8 SEO Tools Terbaik

Antara mesin pencari dan SEO beserta konten marketing dalam Bisnis Online selalu berkembang secara beriringan. Itulah sebabnya ahli SEO dan pemasaran memodali diri mereka dengan alat atau tool yang tepat untuk bisa bersaing di pasar dunia maya. Seiring dengan perkembangan mesin pencari, tool pun selalu mengalami perkembangan dan perubahan. Ada yang baru muncul dan ada pula yang pergi karena terlindas jaman. Tetapi ada pula yang tetap bertahan dan telah teruji selama bertahun-tahun sehingga telah menjadi andalan para pemasar internet dan para ahli SEO.

Berikut ini saya sajikan 8 buah tool SEO yang menawarkan layanan analitik, pelaporan dan pelacakan serta dapat mengukur perkembangan sebuah situs. Dengan menggunakan salah satu tool ini anda bisa mengumpulkan, mengungkapkan dan memperoleh data akurat sehingga tidak salah dalam pengambilan keputusan.

1. Check My Links

Link rusak dan hilang merupakan masalah umum di situs, dan masalah ini harus segera di temukan dan diperbaiki sewaktu melakukan audit SEO. Check My Links merupakan sebuah tool untuk mengaudit seluruh tautan di website anda.

Sayangnya, tool ini hanya tersedia dalam bentuk ekstensi Chrome saja. Setelah di instal, anda bisa memeriksa seluruh website yang tampil di layar untuk memeriksa apakah link di situs itu masih bagus atau sudah rusak.

2. SpyFu

Ketika mengaudit sebuah situs, sangat penting sekali keberadaan tool untuk menilai dan memeriksa dan mengkategorikan trafik apakah dari organik atau PPC. Dengan mengerti ranking sebuah website, baik ROI dari trafik organik dan berbayar, memberi gambaran jelas bagaimana strategi paling cocok untuk situs.

SpyFu menawarkan riset dan pelaporan kata kunci. Sebagai contoh, laporan SpyFu selalu menawarkan kata kunci paling tepat dan manjur untuk tiap website. Dengan demikian para pemasar dapat meramu strategi iklan menjadi jauh lebih baik. Tambahan, laporannya secara jelas menentukan kata kunci PPC, biaya dibutuhkan dan CPC. Anda bisa dengan mudah melihat kata kunci mana yang cocok untuk trafik organik dan mana yang berbayar.

3. Ahrefs

Mengaudit link merupakan hal krusial untuk memastikan bahwa situs tersebut terhubung dengan web secara benar dan baik di internet. Disinilah peranan penelitian backlink. Ahrefs menawarkan data ini dengan layanan sebagai berikut:

a. Jumlah domain yang menautkan situsnya dengan anda.

b. Jumlah IP unik dari domain yang menautkan tadi

c. Tautan dari domain berotoritas tinggi

d. Perkembangan link natural dari waktu ke waktu

e. Memberikan link secara umum

f. Memberitahu jika terdapat terlalu banyak tautan dari sebuah domain.

Data ini, diantara yang lainnya, sangat berguna saat membangun strategi link-building. Dengan Ahrefs, anda bisa mengetahui situs mempunyai ranking tertinggi dan mempetakan jumlah tautan tiap domain berdasarkan ranking mereka. Tambahan lagi, Ahrefs juga bisa memeriksa kedalaman dari tautan yang hilang atau rusak dan anchor text sehingga anda dengan mudah dapat memindahkan data tersebut agar jangan dipentung oleh Penguin.

4. Semrush

Usaha membangun SEO harus dimulai melalui pengauditan website tujuan. Dengan memperoleh gambaran dan pengertian secara menyeluruh mengenai bagaimana membangun dan menerapkan strategi SEO anda. Hal pertama yang dibutuhkan sewaktu mengaudit SEO adalah mengerti tentang kesehatan situs, termasuk mengetahui kata kunci sasaran dan imbound link dan apakah domain itu pernah kena hukuman oleh Google.

Inilah kegunaan dari tool Semrus. Semrush merupakan alat analitik dengan algoritma perankingan sehingga anda dapat dengan mudah memeriksa apakah efek dari hukuman yang telah didapat oleh sebuah website sudah hilang atau masih ada. Dengan demikian anda dapat menyusun strategi bagaimana menangani domain yang telah kena hukuman tadi.

5. DeepDrawl

DeepCrawl merupakan salah satu tool untuk menguji situs agar lolos dari hukuman Panda. Tool ini akan memudahkan anda untuk mendiagnosa seluruh masalah teknis di halaman website. Mulai dari tulisan tidak berkualitas, konten duplikat dan kesalahan pada judul meta, dan hal lainnya.

Bisa dikatakan, DeepCrawl mengkombinasikan berbagai fungsi populer dari tool SEO lainnya seperti URL Profiler, Copyscape, Screaming Frog, dan melakukan pekerjaan seperti di program Excel. Kesimpulannya, melalui perayapan secara reguler, berbagai isu on-page bisa diketahui dengan cepat sebelum menjadi masalah lebih besar di kemudian hari. Dengan seluruh layanan perayapan, DeepCrawl mendiagnosa halaman, memberi anda informasi secara mendetail tentang segala sesuatu hal di situs mulai dari tag halaman, tautan eksternal dan internal dan tag judul.

6. BuzzSumo

BuzzSumo merupakan alat analitik media sosial. Sekarang ini SEO dan content marketing adalah dua mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam meningkatkan ketertampakan merek di media sosial. Banyak para pemasar gagal untuk melihat pasar potensial bagi produk mereka melalui pendekatan SEO karena konten marketing dan SEO berkembang sangat pesat dan saling terkait satu sama lainnya.

Membuat dan mempublikasikan konten yang bermanfaat, relevan dengan jenis usaha, dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat merupakan hal terpenting guna mencapai target SEO. Disinilah peran BuzzSumo menjadi penting, dia menawarkan sebuah tool untuk menemukan ide konten, baik itu untuk blog, posting di media sosial dan konten visual.

Cukup dengan mengupload target kata kunci blog ke BuzzSumo, anda akan diberikan beberapa ide cermerlang untuk judul, ide untuk konten fisual dan menemukan topik populer dan sedang trending di berbagai platform di dunia maya. Tambahan lagi, anda bisa menemukan share orang di waktu lalu yang mempunyai inbound link, dengan demikian anda bisa menemukan situs populer dan membangun hubungan baik bersama mereka.

7. Majestic

Salah satu tool yang memiliki database pengindeks terbesar adalah Majestic. Aspek utama dari tool ini adalah metriksnya terpercaya. Dia memberikan perkembangan indeks semantik yang dilakukan oleh Google, sehingga anda bisa lebih mengerti tentang konteks semantik situs dan menganalisa data berdasar topiknya masing-masing.
Jika anda ingin menganalisa tentang link-building, Majestic merupakan sumber terbaik.

Pemasar dan pemilik usaha bisa dengan mudah mengidentifikasi situs yang rankingnya paling atas dan memperoleh data situs tersebut. Tambahan, Majestic menawarkan data bisa didownload sehingga anda bisa membangun backlink selama pelaksanaan audit tautan, audit otoritas (kepercayaan, citation dan topik situs) bagi mereferensi domain, dan mengidentifikasi link baru atau hilang.

8. Raven Tools

Dengan menggunakan Raven, anda dapat melacak, mengukur, menguji dan menganalisa berbagai data dari berbagai bentuk pengguna sehingga anda dapat menentukan strategi pemasaran mana yang paling cocok bagi perusahaan. Tool ini dapat menghasilkan laporan berlapis dengan menggali dan menganalisa data pengguna (dengan cara terintegrasi dengan Google Analytics dan Google Search Console). Data ini bisa ditingkatkan untuk membuat berbagai bentuk kampanye perusahaan dalam waktu singkat.

Website Raven Tool bisa meneliti code situs yang ingin anda periksa. Sebagai hasilnya, anda bisa memperoleh data spesifik dengan detail tentang halaman mana yang butuh perhatian lebih, seperti apakah ada broken link, no-follow, kesalahan duplikat, dan kesalahan kode di Google Analytics. Anda juga bisa mengatur waktu tertentu untuk merayapi situs dan bisa melakukan peninjauan terhadap kesehatan SEO dari sebuah situs.

Itulah beberapa buah tool terbaik untuk SEO. Jika anda mempunyai pengalaman dengan tool lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar, sehingga pembaca lain bisa memperoleh bahan untuk perkembangan ke depan lebih baik.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda