kemudian anda akan menuju home screen. Disini anda akan diberi beberapa pilihan untuk membuat sebuah akun. Tiap space ditunjukkan dengan balon avatar kecil dari tiap anggota, dan sebuah tab Aktivitas dimana anda bisa melihat postingan terakhir atau komentar-komentar dari teman-teman anda. Jika anda ingin membagi sesuatu, anda bisa mengklik tombol panah biru dan copy ke tautan atau photo. Anda juga mempostingnya kembali atau membuat space baru.

Google secara otomatis menerapkan sebuah warna dan gambar cover bagi spaces baru, tetapi sewaktu anda membukanya pertama kali, anda bisa menukar tampilannya dengan mengklik menu berbentuk tiga buah titik dan pilih “customize space”. Anda bisa merubah namanya, merubah warna tema, dan memilih satu dari sepuluh cover image (atau bisa anda upload gambar anda sendiri).

Kemudian klik “Invite via” untuk mengundang teman anda agar bisa bergabung. Di web, anda bisa mengcopy sebuah link atau mengirim mereka email atau mempostingnya di Facebook.

Cara Memposting

Setelah selesai menyetel tampilan, sekarang anda bisa memposting. Ada beberapa tipe postingan, yaitu:

Link: Anda bisa mengcopy dan paste sebuah URL. File berbentuk video dan gambar akan otomatis dilekatkan dan file GIF akan otomatis bekerja di postingan anda. Jika menggunakan mobile, anda bisa menggunakannya dengan pencarian Google atau mempreview URL.

Youtube (hanya untuk mobile): Anda bisa melakukan pencarian di Youtube dan memposnya sehingga teman anda mengetahui bahwa anda telah menonton video tersebut. Anda bisa juga memposting video Youtube melalui desktop dengan mengcopy URL.

Photo. Anda bisa mengupload photo langsung dari HP atau dari Google Photos. Anda bisa memposting beberapa gambar dalam satu postingan.

Teks.

Pencarian Video Youtube melalui aplikasi Spaces

Jika menggunakan aplikasi di smartphone, anda bisa melihat catalog Youtube tanpa harus meninggalkan aplikasi Spaces. Sedangkan dengan desktop, anda bisa mempastekan tautannya.

Bentuk tampilan feednya tampil secara vertical dalam bentuk kronologi. File berbentuk GIF akan otomatis tampil dan video dan tautan web akan langsung terbuka. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan satu momenpun.

Percakapan

Disamping sebelah kanan gambar, disana disediakan ruang untuk tempat percakapan. Coba klik “say something” dan anda bisa langsung memberikan komentar, dimana komentar tersebut bisa berbentuk teks, link atau photo atau bisa juga stiker yang disediakan seperti di Hangouts. Seperti juga di Hangouts, anda bisa melihat pesan yang telah dibaca oleh orang lain.

Yang menariknya, anda bisa menonton video atau membaca sebuah postingan sewaktu melakukan percakapan. Sehingga anda bisa multi-tasking atau melakukan dua atau lebih kegiatan di waktu bersamaan.

Untuk Pencarian

Selain untuk percakapan, Spaces juga bermanfaat untuk melakukan pencarian postingan sebelumnya. Spaces akan melihat melalui post, seluruh percakapan di seluruh spaces anda, dan anda bisa mengkhususkannya apakah ingin mencari gambar atau video.

Untuk photo, Spaces juga bisa melihat konten dari koleksi photo anda. Hebatnya, Spaces hanya akan mengambil photo yang telah pernah anda upload sebelumnya melalui aplikasi ini, tidak dari hasil pencarian lainnya atau photo dari album photo anda. Ini hanya bisa dilakukan ketika anda membuat sebuah postingan baru.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Spaces, anda bisa terhubung dengan orang-orang yang seide atau seprofesi dengan anda dengan lebih spesifik. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk menyimpan daftar resep masakan, atau daftar lainnya yang anda butuhkan. Jika anda telah terbiasa dengan Pinterest, anda akan melihat bahwa banyak kesamaan antara kedua aplikasi ini. Berbeda dengan Hangouts, Spaces lebih fokus ke kelompok kecil, sementara Hangouts antar perorangan.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda