8 Cara Memperoleh Page View Tinggi

Hari istimewa bagi setiap blogger adalah di saat dia pertama kali menulis di blog dan mempublikasikannnya. Waktu itu, belum ada lagi yang membaca tulisan tersebut.

Barangkali pembaca setianya adalah diri sendiri hehe. Kemudian anda informasikan kepada orang-orang terdekat seperti orang tua, teman dan tetangga. Merekapun akan menjadi pembaca blog yang telah dibuat tadi.

Pertanyaannya adalah : apakah jumlah pembaca segitu sudah cukup? Tentu saja tidak! Kita butuh banyak pembaca agar blog itu bisa “menjual”.

Berikut 8 cara agar blogs bisa mendapatkan pembaca yang bejibun:

Dengan mengikuti kedelapan cara ini diharapkan anda dapat membuat sebuah momentum dimana anda tidak perlu lagi butuh usaha ekstra mendapatkan pembaca. Momentum di sini adalah di saat kita telah mendapatkan jumlah page view sebanyak 500 per harinya.

Di saat itulah tidak diperlukan lagi usaha keras mempromosikan blog. Yang diperlukan hanyalah selalu membuat tulisan-tulisan berkualitas.

Berikut 8 cara tersebut.

1. Buatlah minimal 10 buah artikel utama.

Artikel utama biasanya bertujuan untuk mengajarkan sesuatu kepada pembaca secara mendetail dan panjang lebar. Panjang tulisannya lebih dari 500 kata (untuk sekarang, Google lebih menyukai tulisan panjang, lebih dari 1000 kata) dan berisi tips praktis atau saran-saran anda terhadap topic nice websites anda.

Tulisan bisa dikatakan sebuah artikel utama karena tulisannya berisi tentang bagaimana melakukan sesuatu dan dapat dipraktekkan. Model tulisan ini mempunyai manfaat jangka panjang (tidak seperti berita, dengan berlalunya waktu berita itu tidak akan mempunyai manfaat lagi) dan mempunyai nilai real serta berwawasan luas.

Semakin banyak artikel utama akan semakin baik.

2. Tulis minimal satu artikel tiap hari

Tidak setiap tulisan artikel harus menjadi tulisan utama, tetapi mengupdate dan memperbarui blog dengan tulisan baru tiap hari merupakan suatu keharusan.

Tulisan bisa berbentuk pendapat penulis mengenai berita-berita harian berkaitan dengan nice yang website atau tulisan pendek mengenai hal-hal yang mendukung teks pilar tadi. Intinya adalah menunjukkan kepada pengunjung bahwa blog selalu diperbarui sehingga mereka akan merasa bahwa besok pasti ada artikel baru lagi.

Efeknya, mereka akan kembali lagi mengunjungi website. Tujuan akhir adalah mereka mau membookmark blogs kita atau mungkin mensubscribe untuk berlangganan.

Jika pembaca sudah mencapai momentum, yaitu jumlah page viewnya telah mencapai 500 page view per hari, frekuensi tulisan bisa dikurangi. Saran saya sebaiknya tetap mengupdate tiap hari agar jumlah page viewnya akan melonjak lebih banyak lagi.

3. Nama Domain Mudah Diingat

Kalau anda memang serius membangun blog, dan berencana untuk jangka panjang, maka nama domain sangat penting sekali. Penggunaan nama domain yang cocok dan mudah diingat berguna agar orang dapat dengan mudah menemukan blog kita.

Orang biasanya suka membicarakan blog yang mereka sukai dengan teman-temannya, baik di dunia nyata maupun melalui media sosial. Sangat krusial sekali agar nama blog itu mudah diingat dan gampang menuliskannya di search bar mesin pencarian. Lebih bagus lagi kalau nama blogs merupakan keyword dari nice blog.

4. Mulailah berkomentar di blog tetangga dan komunitas yang relevan

Anda telah membuat beberapa artikel utama dan mengupdate blog dengan menulis artikel tiap hari, sekarang saatnyalah untuk mengeksposnya dan diperkenalkan ke dunia. Salah satu cara terbaik dengan menemukan tipe pembaca blok dan berkomentar di artikel relevan dengan blog kita.

Sistem berkomentar di blog tetangga dan di berbagai komunitas ini akan meninggalkan nama anda yang terpaut dengan blog ketika berkomentar di sana. Ini merupakan salah satu cara agar orang menemukan anda.

Jika komentar anda cerdas dan berisi, orang2 akan tertarik untuk berkunjung ke profil guna mengenal lebih dekat dan mencari tulisan artikel anda. Otomatis, trafikpun meningkat.

5. Ajak Para Pembaca untuk Berkomentar

Cara lain untuk mendapatkan pembaca setia dengan menunjukkan bahwa kamu telah mempunyai follower. Menunjukkannya dengan memberikan kesempatan mereka berkomentar di tiap tulisan article.

Ketika mereka melihat orang-orang berkomentar di kolom komentar anda, mereka akan merasa bahwa konten kamu pastilah bagus karena sudah ada pembaca terdahulu.

Ajaklah selalu pembaca setia kamu memberikan komentar di akhir tulisan dan pastikan merespon komentar mereka sehingga percakapan itu bisa berlangsung dengan nyaman dan lancar.

6. Daftarkan artikel utama ke blog carnival

Blog kartival merupakan sebuah pos di sebuah blog yang meringkas beberapa buah artikel dari beberapa blog berbeda dalam topic tertentu. Idenya untuk mengumpulkan beberapa konten berkualitas mengenai topic tertentu.
Contoh blog carnival ini yaitu: blogcarnivalhq.com (berbahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesia belum saya temukan).

7. Daftarkan ke blogtopsites.com.

Jika blog anda berbahasa Inggris, dan telah mempunyai cukup banyak artikel, saatnya untuk didaftarkan ke situs blogtopsites.com. Untuk bergabungnya pun cukup gampang. Cukup isi form pendaftaran dan copy pastekan beberapa baris kode yg diberikan oleh blogtopsites ke blog. Nanti, trafiknya akan mulai kelihatan. Di awal-awal memang tidak banyak, tetapi lama-lama bakal menjadi bukit.

Tapi saya tidak bisa memastikan apakah cara seperti ini aman bagi blog yang ikut Google Adsense. Oleh karena itu, bacalah dengan teliti bagaimana cara kerjanya dan dampaknya terhadap akun Google Adsense anda.

8. Tulislah artikel utama lebih banyak lagi.

Setelah melakukan segala hal di atas, poin utamanya adalah mempunyai tulisan utama yang cukup banyak. Tanpa ada tulisan ini, maka langkah-langkah diatas akan sia-sia saja.

Barangkali akan ada banyak pengunjung di awal, namun lama kelamaan akan hilang satu persatu karena websites kamu tidak mempunyai artikel berkualitas tinggi.

Itulah beberapa tip yang bisa dipakai agar trafik ke blog bisa naik dengan cepat. Sebenarnya masih banyak lagi cara lain guna meningkatkan trafik. Oleh sebab itu penulis mengharapkan saran, komentar dan pendapat sehingga memperkaya kita semua akan cara meningkatkan trafik websites.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda