5 Tips Menulis Judul Yang Menarik Perhatian di Internet

Kenapa Judul Sangat Penting?
Setiap penulis akan selalu mencari cara agar tulisannya menjadi pusat perhatian di media sosial. Menjadi pusat perhatian di media sosial  sangat penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke sebuah blog. Makanya, untuk menarik minat orang untuk membaca sebuah tulisan, maka judul yang bagus diperlukan sekali.

Biasanya, lebih dari setengah pengunjung hanya menghabiskan waktunya kurang dari 15 detik di setiap halaman. Hal ini dikarenakan berbagai sebab. Salah satu sebab pengunjung tidak mau berlama-lama di sebuah halaman blog adalah judul tidak cocok dengan isi tulisan yang sedang dibacanya.

Selain itu, mempromosikannya di media sosial tidak menjamin sebuah tulisan akan dibaca secara keseluruhan oleh pengunjung. Mempromosikan di media sosial hanya menghasilkan sedikit sekali jumlah kunjungan ke situs tersebut, paling banyak sekitar 9% saja.

Di media sosial berlaku rumus 90-9-1, maksudnya adalah 90% dari  pemirsa hanya melihat postingan dan setelah itu mengabaikannya, 9% akan memberikan reaksi berupa membagikan ulang, memberi +1 namun tidak berkunjung ke blog untuk membaca isi tulisan, dan hanya 1% sisanya saja yang mungkin akan membaca tulisan tersebut.

Oleh karena itulah anda sebagai seorang blogger perlu menarik perhatian mereka agar mereka mau berkunjung dan berlama-lama untuk membaca artikel yang dibuat dan mengunjungi halaman lain di blog tersebut.

Salah satu agar orang tertarik untuk berkunjung adalah memberikan kesan pertama yang menggoda dengan membuat sebuah judul yang kuat, yang bisa menarik calon pembaca untuk membaca seluruh tulisan yang telah dibuat dan membagikan ulang konten tersebut. Namun tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Untuk itu beberapa hal berikut bisa membantu agar mendapatkan judul yang berkualitas.

Berikut ini beberapa cara yang bisa menjadi acuan bagi anda, para blogger, untuk meningkatkan trafik blog dengan membuat judul yang menarik.

1. Beri Angka pada Judul Tulisan

Pemberian angka pada sebuah tulisan merupakan cara yang paling jitu sewaktu membuat sebuah tulisan. Contoh : 10 Cara Untuk Hidup Sehat.

Cara lainnya adalah dengan memberikan arah kepada pembaca. Contoh: Cara Menyajikan Hidangan ala Hotel Bintang Lima.

2. Carilah Sumber Inspirasi

Menulis sebuah judul tulisan tidak bisa sembarangan dan merupakan suatu tantangan tersendiri, namun anda bisa mendapatkan inspirasi dengan mempelajari tipe-tipe judul yang bagus dari waktu ke waktu. Carilah judul atau topik apa yang cocok atau menarik bagi pemirsa sehingga mereka mau membaca tulisan anda.

3. Pergunakan Pertanyaan Yang Timbul dari Pembaca Anda

Berilah pembaca anda informasi yang sedang mereka cari-cari. Artinya, berilah jawaban yang bisa menjawab pertanyaan mereka secara jelas atas sebuah pertanyaan umum yang sering ditanyakan pemirsa Anda. Contohnya: Berapa Banyak Tulisan Agar Diterima Oleh Adsense?

Kenapa contoh judulnya seperti ini? Karena memang banyak yang sedang mencari jawabannya dan mereka ingin menjadi partner Google sementara tidak ada jawaban yang pasti di internet.

Perlu diperhatikan juga, jangan memberikan terlalu banyak informasi di dalam sebuah judul. Contoh: 60 Buah Tulisan Adalah Syarat Diterima Adsense. Dari contoh ini, yang memberikan seluruh kesimpulan dari sebuah tulisan, tidak akan menghasilkan jumlah kunjungan, karena mereka telah mengetahui kesimpulan dari konten anda yaitu jumlah tulisan yang diperlukan jika ingin melamar menjadi mitra Adsense.

4. Renungkanlah Sejenak Sebelum Menulis Judul

Sangat gampang sekali untuk membuat sebuah judul jika anda mendapatkan sebuah ide yang tiba-tiba muncul dari kepala. Tetapi biasanya ide pertama ini bukanlah judul yang tepat. Oleh karena itu luangkanlah waktu sejenak untuk memikirkan sebuah judul yang lebih cocok dan tepat untuk judul tulisan yang ingin ditulis. Buatlah daftar judul yang mungkin cocok yang terlintas di kepala anda. Jika selesai, lihatlah kembali daftar tersebut dan pilihlah mana yang paling cocok pemilihan kata bagi artikel tersebut.

5. Gunakanlah Pemilihan Kata yang Ringkas dan Jelas

Mempergunakan pemilihan kata ini sangat penting agar pembaca tidak merasa bosan dengan gaya bahasa yang monoton dan bertele-tele. Di dalam EYD, banyak sinonim kata yang memberi kesan berbeda jika disandingkan antara satu kata dengan kata yang lain. Perbanyaklah perbendaharaan kosa kata anda.

Jika anda telah selesai menulis, maka tiba saatnya menentukan timing, kapan waktu terbaik untuk dipublish.

Silakan sampaikan komentar Anda