23 Tool Untuk Bisnis Online

Ketika anda memulai bisnis online, anda harus memiliki pengetahuan secara lengkap tentang bagaimana mekanisme kerja bisnis online dan bagaimana cara agar bisa mengembangkan organisasi bisnis anda. Agar memperoleh posisi kuat di pasar secara online, langkah pertama adalah anda harus memahami aspek apa saja yang harus diketahui dalam bisnis online.

Untuk itu semua, sebagai langkah awal, anda harus mengerti dan menggunakan tool agar bisa meningkatkan posisi anda secara online. Adapun tool ini digunakan untuk situs WordPress.

Tulisan ini tidak diperuntukkan bagi anda yang baru mengenal WordPress, tetapi bagi anda yang telah mulai bisnis online dan butuh sedikit pencerahan atau tambahan pengetahuan sehingga dapat mengakselerasi ketertampakan situsnya di internet. Berikut beberapa kategori tool penting tersebut, yaitu:

a. Marketing

b. Konversi dan Lead generation

c. Manajemen Bisnis

d. Manajemen Proyek dan Komunikasi

e. Layanan Pelanggan

f. Pemasaran Media Sosial

g. Hosting dan Keamanan Situs

Seluruh faktor di atas dapat dikombinasikan dalam bisnis. Dengan strategi yang tepat dan alat paling pas bisa membantu untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Berikut merupakan daftar tool bagi anda, orang yang melakukan bisnis secara online, harus pergunakan.

a. Pemasaran

Curated : Merupakan tool untuk mencari konten secara instan dan kemudian menyimpannya, lantas membagikannya melalui email. Ini merupakan alat paling mantap untuk mengumpulkan dan membagikan konten dengan audien.

Content Marketer : Berguna agar anda tetap terhubung dengan pelanggan. Digunakan untuk mendukung promosi, link building dan terhubung dengan para influencer (adalah orang yang mempunyai follower banyak dan berpengaruh di media sosial atau disebut juga dengan seleb medsos).

Referral Saasquatch: Ini merupakan platform pemasaran referral dimana anda bisa membangun dan mengatur program referral bagi pelanggan untuk keuntungan bisnis anda. Cara menggunakannya cukup mudah dan bisa membuat iklan anda lebih efektif.

b. Konversi dan Lead Generation

Optimizely : Berguna untuk menjalankan tes A/B terhadap situs. Tes A/B adalah membandingkan dua versi dari sebuah situs. Dengan tool ini anda bisa meningkatkan keterlibatan dan tingkat konversi bagi situs.

LeadChat: Tool yang bekerja sebagai mesin penghasil conversion bagi situs. Tool ini sangat bisa meningkatkan tingkat konversi secara online. Disediakan juga widget untuk berkomunikasi secara live dengan pelanggan.

SumoMe : Tool ini digunakan untuk meningkatkan trafik, conversion dan engagement ke situs. Tool ini menyediakan seperangkat tool seperti Scroll Box, Smart Bar, Image Sharer, Content Analytics dan banyak lainnya.

c. Manajemen Bisnis

Xero : Untuk melihat secara langsung arus uang keluar dan masuk. Tool ini merupakan alternatif bagi anda yang telah pernah menggunakan QuickBooks. Anda bisa mengatur invoice, rekonsiliasi bank, inventory, pesanan pembelian, tagihan, pengeluaran dan lain sebagainya.

Chartio : Chartio merupakan pilihan tepat bagi pebisnis online, karena tool ini mendukung bisnis secara cloud, sehingga anda bisa mengorganisirnya lebih cepat, mempunyai tampilan secara visual, dan menganalisa seluruh data berkaitan dengan bisnis anda, walaupun data tersebut cukup kompleks.

Recurly : Tool ini berfungsi menjalankan proses penagihan secara otomatis, dan menerima berbagai cara pembayaran.

d. Proyek Manajemen dan Komunikasi

Basecamp : Tool ini bisa digunakan untuk mengatur proyek bisnis dan komunikasi. Tool ini merupakan kumpulan dari beberapa tool yang berguna untuk mengorganisasi file dan aset penting perusahaan, dan memastikan seluruh hal berhubungan dengan bisnis dikerjakan dengan benar.

Asana : Tool ini menawarkan cara manajemen proyek tergampang bagi tim anda dan seluruh orang yang terlibat dengan proyek tersebut. Ini juga berguna untuk membantu bisnis online untuk melacak hasil kerja karyawan dan menghasilkan laporan secara cepat dan instan.

Trello : Dengan Trello anda tidak perlu lagi membuat email panjang-panjang untuk menjelaskan berbagai proyek yang sedang dikerjakan, lembar kerja, catatan dan software pendukung manajemen proyek. Tool ini akan mempersiapkan presentasi secara visual proyek anda dan anda bisa melihat semua hal mengenai proyek tersebut dengan lebih cepat.

e. Layanan Pelanggan

Intercom : Tool untuk berkomunikasi dengan konsumen anda melalui aplikasi mobile tertarget dan pesan email. Ada empat produk berbeda yang terintegrasi dengan tool ini, yaitu tool yang berguna untuk mengumpulkan feedback pelanggan, chat dengan pelanggan, membuat kampanye email, dan dukungan layanan.

SatisMeter : Tool untuk lebih mengenal pelanggan melalui NPS survey (Net Promoter System). SatisMeter cara paling cocok untuk mengetahui seberapa puas pelanggan anda. Cara instalnya pun sangat gampang.

Packs By Startup Threads : Untuk membuat dan mengirimkan bonus bagi pelanggan.

f. Pemasaran Media Sosial

CoSchedule : Digunakan untuk membangun dan mengatur update di media sosial, editorial calendar, dan mengatur proses kurasi konten.

Buffer : Buffer digunakan oleh pebisnis online untuk mengatur dan menskedulkan update di berbagai media sosial. Dengan tool ini akan memudahkan anda untuk membagikan dan menentukan kapan update di media sosial akan dilaksanakan sehingga akan memperoleh banyak like dan share.

Gleam : Berguna jika anda sedang membuat sebuah sayembara.

Tulisan lainnya : Mitos di bisnis online dan tips sukses bisnis online.

g. Hosting dan Keamanan Situs

cPanel : Pengguna WordPress pasti tidak asing lagi dengan tool satu ini. cPanel & WHM adalah sebuah panel untuk mengontrol web hosting. Dengan demikian anda dimudahkan untuk mengatur situs, email dan lain sebagainya. Rata-rata penyedia hosting menggunakan cPanel & WHM.

Softaculous : Tool ini merupakan idola di kalangan bisnis online. Tool ini mendukung lebih dari 384 aplikasi berupa cPanel, Plesk, WordPress, DirectAdmin, Prestahop, WHMCS, dan lain sebagainya.

BoldGrid : Merupakan tool sebagai website builder. Dia sangat membantu untuk membuat dan mempublish sebuah situs dengan fitur lengkap.

Webreaver : Tool ini untuk menjaga keamanan situs. Dia juga bisa menguji keamanan situs. Tersedia untuk OS X.

Vega : Vega platformnya open-source untuk mentes dan menjaga keamanan situs. Dengan tool ini anda bisa mentes aplikasi yang anda gunakan di web.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda