6 Cara Menggunakan Instagram Agar Efektif

Instagram merupakan jejaring sosial paling populer di dunia, karena dia mempunyai 500 juta pengguna aktif dan dan pengguna aktif harian mencapai 300 juta. Data ini terus bertambah dari tahun ke tahun.

Jejaring sosial berbasis berbagi foto ini tidaklah gampang digunakan bagi pebisnis. Dia tidak seperti Facebook atau Twitter. Makanya untuk mendapatkan trafik blog dari Instagram agak lebih susah. Ketika mengupdate status, membutuhkan perencanaan matang dan biaya lebih beserta harus disertai kreatifitas tinggi. Oleh karena itu, anda butuh beberapa tool untuk membantu update status di Instagram dan meningkatkan trafik ke blog.

Dengan kata lain, dengan strategi tepat, Instagram dapat menghasilkan hasil yang luar biasa bagi beberapa bisnis. Karena kenyataannya orang lebih menyukai sebuah perusahaan yang ‘hadir’ di Instagram dibandingkan menggunakan media sosial lainnya. Berikut beberapa tip agar anda bisa lebih tampil di Instagram.

Foto dan Video

Strategi menggunakan Instagram harus mengkombinasikan foto dan video. Menggunakan video ternyata lebih menguntungkan dibandingkan jika hanya menggunakan gambar, sepanjang video tersebut durasinya tidak terlalu lama. Dengan durasi pendek, tentunya tidak perlu kerja ekstra, bahkan lebih menyenangkan membuat video daripada membuat sebuah gambar. Untuk memudahkan membuat video, silakan cobakan Boomerang untuk video berdurasi pendek, Hyperlapse dan Cinefy untuk mengedit video.

Hashtags

Hashtag sangat penting sekali di Instagram. Jika anda ingin memperoleh lebih banyak like, follower dan konversi, menggunakan hashtag merupakan langkah awal yang harus diambil. Anda akan temukan bahwa orang selalu mencari sesuatu di Instagram. Tidak akan mengherankan jika anda memperoleh like pada jam 3 pagi.

Cobalah untuk menyertakan sebuah hashtag, atau jika bisa, buatlah sebuah gambar atau video yang berhubungan dengan trending topic. Ini bisa membantu anda meningkatkan jumlah follower dan like. Banyak tool yang bisa anda gunakan untuk menemukan hashtag mana yang sedang tren saat sekarang ini, seperti Hashtagify untuk hashtag yang sedang trending dan ide-ide hashtag, Keyhole dan Tagboard untuk melacak hashtag mana yang sedang tren.

Buatlah Sebuah Strategi

Strategi beriklan di Instagram membutuhkan sedikit perencanaan. Jika anda hanya membuat foto atau video dan kemudian mempostingkan sedemikian saja, barangkali hasilnya tidak akan memuaskan. Makanya rencanakanlah konten dengan matang sehingga bisa membantu untuk menjaring lebih banyak like, follower dan klik. Dengan strategi matang akan menghemat waktu.

Cobalah beberapa tipe dan video berbeda untuk melihat tipe foto dan video mana yang lebih menghasilkan like dan follower, sehingga bisa dijadikan topik untuk posting di masa mendatang. Dengan merencanakan postingan, anda akan tidak menghabiskan hari saja dan bisa membantu agar selalu konsisten eksis di media sosial.

Walaupun demikian, jika mempunyai ide bagus yang didapat secara spontan, jangan pernah ragu untuk ‘keluar’ dari pakem yang telah anda dan tim terapkan. Posting saja.

Gunakan Tool Untuk Foto

Di luar sana, banyak tool tersedia, tinggal pilih saja mana paling sesuai dan gampang digunakan. Kebanyakan dari tool ini dapat membantu anda untuk memaksimalkan foto dan video milik anda. Tool ini dapat membantu untuk mengedit foto sehingga akan terlihat lebih indah, dan sedap dipandang mata.

Ada juga tool untuk filter foto, untuk membuat video, gif lucu, atau untuk menambahkan teks di foto atau video. Ada tool yang bisa digunakan untuk segala hal, mulai dari gratisan hingga berbayar. Untuk berbayar biasanya cukup murah. Silakan anda cobakan mana yang paling sesuai. Dengan demikian, anda akan mempunyai lebih banyak ide untuk postingan di kemudian hari. Diantara tool tersebut, berikut diantaranya:

a. Canva – Dengan Canva bisa membuat gambar dan desain lainnya, dan bisa juga untuk menambahkan filter, icon dan banyak lainnya ke sebuah foto.

b. Pablo dari Buffer -  Di sini anda bisa memperoleh puluhan ribu gambar gratisan. Silakan dipilih mana paling disukai. Dia juga menyediakan layanan untuk menambahkan teks dengan berbagai jenis huruf dan warna,  atau bisa juga upload foto dan logo sehingga bisa membuat logo dengan gampang.

c. Snapseed dari Google – Ini pun salah satu aplikasi terbaik dari Google. Bisa digunakan dengan perangkat desktop, iOS dan Android. Cara menggunakannya sangat mudah dan hasilnya cukup bagus.

Konsisten

Selalu tampil secara konsisten di media sosial, apapun platformnya, sangat penting. Apalagi jika medium jejaring sosialnya berupa visual, seperti Instagram. Anda harus memikirkan bagaimana brand akan tampil di Instagram dan buatlah panduan bagian tiap anggota dan jelaskan posisi dan tugas masing-masing. Fikirkan tipe apa saja yang ingin anda publikasikan secara public dan mana untuk orang-orang tertentu saja. Fikirkan juga bagaimana gambar tersebut terlihat. Yang penting anda harus konsisten.

Posting Secara Teratur

Beda dengan Facebook atau Twitter, Instagram butuh perhatian lebih. Jika anda ingin berhasil di Instagram, anda harus posting beberapa kali dalam sehari. Tentunya ini lebih berat dan butuh banyak waktu. Agar lebih mudah melakukannya, dan untuk memastikan bahwa anda selalu memposting konten baru, dianjurkan untuk menggunakan tool untuk menskedulkan postingan tersebut. Untuk itu, saya sarankan anda menggunakan Agorapulse sebagai alat untuk posting secara regular.

Dengan menggunakan tool ini bisa menghemat waktu karena anda bisa menjadwalkan kegiatan lain selain update status. Contoh, dengan menggunakan Agorapulse, anda bisa meluangkan waktu di pagi hari saja (sebagai contoh) dan menjadwalkan postingan tersebut tampil di sore atau siang hari, bahkan malam hari pun bisa. Jika perlu buat beberapa materi lantas di posting di pagi, siang, sore, malam dan keesokan harinya.

Mengoperasikan Agorapulse cukup gampang dan bisa anda gunakan dengan komputer ataupun smartphone. Cukup login ke akun Agorapulse kemudian buatlah skedul kapan tiap foto atau video tersebut ingin ditampilkan di Instagram. Setelah postingan itu ditampilkan, Agorapulse akan mengirimkan pemberitahuan ke handphone bahwa foto sudah siap untuk ditampilkan. Dengan demikian anda tidak akan pernah lupa mengupdate status, karena selalu diingatkan.

Disamping sebagai media pengingat, Agorapulse juga mencatat postingan mana yang paling banyak mendapat tanggapan dari pemirsa dan kapan waktunya postingan itu memperoleh tanggapan paling banyak. Dengan demikian, anda bisa memperhitungkan bentuk atau tema foto atau video yang akan diposting di masa depan dan kapan waktu paling tepat untuk memperoleh tanggapan maksimal dari follower.

Hebatnya lagi, anda bisa menambahkan orang untuk mengelola akun di Agorapulse, sehingga semua anggota tim bisa membuat skedul dan postingan di Instagram.

Kesimpulan

Instagram merupakan media sosial paling beda diantara jejaring sosial lainnya, apalagi jika dipergunakan untuk bisnis. Tetapi, jika anda bisa menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik dan benar, tidak tertutup kemungkinan akan akan tampil lebih baik dibandingkan menggunakan jejaring sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter. Eksperimen merupakan kata kunci jika ingin berhasil di media sosial.

Silakan sampaikan komentar Anda