9 Cara Untuk Meningkatkan Pemasaran Melalui Facebook

Banyak perusahaan telah menggunakan Facebook untuk memasarkan barang tetapi masih juga bermasalah untuk mendapatkan momentum. Setiap orang tentunya ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari media sosial raksasa ini. Nah, bagaimana caranya? Sebenarnya, tidak ada rumusan baku guna berhasil di Facebook. Tetapi ada beberapa cara untuk meningkatkan hasil pemasaran melalui Facebook. Tetapi, seperti cara pemasaran lainnya, anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang harus dihadapi sebelum memulainya. Untuk itu di tulisan ini, kita akan berbagi mengenai sebuah strategi pemasaran melalui Facebook yang mungkin bisa anda jadikan tambahan agar pemasaran brand atau produk lebih bergairah di masa mendatang.

Tulisan ini tidak satupun bersifat teoritis atau spekulasi. Strategi yang akan disampaikan telah terbukti manjur bagi beberapa perusahaan kelas dunia. Berikut 9 cara untuk meningkatkan pemasaran melalui Facebook.

1. Tentukan tujuan dan kunci keberhasilan

Jika saya tanya kepada anda, kenapa menggunakan Facebook untuk memasarkan bisnis anda? Bisakah anda jelaskan? Dengan kata lain, Facebook seharusnya menjadi salah satu pilar dari strategi pemasaran. Dengan mengetahui apa yang anda harapkan atau bisnis harapkan melalui media ini akan membuat langkah selanjutnya menjadi lebih mudah. Jika anda tidak mengetahui bagaimana cara meraih kesuksesan melalui Facebook, silakan telaah ilustrasi berikut.

Jika suatu waktu anda sedang melakukan perjalanan di pedesaan, dan tiba-tiba anda menyadari bahwa sinyal HP sudah tidak ada lagi sehingga anda tidak punya petunjuk arah melalui GPS di HP anda. Dikarenakan anda tidak memperoleh petunjuk ke mana arah jalan yang harus ditempuh, sudah dipastikan anda akan tersesat.

Begitu juga dengan pemasaran melalui Facebook. Jika anda tidak mengetahui apa yang ingin anda gapai atau tidak mempunyai tujuan pasti, sudah pasti akan sia-sia saja. Oleh karena itu, langkah pertama adalah menentukan apa yang menjadi tujuan utama dari melakukan pemasaran melalui Facebook ini.

Pada prinsipnya, beriklan di Facebook ini adalah mendukung tujuan perusahaan. Artinya seluruh kegiatan haruslah mengacu ke tujuan utama perusahaan. Sebagai contoh, anda mungkin ingin:

a. Membangun kesadaran masyarakat terhadap merek

b. Membiasakan masyarakat agar familiar dengan produk

c. Menjaring pelanggan baru

d. Meningkatkan pelayanan

e. Menjaga loyalitas pelanggan

f. Membangun kerjasama dengan mitra usaha baru

Keseluruhan poin di atas dapat dilaksanakan dengan strategi pemasaran di Facebook. Langkah selanjutnya adalah menilai penggunaan FB di saat sekarang ini.

2. Analisa Bagaimana Anda menggunakan Facebook

Pertanyaannya adalah kapan terakhir kali anda melihat atau membaca kabar berita (istilah Inggrisnya newsfeed) akun Facebook anda? Jika jawabannya tidak pernah, anda sedang dalam masalah besar. Anda haruslah meluangkan waktu untuk membaca konten dari newsfeed untuk melihat statistic fan atau calon fan anda. Langkah selanjutnya adalah menjalin hubungan yang tepat dengan calon pelanggan.

3. Mengetahui Audien

Tentang apakah yang paling relevan dan memperoleh antusias besar dari audien? Mengetahui siapa mereka, apa saja masalah mereka yang telah anda bantu dan bagaimana anda bisa menjadi solusi bagi mereka. Lakukan hal ini dari sudut pandang pelanggan. Apa saja yang mereka butuhkan ketika menggunakan produk atau layanan anda? Dengan mengetahui ini merupakan kesempatan besar untuk lebih spesifik. Untuk lebih jelasnya target pasar dan kenapa mereka ingin menjadi pelanggan anda, berikut beberapa pertanyaan yang harus anda jawab:

a. Apa keinginan dari audien?

b. Apa yang menjadi masalah mereka?

c. Bagaimana cara anda menyelesaikan masalah mereka?

4. Gali data Facebook anda

Facebook dapat dipergunakan untuk berbagai kegunaan, mulai dari pemasaran, analisa, riset, penjualan, sumber daya manusia dan pelayanan pelanggan. Dengan menggali data di Facebook, anda akan memperoleh pemahaman lebih mendalam bagaimana audien anda berinteraksi dengan halaman FB, sehingga anda akan memperoleh wawasan lebih mendalam. Caranya dengan melihat statistic relevansi dan keikutsertaan mereka serta pola interaksinya.

5. Pilih Topik Utama

Topik utama merupakan kata kunci yang anda pergunakan untuk memperkenalkan produk sehingga akan membantu mesin pencari menemukan anda. Pendeknya, buatlah sebuah topik bercerita tentang bagaimana bisnis anda ingin dikenal oleh masyarakat. Di saat yang sama, topik tersebut bisa menarik perhatian fan dan calon pelanggan potensial.

Agar topik tersebut lebih menarik, bisa digunakan gambar dan graphic. Terkadang, menggunakan gambar dan grafik akan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Sebelum anda mengerjakan konten utama, anda harus menuliskan topik yang ingin ditampilkan. Cara paling mudah adalah dengan memikirkan apa yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan (diistilahkan dengan FAQ atau frequently asked question). Cobalah anda jawab pertanyaan tersebut dan tuangkan ke dalam konten anda.

6. Memilih Metrik Keberhasilan

Ini akan mempengaruhi bagaimana anda menentukan tingkat keberhasilan dan mengevaluasi keefektifan beriklan di media sosial. Anda juga akan menentukan bagaimana untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan.

Proses ini akan membutuhkan pemahaman yang lebih baik untuk nilai pelanggan (customer lifetime value atau CLV), atau rata-rata pendapatan selama suatu periode waktu pelanggan berhubungan dengan perusahaan. Pergunakan gambaran ini dan bandingkan hasilnya dengan cara periklanan perusahaan lainnya.

7. Mengukur Hasil

Buatlah apa saja yang ingin anda ukur terhadap tujuan perusahaan. Ini dilakukan agar proses pengukuran menjadi lebih gampang. Anda dapat melakukannya dengan menelusuri hasil dengan menggunakan landing page atau kode promosi perusahaan. Melakukan penelitian sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan. Luangkan waktu untuk melihat bagaimana persaingan usaha, lingkup kompetisi dan mengetahui target pelanggan.

8. Otomatisasikan, Terhubung dan Tumbuh

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Facebook dengan menggunakan fasilitas update status otomatis di Facebook sehingga anda dapat secara konstan mengposting (sehingga anda terhindar dari penyakit lupa update status). Disamping itu, selalu terhubung dengan melakukan percakapan, dan menjawab pertanyaan pelanggan merupakan hal positif lainnya. Dengan demikian, akan tercipta hubungan kuat antara anda dengan klien, pelanggan dan mungkin calon mitra.

9. Selalu Melakukan Testing

Artinya, setelah anda memperoleh penilaian tentang beriklan di Facebook, anda dapat menggunakan data ini untuk mengkalkulasikan dan memperkirakan bagaimana rencana kerja anda ke depannya. Anda dapat melakukan A/B testing. Ini merupakan aspek penting agar Facebook anda dapat tumbuh lebih baik di masa depan. Anda harus terus menerus mengevaluasi apa saja postingan yang bagus dan mana yang tidak. Intinya, jangan pernah berhenti untuk melakukan evaluasi, bagaimanapun caranya. Karena seiring berjalannya waktu, pasar akan selalu berubah.

Kesimpulan

Untuk berhasil di Facebook, atau media sosial lainnya, butuh kerja keras dan komitmen. Tidak akan ada hasil instan jika bekerja di dunia maya. Disamping itu juga selalu lakukan penelitian dan munculkan ide-ide kreatif bagi kemajuan perusahaan. Selain Facebook, Instagram pun sangat baik untuk promosi perusahaan.

Jika anda mempunyai pengalaman dan ingin berbagi silakan sampaikan di komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda