4 Tool Gratis Untuk Menganalisa Akun Media Sosial

Tulisan ini membahas empat tool untuk menganalisa cara bersosialisasi pesaing bisnis online gratis. Sehingga anda dapat membandingkan performa akun media sosial pesaing dengan milik anda. Berikut keempat jenis tool tersebut.

1. Membandingkan Akun Media Sosial Secara Keseluruhan

Untuk menganalisa akun Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Youtube dan Pinterest bisa digunakan Fanpage Karma. Untuk gratisan, menawarkan analisa selama 90 hari terakhir untuk satu halaman dan membandingkan secara menyeluruh tiap kompetitor. Pada akun gratisan ini juga akan memberikan laporan bulanan dan beberapa laporan lainnya melalui email. Layanannya meliputi:

Membandingkan profil

Layanan analitik pertama adalah membandingkan keterikatan akun dengan follower mereka, pertumbuhan akun dari hari ke hari, sumber konten dan kata kunci paling sering digunakan, postingan paling banyak dapat tanggapan, frekuensi postingan, tipe postingan dan dukungan, dan metrik lainnya. Layanan ini gratis.

Metrik konten termasuk gambar dan video

Mengukur kata kunci utama, panjang tulisan, tipe postingan paling sukses, influencer, sejarah posting dan lain sebagainya. Gratis

Melihat kata, hashtag dan sumber paling sering digunakan

Anda dapat menganalisa dari jejaring sosial lainnya atau memperoleh analitik dan laporan lengkap dengan menggunakan versi premium. Antarmuka layanan ini cukup unik karena laporannya akan ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga anda dapat secara cepat dan visual melihat kekuatan dan kelemahan laman tujuan. Kemudian menganalisa lebih jauh tipe konten, waktu penayangan dan kata kunci untuk mengerti apa yang ada di balik data dan memperbaiki strategi pemasaran di masa depan.

2. Menilai Performa Laman Facebook

Untuk memeriksa kesehatan laman Facebook bisa gunakan LikeAnalyzer. Tool ini biasanya digunakan untuk memeriksa bagaimana tingkat persaingan laman karena tool ini tidak perlu masuk ke Facebook untuk menggunakannya, dan fiturnya bisa digunakan untuk banyak laman Facebook sekaligus.

Tool ini tidak menampilkan perbandingan head-to-head terhadap laman Facebook. Datanya disajikan cukup mudah dimengerti sehingga anda bisa menyimpulkan dan mengimpor berbagai macam analisa ke dalam sebuah dokumen untuk perbandingan kompetitifnya.

LikeAnalyzer menggunakan sistem penskorannya sendiri yaitu dari 1 hingga 100 untuk menentukan tingkat kualitas laman yang sedang dianalisa. Perbandingannya diambil berdasarkan rata-rata laman lainnya dalam industri dan merek yang sama. Disamping itu anda juga akan di beri beberapa metrik seperti like, perkembangan akun dari hari ke hari, tingkat interaksi dan seberapa banyak orang membicarakan laman tersebut.

Disamping itu, tool ini juga dapat memeriksa elemen berbeda lainnya terhadap sebuah laman dengan mengukur responsifitas, waktu, jenis postingan dan informasi laman. Dia juga menawarkan beberapa saran untuk meningkatkan kesehatan sebuah laman, seperti tipe konten seperti apa yang harus difokuskan dan kapan waktu paling tepat untuk posting bagi akun tersebut.

LikeAnalyzer sangat berguna sekali ketika anda ingin memeriksa laman Facebook secara cepat, tetapi kegunaan paling mantap adalah untuk menganalisa beberapa kompetitor sekaligus. Coba perhatikan saran yang diberikan oleh tool ini untuk menentukan cara kompetitor bersaing dan memimpin pasar.

3. Mengetahui Influencer

Influencer adalah orang berpengaruh di media sosial. Untuk mengetahui hal ini, bisa menggunakan Klear. Tool ini berguna untuk mencari influencer berdasarkan keahlian atau lokasi. Dia juga menyediakan 10 influencer pada beberapa kategori (seperti selebriti, pemilik akun yang mempunyai follower banyak dan sebagainya). Untuk memperoleh hasil maksimal, bisa di upgrade ke akun pro.

Anda dapat melihat analitik profil seseorang dengan menuliskan namanya atau mengunjungi situs ini. Dasbornya akan menghasilkan akun yang memiliki konten terbaik di Twitter, Facebook dan Instagram (anda bisa menambahkannya secara manual). Anda juga bisa melihat tingkat aktifitas dan responnya terhadap komentar di tiap statusnya.

Sebagai platform untuk mengidentifikasi para influencer, Klear merupakan salah satu tool terbaik di bidangnya. Dia juga menawarkan pilihan untuk mengaudit akun influencer.

Dasbornya tampil berbentuk visual dan gampang dimengerti dan tool ini juga bermanfaat untuk menganalisis audien sehingga akan dapat membantu anda untuk menaksir kualitas, tidak hanya kuantitas, dari akun audien.

4. Menganalisa Aktivitas di Twitter

Twitonomy merupakan salah satu tool untuk menganalisa sebuah akun Twitter, apalagi layanannya gratis. Silakan mendaftar dengan akun Twitter anda, kemudian di bagian sebelah kanan, anda bisa melihat analisa akun Twitter anda.

Tool ini akan dapat melihat seberapa banyak tweet yang akan dianalisa. Biasanya dalam jumlah banyak, bisa jadi ribuan. Melalui tingkat aktivitas akun dia akan memastikan bagaimana respon follower akun tersebut. Jika akun yang dianalisa tidak sering melakukan tweet, dia akan menganalisanya dalam rentang waktu yang lebih panjang, terkadang bisa sampai dalam hitungan tahun. Anda dapat upgrade ke akun premium untuk memperoleh analisa lebih mendalam.

Analisisnya akan menghasilkan sebuah metrik termasuk rata-rata tweet per hari, total retweet dan favorit. Dia juga menghitung berapa banyak tweet anda berisi tautan, hashtag, mention, replies dan retweet.

Di bawah metrik tadi, Twitonomy juga akan menunjukkan siapa saja yang sering menanggapi tweet anda dalam jangka waktu tertentu seperti meretweet, replies dan mention. Kemudian juga memberikan retweet paling banyak dan tweet terfaforit, kapan akun tersebut paling aktif.

Dengan akun premium, anda bisa mendownload seluruh tweet dari beberapa akun pada periode waktu tertentu. Ini akan sangat berharga sekali jika anda ingin menganalisa data tadi, karena disajikan akun yang meretweet dan faforit.

Tampilan dari Twitonomy ini sangat efisien karena dia menampilkan informasi yang dibutuhkan untuk menilai sebuah akun agar bisa diterapkan pada strategi media sosial anda.

Kesimpulan

Dengan empat alat di atas saya rasa sudah cukup sebagai langkah awal untuk memperhitungkan bagaimana strategi anda beriklan melalui media sosial. Cobalah untuk menganalisa konten paling viral dan paling mencolok. Silakan analisa dan pelajari berdasarkan metrik yang diberikan oleh masing-masing tool di atas. Setelah anda mengetahui penyebabnya, petakan bagaimana strategi pemasaran di masa mendatang.

Menariknya di media sosial adalah karena faktor sosial itu sendiri, artinya segala sesuatu yang dilakukan oleh kompetitor anda tersedia untuk dianalisa dan dipelajari.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda