24 Plugin Untuk Website Bisnis

Sekarang ini telah banyak bermunculan website untuk tujuan bisnis, dan plugin yang digunakan untuk bisnis ini akan sedikit berbeda dibandingkan website biasa atau untuk blog. Dengan menggunakan kombinasi plugin yang tepat untuk bisnis akan membantu situs memenangi persaingan di pasar online. Pada tulisan ini, saya akan coba untuk membagikan plugin apa saja yang paling cocok untuk digunakan pada website bisnis. Berikut pembahasannya.

  1. Optin Monster

Fungsi OptinMonster adalah alat untuk mengumpulkan subscriber. Seperti kita ketahui bersama, bahwa subscriber merupakan harta paling berharga bagi sebuah blog. Dengan adanya subscriber, maka tiap postingan yang diterbitkan akan langsung terkirim ke email para subscriber tadi, dan biasanya mereka akan langsung membuka tulisan dan ini akan meningkatkan page view.

  1. WPForms

Plugin WPForms berfungsi agar pelanggan dapat menghubungi anda. Sebagai website untuk bisnis, kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama, untuk itu pelanggan harus dimudahkan agar bisa menghubungi anda dengan mudah agar masalah mereka segera dapat terselesaikan.

WPForms ini sangat mudah dipergunakan, walaupun anda merupakan seorang pemula sekalipun. Anda akan dimudahkan untuk membuat formulir contact, email subscriber, order barang, pembayaran dan form lainnya dalam beberapa klik saja.

  1. Google Analytics

Google Analytics adalah alat analitik paling komprehensif dan gratis. Dengan menggunakan tool ini anda bisa mengetahui berapa jumlah visitor dan dari mana saja asal visitor tersebut serta apa saja yang dilakukan oleh visitor tadi di website. Dengan mengetahui kegiatan visitor di web, anda akan bisa meningkatkan pendapatan penjualan di toko online.

  1. Constant Contact

Instant Contact merupakan salah satu layanan penyedia email marketing terbaik di internet. Dengan menggunakan layanannya anda bisa membangun daftar email dan mengirim email secara instant untuk subscriber toko online. Cara menggunakannya sangat gampang karena khusus dibuat untuk pemula. Tersedia tool yang telah built-in untuk menambahkan form pendaftaran.

  1. Sucuri

Sucuri merupakan tool untuk memproteksi situs agar terlindung dari serangan para hacker yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengambil data penting dari situs. Tugasnya adalah untuk memonitor dan melindungi situs anda dari serangan DDoS, malware, serangan XSS, dan serangan-serangan lainnya.

  1. Backup Buddy

Selain menghindari serangan dari luar, perlu juga dilakukan tindak pencegahan jika terjadi hal tidak terduga di toko online anda, yaitu dengan membuat cadangan data. Cadangan ini sangat penting jikalau sistem perlindungan website tidak mampu menangkalnya. Bisa juga seandainya host provider mengalami kegagalan sistem. Itulah sebabnya dianjurkan untuk memiliki tempat pencadangan data situs walaupun biasanya host provider telah menyediakan layanan pencadangan datanya tersendiri. Di sini saya menawarkan anda menggunakan Backup Buddy. Backup Buddy telah berpengalaman dari tahun 2010 dalam hal pencadangan data dan pengamanan data. Jadi, sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

  1. Yoast SEO

Jika ingin mengoptimisasi situs berbasis WordPress, Yoast SEO merupakan salah satu pilihan utama. Dengan menggunakan Yoast SEO, anda bisa menambahkan tag meta, dan optimisasi lainnya secara lengkap. Situs ini pun menggunakan Yoast SEO untuk memaksimalkan optimisasinya agar tampil ngebut di mesin pencari.

  1. W3 Total Cache

Fungsi dari W3 Total Cache adalah untuk mengompres  dan mengkuki file gambar. Dengan terinstallnya W3 Total Cache ini, dia akan mengurangi bit yang harus diunduh oleh pengguna sewaktu membuka situs sehingga situs akan lebih cepat loadingnya. Apalagi sekarang kecepatan adalah salah satu faktor SEO paling penting karena salah satu penilaian Google adalah kecepatan loading sebuah situs. Jika loadingnya cepat, peringkatnya akan naik.

  1. MaxCDN

Fungsi dari MaxCDN adalah agar loading gambar dan konten statis lainnya bisa berjalan lebih cepat.

  1. Envira Gallery

Kalau toko anda butuh galeri foto, silakan pergunakan Envira gallery. Plugin untuk galeri foto ini sangat gampang digunakan dan fiturnya pun sangat dasar sekali. Dengan Envira anda bisa membuat beberapa galeri sekaligus, menambahkannya dimanapun di situs anda, membuat album, membuka gambar dalam bentuk pop up dan banyak fasilitas lainnya.

  1. Soliloquv

Untuk mempercantik tampilan halaman utama, tambahan slider akan merupakan pilihan paling tepat. Dengan adanya slider ini bisa menampilkan produk dan pengumuman dengan cara interaktif. Salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan Soliloquy. Anda bisa membuat slider dengan mudah dan menambahkannya di manapun tempatnya di situs berbasis WordPress.

  1. Buffer

Fungsi Buffer adalah untuk mengatur update akun media sosial. Dengan demikian, anda bisa menjadwalkan postingan untuk beberapa hari ke depan, sehingga walaupun anda tidak di depan komputer dan terhubung dengan internet, postingan tetap jalan terus.

  1. IFTTT

Kepanjangan dari IFTTT adalah If This Then That, yang artinya adalah jika melakukan ini maka yang akan dilakukan adalah itu. Fungsi dari IFTTT adalah untuk memaksimalkan pemakaian media sosial. Dengan IFTTT anda bisa memposting satu kali saja, tetapi dapat tampil di beberapa media sosial sekaligus. Sebagai contoh, jika anda posting di Instagram, maka postingan tadi pun bisa diposting di Twitter untuk konten yang sama. Sebagai salah satu penggunaannya adalah untuk meningkatkan follower di Twitter.

  1. Quick and Easy FAQs

Sebagai toko online, tentu ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pengunjung situs, untuk itu halaman FAQs (Frequently Asked Questions) harus ada untuk memudahkan pengunjung menggunakan layanan toko online anda. Dengan adanya halaman FAQs ini juga akan mengurangi beban kerja dari pegawai yang melayani kepuasan pelanggan karena pengunjung dapat langsung membaca dari halaman tersebut.

  1. Insert Headers and Footers

Ketika mengatur tampilan situs berbasis WordPress, kadang kala anda harus menambahkan beberapa kode snipet di bagian header atau footernya. Ini artinya anda harus mengedit file tema situs tersebut. Untuk mengedit sebuah tema, tidaklah gampang dan terkadang, kalau terjadi kesalahan editing, bisa merusak tema secara keseluruhan. Dengan plugin Insert Header and Footers akan memudahkan pekerjaan anda sewaktu butuh untuk menambahkan header atau footer pada tampilan WordPress bahkan tanpa harus melakukan proses edit terhadap file temanya.

  1. CSS Hero

Jika ingin melakukan kustomisasi atau beberapa perubahan tampilan pada tema WordPress, anda harus mengerti terlebih dahulu tentang CSS. Tetapi untuk belajar CSS tidaklah gampang, untuk itu silakan gunakan CSS Hero untuk mempercepat proses perubahan tema situs tanpa harus membuat kode CSS yang sangat membingungkan.

  1. Beaver Builder

Beaver Builder adalah tool untuk merubah tata letak di sebuah situs WordPress. Caranya cukup dengan melakukan sistem drag and drop pada tampilan situs, maka tata letak situs bisa dirubah dalam waktu singkat. Tool ini dapat dipergunakan untuk membuat atau mempercantik tata letak di landing page. Karena dengan meletakkan di tempat berbeda terkadang akan meningkatkan nilai penjualan barang.

  1. Google Apps for Work

Seperti namanya, tool ini adalah salah satu produk dari Google. Google Apps for Work berisi beberapa aplikasi berbasis web seperti email, word dan spreadsheet versi web dan sebagainya. Fungsi dari tool ini sebagai pembuat surat, laporan dan sebagainya, mirip dengan Ms Office, tetapi berbasis web. Jadi anda tidak perlu melakukan instalasi ke dalam komputer. Bisa dilakukan dimanapun dan dengan perangkat apapun. Yang terpenting adalah nama domain dari email anda bisa menggunakan nama domain perusahaan.

  1. Freshbooks

Freshbooks adalah software akuntansi berbasis web untuk para profesional, agen, dan perusahaan serta pelaku bisnis lainnya. Dengan tool ini anda bisa membuat surat tagihan atau invoice terhadap klien, menerima pembayaran dan mengatur keuangan perusahaan.

  1. SEMRush

Sebagai pemilik sebuah usaha, anda tentu membutuhkan beberapa data untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor anda. Untuk itulah gunanya SEMRush ini, anda bisa kata kunci apa yang dipergunakan oleh para kompetitor untuk meranking situs mereka, seperti kata kunci yang berbayar dan organik. Dengan demikian anda bisa mengoptimisasi konten di situs dan melakukan perbaikan dalam strategi pemasaran.

  1. All in One Schema.org Rich Snippets

Rich Snippets adalah markup khusus yang mana anda bisa menambahkan ke konten dan mendeskripsikan konten anda secara lebih terperinci ke mesin pencari. Informasi ini kemudian akan digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan konten anda secara berbeda. Contoh rich snippets ini seperti rating situs, peta lokasi toko, dan sebagainya. Plugin All in One Schema.org Rich Snippets akan memudahkan anda untuk membuat markup ini dan dapat dipergunakan untuk seluruh halaman situs seperti postingan dan laman.

  1. BirchPress

Fungsi plugin Birch Press ini adalah agar pengunjung situs anda bisa memesan layanan anda dan melakukan pembayaran terhadap biaya pemesanan layanan tadi.

  1. Testimonials Widget

Seperti namanya, widget ini bisa menampilkan testimoni pelanggan yang pernah melakukan pembelian melalui situs anda. Biasanya sebelum melakukan pembelian, calon pelanggan akan melihat bagaimana pendapat orang yang telah melakukan pembelian di sebuah toko online. Dengan widget Testimonial ini akan meningkatkan kepercayaan dan membangun hubungan baik dengan para klien.

  1. Slack

Fungsi dari Slack adalah untuk melakukan komunikasi dengan tim perusahaan walaupun mereka berada di berbagai tempat di belahan dunia. Slack lebih gampang dibandingkan jikalau menggunakan email, dan dia terintegrasi dengan tool online lainnya yang mungkin anda gunakan.

Silakan sampaikan komentar Anda