Alternatif Adsense

alternatif-adsense

Tidak diragukan lagi bahwa model iklan pay-per-click merupakan model iklan terbaik di internet saat sekarang ini. Sewaktu pertama kali dimunculkan oleh Google Adsense, hampir seluruh situs dengan jumlah tulisan lebih dari 100 buah dan memenuhi syarat kebijakan program akan langsung diterima oleh Google untuk ikut serta dalam program ini. Sehingga, hampir seluruh blog bisa memperoleh akun Google (walaupun dengan konten asal-asalan) dalam waktu kurang dari seminggu atau dua minggu saja. Tetapi sekarang, jika seseorang ingin mengikuti program Google Adsense, maka anda tidak hanya harus memenuhi syarat akan kebijakan programnya saja tetapi juga harus mengikuti petunjuk Google Webmaster. Ini artinya jika blog tersebut berisi konten yang berhak cipta, dan melanggar aturan ketat lainnya maka blog tersebut tidak akan diterima. Walaupun website itu telah mengikuti kebijakan Adsense dan petunjuk dari Google Webmaster masih juga tidak diterima jika konten atau isi tulisan di blog tidak berkualitas seperti pembahasan tulisan tidak mendalam dan lain sebagainya.

Nah, dari penjabaran di atas, apakah masih memungkinkan menghasilkan uang dari blog tanpa Google Adsense? Jawabannya tentu saja bisa. Tetapi perlu diketahui bahwa Google Adsense tidak ada duanya, karena inventori dan stok iklan yang dipunyainya sangat banyak. Sejak jaringan periklanan mematok pembayaran jenis iklan pay-per-click berdasarkan harga tertinggi, maka jenis iklan ini harganya dari hari ke hari semakin meningkat. Inilah alasannya kenapa Adsense menonjol dibandingkan jaringan periklanan lainnya.

Namun demikian, bukan berarti anda tidak bisa menghasilkan uang seperti jenis iklan di Adsense dari jaringan iklan lain. Sebagai contoh, jika anda mengikuti program afiliasi, bisa jadi pendapatannya akan lebih besar dibandingkan seluruh pendapatan anda dari iklan jenis lain. Tetapi masalahnya, program afiliasi ini tidak dapat diandalkan. Jika rangking organik blog tersebut terjun bebas, maka akan berdampak langsung terhadap pendapatan atau program tersebut mengurangi komisi pembayaran terhadap publishernya atau merubah model bisnis sehingga akan berdampak langsung terhadap pendapatan anda. Itulah sebabnya jenis iklan afiliasi ini tidak diandalkan untuk jangka panjang.

Lantas, apakah ada pilihan alternatif selain Google Adsense? Jawabannya, ada. Sekarang ini telah banyak beredar di dunia maya cara memonitasi blog tanpa menggunakan Adsense. Diantaranya adalah iklan berbentuk banner (CPM), afiliasi (CPA), jaringan pay-per-click (CPC), text link, postingan bersponsor, menulis di blog orang lain, in-text ads, iklan gambar, dan lain sebagainya.

Cara beriklan seperti di atas bisa dipertimbangkan jika anda ditolak oleh Adsense berkali-kali atau ingin mencoba memonitasi blog dengan cara berbeda atau tidak ingin hanya bergantung pada iklan Adsense saja. Berikut beberapa alternatif jaringan iklan untuk memonetasi blog.

7 Alternatif Adsense Terbaik

  1. Yahoo! Bing Network (Media.Net)

Media.net merupakan alternatif Adsense terbaik saat ini karena ada jaringan Yahoo Bing dibelakangnya. Bing merupakan mesin pencari dengan pangsa pasar sebesar 18% dan jumlah inventorinya pun cukup banyak. Untuk harga iklan jenis CPM lebih baik dibandingkan jaringan iklan lainnya (kecuali Adsense). Selain Media.net, jika blog anda berbahasa Rusia bisa menggunakan Yandex Advertising Network.

  1. Clicksor

Clicksor merupakan salah satu alternatif Adsense paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia. Dengan Clicksor, para publisher bisa menampilkan iklan berdasarkan isi tulisan dengan menggunakan teknologi kontekstual dari Clicksor. Hebatnya, jika anda ingin menggabungkan Clicksor dengan Adsense tidak ada masalah. Andapun bisa mengatur pembayaran minimum untuk iklan jenis CPV, CPC, CPM dan CPI. Format iklannya termasuk Inline Text Links, Text banner, banner grafik, pop-under dan Interstitial ads. Anda akan menerima pembayaran hingga 85% dari harga iklan dan bisa juga memperoleh pendapatan tambahan dengan mereferensikan Clicksor ke pemilik blog lain. Clicksor akan menambahkan sebesar 10% tiap kali publisher atau advertiser bergabung dengan Clicksor melalui referensi anda.

  1. Superlinks

Superlink merupakan jaringan iklan yang menawarkan berbagai macam produk seperti banner premium, full page ads, footer ads, tower ads, exit links, dan sebagainya. Anda bisa memasang beberapa unit iklan di dalam satu halaman (maksimal 5 unit iklan per halaman). Superlink bekerja sama dengan DoubleClick Ad Exchange, OpenX dan perusahaan periklanan premium lainnya sehingga bisa dia bisa menawarkan CPM lebih tinggi dibandingkan Google Adsense (ini disebabkan karena inventori iklannya lebih tinggi). Sangat cocok bagi anda yang punya blog berkualitas tinggi dan pendapatan melalui Adsense masih rendah.

  1. BidVertiser

BidVertiser adalah pesaing Google Adsense terkuat yang mana metode pembayarannya adalah berdasarkan klik valid dari iklan yang ditempatkan pada blog anda dan konversinya dari klik tersebut. Anda menempatkan spot iklan dari BidVertiser di blog dan para advertiser yang akan beriklan di blog anda adalah penawar tertinggi bagi spot iklan tersebut.

  1. Chitika

Dengan Chitika anda bisa menempatkan iklan di website, blog, aplikasi atau situs berbasis mobile. Dia menawarkan iklan tertarget, pencarian tertarget, iklan mobile dan lokal. Sebagai publisher anda bisa mereferensikan kepada calon publisher lain dan memperoleh 10% dari pendapatan CPC hingga 10 bulan semenjak disetujuinya publisher yang telah anda referensikan tadi.

  1. Sovrn

Sovrn menawarkan beberapa pilihan jenis iklan seperti remnant banner ads, homepage takeovers, rich media, contextual, image, social engagement dan sebagainya. Sovrn ini mengklaim bahwa dia bekerja sama dengan berbagai agen periklanan besar.

  1. Yllix

Yllix merupakan jaringan periklanan yang mendukung model iklan CPM, CPC, CPA dan Pop Up. Anda bisa memperoleh tambahan pendapatan dengan mereferensikan Yllix ke calon advertiser dan publisher. Jika seseorang mendaftar ke Yllix sebagai advertiser, anda memperoleh bonus 100 dolar (satu kali) ditambah dengan 1% dari besaran advertiser tadi beriklan di Yllix sepanjang waktu. Ketika anda mereferensikan seseorang sebagai publisher maka anda akan memperoleh bonus sebesar 50 dolar satu kali dan tambahan sebesar 2% dari pendapatan publisher tadi selamanya.

Iklan Langsung

Jika niche website anda cukup kompetitif dan trafiknya lumayan maka anda bisa menjual iklan langsung. Iklan ini sangat bagus ketika anda meluangkan tempat iklan berbentuk banner sehingga advertiser potensial bisa menghubungi anda untuk membeli spot iklan tadi. Bagi beberapa publisher besar, menjual spot iklan secara langsung sangat menjanjikan karena mereka bisa mengontrol CPM dan pendapatan yang mereka inginkan. Anda dapat menyampaikan informasi mengenai situs dengan membuat sebuah laman yang menyatakan tentang informasi situs berupa Google PageRank, ranking Alexa, statistik trafik dari Google Analytics dan format trafik lainnya. Didalam laman tadi juga menyebutkan bagaimana bentuk spot iklan beserta harganya dalam rentang waktu yang telah ditentukan dan sebagainya.

Dan untuk lebih mudah menjual spot iklan tadi, bisa menggunakan jaringan berikut:

  1. BuySellAds

BuySellAds merupakan jaringan periklanan dimana para pemilik blog bisa mengurutkan inventori iklan mereka. Anda akan memperoleh akses terhadap ribuan advertiser melalui market placenya. Jaringan BuySellAds mendukung untuk web, mobile, RSS, Tweets, apps (desktop, iOS, Android) dan e-mail. Jaringan periklanan ini cukup baik sebagai alternatif Adsense dan telah banyak para blogger profesional menggunakannya. DoubleClick bisa dikatakan sebagai swalayannya jual beli spot iklan. Anda dapat mengontrol seluruh inventori iklan menggunakan platform ini. Jika website anda cukup populer maka anda akan memperoleh tawaran dari advertiser potensial dan DoubleClick akan mengkalkulasikan nilai atau harga dari tiap page view yang didapat oleh blog anda.

  1. Beacon Ads

Selain BuySellAds, ada satu lagi yang sangat mirip yaitu Beacon Ads. Perbedaannya hanya pada jumlah komisi yang mereka ambil. Pada Beacon Ads komisinya sebesar 30% sementara BuySellAds hanya 25% saja.

  1. BlogAds

BlogAds menspesialisasikan dirinya untuk jenis situs berupa blog. Anda bisa menjual langsung ke advertiser spot iklan di blog dan menentukan harganya. Anda pun bisa memperoleh 15% pendapatan dengan mereferensikan advertiser baru kepada BlogAds. Komisi untuk jasa yang anda gunakan di BlogAds adalah sebesar 30% dari seluruh transaksi melalui jaringan ini.

  1. DoubleClick for Publisher

DoubleClick merupakan salah produk Google. DoubleClick ini merupakan sebuah program untuk mengetahui halaman mana yang paling banyak page viewnya di sebuah blog. Dengan demikian anda akan mengetahui tulisan mana yang paling banyak tampil di mesin pencari dan berapa banyak klik yang dia dapatkan.

Tautan Text

Jika kualitas situs anda cukup mumpuni, maka akan sangat mudah memperoleh uang dari internet jika menjual tautan teks karena para advertiser bersedia menghamburkan ribuan dollar untuk meningkatkan ranking organik mereka. Tetapi harus diingat, menjual tautan teks ini melanggar aturan Google Webmaster dan bisa jadi akibat menjual tautan teks ini situs anda akan kena ban, kecuali tautan tadi seluruhnya rel=”nofollow”. Jaringan periklanan yang menjual tautan teks ini, diantaranya adalah:

  1. Matomy SEO

MatomySEO akan menghubungkan anda dengan advertiser berkualitas yang sedang mencari situs relevan dengan situs mereka untuk membeli tautan teks. Mereka akan menempatkan tautan teks di website anda sehingga pendapatan yang didapat tidak bergantung pada klik atau page view tetapi berdasarkan perhitungan dalam periode 30 hari.

  1. LinkWorth

LinkWorth hampir mirip dengan MatomySEO. Anda dapat memonitasi situs dengan cara text link ads, review blog, in-text ads, in-content pay per click ads, rotating text ads, hosted content pages dan banyak lainnya.

Review Bersponsor

Sekali lagi saya sampaikan, menjual artikel bersponsor tanpa rel=”nofollow” melanggar kebijakan Google Webmaster. Namun demikian, cara review bersponsor ini merupakan salah satu cara termudah untuk memperoleh penghasilan melalui blog jika blog anda cukup berkualitas. Berikut pasar untuk review bersponsor:

  1. Sponsored Reviews

SponsoredReviews merupakan jaringan periklanan blog dimana anda bisa membangun backlink, meningkatkan trafik dan meningkatkan ranking di mesin pencari website. Jika anda seorang blogger maka anda bisa menghasilkan uang dengan membuat sebuah review terhadap website klien.

  1. PayU2blog

PayU2Blog merupakan alternatif lain untuk memperoleh pendapatan alternatif selain Google Adsense. Ketika mendaftar menjadi member anda akan diminta untuk menulis sesuatu. Pada dasarnya anda akan diminta untuk mereview sebuah produk atau layanan. Disini anda harus menuliskan secara jujur tentang produk atau layanan tersebut dan tidak harus mengendors produk atau layanan tadi.

  1. Blogsvertise

Pada Blogsvertise bisa memonitasi blog dengan beberapa cara. Bisa dengan menampilkan banner ads, menjual tautan teks, atau mensponsori sebuah postingan. Tingkat iklannya tergantung dari harga yang anda tetapkan dan permintaan pasar.

Iklan Pop Under dan Pop Up

Iklan jenis ini cukup bagus jika untuk website yang telah mempunyai trafik tinggi dan jenisnya adalah download, image hosting, file sharing dan lain sebagainya. Ini disebabkan karena jenis website di atas tidak akan berefek besar terhadap pengalaman pengguna jika terdapat iklan berupa pop under atau pop up. Tetapi jika jenis websitenya berupa blog atau tulisan akan berefek besar terhadap pengalaman pengguna dan bisa jadi pengunjung tidak akan mau berkunjung kembali karena terganggu karena iklan jenis pop up atau pop under ini. Adapun jaringan periklanan yang menawarkan iklan jenis ini adalah sebagai berikut:

  1. PopAds

PopAds merupakan jaringan iklan pop under terbaik jika dibandingkan dengan rata-rata pendapatan dari publisher yang lain yaitu 4 dolar per 1.000 jika pengunjung dari Amerika. Pendapatan dari PopAds ini bisa ditarik kapanpun atau bisa juga untuk mengiklankan website.

  1. InfinityAds

InfinityAds merupakan jaringan periklanan yang juga menawarkan iklan berjenis pop under dan pop up. Dia akan membayar publishernya tiap seribu impresi sebesar 1,8 dolar. Seluruh website yang mendaftar akan diterima secara otomatis. Jadi tidak ada review dan segala macamnya.

  1. CPMoz

CPMoz adalah jaringan periklanan pop under yang membagikan pendapatannya dengan publisher hingga sebesar 70%. Pendapatan tersebut sangat tergantung terhadap kualitas trafik website, dan disamping pendapatan tadi, anda juga bisa memperoleh pendapatan tambahan dengan mereferensikan kepada advertiser (jika ke advertiser maka anda akan memperoleh 10% dari belanja mereka) atau publisher (10% pendapatan mereka akan menjadi milik anda).

Iklan Berbasis Teks

Jenis iklan ini tidak bisa dijadikan sebagai pengganti Adsense tetapi anda bisa menggunakannya bersamaan dengan Google Adsense atau jaringan periklanan berbasis teks lainnya seperti BidVertiser atau Clicksor.

  1. Infolinks

Infolinks merupakan pemimpin pasar dari periklanan berbasis teks, dimana dia menawarkan pembagian pendapatan sebesar 65% bagi seluruh publishernya. Model periklanan Infolinks berupa pay per click. Pilihan iklan yang ditawarkan berupa insearch ads, intext ads, intag ads, inframe ads.

  1. Kontera

Kontera merupakan jenis periklanan paling efektif dan paling menguntungkan untuk website dan blog.

Iklan Berbasis Gambar

Jika website atau blog anda berisi banyak gambar, maka iklan berbasis gambar ini sangat cocok untuk memonitasi situs tersebut. Cara iklan berbasis gambar ini adalah dengan menempatkan iklan tertentu di sekitar gambar. Cara perhitungan adalah berdasarkan jumlah view atau jumlah klik yang didapat oleh gambar tersebut. Berikut jaringan periklanan berbasis gambar yang bisa anda temukan di internet.

  1. Gumgum

Gumgum merupakan jejaring periklanan berbasis gambar terbesar karena sudah memiliki mencapai ratusan juta pengguna unik dari seluruh dunia. Gumgum tidak memperhitungkan jumlah visitor ke situs tetapi jumlah page view yang berasal dari Amerika per bulan minimal adalah 500.000.

Iklan CPM

CPM adalah kependekan dari Cost Per Mille yaitu anda dibayar per 1000 penampilan. Sebuah jejaring periklanan yang membayar anda cukup tinggi merupakan alternatif terbaik jika anda terus terusan ditolak oleh Adsense. Jenis iklan ini sangat efektif bagi situs yang mempunyai trafik tinggi. Jika page view per hari sebuah situs mencapai 1000 tiap hari, dan jika perusahaan iklan bisa membayar anda sebesar 1 dolar per seribu page view, artinya anda akan memperoleh pendapatan sebesar 1 dolar per hari atau 30 dolar per bulan. Jenis iklan ini sangat menjanjikan karena pendapatan situs akan relatif stabil dibandingkan dengan jenis iklan CPC. Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan jenis iklan ini.

  1. Yes Advertising

YesAdvertising adalah bagian dari Clicksor. Dia pun menawarkan model iklan CPM ini. Penawarannya tinggi hingga 5 dolar per seribu tampilan. Disamping itu juga menawarkan tambahan pendapatan berupa program referal sebesar 10% dari publisher yang bergabung melalui link referal anda.

  1. RhythmOne

RhythmOne nilai CPMnya cukup tinggi dan berkualitas serta anda pun bisa mengontrol iklan apa yang akan tampil di situs. Perusahaan ini pun menawarkan monetasi video, ekstensi media sosial dan sebagainya.

  1. Adsidme

Adsidme merupakan salah satu perusahaan periklanan dari Indonesia yang metode pembayarannya sangat cocok dengan orang Indonesia karena pembayarannya bisa menggunakan pulsa Telkomsel dan transfer bank.

  1. Vibrant Media

VibrantMedia telah memiliki lebih dari 6.600 publisher premium, menjangkau lebih dari 300 juta pengguna unik per bulannya. Beberapa produknya berupa iklan gambar, teks, display, related konten dan Lightbox.

  1. Gorilla Nation

GorillaNation menjual periklanan dalam bentuk CPM dan telah menjangkau seluruh dunia.

Iklan Berplatform Konten

Bentuk iklan ini bergantung pada otoritas website anda dan page view tidak terlalu dipentingkan. Istilah lainnya, anda menjadi penulis tamu untuk blog orang lain, tetapi dibayar. Adapun beberapa perusahaan iklan jenis ini sebagai berikut.

  1. Taboola

Dengan Taboola bisa membantu advertiser memperoleh trafik untuk websitenya menggunakan konten berisi rekomendasi terhadap website tersebut. Dengan demikian, jika anda seorang publisher di Taboola maka anda bisa memonetasi konten tersebut dengan merekomendasikan tulisan atau video dari advertiser yang telah tergabung dengan Taboola.

  1. Post Joint

PostJoint adalah jaringan untuk para blogger. Dengan PostJoint anda sebagai seorang blogger dapat terhubung dengan para marketer. Cara kerjanya adalah pertama anda harus menulis di blog anda kemudian tulisan tadi didaftarkan ke PostJoint. Kemudian jika ada yang berminat terhadap tulisan tersebut, maka dia bisa menawar tulisan itu dan setelah harganya cocok maka dia akan membeli tulisan tadi. Harganya akan tergantung dari jumlah visitor unik.

  1. Content.ad

Content.ad untuk memonetasi website dengan iklan premium yang bentuknya seperti sebuah tulisan. Tautan iklan di Content.ad bervariasi dimana tautan tersebut berisi gambar dan headline. Dia juga menawarkan garansi harga CPM tinggi untuk publisher terpercaya.

  1. Written

Written berguna untuk meningkatkan visibilitas perusahaan dan juga membantu para blogger untuk memonetasi blog dengan konten terbaiknya. Written akan melisensi konten anda untuk perusahaan lain dalam rentang waktu tertentu dan anda akan memperoleh penghasilan per bulannya. Ini seperti menyewakan konten ke orang lain dalam jangka waktu tertentu, bisa sebulan atau tergantung dari keinginan perusahaan tersebut menggunakan konten anda.

Jejaring Periklanan Untuk Blogger Wanita

Jika anda seorang wanita dan hobi menulis blog, barangkali bisa dicoba jejaring iklan yang mengkhususkan diri beriklan di blog dimana target pembacanya adalah wanita. Berikut perusahaannya.

  1. BlogHer Publishing Network

BlogherPublishingNetwork merupakan perusahaan periklanan yang mengkhususkan diri ke blog bertemakan kewanitaan. Dia hanya menerima blogger berkualitas bagus dan penerimaan anggota baru pun dijadwalkan. Jadi, kalau ingin mendaftar harus menunggu antrian terlebih dahulu. Jenis iklannya berupa CPM dan postingan bersponsor dan review.

  1. Foodie Blogroll Ad Network

FoodieBlogrollAdNetwork merupakan perusahaan periklanan yang mengkhususkan diri untuk blog masakan karena lebih 75% anggotanya merupakan blog masak memasak. Jenis iklannya berbentuk banner dengan jenis CPM. Disamping itu juga bisa menggunakan pengaruh anda di media sosial. Jadi, jika anda aktif di media sosial, maka media sosial tersebut bisa dimanfaatkan untuk menerima postingan bersponsor dan konten bersponsor lainnya untuk menghasilkan uang dari sana.

Untuk Youtuber

Sekarang ini media sosial berbentuk video sangat marak. Untuk itu tidak ada salahnya mengunjungi jejaring periklanan terakhir ini sebagai alternatif Adsense untuk video anda.

  1. Content BLVD

ContentBLVD merupakan jejaring periklanan yang menghubungkan antara perusahaan dan Youtuber. Jika anda seorang Youtuber, maka anda bisa bergabung dengan Content Blvd ini. Anda cukup mendaftar dan menjelaskan di dashboard Youtube tentang chanel yang sedang dikelola kemudian tunggu tawaran dari perusahaan yang ingin beriklan di canel Youtube anda.

Anggota Premium

Jika trafik situs anda cukup tinggi maka anda bisa mendaftar untuk mengikuti program premium dari masing-masing jejaring iklan di atas (jika terdapat penawaran akun premium). Sebagai anggota premium, tentu saja angka-angkanya jauh lebih menjanjikan dibandingkan anggota biasa.

Kesimpulan

Sekarang ini telah banyak perusahaan iklan berbasis internet bermunculan. Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan salah satu dari perusahaan alternatif Adsense di atas atau perusahaan alternatif Adsense lainnya, analisalah seluruh jejaring periklanan tersebut sebelum memutuskan untuk bergabung. Pilihlah mana paling cocok dengan profil situs. Nah, jika anda telah pernah bergabung atau mempunyai pengalaman dengan jejaring periklanan di atas, silakan sampaikan pengalaman dan saran untuk teman-teman lain agar tidak tersesat di rimba belantara dunia maya ini.

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda