8 Tips Untuk Memperoleh Trafik dari YouTube

Dengan lebih dari satu miliar pengguna unik penonton Youtube dan lebih dari 6 miliar jam video ditonton tiap bulannya, sudah pastilah Youtube menjadi salah satu cara terpenting sebagai tempat berpromo di dunia maya. Jika anda belum pernah mengunggah video di Youtube, artinya anda telah membuat sebuah kesalahan besar.

Dengan menghosting video di Youtube sudah dapat dipastikan para pengguna Youtube bisa menemukan video tersebut dan ‘berkenalan’ dengan perusahaan anda. Jika tanggapan nya positif, mereka biasanya akan berkunjung ke website resmi perusahaan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jika anda belum mengetahui bagaimana memperoleh pelanggan atau follower melalui Youtube  untuk website dan sedang mencari cara agar mereka berubah dari penonton menjadi langganan anda, maka artikel ini cocok untuk dibaca. Di dalam tulisan ini akan dijelaskan beberapa cara memperoleh follower dari Youtube.

1. Tunjukkan Apa Yang Harus Dilakukan

Cara ini merupakan trik paling gampang, tetapi biasanya sering terabaikan. Di akhir tiap-tiap video yang telah di upload, anda harus secara jelas menyampaikan ke penonton bagaimana caranya untuk mengunjungi website perusahaan dan tunjukkan pula apa keuntungan dari mengunjungi situs tersebut. Adapun dialog tersebut bisa berupa “Terima kasih telah menonton video kami. Jika anda ingin tahu lebih jauh silakan berkunjung ke www.namasitus.com”.

2. Buatlah Deskripsi Video

Setelah anda mengupload sebuah video di Youtube, anda harus menambahkan beberapa deskripsi mengenai konten apa yang ingin disampaikan melalui video tersebut pada kotak deskripsi yang telah disediakan. Kebanyakan dari anda tidak pernah menggunakan fungsi ini. Supaya deskripsi ini bisa menjadi mesin penarik trafik, anda harus menambahkan 5 hingga 6 kata bujukan pada awal kalimat disertai dengan URL situs.

Sebagai tambahan, saya merekomendasikan untuk menambahkan satu atau dua paragraf lagi. Semakin banyak jumlah katanya akan lebih bagus karena akan berpengaruh pada hasil pencarian di mesin pencari google karena Google hanya mengenal teks, bukan video dan akan menambah perbendaharaan kata kuncinya. Di akhir deskripsi, bisa ditambahkan URL situs lagi.

3. Rubah Penonton Menjadi Target Trafik Situs Dengan Menampilkan Ajakan

Ada sebuah banner ad ditempatkan pada sepertiga bagian dari tampilan video. Di banner ini anda bisa mengontrol gambar yang ingin ditampilkan, dan kata-kata ajakan yang ingin disampaikan kepada para penonton video tersebut. Banner ini akan tampil sesaat setelah video diputar.

4. Buatlah Tag Video

Anda harus menambahkan beberapa buah kata kunci di video, dengan demikian akan menambah kemungkinan orang akan menemukan video itu. Sebagai contoh, jika videonya tentang wisata, dan anda hanya menggunakan wisata sebagai sebuah kata kunci, maka video tersebut hanya akan muncul ketika orang mencari dengan kata kunci wisata saja.

Tetapi jika anda tambahkan kata kunci lainnya seperti kuliner, makanan, indah, dan kata kunci lainnya akan menambah kemungkinan orang menemukan video tersebut ketika menggunakan salah satu tag tadi. Pergunakanlah tag ini sebaik mungkin dan cobalah tambahkan sebanyak mungkin tagnya.

5. Buat Transkrip Video

Anda bisa juga membuat transkrip video yang telah diupload di Youtube dan postinglah seluruh transkrip tadi ke deskripsi video. Anda bisa membuat transkripnya menggunakan layanan dari situs speechpad.com. Dengan menggunakan layanan situs ini, anda bisa memperoleh transkrip yang ramah SEO untuk video tadi.

Dengan menambahkan transkrip video tadi, tidak hanya akan memudahkan para penonton sewaktu menontonnya, tetapi juga akan menaikkan ranking di mesin pencari.

6. Berkomentar di Video Yang Telah Lebih Dahulu Populer

Youtube menyediakan layanan kepada penonton video untuk memberikan tanggapan melalui kolom komentar. Ini artinya jika ada sebuah video di upload dan dipublikasikan, anda bisa meninggalkan komentar terhadap video tersebut dengan memberikan referensi ke video anda.

Untuk melakukannya, anda cukup mencari video populer, ditandai oleh jumlah view cukup banyak, dan posting video anda di bagian komentar. Dengan demikian, orang akan dapat menemukan video tersebut dengan mudah dan dilihat oleh banyak orang. Tetapi perlu diingat, anda tidak bisa melakukan hal ini terlalu sering, oleh karenanya perlu berhati-hati dan pilihlah video dengan bijak.

7.  Tautan ke Video

Praktik SEO eksternal tidak hanya akan meningkatkan ranking halaman, tetapi juga berlaku terhadap ranking video di Youtube. Ketika anda telah memiliki banyak tautan dari situs berotoritas tinggi, dimana link itu langsung menuju ke video dimaksud, maka Youtube akan secara otomatis akan meningkatkan  ketertampakannya di mesin pencari, baik mesin pencarian Google maupun Youtube.

8. Tambahkan Video Lainnya Di Akhir Video

Di akhir video, anda bisa menampilkan video yang mirip dengan video yang sedang ditonton sekarang ini. Jika anda menautkan video anda lainnya, dengan demikian anda telah mempraktekkan internal-linking. Masing-masing video akan terhubung satu sama lain. Dengan demikian akan meningkatkan trafik dan ranking dari semua video milik anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan ke delapan tip di atas, bisa dapat dipastikan anda telah membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan dengan meraih konsumen baru setiap hari. Pastikan anda praktekkan semua tips di atas terhadap seluruh video milik anda. Jika anda memiliki apa yang orang lain inginkan, mereka akan bersedia untuk bekerja sama dengan anda dan video rankingnya akan menanjak.

Jika anda mempunyai tambahan, kritik dan tanggapan atau hal lainnya mengenai tips di atas, silakan anda sampaikan melalui komentar di bawah sebagai bahan pengayaan bagi tulisan memperoleh trafik dari Youtube.

Silakan sampaikan komentar Anda