5 Langkah Keluar dari Hukuman Manual Google

Tim webspam Google terdiri dari dua bagian, yaitu algoritma dan manual. Bagian algoritma focus terhadap pelanggaran yang berhubungan dengan algoritma seperti Panda (konten yang berisi spam) dan Penguin (backlink tidak wajar).

Bagian manual merupakan analisis atau para ahli yang tersebar di seluruh Negara yang memeriksa seluruh domain. Mereka menganalisa mengenai praktek SEO curang (blackhat), seperti praktek membeli link dan ikut dalam skema link building, termasuk pertukaran link yang terlalu banyak dari beberapa situs dan penggunaan software untuk membangun link secara otomatis.

Jika bagian ini menemukan suatu domain melanggar petunjuk webmaster, maka anda akan mendapatkan satu dari dua hukuman, yaitu hukuman yang mengakibatkan turunnya ranking dari salah satu artikel atau hukuman yang bisa mempengaruhi situs secara keseluruhan.

Jika ada yang dilanggar, anda akan mendapatkan notifikasi dari webmaster tools. Berhati-hatilah, karena proses ini bersifat manual, tentu saja tidak ada yang mau menerima notifikasi seperti ini. Untungnya, ada beberapa tool gratis yang bisa digunakan untuk melihat keterlihatan situs di mesin pencari.

Berikut 5 cara untuk menghilangkan hukuman manual, yaitu:

1. Deteksi seluruh link

Langkah pertama untuk melegitimasi tautan adalah dengan mendapatkan gambaran penuh dari seluruh tautan pada domain tersebut. Dari sini, bisa kita tentukan tautan mana yang tidak bermasalah dan mana yang perlu perbaikan, dan mulailah membuang tautan bermasalah itu.

Google ingin anda berusaha semaksimal mungkin untuk melegitimasi profil tautan. Jika tidak dilakukan identifikasi ini akan membahayakan terhadap situs secara keseluruhan.

Ada banyak tool yang bisa memperbaiki masalah ini, seperti tool yang ada di webmaster itu sendiri, atau bisa juga dari pihak lain seperti Majestic SEO atau Cognitive SEO. Pergunakanlah dua atau lebih tool supaya mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai permasalahan yang sedang terjadi.

2. Mengklasifikasikan Link

Proses ini adalah menilai tautan untuk melihat apakah tautan itu natural, mencurigakan atau membahayakan (tidak natural). Seluruh tautan yang natural harus dipertahankan. Jika tidak natural, segeralah dihapus. Sementara link mencurigakan tukar setingannya menjadi no-follow, sehingga dia tidak mempengaruhi PageRank.

Proses ini harus dilakukan secara manual. Untuk melihat nilai tautan ini ada sebuah tool yaitu link classification tools.

Ada hal yang perlu menjadi acuan dalam mengklasifikasikan tautan:

- Link dari direktori yang bersifat spam, biasanya tidak natural.

- Link dari artikel yang bertujuan untuk membuat link building, biasanya tidak natural.

- Buanglah tautan dari situs yang tidak relevan dengan topic situs.

- Link yang dibuat pada blog-rolls atau catatan kaki biasanya masuk kategori mencurigakan.

- Pastikan tautan yang mencurigakan ditukar settingannya menjadi no-follow.

3. Rubahlah tautan secara manual

Langkah berikutnya adalah membuang link yang rusak dan tautan yang mencurigakan rubah menjadi no-follow.

4. Kirimlah permintaan untuk membuang tautan yang rusak

Jika ada backlink dari situs lain sementara anda tidak mempunyai otoritas untuk menghapusnya, maka segeralah minta orang yang bersangkutan untuk membuangnya secara personal.

Jika usaha ini tidak berhasil, ada sebuah tool yang bisa dipakai, yaitu disavow tool. Tool ini berfungsi untuk menandai tautan yang ingin anda abaikan ketika Google mengakses seluruh backlink. Tambahkan seluruh tautan yang ingin diabaikan di dalam file yang berekstensi .txt kemudian upload melalui webmaster tools.

Berikut bentuk teks yang anda tulis di dalam file berekstensi .txt tersebut:

#The following sites have been classed as spammy or low quality links, web directory links and article directory links.
#Links List Can be Found At the following addresss: https://drive.google.com/file/example
#Some domains have not been contacted, as there was no obvious way to reach the webmaster.
domain:<domainurl>
domain:<domainurl>
# website links that need to be disavowed due to websites not being indexed (sign of penalty) or are of low quality.
<pagelink>
<pagelink>

5. Kirimlah permintaan peninjauan kembali

Jika empat langkah diatas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah kirim permintaan agar Google meninjau situs anda.

Disaat mengirimkan permintaan ini, jelaskan pula apa yang telah dilakukan untuk memperbaiki kesalahan.

Tekankan juga bahwa anda sudah insaf dan berhenti melakukan praktek SEO blackhat tersebut.

Anda dapat mengirimkan permintaan melalui webmaster tools. Bersabarlah menunggu pemberitahuan dari Google, karena ia akan mempelajari situs anda terlebih dahulu. Biasanya waktu yang dibutuhkan selama 3 hingga 6 minggu.
Jika peninjauan ini tidak berhasil, anda perlu mengulang kembali dari langkah awal.

Kesimpulan

Inilah lima langkah yang perlu dilakukan ketika situs anda kena hukuman dari Google. Barangkali masih ada yang kurang dan perlu tambahan, silakan berikan komentar untuk memberikan pengayaan kepada para pembaca.

Silakan sampaikan komentar Anda