5 Tool Untuk Mengukur ROI di Media Sosial

Jika anda menggunakan sosial media sebagai alat pemasaran bagi perusahaan, sudah tentu anda ingin mengetahui sosial media mana yang paling menguntungkan dan memberikan hasil paling maksimal bagi perusahaan anda. Karena dengan mengetahui hal ini, sudah tentu anda akan memaksimalkan pemakaian media sosial tersebut dan mengurangi atau mungkin memilih strategi berbeda bagi media yang kurang menguntungkan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mungkin bagi sebagian dari anda kurang mengetahui pengertian dari ROI, dimana kepanjangannya adalah Return On Investment. ROI adalah suatu pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi efektifitas suatu investasi atau untuk membandingkan efisiensi dari beberapa investasi yang dilakukan oleh seseorang. ROI mengukur nilai balik atau laba/rugi dari suatu investasi dibagi biaya atau jumlah nominal yang telah diinvestasikan, hasilnya di buat dalam bentuk persentase atau rasio.

Di artikel ini, anda akan disuguhkan 5 buah tool atau alat yang bisa membantu anda secara akurat dan terukur untuk mengukur ROI media social anda.

1.    Kissmetrics

Kissmetrics adalah sebuah platform analisa yang dibuat untuk mengoptimalkan keberhasilan pemasaran anda dan ROI. Dengan alat ini, anda bisa menelusuri secara individual, sekelompok individu yang mempunyai kesamaan, dan pengguna anda secara keseluruhan yang mengunjungi situs atau blog anda.

Pengunjung akan dicatat secara anonim pada kunjungan pertama mereka, kunjungan ulang dan konversi atau pembelian yang mereka lakukan. Dengan kata lain, dia mengevaluasi kebiasaan konsumen dan ROI.

Anda dapat menelusuri ROI yang datang dari Facebook, LinkedIn, Twitter atau dari situs lainnya dan atribusi kredit konversi ke canel media social sehingga anda dapat mengetahui pola kunjungan konsumen secara lebih akurat. Dengan demikian, anda akan mengetahui iklan berbayar mana yang paling banyak mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Kissmetric juga melaporkan keuntungan secara mendetil, termasuk perkiraan nilai keseluruhan dari pelanggan anda, total revenue yang dibuat dalam suatu periode waktu dan nilai rata-rata harian.

Adapun untuk mendaftar ke Kissmetrics ini sebesar $120 per bulan. Layanan lainnya adalah laporan A/B testing juga disediakan dengan anggaran biaya $600 per bulan.

2.    Customer Lifetime Value Calculator

Disaat banyak iklan melalui media sosial lebih memprioritaskan penjualan atau dalam bentuk transaksi penjualan, maka media sosial haruslah secara terus menerus berhubungan dengan calon pelanggan baru dan menghasilkan transaksi baru. Jika ini merupakan tujuan utama iklan anda, maka sangatlah disarankan untuk mengkalkulasikan perkiraan Customer Lifetime Value (CLV). Anda dapat mempergunakan Customer Lifetime Value Calculator untuk mengetahui, tidak hanya iklan apa saja yang membebani anda, tetapi juga dimana letak kesalahannya.

Dengan alat ini, anda dapat membuat CLV untuk tiap kelompok pelanggan. Sebagai contoh, toko perhiasan dapat mengkalkulasikan pelanggan yang melakukan transaksi sekali saja tetapi dengan nilai yang besar, seperti membeli cincin perkawinan, dimana mereka akan membeli perhiasan yang sangat mahal tetapi untuk membeli kembali ke tempat anda kemungkinannya sangat kecil.

Dengan mengetahui perkiraan CLV, anda dapat secara cepat menentukan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk beriklan di media sosial.

Customer Lifetime Value Calculator ini tanpa ada biaya dan prosesnya cukup cepat.

3.    RJ Metrics’ Cloud BI

Untuk analisa CLV yang lebih mendalam, anda bisa mencoba RJ Metrics’ CloudBI. Alat ini tidak hanya secara otomatis mengkalkulasikan CLV, CloudBI juga memperlihatkan media sosial mana saja yang paling banyak menghasilkan pelanggan bagi anda.

RJ Metrics juga menawarkan fitur-fitur menarik lainnya seperti analisis campuran dimana layanan ini akan memberikan pandangan mengenai bagaimana kebiasaan pelanggan dan analisis pemasaran berdasarkan ROI terhadap biaya iklan.

Sebagai tambahan, RJ Metrics akan menunjukkan nilai keseluruhan berdasarkan sumber dana dan keuntungan pembelian berulang dari berbagai sumber berbeda. Ini akan membantu anda untuk memutuskan sosial media mana yang paling bekerja untuk anda dan dimana sebaiknya berinvestasi di masa mendatang.

4.    Cyfe

Cyfe merupakan tool yang telah all-in-one, dimana anda akan diberikan informasi lengkap tentang bagaimana konten anda dibagikan melalui media sosial dan efeknya terhadap ROI secara keseluruhan.

Anda bisa menggunakan widget dengan banyak dashboard khusus. Dengan widget ini anda bisa melihat laporan iklan anda di Facebook, Twitter, order dan penjualan di Shopify, atau Google Analytics. Kategori widgetnya bisa anda pilih dari sekedar iklan, blogging, email dan media sosial serta banyak yang lainnya.

Cyfe mempunyai fitur-titur untuk melacak iklan anda di media sosial. Dia mengkombinasikan antara ROI secara mendetail dan laporan analitis, seperti widget Twitter Mention. Dengan fitur ini, anda bisa mengetahui jumlah mention Twitter dalam beberapa kata kunci atau hashtag.

Jika anda melakukan perlombaan, sebagai contoh, anda bisa mengetahui hashtag yang digunakan untuk melihat seberapa tinggi jumlah capaian dan berapa orang yang telah berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Biaya menggunakan Cyfe ini gratis, tetapi jika anda menginginkan layanan premium, bisa didapatkan dengan harga $19 per bulan atau $14 dollar perbulan jika ingin berlangganan. Dengan jasa premium ini, anda mendapatkan seluruh layanan yang tersedia tanpa ada batasan.

5.    Google Analytics

Dengan menggunakan Google Analytics, anda bisa melihat dari mana trafik ke blog anda berdatangan dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs anda, termasuk pengunjung yang berasal dari media sosial.

Anda dapat mengetahui respon dari berbagai iklan yang anda lakukan melalui berbagai media sosial dan melihat iklan mana yang paling berhasil untuk mengajak para pengguna untuk mengunjungi situs anda.

Untuk memperoleh gambaran jelas dan akurat mengenai ROI di media sosial, anda bisa menggunakan bagian Social Analytics untuk mengatur nilai kunjungan yang ada dari media sosial ke situs anda.

Kesimpulan

Dengan mengukur kinerja iklan di media sosial dan secara konsisten mengevaluasi ROI iklan pada media sosial dalam jumlah banyak tentu tidaklah mudah. Namun dengan menggunakan alat di atas atau sejenisnya, tentu akan memudahkan kita untuk melihat kinerja iklan. Ketika mengkalkulasikan ROI anda yang paling akurat, bagaimanapun juga anda masih harus menambahkan factor-faktor yang dibutuhkan dan biaya-biayanya.

Biaya ini bisa termasuk jumlah rupiah yang akan anda bayarkan untuk sebuah iklan di media sosial (termasuk perlombaan, analisa dan software-software pendukungnya), dan biaya untuk membuat sebuah konten iklan.

Itulah tool untuk melihat ROI bagi situs anda, jika ada tambahan akan sangat dihargai sekali jika anda tulis di komentar.

Silakan sampaikan komentar Anda