5 Tips Tulisan Dibaca Sampai Habis

Apakah pengunjung blog anda sedikit? Apakah blog anda ingin dikunjungi oleh banyak pengunjung dan mereka mau berlama-lama membaca tiap tulisan yang dibuat? Jika jawabannya “ya”, maka tulisan ini perlu anda simak sampai habis.

Sebelum memulai menulis sebuah blog, pertanyaan terbesar adalah bagaimana caranya mendapatkan banyak pengunjung blog dan si pengunjung akan membaca seluruh tulisan di blog tersebut. Sebab, jumlah pengunjung tidaklah cukup, karena kebanyakan dari mereka akan pergi begitu saja tanpa membaca tulisan jika apa yang mereka baca tidak menarik.

Akibatnya, dikemudian hari tidak akan ada lagi pengunjung yang datang untuk membaca tulisan anda. Nah, berikut akan dikemukakan lima buah tips agar pengunjung mau berlama-lama dalam membaca tulisan yang kita buat.

1. Tentukan Siapa Pembaca Anda

Sebelum menulis di blog, yang paling penting dan pertama sekali harus diketahui dan dipahami adalah untuk siapa kita menulis. Siapa target pembaca yang ingin dituju oleh tulisan tersebut.
Sekedar membantu, dapat di jawab beberapa pertanyaan berikut:

Siapa mereka (laki-laki atau perempuankah? Umur mereka berapa?)

Apa pekerjaan mereka sehari-hari?

Apa yang mereka ingin ketahui?

Dengan menjawab tiga pertanyaan diatas, akan dapat lebih memahami target pembaca yang ingin di tuju. Sehingga anda bisa membangun ikatan dengan mereka melalui tulisan yang telah dibuat.

Blog yang berisi konten yang biasa-biasa saja akan ditinggalkan orang, karena tidak ada yang dapat menarik perhatian mereka.

Oleh karena itu, anda harus menulis tentang apa yang menarik perhatian pembaca dan mereka inginkan untuk diketahui.

2. Andapun harus tertarik terhadap topik yang sedang ditulis.

Tanpa sebuah topik, otomatis tidak akan ada sebuah tulisan.
Mulailah dengan tulisan yang dapat memberikan sebuah ilham atau gagasan kepada pembaca sebagai judul tulisan dan diikuti dengan beberapa kata kunci. Tidak perlu di mulai dengan hal-hal yang bombastis, cukup tulis hal-hal yang biasa saja tetapi dengan pendekatan yang berbeda sehingga cukup memberikan ide tentang apa yang ingin disampaikan di tulisan tersebut dan kemana arah gagasan tersebut menuju.

Sebagai contohnya adalah tulisan ini yang berjudul “5 Tips Tulisan Dibaca Sampai Habis”. Saya yakin sudah banyak orang menulis tentang bagaimana menulis yang baik dan benar. Tetapi saya menuliskannya dengan cara dan gaya bahasa yang berbeda dan khas, yaitu gaya dan cara pendekatan saya sendiri.

Banyak orang yang mengabaikan atau tidak memperhatikan bagaimana cara menulis dengan ide yang berbeda tentang apa yang mereka tuliskan. Berilah sedikit ruang untuk menuliskan-nya dengan pendekatan yang berbeda dan dengan pola fikir yang terbuka, daripada hanya berkonsentrasi membuat sebuah tulisan saja.

3. Gaya Tulisan

Setelah mengetahui judul tulisan dan topik tentang permasalahan yang ingin dibahas, nah sekaranglah saatnya memulai menuangkan isi yang ada di kepala ke bentuk tulisan.

Ada sebuah pertanyaan yang harus dijawab, yaitu: bagaimana gaya tulisan saya? Apakah tulisan saya pendek, langsung ke pokok permasalahan, atau apakah saya biasa menulis sebuah artikel yang panjang dan mendetail? Apakah gaya bahasa yang digunakan gaya bahasa resmi atau informal? Apakah untuk tulisan pribadi atau untuk usaha?

Tipe tulisan tentu akan berbeda-beda di tiap orang tergantung apa jawaban dari masing-masing pertanyaan diatas.
Yang terpenting jadilah diri sendiri, tidak perlu memaksakan diri untuk terlihat seperti seorang yang profesional dan kelihatan ahli.

Jika masih merasa kurang, biarkan saja, jangan dipaksakan karena itu merupakan tipe tulisan anda dan akan menjadi ciri khas dari setiap tulisan yang di buat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditambahkan agar lebih menarik pembaca, yaitu:

Jangan terlalu monoton, biarkan tulisan mengalir seperti air yang mengalir.

Berilah sub bagian dari tiap tulisan dengan pemberian poin-poin yang diperlukan.

Paragrafnya jangan terlalu panjang.

4. Buatlah pembuka tulisan yang mantap

Jika tulisan ingin tetap dibaca, kalimat pembuka haruslah bisa menarik perhatian di awal paragraph.
Untuk menarik perhatian di awal tulisan memang memerlukan banyak latihan yang terus menerus, namun pada prinsipnya ada dua hal yang bisa memandu anda untuk memulai, yaitu:

Mulailah dengan sebuah pertanyaan.

Isilah dengan beberapa fakta yang menarik perhatian

Pertanyaan atau fakta yang di tulis di awal paragraph haruslah berhubungan dengan isi tulisan, jika tidak, pembaca akan meninggalkan tulisan tersebut dan tidak mau membacanya sampai akhir karena merasa telah dibohongi.

5. Pilihlah Judul yang Menarik

Kebanyakan orang tidak tertarik untuk membaca isi tulisan karena judul tulisannya tidak menarik dan tidak menimbulkan rasa ingin tahu kenapa harus membaca satu tulisan sampai akhir. Makanya, memilih sebuah judul tulisan sangat penting dan menjadi kunci awal kesuksesan seorang penulis.

Dengan memperhatikan lima hal di atas, penulis yakin jumlah page view pada blog akan meningkat dengan sendirinya. Semoga.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda