4 Tip Bagi Pengguna Pinterest Untuk Pebisnis Lokal

pin-it

Jika anda adalah seorang pengusaha yang bersifat lokal, seperti pengusaha rumah makan, toko kelontong, layanan jasa servis komputer, haji dan lainnya, menggunakan Pinterest merupakan salah satu pilihan alternatif untuk mempromosikan layanan perusahaan di internet.

Agar mempermudah memperoleh calon pelanggan lokal menggunakan Pinterest, berikut ini akan saya sampaikan taktik gampang untuk meraih pelanggan lokal di Pinterest tanpa harus mengeluarkan uang untuk promosi di media sosial ini.

1. Menargetkan pelanggan lokal dengan widget ShortStack’s Pinterest Visibility.

Sebenarnya tidak banyak aplikasi pihak ketiga untuk Pinterest ini. Beda dengan media sosial lain seperti Facebook atau Twitter, kedua media sosial ini toolnya sudah banyak orang membuatkan. Salah satunya adalah ShortStack. Manfaat tool ini adalah agar memposting di Pinterest bisa dilakukan secara terjadwal.

ShortStack merupakan tool untuk kontes di media sosial sehingga anda bisa membuat dan mempromosikan kontes melalui Pinterest. Widget ini bermanfaat untuk mengontrol visibilitas dan mengatur apa yang audien anda lihat berdasarkan dimana lokasi mereka berada.

Walaupun anda tidak bisa menargetkan berdasarkan kode negara, namun tool ini membantu anda untuk mengatur kapan konten itu akan diterbitkan dan tidak diterbitkan untuk waktu dan tanggal tertentu berdasarkan zona waktu.

Dengan demikian, akan membantu anda untuk memastikan bahwa konten itu akan muncul ketika audien lokal perusahaan sedang aktif dan akan melihat postingan tadi. Dengan demikian akan meningkatkan trafik dan keterlibatan audien.

Jika anda sedang melakukan acara di area operasi perusahaan (atau sedang melakukan promosi di sana), akan sangat membantu sekali untuk mematikan visibilitas setelah acara tersebut selesai. Dengan demikian pin untuk kontes tersebut tidak beredar lagi di Pinterest dan mengakibatkan kebingungan kepada pemirsa.

2. Tujukkan Lokasi Perusahaan dengan Pin Tempat

Dengan mempin lokasi perusahaan dapat memberikan informasi tambahan dimana letak perusahaan tepatnya. Informasi ini dapat juga disertakan alamat, nomor telepon dan jam kerja.

Pengguna Pinterest menggunakan pin tempat ini untuk menyimpan lokasi wisata mereka di masa mendatang. Disamping itu mereka juga suka mempin lokasi perusahaan atau tempat yang mereka sukai. Informasi ini bisa menjadi aset besar bagi pebisnis bersifat lokal yang menginginkan trafik meningkat atau dapat terhubung dengan calon pelanggan lokal mereka.

Pin tempat ini berbentuk peta virtual dan memberikan seluruh informasi yang mereka butuhkan untuk mengunjungi lokasi tersebut suatu saat nanti. Jadi, ketika mereka akan berkunjung, tidak akan tersesat karena jalan menuju tempat tersebut pun ditampilkan.

Ketika pengguna Pinterest mengklik pin tempat, mereka bisa melihat lokasi perusahaan di peta tadi. Dengan menginformasikan kepada Pinterest tempat lokasi perusahaan, peta tadi akan tampil juga ketika pengguna Pinterest sedang melakukan pencarian di area lokasi perusahaan.

Untuk membuat pin tempat, klik saja add new pin dan pilih Place.

Anda dapat mencari kota, toko atau area tertentu. Ketika hasilnya muncul, klik gambar kamera hitam di bagian kiri atas.

Lantas masukkan nama perusahaan dan informasi tambahan lainnya. Pilih sebuah gambar dan upload gambar ke board yang relefan.

3. Bekerja sama dengan Pebisnis Lokal Lainnya Dalam Sebuah Grup Board

Pinterest juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah guest board dengan pengguna lainnya. Perusahaan biasanya mengundang orang berpengaruh di industri untuk berkontribusi di guest board ini, menambahkan tingkat kepercayaan ke konten mereka dan menambah jumlah follower. Untuk dapat terhubung dengan audien lokal, bisa disertakan juga pebisnis lokal lainnya yang berada di sekitar daerah anda.

Sebagai contoh, jika anda memiliki tempat fitnes dan sebagainya, anda dapat membuat sebuah guest board beserta toko alat olahraga yang ada di sekitar tempat fitnes tersebut. Jadi, anda dapat mempromosikan alat olahraga yang dijual di toko tersebut dengan menampilkan foto sedang melakukan fitnes menggunakan baju olahraga toko tadi. Begitu juga sebaliknya. Informasi seperti ini sangat relefan dan saling menguntungkan bagi kedua pihak.

Keuntungan lainnya menggunakan guest board ini bisa berbagi follower sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

pinit

Untuk membuat sebuah guest board, tambahkan bisnis lokal lainnya sebagai kolaborator.

4. Pergunakan Lokasi atau Alamat Perusahaan Sebagai Kata Kunci

Seluruh pin yang telah diunggah akan tampil pada seluruh pengguna di seluruh dunia. Tetapi dengan tampilnya pin tadi di seluruh dunia tidak akan banyak menolong jika calon pelanggan lokal anda tidak bisa menemukannya. Itulah sebabnya menambahkan informasi mengenai lokasi di profil dan konten menjadi sangat penting sekali.

Di halaman profil, ada snipet kecil untuk teks sebagai tempat untuk menjelaskan merek dan bisnis anda. Pebisnis lokal harus menambahkan lokasi mereka di sana.

Ketika anda tambahkan lokasi perusahaan di profil, dia akan menjadi kata kunci. Lantas jika seseorang melakukan pencarian yang cocok dengan lokasi perusahaan, perusahaan anda akan tampil di sana. Itulah sebabnya menambahkan alamat perusahaan menjadi sangat penting.

Kesimpulan

Pinterest berbeda dibandingkan media sosial lainnya karena penggunanya mencari kategori pin dibandingkan mencari bisnis tertentu. Pinterest, bagi pebisnis lokal, bisa jadi sangat menguntungkan saat media visual akan jauh lebih menarik dibandingkan hanya sekedar kata-kata saja. Apalagi ditambah fasilitas peta penunjuk jalan pun disediakan di sini.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda