Berkenalan Dengan Dashboard dan Shortcut

Beginner 2.5

Setelah kita lewati beberapa pelajaran dan mempelajari beberapa bentuk laporan, sudah jelas bahwa beberapa dari metrik bisa lebih berguna dibandingkan metrik lainnya bagi perusahaan anda. Di dalam beberapa kasus, barangkali ada beberapa metrik yang ingin anda periksa terus menerus untuk memastikan bahwa bisnis anda berjalan lancar atau iklan yang sedang berjalan tidak ada terjadi kendala. Anda bisa menggunakan dashboard dan shortcut agar lebih cepat menemukan metrik ini tanpa harus mencari atau menavigasi pada laporan tertentu.

Dashboard

Dashboard adalah alat yang fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai kegunaan. Sebagai contoh, anda bisa membuat sebuah tampilan laporan tentang bagaimana performa situs dengan menampilkan kesimpulan dari beberapa laporan berbeda sebagai sebuah widget secara bersamaan dalam satu tampilan layar.

Atau bisa juga anda mengumpulkan daftar metrik bisnis penting yang menunjukkan keadaan perusahaan secara sekilas atau membandingkan beberapa laporan berbeda secara berdampingan.

Dapat terlihat pada bagian atas dari beberapa laporan, disana ada tombol “add to dashboard” (tambahkan ke dashboard). Setelah anda menyetel sebuah laporan untuk menampilkan data yang anda butuhkan, anda bisa mengklik “add to dashboard” untuk melihat laporan tersebut sebagai sebuah widget dashboard. Anda juga bisa memutuskan bagian mana saja dari sebuah laporan tersebut yang ingin ditampilkan di dashboard ketika anda menyimpannya dalam bentuk baris, grafik atau keduanya.

Sebuah dashboard bisa menyimpan hingga 12 widget laporan. Untuk menambahkan sebuah widget laporan ke dashboard, pilih saja sebuah dashboard yang telah anda buat sebelumnya, atau pilih “new”.

Dengan mengklik “dashboard” di bagian kiri navigasi akan memudahkan anda untuk melihat laporan yang telah anda kumpulkan tadi.

Anda bisa menambahkan widget ke sebuah dashboard dengan mengklik tombol “add widget” pada bagian atas. Dengan demikian anda dapat memberi nama laporan yang anda inginkan untuk tampil di dashboard dan memilih sebuah tipe tampilannya. Anda bisa memilih tampilan data dalam bentuk angka-angka, garis waktu, tabel, peta, grafik lingkaran atau grafik batang.

Anda bisa memilih beberapa dari tampilan ini untuk metrik standar atau metrik waktu nyata. Gunakan menu pulldown “add a metric” (tambahkan sebuah metrik) dibawah untuk mencari dan menambahkan beberapa metrik yang ingin anda tambahkan. Anda juga bisa menambahkan beberapa filter ke widget laporan setelah anda tambahkan ke dashboard, caranya sama dengan menyeting filter pada level view sebelumnya.

Di sebuah laporan, ketika anda menambahkan sebuah widget menggunakan tombol “add widget”, widget ini akan menyertakan sebuah tautan kembali ke laporan aslinya. Bagaimanapun, perlu dicatat bahwa jika anda memodifikasi data di widget pada sebuah dashboard, perubahan ini tidak akan hilang ketika anda mengklik tombol kembali ke laporan aslinya. Jika anda ingin perubahan di laporan tidak hilang di dashboard, anda harus kembali ke laporan asli, buat perubahan, salin ulang URL laporan tadi, dan kemudian update widget dengan URLnya.

Setelah anda membuat sebuah dashboard, anda bisa memformatnya dengan mengklik “Customize Dashboard” dan menentukan bentuk tampilannya. Anda juga bisa mendrag dan drop widget yang ada di beberapa tempat berbeda di dalam dashboard tersebut. Gerakkan mouse di sekitar sebuah widget akan memperlihatkan sebuah ikon hapus yang berguna untuk menghapus widget dari dashboard tadi.

Ada dua bentuk dari dashboard, yaitu privat dan berbagi. Sebuah dashboard privat hanya akan tampil hanya untuk anda saja. Sementara dashboard berbagi bisa dilihat oleh semua orang yang memiliki akses untuk melihatnya. Anda dapat membuat hingga 20 dashboard privat per pengguna dan 50 dashboard berbagi per tampilan. Jika anda telah membagikan dashboard dengan pengguna lain, mereka dapat merubah apa yang ditampilkan pada dashboard mereka, tetapi perubahan tersebut hanya akan tampil bagi mereka saja. Dashboard asli yang anda bagikan tidak akan berubah tampilannya ke pengguna lain.

Jika anda ingin membagikan sebuah dashboard, klik saja tombol “Share” (bagikan” di bagian atas. Memilih “share object” (bagikan objek) akan membagi dashboard dengan pengguna lain yang telah memiliki akses ke tampilan. Memilih “Share Template Link” (bagikan tautan template) akan membagikan sebuah tautan ke templet dashboard yang akan bisa ditambahkan oleh tampilan Analytics lainnya (tetapi jangan khawatir, ini tidak akan termasuk data anda). Jika anda ingin membagikan template anda lebih luas, anda bisa menambahkan template dashboard ke “Google Analytics Solutions Gallery” (Kumpulan Galeri Google Analytics) dengan mengklik tombol “Share in Solutions Gallery”. Solutions Gallery adalah tempat dimana pengguna Google Analytics bisa membagikan bentuk-bentuk tipe berbeda dari dashboard yang telah dirubah oleh mereka. Ini juga sebagai tempat yang bagus untuk menemukan templat dashboard yang bisa anda impor dan kemudian anda rubah menurut kebutuhan bisnis anda sendiri.

Shortcuts

Cara gampang lainnya untuk mengakses laporan adalah dengan membuat sebuah shortcut di sebuah laporan, caranya sama dengan menyimpan bookmark di web browser. Hebatnya, shortcut adalah segala sesuatu yang dimasukkan dalam perubahan yang anda buat di dalam sebuah laporan. Sebagai contoh, jika anda telah memfilter tabel data, kemudian filter tersebut akan secara otomatis di terapkan ketika anda mengakses laporan dari shortcut. Untuk membuat sebuah shortcut, klik saja tombol “Shortcut” di dalam laporan. Buatlah nama shortcut tersebut dan shortcut ini akan disimpan pada bagian Shortcut di navigasi.

Pergunakanlah dashboard dan shortuct untuk memudahkan anda untuk mengambil kembali laporan yang berguna bagi bisnis anda, atau membagikannya dengan pihak berkepentingan lainnya.

Dan jangan pula lupa untuk mengunjungi “Google Analytics Sollutions Gallery” untuk menambah inspirasi anda bagaimana tampilan dashboard dan shortcut yang ingin dipergunakan.

 

Sumber

Video : Google

Teks / transkrip : Transkrip

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda