Beda Antara Facebook dan Google Plus

Perbedaan mendasar antara Facebook dan Google+ adalah Googleplus tidak hanya tempat bersosialisasi saja, tetapi juga “lapisan sosial’. Dengan kata lain, google telah menambahkan lapisan sosial melalui seluruh produk dan layanannya. Google+ telah memperkaya Youtube, Gmail, Google Search, Google Adwords dan sebagainya. Sehingga kesempatan mengembangkan manfaat dari G+ menjadi lebih lebih luas. Berikut yang perlu anda ketahui:

Jaringan Global Untuk Semua Orang

Dengan Facebook, semua orang mempunyai kumpulan teman-teman yang mereka kumpulkan selama bertahun-tahun, termasuk keluarga, teman sekolah, rekan kerja, bawahan, dan sebagainya. Sebagian besar dari mereka saling mengenal. Dengan Google+, anda akan menemukan orang baru dan belum pernah anda kenal sebelumnya. Kenapa bisa demikian? Karena G+ merupakan jaringan global yang mengizinkan orang mempunyai posisi sama dan bentuk hubungannya yang sama sekali baru.

Tidak seperti Facebook, di G+ tidak ada batasan sama sekali, semuanya ditempatkan sama rata, seseorang dapat berhubungan dengan semua orang. Disamping itu, semakin besar jaringan yang anda punyai, maka semakin berpengaruhlah anda di media sosial ini, bahkan juga di hasil pencarian Google. Berikut kita lihat perbedaan antara kedua media sosial ini.

Profile dan Timeline

Di G+ anda juga mempunyai profil dengan bagian About. Kalau di Facebook anda punya Timeline, di G+ punya tab “Post”. Dengan Google+ anda bisa membagikan konten dari berbagai tempat di web, termasuk situs dengan tombol +1, Youtube dan Google Drive.

Berbeda dengan Facebook, orang lain tidak bisa memposting di profile anda. Di Facebook orang lain bisa memposting di timeline anda tergantung dari setingan yang anda buat. Di G+ orang dapat men-tag anda di gambar, tetapi hanya bisa dilihat oleh orang yang telah diijinkan.

Daftar Pertemanan

Sama dengan pertemanan di Facebook, kalau di G+ di istilahkan dengan ‘lingkaran’. Di Facebook, pertemanan tidak bisa dibagi dalam beberapa kategori.  Lingkaran sangat berbeda, anda dapat memasukkan orang yang anda ikuti ke dalam salah satu lingkaran atau ke beberapa lingkaran sekaligus. Dengan demikian, anda dapat mengatur konten apa yang ingin anda bagikan ke tiap-tiap lingkaran tersebut. Di Facebook tidak bisa.

Di Lingkaran anda dapat memasukkan orang atau laman kedalam lingkaran anda, begitu juga sebaliknya.

Notifikasi Melalui email

Di Google+ anda dapat mengirim email ke lingkaran yang anda inginkan. Cara ini sangat efektif bagi komunitas kecil yang anda ikuti. Di Facebook tidak bisa.

Newsfeed

Di Google+ disebut dengan ‘The Stream’ dan anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat postingan anda.

Tombol Like

Tombol Like di Google+ disebut dengan tombol +1. Tombol ini tidak hanya sekedar +1 saja, ini menandakan bahwa konten anda telah diterima dan telah dibaca oleh seseorang. Dengan menakan tombol ini ke posting seseorang, artinya anda telah merekomendasikan ke mesin pencari Google untuk memberi nilai lebih terhadap postingan tersebut.

Notifikasi

Untuk notifikasi fungsinya sama antara Facebook dengan Google+.

Grup

Grup di Facebook dan Google+ hampir sama. Google+ disebut dengan komunitas. Ada dua tipe komunitas, yaitu public dan prifat. Komunitas public bersifat terbuka dan semua orang dapat meminta untuk bergabung.

Sementara komunitas prifat bisa diset apakah akan terlihat di pencarian atau tidak. Anda tidak bisa merubah setingan ini dari public ke privat setelah anda mensetnya.

Ada beberapa perbedaan grup Facebook. Kalau di Google, konten dari komunitas publik akan di indeks oleh mesin pencari Google dan komunitas tersebut bisa muncul juga di hasil pencarian Google.

Facebook Fan Page

Di Google+ disebut dengan Google+ page atau Google+ Brand Page. Perbedaan terbesar antara konten di Facebook dan Google+ adalah ketika anda mempublikasikannya secara public, konten ini akan tampil di hasil pencari Google. Anda dapat menambahkan hingga 50 orang sebagai pengelola di Google+ Page. Ada tiga tingkat pengelola, yaitu Pemilik, Page Manager, dan Communication Manager.

Tampilan Lokal

Jika bisnis anda usaha bersifat lokal dengan alamat fisik, maka informasi ini bisa muncul di hasil pencarian Google. Tetapi di Facebook tidak bisa.

Facebook log-in

Facebook telah mendahulu Google dalam hal ini. Dimana-mana, kita bisa log-in dengan Facebook ke situs lain dengan tombol “Sign in with Facebook”. Google+ juga telah memiliki tombol seperti ini, tetapi bedanya kalau seorang blogger berkomentar di sebuah halaman situs maka akan terintegrasi dengan Google+ dan situs dengan platform WordPress telah menggunakannya juga.

Tombol Like

Jika anda ‘Like this Page on Facebook’ (Like halaman ini dengan Facebook) akan membolehkan informasi sebuah perusahaan masuk ke newsfeed anda, dan seluruh teman anda akan mengetahui bahwa anda menyukainya kecuali anda mengubah setingannya.

Di Google+ mirip dengan tombol +1 dimana anda telah merekomendasikan secara otomatis laman tersebut dan akan lebih ‘terlihat’ di mesin pencari di masa yang akan datang tetapi tidak muncul di newstream. Oleh sebab itu tombol +1 ini sangat berguna sekali dalam hal pemasaran produk atau situs anda. Jika anda ingin konten tersebut muncul di G+ stream, anda harus mengikuti laman atau orang tersebut terlebih dahulu.

Jumlah +1 di Google+ disebut juga dengan ‘jumlah sosial’ dan laman akan menampilkannya. Ini merupakan sebuah kombinasi jumlah orang yang mengikuti laman, jumlah orang di komunitas yang dimiliki oleh laman, jumlah +1 di sebuah website, dan sebagainya.

Ketika seseorang memposting sebuah tautan di Google+ yang mana tautan tersebut juga mempunyai tombol +1 seperti postingan blog, maka jumlah +1 yang didapat melalui blog akan diakumulasikan dengan jumlah yang didapat melalui Google+. Demikian juga jika ada orang yang menshare postingan tersebut dan kemudian hasil share itu memperoleh tambahan +1 akan ditambahkan lagi.

Menghubungkan Situs ke Laman

Di Facebook anda tidak bisa menghubungkan situs dengan laman, tetapi dengan Google+ anda bisa dengan menggunakan sebuah markup rel=publisher.

Menghubungkan anda dengan situs anda dan lainnya

Dengan Facebook, konten yang anda miliki akan tetap di Facebook. Di google+ anda mempunyai kesempatan untuk menautkan konten yang anda buat di seluruh blog atau situs yang anda punyai dengan profil Google+. Proses ini disebut dengan otorisasi Google dan memberikan kemungkinan kepada konten anda untuk tampil dengan gambar profil anda di hasil pencarian Google.

Jika anda adalah pemilik dari beberapa situs, anda bisa menautkan linknya melalui bagian ‘contributor to’ pada setingan Google About.

Pencarian

Jika anda seorang pebisnis dan ingin tampil di hasil mesin pencari, maka Google+ merupakan sebuah dunia baru yang akan mengubah cara pandang anda terhadap mesin pencari.

Di Google anda bisa menyaring hasil pencarian menggunakan ‘search plus your world’. Dengan pencarian ini, hasil yang didapat adalah dari orang-orang yang terhubung dengan anda seperti orang di dalam lingkaran. Sementara, ketika setingannya menggunakan global, anda akan lihat hasilnya lebih umum.

Dengan demikian, anda dapat mempengaruhi hasil pencarian orang lain. Ketika anda terhubung dengan jaringan personal, profil, laman, komunitas maka anda telah memulai menggunakan kekuatan Google+ untuk mempengaruhi hasil pencarian Google.

Dengan Google+, semakin banyak mempunyai follower, semakin banyak yang membagikan ulang postingan anda, maka semakin terlihatlah anda di mesin pencari.

Posting Menjadi Viral

Di google+ ada sebuah stream yang disebut dengan “What’s Hot and Recommended”. Jika anda mengerti bagaimana mempergunakannya, maka anda akan meningkatkan tampilan posting anda. Sementara Facebook tidak memiliki.

Analitik

Facebook mempunyai insight di tiap laman, termasuk berapa orang yang telah melihat postingan anda. Google+ juga mempunyai informasi seperti itu, tetapi ada perbedaan karena ada alat bernama Ripples. Dengan Ripples anda bisa mengakses siapa yang telah membagikan ulang postingan anda, anda bisa menemukannya dan menambahkannya ke dalam lingkaran.

Chat dan video call

Facebook terintegrasi dengan Skype. Sementara di Google+, mempunyai Hangouts yang telah terintegrasi dengan Google+ untuk chat dan video call. Google Hangouts mempunyai dua aspek:

Group chat : bisa menampung hingga 100 orang sekali chat

Video call : bisa video call hingga 10 orang dalam satu waktu dan 15 orang jika berbayar.

Iklan

Iklan di Facebook akan selalu tampak di layar kita, baik sebagai konten atau di sebelah kanan layar. Tetapi di Google+ anda tidak akan menemui iklan, tetapi Google akan menggunakan data anda untuk menampilkan iklan yang relevan di mesin pencarinya saja.

Kelebihan Google+ Dibandingkan Facebook

Banyak kelebihan Google+ dibandingkan dengan Facebook, diantaranya:

Hangouts-on-air

Dengan Google+ anda bisa live stream dan merekamnya, baik secara privat maupun public, kemudian hasil rekaman live stream ini bisa anda publikasikan melalui Youtube.

Youtube

Youtube merupakan mesin pencari kedua terbesar setelah Google Search dan Youtube dimiliki oleh Google. Anda dapat membagikan konten dari Youtube, menampilkannya di website, video tersebut terindeks di mesin pencari Google, dan akhirnya akan memberi nilai tambah bagi sebuah situs.

Google Adwords dan Adsense

Menggunakan Google Adwords dan Adsense merupakan fitur baru dengan sebutan ‘post ads’. Dengan fitur ini postingan anda di Google+ akan tampil di jutaan jaringan iklan Google.

Gmail

Jika anda sudah mempunyai Gmail, maka saatnya untuk bergabung dengan Google+ karena Gmail sudah terintegrasi langsung dengan G+.

Events and Calendar

Anda dapat mendownload aplikasinya melalui Android dan akan langsung terhubung dengan G+.

Google Drive

Google+ dan Drive bekerja berdampingan. Anda bisa menyimpan data di Drive dan kemudian membagikan atau mengkolaborasikan dokumen anda dengan teman sejawat melalui Google+.

Kesimpulan

Biasanya orang jika memulai sesuatu akan selalu timbul pertanyaan “kenapa harus bergabung?”. Dengan catatan ini, anda tentu telah mengetahui alasan utama kenapa harus bergabung dengan Google+, yaitu Google+ adalah Google. Walaupun anda hanya menggunakan mesin pencari Google atau Youtube saja, maka Google+ merupakan bagian yang tak terpisahkan dari strategi pemasaran anda secara online. Cobalah, dan anda akan merasakan bedanya.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda