Accelerated Mobile Pages (AMP) Untuk Situs

Sekarang ini kecepatan loading situs dan kenyamanan menggunakan sewaktu mengunjungi sebuah situs menjadi acuan utama dalam berselancar di dunia maya. Meskipun telah banyak perubahan dilakukan, kebanyakan website masih tidak dapat menyediakan pengalaman browsing yang lebih baik. Seluruh blogger tentu sangat mengerti bahwa mereka sangat menginginkan blognya tampil di hasil pencarian mesin pencari, website seharusnya mengacu ke pengguna, mobile friendly dan loadingnya sangat cepat. Untuk menyelesaikan masalah ini, Google telah melakukan sebuah proyek. Dari hasil proyek tersebut dihasilkanlah Accelerated Mobile Pages atau AMP. AMP adalah proyek open source dari Google. AMP ini di desain agar pengguna perangkat mobile bisa lebih terpuaskan lagi.

Ada beberapa faktor kunci yang harus diperhatikan kenapa seorang blogger atau webmaster harus menggunakan AMP ini, yaitu:

  1. Rasio pentalan

Sebuah survey menemukan bahwa 40% pengguna akan mengabaikan sebuah halaman sebelum halaman tersebut loading secara sempurna dikarenakan faktor waktu (loadingnya lambat). Masalah ini harus dipecahkan untuk kedua belah pihak, baik user maupun web publisher. Alasan utama dari rasio pentalan adalah karena loading halamannya sangat lambat sekali dan halaman tersebut tidak mobile friendly. Itulah kenapa blogger butuh Accelerated Mobile Pages atau AMP ini. Para user akan merasakan loadingnya menjadi lebih instan karena dia adalah versi singkat CSS. Dengan demikian akan mengurangi keberpalingan pengunjung dari sebuah situs dan meningkatkan kemungkinan untuk diranking lebih baik di Google.

  1. Ranking Mesin Pencari

Walaupun AMP bukan salah satu faktor hasil pencarian, akan tetapi AMP ini sangat mobile friendly. Waktu loading situs merupakan salah satu faktor perankingan utama. Dengan menggunakan AMP, tulisan anda dan halaman akan loading lebih cepat 4 kali dibandingkan tidak AMP. Jika loading situs cepat, maka rankingnya akan naik. SERP Google menampilkan artikel yang telah AMP dengan didominasi secara visual dengan gambar yang cukup besar. AMP akan menghadiahi dengan ranking lebih baik dan lantas melambatkan halaman yang tidak mobile friendly.

AMP

  1. Monetasi

Masalah paling sulit bagi developer situs adalah memutuskan antara kepuasan pengguna dan monetasi situs. Beberapa situs agak lambat karena mereka dicecoki dengan berbagai iklan. Google AMP tidak dapat menambahkan secara manual javascript tetapi ada jalan keluarnya agar blogger bisa menampilkan iklan pada halaman AMP. Para developernya tetap memikirkan tentang memonetasi situs dengan iklan. Iklan ini akan loading setelah kontennya tampil secara sempurna, sehingga iklan tidak akan memperlambat waktu loading situs. Dengan demikian akan membantu publisher meningkatkan pendapatan dan trafik tanpa berdampak buruk terhadap pengalaman pengguna.

  1. Analytics

Sekarang mempublis dan mengerti audien merupakan jantung utama sebuah artikel dan membangun pembaca loyal. Ada kunci untuk mengerti kebiasaan pembaca, untuk itu AMP memasukkan sebuah elemen amp-analytics berfungsi agar pemilik blog dapat melacak dan melihat kebiasaan pengunjung ke situs. Pemilik blog bisa secara otomatis melacak jumlah pengunjung, klik, pengunjung baru atau lama dan hal lainnya di halaman AMP.

5 Alasan Website Anda Butuh AMP.

  1. Sangat SEO friendly untuk mobile.
  2. Mengurangi bounce rate atau rasio pentalan
  3. Loadingnya jauh lebih cepat.
  4. Sangat direkomendasikan oleh Google.
  5. Di desain untuk sangat cache.

Google secara berkala mengeluarkan fitur baru dan update. Jika situs anda tidak diaktifkan AMPnya, maka akan ada notifikasi berikut pada Google Search Console agar diaktifkan AMPnya.

Intinya google mengharuskan anda untuk menggunakan Accelerated Mobile Pages (AMP).

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda