7 Cara Menggunakan Twitter List Untuk Bisnis

Twitter List merupakan alat di Twitter yang sangat berguna sekali jika anda tahu bagaimana cara menggunakannya untuk bisnis. Tetapi, sebelum kita membahas apa itu Twitter list dan bagaimana cara menggunakannya, mari kita mulai pembahasan ini dengan sebuah analogi berikut.

Twitter dapat diibaratkan sebagai sebuah tempat semua orang berkumpul. Orang-orang tersebut mempunyai latar belakang, minat, dan keinginan berbeda satu sama lain.

Lantas, di tempat yang sangat ramai ini, apa yang akan anda lakukan? Apakah anda, sebagai seorang pemilik bisnis, akan menceritakan kepada mereka semua secara random bahwa jualan anda adalah yang nomor satu? Tentu saja tidak karena pekerjaan ini merupakan sia-sia belaka.

Para pebisnis biasanya akan saling bertukar informasi, saling bekerjasama dan saling bermitra. Jika anda telah melakukan seperti dilakukan oleh pebisnis dunia, maka anda sudah di jalan yang benar.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar bisa fokus untuk benar-benar saling terhubung satu sama lainnya, mengingat begitu banyak orang, begitu banyak trafik di Twitter.

Untuk itulah tulisan ini dibuat, yaitu memperkenalkan salah satu fitur Twiter yaitu Twitter list sehingga anda dapat meningkatkan jaringan dan saling terhubung dengan orang-orang yang anda anggap penting dan berpengaruh di bidang yang sedang anda geluti sekarang ini. Silakan lakukan tips berikut dan anda akan dapat lihat pertumbuhan jaringan anda lebih cepat.

Pengertian Twitter List

Twitter list adalah salah satu cara paling mudah untuk mengelompokkan orang secara bersama-sama di Twitter. Anda bisa membuat hingga 1.000 buah list di tiap akun dan tiap list tersebut hanya dapat diisi dengan 5.000 orang saja.

Untuk mengakses list ini melalui dekstop dengan mengklik foto profil di sebelah kanan atas Twitter dan pilih List.

twitter-list

Kalau menggunakan mobile, masuk ke profil dan klik gambar roda gigi.

Pada tampilan berikutnya kemudian anda bisa mengklik “create list” pada sebelah kanan layar. Disini anda akan diminta untuk mengisi nama list dan berikan sedikit penjelasan tentang list yang dibuat tadi. List ini bisa dibuat privat atau publik.

Setelah list dibuat, lantas untuk mengisinya dapat anda cari profil yang ingin dimasukkan ke dalam list ini. Untuk mencarinya dapat dicari berdasarkan username, nama awal atau nama akhiran, atau bidang keahlian.

twiter-list-2

Setelah anda temukan orang atau profil yang ingin dimasukkan, klik roda gigi dan klik “add or remove from list…”.

twitter-list-3

Setelah mereka dimasukkan ke dalam list, maka anda bisa melihat stream dari profil tersebut, melihat list dari anggota, atau melihat list dari para subscriber dalam sekejap.

Kalau anda menggunakan perangkat bergerak atau mobile, anda bisa membuat sebuah list baru dari laman list dengan mengklik simbol + di bagian kanan atas.

Cara Menggunakan Twitter List

Agar lebih efektifnya menggunakan Twitter list ini, anda harus mengerti beberapa hal penting berikut tentang list yang bersifat publik:

a. Ketika anda menambahkan seseorang ke list bersifat publik, mereka akan memperoleh notifikasi atau pemberitahuan bahwa anda telah menambahkan mereka ke dalam list tadi.

b. Semua orang atau akun dapat subscribe atau bergabung jika list tersebut bersifat publik.
Setelah mengetahui sifat dari list bersifat publik, berikut saran saya untuk menggunakan list.

1. List Target Pasar

Buatlah sebuah list yang beranggotakan orang berkemungkinan membutuhkan jasa atau produk anda di Twitter, kita sebut list itu sebagai target pasar.

Orang-orang ini merupakan calon pelanggan perusahaan atau orang yang mempunyai pengaruh besar di bidang usaha anda.

Tetapi perlu diingat, nama listnya jangan dibuat seperti target pasar tadi, karena mereka tidak akan merasa senang jika dinamai sebagai target, apalagi list ini akan bersifat publik. Barangkali lebih tepat jika dinamai dengan “Interesting People” atau semacam itulah.

Yang penting buatlah mereka senang jika mereka dinamai dengan sesuatu yang bersifat positif atau merasa dihargai.

2. List Orang Berpengaruh

Buatlah sebuah list lagi untuk orang-orang yang sangat berpengaruh di bidang usaha anda. Nama listnya bisa dibuat seperti “Para pakar” atau semacamnya. Anda pasti akan senang sekali jika disebut pakar atau suhu atau mastah bukan?

3. Teman

List ini barangkali yang paling berharga bagi anda. Buatlah sebuah list yang berisi orang-orang yang secara aktif mendukung anda di Twitter. Orang tersebut merupakan orang yang sering membagikan tautan situs atau tweet anda, membela atau mempromosikan barang dagangan atau aktif berkomunikasi dengan anda.

Luangkan lebih banyak waktu terhadap orang-orang seperti ini. Jadi, list ini merupakan orang yang paling membantu anda untuk membangun lebih banyak follower dengan orang yang telah menjadi fans.

Sering-seringlah mencek list ini dan berinteraksilah dengan orang-orang ini. Karena teman akan lebih berharga dibandingkan sebongkah emas.

4. Anggota Tim

List satu ini berisikan anggota atau karyawan di perusahaan. Dengan demikian anda bisa dengan mudah memeriksa tweet mereka, disamping itu juga akan memudahkan untuk menghubungi mereka jika diperlukan. List ini sebaiknya bersifat prifat.

5. Sumber Berita

Sumber berita ini bisa berisi perusahaan-perusahaan yang sangat berkaitan dengan perusahaan anda, seperti Kompas, atau media online lainnya yang dapat mendukung anda sewaktu akan mengambil sebuah keputusan. Disamping perusahaan yang menjadi sumber berita tadi, bisa juga dimasukkan orang yang mempunyai minat sama atau ahli dibidang usaha. Untuk list ini bisa dibuat publik.

6. Pesaing

List yang berisikan pesaing ini sebaiknya dibuat privat saja. Dengan memasukkan mereka ke list, anda bisa memonitor apa yang sedang dilakukan oleh pesaing di Twitter. Dengan demikian anda bisa melihat apa yang dilakukan para pesaing, lantas lakukan tindakan yang sama tetapi dengan cara yang lebih baik.

7. Menggantikan Home Feed

Di media sosial, ada sebuah stigma tentang tata krama menjadi follower yang tidak dapat dikatakan. Barangkali anda telah mengikuti banyak orang yang sebenarnya tidak perlu diikuti karena tidak berhubungan langsung dengan usaha anda tetapi anda merasa tidak enak untuk mengunfollow mereka.

Untuk itu, buatlah sebuah list lagi yang berisi orang yang tidak terlalu penting ini. Namanya bisa dibuat sebagai “Home Feed” atau semacamnya.

Kesimpulan

Twitter merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat tetapi serupa dengan media sosialnya, dia hanya akan bermanfaat jika anda sanggup untuk meluangkan waktu untuk membangun hubungan baik dengan orang-orang yang ada di sana. Tidak akan ada orang yang secara tiba-tiba saja akan menemukan anda dan mulai meretweet, memberi lika dan mereply yang telah anda sampaikan.

Jika ingin lebih meningkatkan follower secara tertarget, anda bisa menggunakan IFTTT.

Jika anda membangun hubungan baik dengan baik, benar, dan terencana maka Twitter akan menjadi jaringan yang paling berharga dan mempunyai nilai bagi bisnis anda. Dengan menerapkan cara di atas, saya berharap bisa memberikan sedikit masukan dan dapat meningkatkan follower di masa depan.

Sekarang saatnya untuk bertindak, dan silakan sampaikan di kolom komentar jika cara di atas berhasil atau gagal.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda