9 Tool Memudahkan Blogging

Mengelola sebuah blog tidaklah pekerjaan gampang, terutama jika pengisi blognya beberapa orang. Pengelolaan ini membutuhkan keahlian edit, mengambung hubungan baik antar rekan kerja, dan distribusi pekerjaan.

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam segala hal, tetapi yang dibutuhkan adalah tetap selalu melakukan pemeriksaan terhadap optimisasi mesin pencari, saling menautkan antar konten, kinerja artikel di mesin pencari dan media sosial, dan secara dampak keseluruhan terhadap nama baik perusahaan maupun pribadi.

Tool berikut ini akan membantu anda untuk melakukan lebih banyak hal, mengetahui lebih banyak, dan lebih mengerti cara untuk meningkatkan kinerja situs tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajarinya satu per satu dan dapat dilakukan di waktu luang.

Tool Sebelum Menerbitkan Tulisan

  1. Menambahkan Google Custom Search Engine ke Situs

Google Custom Search Engine berfungsi agar situs kita menjadi host terhadap mesin pencari, dimana mencari situs atau halaman bisa dilakukan di satu tempat. Tool ini sangat ringan, mengkombinasikan konten sensitif di dalam satu database pencarian. Jika anda ingin menautkan konten lama pada konten yang baru di terbitkan, anda bisa melakukan pencarian kustom untuk menemukan postingan yang diterbitkan di situs atau penulis lainnya. Sebagai contoh, jika anda seorang penulis tamu pada situs teman anda, anda bisa memasukkannya di pencarian.

Untuk membuat custom search engine, buatlah daftar domain yang ingin dimasukkan dan buatlah nama mesin telusurnya. Lantas klik Buat.

  1. Memeriksa Konten Duplikat

Mempublikasikan konten berbau plagiat walaupun sebagian saja bisa menggerus ranking dan reputasi anda sebagai seorang blogger. Untuk memeriksa apakah konten anda asli sebelum mempublikasikannya silakan pergunakan PlagiarismCheck atau UniCheck. Cukup dengan mengkopi dan mempastekan sebuah tulisan dan akan muncul nanti apakah konten tadi sudah ada di internet atau belum.

  1. Mencari Kata Kunci Untuk Situs

Tool ini relatif baru, yaitu Kparser. Tool ini merupakan tool pencari kata kunci yang sangat gampang dipergunakan. Hanya butuh beberapa menit menjalankannya, tetapi anda akan merasa takjub melihat variasi kata kunci dihasilkan oleh tool ini. Kparser sangat gampang digunakan dan tidak harus registrasi terlebih dahulu. Pergunakanlah tool ini sebagai basis dalam menulis sebuah konten untuk mengoptimisasinya. Disana juga terdapat filter di bagian kiri kotak untuk mencari kata kunci lebih dalam dan mendetail sehingga didapat kata kunci berbentuk frasa atau kata kunci berdasarkan pertanyaan pengguna.

Disamping itu disarankan untuk menginstal plugin YoastSEO supaya anda bisa mengedit kata kunci lebih fokus.

Tool Untuk Penerbitan Postingan

  1. Tambahkan URL ke Library DrumUp

Konten yang sudah lama biasanya akan menjadi arsip saja dan tidak pernah dibaca oleh pengunjung atau bahkan tenggelam di mesin pencari. Untuk itu, tulisan lama ini perlu dipromosi ulang agar tetap bisa eksis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial. Jika mempromosikan di media sosial satu persatu secara manual tentu akan melelahkan dan apalagi jika konten anda sudah ribuan tidak akan mungkin dilakukan satu per satu. Untuk memudahkan mempromosikannya di media sosial secara otomatis silakan gunakan DrumUp. Kuntungan menggunakan DrumUp dia bisa membuat phrasenya tersendiri untuk tiap tulisan, bisa menyertakan gambar dalam postingan dan menyertakan hashtag agar tulisan tersebut bisa digapai oleh orang yang tepat.

  1. Masukkan URL ke Viral Content Bee

Hampir sama dengan DrumUp library, anda bisa menggunakan ViralContentBee untuk mengorganisir postingan blog dan mempromosikannya menggunakan media sosial. Dengan ViralContentBee bisa membagikan konten tadi ke Twitter, Facebook, Pinterest dan StumbleUpon. Bahkan jika ingin tampil lebih dibandingkan versi gratis, anda bisa membeli kredit.

Tool Monitoring Secara Otomatis

Jika anda memiliki banyak proyek dan blog sudah besar, barangkali anda kelupaan untuk memeriksa status blog tersebut. Tool berikut akan membantu anda agar selalu update jika ada yang menyebut anda, ingin memberikan order atau ada beberapa hal yang perlu penanganan segera serta membangun hubungan baik dengan anda. Berikut beberapa tool yang bisa anda gunakan.

  1. Monitor Ranking Artikel dengan Serpstat

Jika anda ingin meningkatkan lagi performa sebuah artikel walau sudah tinggi performanya, maka anda harus mengetahui di mana saja artikel tersebut diranking dengan baik. Disamping itu juga akan menjadi motivasi tersendiri ketika melihat ranking sebuah artikel di SERP bertengger di tingkat pertama. Sehingga akan memicu anda untuk selalu menulis lebih banyak dan lebih bagus kualitasnya. Tool tersebut adalah Serpstat.

  1. Temukan Link Melalui Majestic Alerts

Tool ini berguna untuk melihat apakah ada tautan dari situs lain ke blog anda. Sehingga anda bisa mengetahui seberapa banyak tautan tersebut dan artikel mana saja yang paling banyak ditaut oleh blog mereka. Dengan mengetahui semuanya ini bisa menentukan tindakan apa saja yang diperlukan dan meningkatkan tren positif untuk blog. Tool tersebut adalah Majestic. Tiap kali ada yang menautkan ke blog anda, maka anda akan diberi sebuah pemberitahuan melalui email untuk anda. Disini anda bisa melihat tingkat kepercayaan situs, apakah tautan tersebut do follow atau no follow dan sebagainya.

  1. Mengetahui Apakah Ada Yang Menyebut Anda

Keahlian dan otoritas anda merupakan kunci terhadap kualitas blog dan nama baik seseorang. Ketika blog anda dikutip oleh blog lain, ini merupakan salah satu indikator seberapa tinggi kepercayaan mereka terhadap konten atau blog anda. Untuk melihat itu semua, BuzzSumo akan membantu anda untuk memonitor jika ada seseorang menyebut anda di internet.

  1. Whatagraphdaily email

Dengan menggunakan Whatagraph, anda bisa lebih memahami terhadap data yang disampaikan melalui Google Analytics karena dia menampilkan data dalam bentuk visual dan gampang dimengerti. Untuk menggunakannya anda perlu mendaftarkan akun Google Analytics ke situs ini dan kemudian memilih tipe email pemberitahuan seperti apa yang anda sukai.

Setelah anda atur, maka anda akan secara otomatis menerima pemberitahuan melalui email tentang lalu lintas situs di internet. Tidak seperti laporan dalam Google Analytics, dimana anda harus mengatur dan mensetnya satu per satu, tool ini merupakan solusi paling sempurna untuk anda sebagai seorang konten editor yang mana tidak terlalu memerlukan data mendalam tentang pengunjung situs dan sebagainya. Data yang didapat akan berguna untuk lebih mengerti tentang kebiasaan pengunjung, membuat persona pribadi, belajar dari kesalahan dan meraih kesuksesan di masa mendatang.

Data tersebut dapat berupa laporan tentang konten mana saja yang memperoleh trafik paling banyak, trafik datangnya dari situs mana saja (apakah dari hasil pencarian website dan lokasi) dan tulisan mana saja yang tidak terlalu banyak pengunjungnya atau rasio pentalannya tinggi.

Itulah sembilan tool yang berguna untuk memudahkan blogging sehingga waktu dan fikiran anda dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih berguna.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda