80 Tip Membangun Konten Marketing

Pertanyaan yang sering terlontarkan adalah apa yang harus dikerjakan dengan konten marketing sekarang ini agar bisa lebih meningkatkan penjualan? Untuk itulah tulisan ini dibuat supaya anda bisa memperoleh pencerahan tentang bagaimana rencana kerja di masa depan agar lebih terarah dan penjualan bisa meningkat.

Tulisan ini dibagi dalam lima kategori, yaitu:

a. Perencanaan dan tim kerja

b. Riset dan Strategi

c. Kreasi dan Eksekusi Keputusan

d. Distribusi dan Promosi

e. Evaluasi dan Analitik

Perencanaan dan Tim Kerja

1. Tentukan hasil akhir yang diinginkan.

2. Jangan hanya terpaku pada disetujui atau tidaknya rencana kerja.

3. Tentukan anggaran biaya bagi konten marketing

4. Tentukan perubahan di organisasi perusahaan untuk meningkatkan program konten marketing.

5. Tingkatkan talenta anda dan anggota tim

6. Pekerjakan seseorang dengan keahlian tulis menulis

7. Pelajari tentang keuangan, teknologi dan sumber daya manusia.

8. Selalu berlatih meningkatkan keahlian menulis dan teknologi.

9. Belajarlah untuk mengatakan tidak terhadap permintaan mendesak dan kendalikan seluruh pekerjaan.

10. Strategi konten marketing yang mendetail akan berkaitan erat dengan hasil perusahaan.

11. Pastikan strategi selalu dijalan yang benar.

12. Kenalilah diri anda sendiri seperti intonasi suara, cara pandang dan minat bakat.

Riset dan Strategi

13. Tentukan pembeda anda dengan pesaing.

14. Pelajari, rencanakan, perhatikan detil, susun strategi.

15. Tentukan aturan untuk tiap taktik pelaksanaan.

16. Minta pendapat karyawan yang langsung bersinggungan dengan pelanggan agar mengetahui keinginan pelanggan.

17. Luangkan lebih banyak waktu dengan prospek pelanggan.

18. Pahami keinginan pelanggan

19. Selalu dengarkan keinginan pelanggan.

20. Cari tahu apa pekerjaan audien di siang hari dan ketahui kebutuhan mereka.

21. Jalin hubungan baik dengan audien loyal secara terus menerus.

22. Puaskan pelanggan.

23. Bangun hubungan baik karena pembelian dilakukan jika mereka telah percaya kepada kita.

24. Selalu sisihkan waktu untuk meninjau bagaimana cara memperkaya pengalaman pengguna sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sewaktu mengunjungi situs seperti menjawab pertanyaan mereka secara pribadi dan lain sebagainya.

25. Jangan terlalu mencemaskan pendapat bernada negatif tentang konten atau situs.

26. Selalu antisipasi kebutuhan dan keinginan pelanggan di masa mendatang.

Kreasi dan Eksekusi Keputusan

27. Bangun konten anda berdasarkan strategi yang telah ditetapkan.

28. Buatlah konten yang dibutuhkan oleh pelanggan.

29. Perjelas pesan yang ingin disampaikan, sehingga pelanggan tidak ada keraguan dihati mereka.

30. Buatlah tulisan yang tidak lekang oleh waktu.

31. Jangan hanya mempublikasikan ulang saja terhadap sebuah tulisan, tetapi perbaiki dan tambahkan sesuai dengan kemajuan jaman.

32. Tetap simpan konten yang mungkin tidak diperlukan lagi.

33. Jadilah humanis.

34. Bahas masalah yang ada di sekitar sehingga konten anda bisa menjadi pembicaraan orang.

35. Tampilkan tulisan dalam bentuk visual.

36. Berikan data terperinci sehingga otoritas merek perusahaan bisa terlihat berbeda oleh pelanggan.

37. Buat konten yang mempunyai daya tarik tersendiri.

38. Buatlah konten berisi tentang lima alasan pelanggan anda tidak akan merasa nyaman dengan produk perusahaan.

39. Rangkul audien anda dengan lebih sering membuat, dan membagikan konten bermanfaat bagi mereka.

40. Libatkan para influencer di dalam konten anda dan dengarkan apa pendapat mereka.

41. Tanyakan pendapat bagian penjualan, tentang ide tulisan yang akan anda buat.

42. Dengarkan juga pendapat yang berseberangan dengan anda.

43. Periksa penempatan tombol call to action di situs.

44. Perbarui konten lama yang mempunyai performa tinggi, tambahkan tombol calls to action di atas atau di tengah tulisan.

45. Buatlah judul dan konten yang mempunyai konversi tertinggi terhadap target kata kunci di bidang atau niche tujuan, sehingga mesin pencari gampang menampilkannya di hasil pencarian.

46. Jelaskanlah produk anda sejelas-jelasnya.

47. Selalu tinjau desain situs sehingga lebih mudah dibaca dan dimengerti.

Distribusi dan Promosi

48. Jadikan kenyamanan distribusi sebagai pembeda utama antara anda dengan kompetitor.

49. Fikirkan bagaimana dan dimana anda akan memperoleh konten di depan audien sebelum menuliskannya.

50. Selalu ada ketika klien membutuhkan.

51. Tonjolkan strategi distribusi dan mulailah dengan hal paling mendasar.

52. Tinggikan anggaran untuk distribusi konten (seperti memperbanyak iklan).

53. Sampaikan konten melalui iklan Facebook sehingga sampai ke calon pelanggan yang tertarget.

54. Sewaktu menggunakan iklan Facebook, selalu lakukan evaluasi target calon pelanggan.

55. Selalu periksa pencapaian iklan berbayar.

56. Email subscriber sangat penting, jika perlu iklankan dengan berbayar.

57. Publikasikan konten yang paling banyak menarik minat pelanggan dengan menggunakan iklan.

58. Pergunakan media sosial untuk menguji coba terhadap produk baru.

59. Sebarkan konten situs di saat orang lagi bersantai.

60. Hentikan penjadwalan penerbitan konten melalui media sosial. Periksa apa yang sedang menjadi trending saat ini dan apakah anda bisa masuk dan memanfaatkan trending tersebut guna penjualan produk.

61. Lebih banyak bagikan konten orang lain daripada konten sendiri, terutama konten dari influencer.

62. Pastikan situs dan konten telah teroptimisasi dengan baik dan benar.

63. Perhatikan kapan anda menjadi pusat perhatian orang banyak.

64. Buat metadata.

Evaluasi dan Analitik

65. Analisa strategi apa saja yang berhasil dan gagal, lantas analisa secara objektif.

66. Buang taktik yang gagal.

67. Anda harus mempunyai metrik kunci terhadap semua tujuan.

68. Perhitungkan pendapatan anda per pembaca.

69. Catat semua aktifitas berdasarkan pendapatan.

70. Jadwalkan untuk mereview tujuan utama perusahaan.

71. Periksa kembali situs anda, apakah navigasinya sudah benar sehingga pembaca baru akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari?

72. Optimisasi dengan benar konten sehingga bisa muncul di halaman pencarian secara natural.
Tambahan

73. Sisihkan 10% dari anggaran untuk memeriksa pasar dan kreatifitas anda beserta tim.

74. Lakukan sesuatu yang kreatif dan mungkin agak konyol di luar pekerjaan seperti melukis, melakukan hobi atau lain sebagainya. Sehingga kebosanan tidak muncul.

75. Hadiri berbagai pertemuan yang dihadiri oleh orang ahli di bidang anda.

76. Kegiatan membaca harus lebih banyak dari pada menulis.

77. Lakukan proyek sampingan sebagai hobi.

78. Jika ada teman atau keluarga atau yayasan amal yang membutuhkan jasa anda, berikan secara gratis.

79. Pergunakan lebih banyak kata “tidak”

80. Beristirahatlah jika dirasa telah jenuh.

Tips di atas tidak harus anda lakukan semuanya. Silakan pilih salah satu atau beberapa buah jika dirasa perlu sehingga dapat memberi ruang lebih lebar terhadap keberhasilan di masa mendatang. Jika anda mempunyai pendapat, silakan sampaikan di komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda