4 Perspektif Saat Memilih Nama Domain

Ada jutaan nama domain telah teregister di dunia saat ini. Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana nama domain anda dapat bersaing dengan jutaan nama itu. Tetapi juga harus mudah diingat, URL nya akurat, menggambarkan nice tujuan dan akhirnya akan membantu Google menempatkannya di halaman pertama.

Untuk bahasa Indonesia, terutama bahasa daerah, sangatlah mudah membeli domain. Namun, jika tidak difikirkan secara matang akan menimbulkan rasa penyesalan.

Hal ini disebabkan karena nama yang tersedia atau dipilih tidak sesuai dengan harapan dan tujuan dari maksud websites yg ingin kita bangun. Tapi kamu harus memilihnya, karena kalau tidak tentu tidak bisa membuat sebuah blog.

Lebih parah lagi, kamu harus menghabiskan banyak tenaga, waktu dan mungkin uang untuk membangun kesan bagi situs tersebut, dibandingkan jika namanya tersedia. Apalagi kalau kesannya telah terbangun dan ternyata nama domain yang menjadi incaran dulu itu tersedia kembali.

Namun, tidak satu jalan ke Roma. Walaupun nama domain itu sudah ada yang punya, kita masih bisa memilih nama lain dengan mempertimbangkan beberapa perspektif dibawah ini:

Perspektif Manusia

Mudah

Semua orang ingin nama domainnya mudah dibaca, gampang di ucapkan, dan tidak susah diingat. Apalagi kalau mudah menuliskannya di kotak pencarian mesin pencari.

Kemudahan merupakan nilai utama dalam pemasaran dan tidak boleh pernah dilupakan. Jumlah kata dalam sebuah URL sebaiknya dua atau tiga kata saja.

Tidak menimbulkan salah dengar di saat di ucapkan seperti benihsubur.com dan benisubur.com. Kedua alamat URL ini sangat mirip sekali, dan menimbulkan kesalahan penulisan ketika menyampaikan kepada orang lain secara oral.

Jangan pula ejaannya yang aneh-aneh, dan menggunakan ejaan masa lalu seperti sempurna dengan sempoerna.

Perspektif Merek

Anda tentu ingin semua orang mengetahui tentang apa blog tersebut sesegera mungkin. Kita tidak ingin sebuah URL tidak secara tepat menggambarkan tentang websites, atau paling tidak namanya tidak mudah dimengerti secara cepat.

Sebaiknya lakukanlah beberapa penelitian dan ide-ide baru untuk menemukan apa yang popular, bagus dan menggambarkan bisnis atau nice blog dengan memberikan kesan yang tepat.

Kamu mungkin mempertimbangkan memakai nama website yang panjang, dengan maksud agar maksud dan tujuannya tetap tercapai. Jika ada terfikirkan menggunakan URL panjang ini, sebaiknya jangan dilakukan. URL seperti kartu nama, dia harus pendek, tepat dan langsung ke sasaran.

Ekstensi Domain

Sekarang telah banyak ekstensi baru di internet, seperti .id dengan segala variannya, juga ada ekstension lain. Anda bisa memilih mana yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan. Walaupun demikian ekstensi .com masih tetap nomor satu. Sebaiknya tetap usahakan dengan ekstensi .com. Jika tidak, barulah pilih ekstensi lainnya.

Keunikan

Untuk sebuah nama blog, kita tidak perlu mempertimbangkan mengenai keunikannya. Juga jangan meniru-niru nama blog yg sudah terkenal, bisa-bisa kita melanggar undang-undang. Pergunakan nama sendiri atau bisa dilakukan pencarian melalui Google nama apa yang cocok untuk nama websites kita.

Perspektif SEO

Relevan

Yang menjadi pertimbangan disini adalah bagaimana caranya agar nama domain itu bisa mendongkrak ranking di mesin pencari Google agar para pencari di internet dapat dengan mudah menemukan situs tersebut.

Jangan pernah gunakan nama-nama lucu atau terkesan sangat pintar sementara dalam perspektif SEO nama tersebut tidak bagus. Namun jangan pula demi SEO, anda membuat namanya terkesan membosankan. Sebaiknya pilih nama yang ramah SEO dan relevan dengan apa pembahasan di dalam blog itu.

Kata Kunci

Patut juga dipertimbangkan bagaimana membuat nama domain yang ramah dengan kata kunci, dan bagaimana mesin pencari memilih kata kunci itu.

Kalau nama domainnya telah mengandung kata kunci dari nice yang ingin dituju, hal ini memudahkan mesin pencari menempatkan situs di halaman satu.

Contoh: jika blog itu ingin membahas mengenai kesehatan, pergunakanlah misalnya rumahsehat.com atau jika mengenai jual beli rumah bisa digunakan carirumah.com

Sudut Pandang Hukum

Hak Cipta dan Merek

Jangan pernah sekali-kali melanggar hak cipta dan merek. Jika anda membuat sebuah blog yang sama dengan merek yang sama atau mirip, sehingga orang menganggap bahwa merek mereka dengan kepunyaan anda tidak berbeda, bersiap-siaplah berurusan dengan hukum. Walaupun alamat perusahaan itu berada di luar negeri sekalipun, jangan pernah coba-coba.

Lakukanlah pemeriksaan secara berulang-ulang situs yang ada di internet sebelum memilih dan membeli nama domain. Barangkali ada orang yang mempunyai nama blog yang sama. Agar tidak ada kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda