3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Sebuah Blog

Banyak para blogger yang memulai blognya secara spontan dan langsung saja memulai tanpa pertimbangan. Akibatnya, banyak dari mereka akan berujung ke kegagalan dan keputus asaan. Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan 3 hal yang akan dibahas dibawah ini bisa memperkecil kegagalan di masa datang.

Berikut adalah tiga hal tersebut.

1. Kedalaman Topik

Dalam pembahasan pertama ini, pertanyaan yang perlu dijawab adalah apakah topic yang akan diangkat bisa berlanjut untuk jangka waktu panjang?

Ada dua bentuk topik yang sangat perlu diperhatikan mengenai kedalaman topic, yaitu apakah topik yang dipilih itu sangat luas sehingga membuat anda, si penulis blog, tidak sanggup untuk menulisnya dengan fokus tertentu.

Yang kedua adalah topiknya terlalu sempit, berdampak si penulis kehilangan ide untuk membuat artikel baru di kemudian hari.

Cara mudah untuk menguji apakah sebuah topik terlalu luas dengan mencarinya menggunakan tools seperti Google News atau Topix.net. Periksalah secara khusus seberapa sering sebuah topic itu muncul. Ini akan memberi anda sebuah indikasi apakah tulisan anda bisa meningkatkan trafik blog.

Pengujian lainnya adalah dengan mendapatkan ilham tentang topik apa yang akan ditulis. Ambil saja secarik kertas dan buat daftar judul tulisan sebanyak mungkin. Setelah 10 menit kamu akan mendapatkan banyak ide yang mungkin bisa dijadikan topic tulisan.

2. Level Energi

Dalam pembahasan ini, yang harus dijawab adalah: apakah topic yang ingin ditulis ini menarik buat anda? Apakah kita termotivasi untuk menuliskannya untuk jangka waktu panjang?

Jangan pernah memulai sebuah blog dengan topic yang tidak kita kuasai atau kita hanya sedikit tahu tentang hal tersebut. Jika dipaksakan, kita akan kehilangan minat untuk menulisnya untuk jangka panjang.

Tanyakanlah pada diri anda sendiri mengenai apa yang menjadi minat anda dan seberapa besar energy yang anda punyai untuk menuliskannya di masa mendatang. Kita harus jujur terhadap diri sendiri karena terkadang kita seperti membodohi diri sendiri dengan beranggapan bahwa kita tertarik pada suatu topic namun sebenarnya tidak disukai.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang perlu dijawab secara jujur sebelum memulai sebuah blog:

= Bisakah kamu secara jujur untuk bertahan menulis topic tersebut untuk selamanya?

= Apakah kamu mempunyai ke banggaan terhadap keahlian yang akan ditulis pada blog tersebut?

= Apakah kamu ingin dikenal sebagai seorang yang ahli di topic yang sedang ditulis?

Saya tidak mengatakan bahwa anda tidak bisa memulai sebuah blog dengan topik yang tidak anda kuasai atau anda tidak berminat terhadap topic tersebut.

Namun dengan tiga pertanyaan di atas paling tidak dapat membantu mengenal apa sebenarnya motivasi diri kita sendiri. Hal ini merupakan tahapan terpenting dalam proses membangun sebuah blog.

Jika kita tidak tertarik dengan apa topic yang dibahas, maka para pembaca bisa merasakannya dan ini merupakan awal dari kegagalan.

Blog yang sukses adalah hasil kerja keras dalam rentang waktu yang panjang. Biasanya tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan dalam jangka waktu 12 bulan atau lebih. Mereka banyak mengorbankan waktu dan energy mereka guna membangun blog itu. Apakah anda sanggup melakukannya dalam rentang waktu tersebut?

3. Mengatur Waktu

Selanjutnya, pertanyaan yang perlu dijawab adalah: seberapa banyak waktu yang anda punyai untuk mengelola blog ini?

Masing-masing blog akan membutuhkan waktu yang berbeda, tergantung dari factor-faktor berikut:

* Topik – Beberapa topic sangat dinamis dibandingkan topik lainnya dalam hal seberapa sering harus di update, apa tipe postingan yang bisa menstimulasinya dan bagaimana tingkat trafik yang bisa didapatkan dari sebuah artikel.

Artinya adalah semua faktor sangat berperan dalam seberapa tinggi perhatian yang anda berikan untuk membangun blog ini.

* Umur blog – Semakin tua umur sebuah blog, maka waktu yang dibutuhkan untuknya akan semakin bertambah. Hal ini disebabkan beberapa hal, yaitu jumlah komen yang bertambah karena masing-masing pos akan menarik pembaca untuk mengomentarinya, (tiap komen tentu perlu ditanggapi secara serius), meningkatnya ranking di mesin pencari, dan meningkatnya jumlah follower, dan sebagainya.

Di awal memulai blog, tentu waktu yang dibutuhkan masih sedikit untuk mengelola blog tersebut, tetapi seiring waktu dan jumlah pos, akan membutuhkan waktu yang bertambah juga.

* Gaya ngeblog – Bagaimana gaya atau cara anda blogging sudah pasti akan berdampak terhadap waktu yang dibutuhkan untuk mendukung blog ini. Jika gaya blogging anda adalah dengan menulis artikel yang panjang-panjang dan original tentu membutuhkan waktu yang lebih banyak dalam menuangkannya dalam blog.

Begitu juga jika gaya anda adalah gaya yang atraktif sehingga mengundang banyak komentar dari pemirsa. Tentu waktu yang dibutuhkan untuk membalas komen tersebut akan butuh waktu juga. Semakin banyak komentar pemirsa akan membutuhkan waktu yang lebih banyak pula.

Oleh karena itu, sangat penting sebelum memulai sebuah blog, lakukanlah pengaturan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk blog anda. Seberapa banyak waktu yang bisa diluangkan untuk blog itu? Apakah ada cara untuk memberikan waktu lebih untuk blogging? Apakah ada pekerjaan anda di masa depan dan bagaimana pekerjaan itu berdampak terhadap waktu luang anda?

Melakukan pengaturan ini sangat penting sekali jika anda ingin memulai beberapa blog dalam waktu yang bersamaan. Banyak blogger yang bermasalah dengan waktu ini jika memulai beberapa blog dalam waktu yang bersamaan.

Sebaiknya mulailah dengan satu buah blog saja terlebih dahulu sebagai sebuah awal.

Jika anda telah memulai blog dan telah bisa memeliharanya untuk beberapa bulan ke depan, barulah mulai mempertimbangkan membuat blog baru. Itu pun jika kamu perkirakan waktu yang ada masih bersisa dan sanggup untuk memelihara blog baru.

Jangan sekali-kali terburu nafsu membuat beberapa buah blog dalam waktu yang bersamaan. Jika dilakukan, anda akan merasa frustrasi sendiri karena kualitas blog yang dibuat tidak memenuhi standar dan tidak bisa bersaing dengan blog-blog saingan.

Penutup

Dengan mempertimbangkan tiga hal di atas, penulis berharap bisa memunculkan blogger-blogger tangguh di masa mendatang. Di mana, kualitas tulisan mereka bisa lebih mumpuni dan bertahan untuk jangka waktu panjang.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan terpakai. Jika ada rasanya yang kurang mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai blog, diharapkan tambahannya di kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda