200 Faktor Mempengaruhi Ranking Situs

Kita semua sudah mengetahui bahwa banyak faktor yang mempengaruhi ketertampakan sebuah situs di halaman pencarian Google. Beberapa faktor mungkin sudah diketahui, tetapi banyak yang belum. Oleh karena itu, untuk menambah wawasan kita bersama berikut ini penulis membahas mengenai apa saja yang mempengaruhi perenkingan sebuah situs di mesin pencari. Beberapa faktor, ada yang telah terbukti benar, lainnya masih bersifat kontroversial dan selebihnya masih berupa spekulasi.

1. Umur Domain

Umur domain dalam keterlihatan sebuah situs tidak mempunyai pengaruh besar, tapi namun demikian tetap mempunyai pengaruh, walau sedikit. Jika suatu saat anda ingin menyewa domain, ada 4 perspektif saat memilih nama domain yang harus menjadi perhatian.

2. Kata Kunci di nama TLD

Mempunyai nama domain dengan kata kunci mempunyai pengaruh cukup besar terhadap ketertampakan sebuah situs. Apalagi kata kunci itu akan muncul dengan huruf ditebalkan.

3. Kata Kunci Di Awal Nama Domain

Kata kunci yang terletak di awal nama domain mempunyai pengaruh besar terhadap keterlihatan situs di mesin pencari dibandingkan kata kunci yang terletak di tengah atau dibelakang nama domain.

4. Lama Kontrak Domain

Domain yang dikontrak selama 2 tahun atau lebih akan berbeda pengaruhnya dengan domain yang dikontrak hanya satu tahun atau beberapa bulan saja. Semakin lama anda menyewa sebuah domain, misalnya 5 tahun, mempunyai pengaruh yang signifikan juga.

5. Kata Kunci di Nama Subdomain

Subdomain berisikan target kata kunci akan meningkatkan keterlihatan situs.

6. Masa Lalu Domain

Sebuah domain yang pernah dimiliki oleh orang yang terkena cekal atau mempunyai sejarah masa lalu tercela (bisa dilihat melalui whois) atau pernah beberapa kali putus kontrak atau tidak dilanjutkan akan menurunkan rankingnya di Google.

7. Exact Match Domain

EMD merupakan sebuah domain yang namanya merupakan kata kunci. Jika domain tersebut berkualitas (kata kunci yg menjadi nama domain tersebut cocok dengan isi tulisan didalamnya), meningkatlah keterlihatannya di mesin pencarian, tetapi jika tidak, siap-siap ditenggelamkan oleh Google.

8. Public vs. Private WhoIs

Jika WhoIs domain bersifat private artinya domain tersebut ingin disembunyikan. Keterlihatan di mesin pencari akan berkurang.

9. Pemilik Domain Pernah Dihukum

Jika Google pernah menghukum pemilik domain tersebut karena dianggap sebagai spammer, maka seluruh domain yang dia miliki akan berpengaruh negatif terhadap keterlihatan domain itu di mesin pencarian.

10. Ekstensi TLD Berdasarkan Lokasi

Memiliki Domain berdasarkan lokasi seperti .cn, .id., .ca akan membantu ranking situs itu di Negara tertentu saja, tetapi secara global tidak. Contohnya, jika memiliki domain .id, mungkin ranking di Indonesia bisa menjadi 30 besar, namun secara global akan jauh merosot.

11. Kata Kunci di Tag Judul

Judul merupakan bagian terpenting nomor dua di sebuah situs, dan sangat besar pengaruhnya terhadap SEO on-page.

12. Tag Judul Diawali Dengan Kata Kunci

Judul diawali dengan kata kunci mempunyai performa lebih baik dibandingkan kata kuncinya berada di tengah atau di belakang sebuah judul.

13. Kata Kunci di Tag Penjelas

Walau tidak terlalu berpengaruh, menempatkan kata kunci di tag penjelas bisa membantu meningkatkan ranking sebuah situs.

14. Kata Kunci di Tag H1

Tag H1 merupakan tag kedua judul. Tag ini berfungsi memberikan sinyal ke Google mengenai isi dari sebuah tulisan.

15. Phrase Sering Muncul di Tulisan

Gabungan beberapa buah kata atau phrase yang sering muncul di sebuah tulisan akan dianggap sebagai kata kunci.

16. Panjang Tulisan

Tulisan dengan jumlah kata yang banyak lebih terlihat dan mempunyai pengaruh besar terhadap SERP. Saat menulis sebuah tulisan ada 5 tips agar tulisan tersebut dibaca hingga akhir oleh pembaca anda, silakan anda pertimbangkan.

17. Kerapatan Keyword

Dengan seringnya muncul keyword di sebuah tulisan masih menjadi pertanda bagi Google mengenai topic yang sedang dibahas. Tetapi kalau terlalu banyak atau terlalu rapat bisa berbahaya juga.

18. Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword di Konten

LSI merupakan penggunaan sinonim atau kata yg mempunyai arti sama di sebuah konten. Google bisa mendeteksi kalimat mempunyai arti sama. Semakin banyak anda pergunakan kata bersinonim ini akan membantu keterlihatan di SERP.

19. Kata Kunci LSI di Judul dan Tag Deskripsi

Mempergunakan sinonim membantu meningkatkan hasil di Google.

20. Waktu Loading

Kecepatan sebuah situs waktu dibuka atau dikunjungi berperan penting. Semakin lama waktu loadingnya semakin tidak disukai.

21. Konten Duplikat

Mempunyai tulisan mirip atau sama di sebuah situs mempengaruhi secara negative terhadap keseluruhan situs. Hindarilah tulisan duplikat ini.

22. Rel=Canonical

URL Kanonis merupakan konten yang sama tapi dapat diakses melalui beberapa URL. Jika anda tidak terlalu mengerti penggunaan kanonis ini sebaiknya dihindari.

23. Waktu Loading via Chrome

Google juga menggunakan data diperoleh dari Chrome untuk mengetahui waktu dibutuhkan untuk membuka sebuah situs, penggunaan CDN dan kecepatan situs non HTML lainnya.

24. Optimisasi Gambar

Gambar di sebuah halaman dengan menggunakan nama file, alt text, judul, deskripsi dan caption juga berpengaruh besar. Oleh karena itu, sebaiknya selalu beri nama file relevan dengan topic yg sedang dibahas sebelum menguploadnya ke website.

25. Sering Mengupdate Content

Dengan selalu memperbaiki konten di website akan mempengaruhi secara signifikan dan Google menganggap perubahan tersebut sesuatu hal penting. Selalu tambahkan dan perbaiki tulisan secara berkala, walaupun sedikit.

26. Besar Perubahan Terhadap Konten

Semakin banyak atau signifikan perubahan terhadap konten akan semakin besar pengaruh positifnya.

27. Seringlah Perbaiki Artikel

Semakin sering merubah atau mengupdate sebuah tulisan akan mempengaruh positif kepada websites anda.

28. Pentingnya Kata Kunci

Dengan adanya kata kunci muncul di 100 kalimat pertama juga besar pengaruhnya.

29. Kata Kunci di Tag H2, H3

Sub judul dengan kata kunci pun berpengaruh, namun tidak terlalu besar. Judul dan sub judul walau tidak besar pengaruhnya, namun tetap mempengaruhi keterlihatan website di situs. Oleh karena itu, judul harus bisa menarik perhatian pemirsa anda.

30. Cara Penulisan Keywords

Cara menuliskan keywords juga berpengaruh, semakin natural bentuknya akan semakin bagus di SERP.

31. Membuat Link ke Situs Besar

Membuat tautan ke situs besar dan terpercaya akan meningkatkan kualitas konten di mata Google.

32. Motif Menautkan ke Situs Lain

Mesin pencari akan menggunakan konten di halaman yang anda tautkan. Contohnya, jika membuat sebuah web mengenai mobil dan kemudian menautkannya ke situs bertemakan film, maka Google akan mengira bahwa web kita mengenai peralatan video untuk dipasang di mobil, bukan otomotif.

33. Tata bahasa

Tata bahasa tulisan yang baik berpengaruh terhadap keterlihatan situs.

34. Menggabungkan Tulisan

Tulisan diambil dari web lain atau tidak hasil tulisan sendiri dan kemudian digabungkan menjadi satu akan berpengaruh buruk ke situs dan dianggap sebagai konten duplikat.

35. Konten Tambahan

Konten tambahan seperti alat pengkonversi mata uang, resep interaktif dan lainnya berpengaruh baik ke SERP.

36. Jumlah Outbound Link

Terlalu banyak dofollow OBL akan mengikis pagerank dan merusak pagerank.

37. Multimedia

Adanya gambar, video dan multimedia lainnya disertakan dalam sebuah tulisan berdampak bagus ke web.

38. Jumlah Internal Link

Semakin banyak internal link menandakan website itu mempunyai topic yang sama. Hal ini meningkatkan pagerank.

39. Kualitas Internal Link

Internal link dari laman otoritas tinggi mempunyai efek lebih dibandingkan dari situs berotoritas rendah. Oleh karena itu pergunakanlah selalu konsep SEO on-page yang benar sehingga kualitasnya semakin menanjak di SERP.

40. Broken link

Terlalu banyak broken link menandakan bahwa situs itu ditinggalkan. Jika terlalu banyak broken link akan mengurangi kualitasnya. Ceklah situs anda secara berkala jika terdapat broken link.

41. Waktu Pemirsa Membaca Sebuah Artikel

Semakin lama orang membaca situs kita akan ditandai bahwa web itu berkualitas. Semakin berkualitas, semakin tinggi nilainya di mata si Mbah Gugel.

42. Link afiliasi

Kalau link afiliasi di website sedikit, barangkali tidak berpengaruh besar. Tetapi kalau terlalu banyak, akan ditandai negative.

43. HTML errors/W3C validation

Kalau sering terjadi HTML error, berarti kualitas situsnya rendah (dampak negative). Sementara W3C validation tidak terlalu besar terhadap kualitas websites.

44. Halaman yang terdapat di domain terpercaya akan tinggi nilainya dibandingkan halaman yang berada di domain baru atau kurang terpercaya.

45. PageRank halaman

Halaman dengan PageRank tinggi akan lebih baik dibandingkan halaman dengan pagerank rendah, walaupun tidak terlalu berkorelasi.

46. Panjang URL

URL terlalu panjang berpengaruh buruk terhadap hasil pencarian.

47. URL path

Semakin dekat sebuah halaman ke homepage akan tinggi keterlihatannya.

48. Human Editor

Google membolehkan kita untuk mempengaruhi SERP.

49. Kategori Halaman

Kategori dari halaman akan muncul pada sinyal yang relevan. Semakin mendekati kategori pencariannya semakin tinggi nilai keterlihatan sebuah websites.

50. Tag WordPress

Menghubungkan satu bagian konten dengan konten lainnya juga mempengaruhi SERP.

51. Kata kunci di URL sangat kuat positif bagi situs.

52. URL String

Kategori di URL string akan dibaca oleh Google sebagai sinyal tematik mengenai topic sebuah website.

53. Referensi dan Sumber

Mengutip dari situs lainnya dengan menyebutkan sumber berpengaruh positif.

54. Menggunakan Penomoran

Dengan menggunakan system penomoran dapat memisah-misahkan isi tulisan sehingga memudahkan pembaca. Kalau pembaca menyukainya, maka Google pun angkat jempol.

55. Menggunakan Peta situs (sitemap)

56. Terlalu banyak Outbound Links

Jika terlalu banyak akan mengurangi kualitas, karena menutupi dan mengganggu isi. Berdampak negative.

57. Jumlah Kata kunci

58. Umur halaman

Google lebih menyukai konten yang fresh, dan baru ditulis. Tetapi konten yang diperbarui juga akan dianggap sebagai konten baru.

59. Layoutnya user friendly, dampaknya positif.

60. Park Domain

Keterlihatan domain terparkir di mesin pencarian Google akan menurun.

61. Isi yang bermanfaat

Google dapat membedakan antara konten berkualitas dan konten berguna. Konten berkualitas lebih tinggi nilainya dibandingkan konten yang berguna.

62.Konten menyediakan Wawasan bernilai dan Unik.

Google menyatakan bahwa mereka akan menyisihkan situs yang tidak berisikan hal baru dan berguna bagi para pembacanya.

63. Halaman Hubungi Kami (Contact Us)

Halaman ini wajib di setiap situs.

64. Tingkat kepercayaan Domain

Tingkat kepercayaan ini diukur berdasarkan berapa banyak tautan dari situs lain ke situs anda. Semakin banyak, semakin bagus.

65. Susunan situs

Sebuah situs yang tersusun dengan baik akan membantu Google secara tematik untuk mengorganisir konten anda. Semakin baik maka semakin tinggi keterlihatannya.

66. Mengupdate isi web

Semakin sering situs di isi dengan konten baru, semakin bagus.

67. Jumlah halaman.

Semakin banyak jumlah halaman mempengaruhi secara positif terhadap websites.

68. Sitemap (Daftar Isi)

Adanya sitemap mempermudah Google mengindeks.

69. Uptime situs

Semakin sering downtime (server mati) semakin buruk. Periksalah selalu DNS melalui Webmaster Tools. Jika sering terjadi DNS error, tukarlah layanan hosting anda.

70. Lokasi server

Lokasi server berpengaruh terhadap ketertampakan situs berdasarkan geografis. Sebuah kita menyewa server di Indonesia, akan lebih terlihat di Indonesia dibandingkan sewa dari negara lain.

71. Sertifikat SSL

Google mengumumkan bahwa sertifikat indeks SSL dan HTTPS digunakan sebagai salah satu standar pemeringkatan.

72. Ketentuan Layanan (Term of Service) dan Laman Privacy

Dua halaman ini memberitahukan Google bahwa situs merupakan web terpercaya di internet.

73. Informasi on-site Duplicate Meta

Mempunyai informasi meta ganda menurunkan visibilitas.

74. Breadcrumb Navigation

Breadcrumb navigation adalah Navigasi yang user-friendly, bagus bagi situs.

75. Optimisasi Mobile

Sekarang Google gencar-gencarnya dalam program mobile friendly. Ciri-ciri websites yang mobile friendly adalah situsnya responsif. Google akan menghukum situss yang tidak mobile-friendly ini.

76. Youtube

Menautkan video Youtube ke blog berpengaruh positif, karena lalu lintas video di youtube sangat tinggi, dan youtube tampaknya menjadi anak emas. Terutama setelah diterapkannya Algoritma Panda.

77. Kemudahan Menavigasi

Websites yang susah dinavigasi (tidak mempunyai daftar isi) dapat merusak peringkatnya.

78. Google Analytics dan Google Webmaster Tools

Dengan menggunakan dua alat ini, akan mempercepat terindeksnya sebuah laman.

79. Reputasi web

Reputasi web ditandai dengan jumlah ulasan yang diterima oleh situs tersebut melalui kolom komentar. Semakin banyak komentar didapat akan meningkatkan ratingnya.

80. Tertaut Dengan Domain Berumur

Backlink dari domain yang telah lama eksis mempunyai pengaruh lebih bagus dibandingkan backlink dari situs baru muncul.

81. Jumlah Tautan Root Domain

Jumlah domain perujuk adalah salah satu faktor penting di algoritma Google.

82. Jumlah Link dari IP C-Class berbeda

Jumlah link dari IP C-Class berbedapun faktor penting.

83. Jumlah Tautan di Tiap Halaman

Halaman yang saling tertaut berpengaruh besar di SERP.

84. Alt Tag

Alt Tag sebagai identitas bagi sebuah gambar. Gambar harus bisa dikenali oleh Google agar bisa di indeks.

85. Link dari domain .edu atau .gov

Jika situs anda mendapatkan link dari dua domain ini maka anda beruntung.

86. Otoritas dari Halaman yang Tertaut dengan Situs kita

87. Otoritas dari domain tertaut kesitus.

Maksudnya yaitu jika sebuah link datang dari domain terkenal walaupun PR halamannya lebih rendah akan meningkatkan kualitas situs di mata Google.

88. Link dari pesaing dengan SERP sama berpengaruh bagus ke masing-masing domain.

89. Tautan dari media sosial mempunyai nilai tersendiri, seperti dari Facebook dan Twitter, apalagi dari Google+.

90. Link dari situs berpredikat buruk akan menghancurkan pagerank.

91. Penulis lepas.

Bagi anda yang menyediakan ruang bagi penulis lepas tidak berpengaruh besar walaupun cara ini merupakan trik SEO putih.

92. Link ke homepage domain.

Jika anda mempunyai homepage tersendiri dan dari tulisan kamu ditautkan ke homepage akan berdampak baik.

93. Link Nofollow,

Tidak mempunyai pengaruh sama sekali.

94. Keanekaragaman Jenis Link.

Jangan menautkan sebuah situs hanya dari satu atau dua media sosial saja. Perbanyaklah macam link yang mengacu ke laman kita, seperti dari blog sejenis dan sebagainya.

95. Link yang dibayar atau tukaran link berpengaruh buruk ke websites.

96. Tautan berbentuk kalimat di dalam sebuah paragraph mempunyai pengaruh besar positif.

97. Redirect 301 berlebihan ke halaman menurunkan pagerank.

98. Backlink Anchor Text

Yaitu mengirimkan sinyal relevansi kuat walau dalam dosis kecil.

99. Internal Anchor Text

Berfungsi sama dengan Backlink Anchor Text, walau dengan kualitas berbeda.

100. Link Title Attribution

Yaitu tautan judul atau teks yang muncul di hasil pencarian memberikan sinyal bagus, namun tidak terlalu berpengaruh ke pagerank.

101. Domain TLD berdasarkan daerah

Domain seperti ini bisa menaikkan ranking di negara tersebut, seperti .id akan lebih unggul bersaing di Indonesia dibandingkan TLD berekstensi .com. Namun bakalan kalah jauh dibandingkan di negara lain.

102. Letak Tautan di konten.

Sebuah link terletak di awal konten akan lebih bernilai dibandingkan link yang diletakkan di akhir konten.

103. Tautan di letakkan di konten halaman

Tautan seperti ini lebih berharga dibandingkan jika diletakkan di bagian footer atau sidebar area.

104. Tautan dari Domain Yang Relevan

Sebuah link berasal dari situs dengan niche sama mempunyai pengaruh sangat besar dibandingkan dari domain dengan niche berbeda. Jika blog anda mengenai kesehatan, sebaiknya tautkan dengan domain berisikan tentang kesehatan juga. Jangan ditautkan dengan domain berisikan hal lainnya. Apalagi dari situs gado-gado.

105. Tingkat relevansi halaman

Link dari halaman yang membahas mengenai topik sama lebih berharga dibandingkan dari halaman yang membahas topik lain. Misalnya topik blog anda adalah kesehatan. Tentu banyak penyakit yang dibahas di dalam blog tersebut dan salah satu halamannya membahas mengenai penyakit panu. Nah, jika ada tautan datang ke halaman ini membahas mengenai kudis akan menurunkan tingkat ranking situs itu. Oleh karena itu, jika anda mempraktekkan SEO on-page, hati-hatilah untuk saling menautkan halaman-halaman anda.

106. Kata-kata yang dipakai dalam menautkan sebuah link

Jika kata-kata yang dipakai di dalam paragraf sewaktu menautkan link itu bersifat positif, seperti memuji, maka akan berdampak baik juga ke halaman anda. Namun, jika kalimat yang dipakai bersifat negatif, tentu berdampak buruk ke web anda.

107. Kata kunci di Judul Tulisan

Jika menggunakan kata kunci sasaran sebagai judul tulisan, akan bernilai tinggi bagi Google.

108. Tingkat Kewajaran Tautan

Sebuah website yang ditautkan secara wajar (tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit) akan meningkatkan SERP.

109. Saling menautkan halaman berlebihan

Jika anda terlalu banyak saling menautkan sebuah halaman dengan halaman lainnya akan berdampak buruk ke keseluruhan situs.

110. Tautan dari halaman mempunyai tulisan bejibun

Tautan dari halaman yang mempunyai sumberdaya besar (tulisannya sudah ribuan) bernilai istimewa di Google.

111. Tautan dari situs resmi

Tautan seperti ini sangat tinggi nilainya dibandingkan dari website kebanyakan.

112. Link dari Wikipedia

Biasanya link ini bersifat nofollow. Namun jika anda mendapatkan link dari sana, artinya situs anda bernilai lebih dan sudah cukup terkenal. Otomatis bernilai sangat positif.

113. Kata di backlink

Kata-kata yang mempunyai kecenderungan muncul di sekitar backlink anda memberitahukan ke Google mengenai topik situs anda.

114. Umur Backlink

Semakin tua umur banklink akan semakin meningkat nilainya.

115. Tipe Link dari blog

Banyak jenis blog di internet. Ada yang asli dan ada yang palsu (kloningan). Jika anda mendapat link dari situs asli akan mempunyai nilai tinggi. Blog asli adalah blog yang tidak copy paste dari blog lain. Google dapat mengenali siapa yang menulis pertama kali suatu tulisan. Jika tulisan itu anda buat sendiri dan anda pertama kali mempostingnya, maka nilai anda akan lebih dibandingkan blog lain yang telah mengcopy paste tulisan anda, walaupun tulisan itu telah dirobah sana sini.

116. Link natural

Sebuah situs mempunyai profil link natural akan berperingkat tinggi dan lebih tahan lama.

117. Reciprocal link

Yaitu tukar menukar tautan secara berlebihan. Salah satu contoh Reciprocal link ini adalah terlalu agresif melakukan blogwalking.

118. User Generated Content.

Jangan pernah mempraktekkan cara-cara user generated content (anda dapat googling mencari tahu apa itu UGC) karena Google dapat mengetahui mana situs asli dan mana situs UGC.

119. Link dari 301

Kode 301 artinya halaman tersebut telah diredirect atau dialihkan secara permanen ke halaman lain. Ini bisa terjadi jika anda mengganti domain dari blogspot atau wordpress ke top level domain. Pengaruhnya sama saja jika anda mendapatkan tautan dari laman yang tidak diredirect.

120. Microformats dari schema.org

Halaman yang mendukung microformat memiliki nilai SERP tinggi dibandingkan laman tidak mendukung microformat.

121. Terdaftar di DMOZ

Jika situs anda telah terdaftar dalam DMOZ, artinya telah mendapatkan kepercayaan ekstra.

122. Tautan dari TrustRank

TrustRank merupakan situs bernilai sangat tinggi di mata Google. Jika anda mendapatkan tautan dari website TrustRank, nilai anda akan tinggi.

123. Jumlah Outbound Link

Dalam sebuah halaman jangan terlalu banyak melakukan outbound link. Lebih baik beberapa saja yang anda rasa penting.

124. Tautan dari forum

Google sangat berhati-hati sekali terhadap links dari forum (seperti kaskus). Oleh karena itu, link dari forum akan dianggap spam. Kalau anda ingin menautkan juga di forum, jangan terlalu banyak, cukup dua buah forum saja.

125. Jumlah Kata

Jika anda mendapatkan sebuah tautan dari artikel berjumlah 1000 buah kata akan bernilai lebih dibandingkan artikel dengan 100 kata. Semakin banyak jumlah kata yang terdapat di dalam artikel itu semakin bagus.

126. Kualitas Konten

Sebuah link dari konten dengan cara penulisan buruk seperti isinya berputar putar dan tata bahasanya tidak baik juga akan berakibat tidak bagus terhadap situs anda.

127. Situs secara keseluruhan

Seluruh tautan di sebuah web akan dikalkulasikan dan dihitung menjadi sebuah link yang terkompres menjadi satu. Jika kalkulasinya baik, berakibat baik. Begitu pun sebaliknya.

128. Organik CTR untuk sebuah kata kunci

Halaman yang mendapatkan klik banyak di CTR akan meningkatkan SERP bagi beberapa kata kunci yang terdapat di dalam halaman tersebut.

129. Oganik CTR bagi seluruh kata kunci

CTR organik dari sebuah halaman atau situs untuk seluruh kata kuncinya di urut berdasarkan pengalaman pengguna sebagai sinyal interaksi pengguna mesin pencari.

130. Bounce Rate

Pengaruh Bounce Rate terhadap halaman masih diragukan keabsahannya, tapi berkemungkinan Google menggunakannya untuk menguji mutu suatu laman.

131. Direct Traffic

Direct traffic didapatkan jika seseorang menuliskan langsung di address bar browser alamat situs kita atau telah membookmark situs tersebut. Data-data ini didapat melalui Chrome. Suatu situs mendapatkan banyak trafik langsung ini dianggap merupakan situs berkualitas tinggi dibandingkan situs yang tidak mendapatkan trafik dari direct traffic ini.

132. Trafik berulang

Trafik berulang adalah jika seseorang kembali mengunjungi situs anda berkali-kali. Sebuah situs dengan pengunjung berulang akan mendapatkan dorongan peringkat di Google.

133. Situs Terblokir

Google telah menghentikan fitur ini di Chrome, namun digantikan dengan algoritma Panda untuk melihat kualitas websites itu.

134. Terbookmark di Chrome

Jika laman anda dibookmark oleh seseorang di browser Chromenya, akan berdampak bagus terhadap SERP di mesin pencari.

135. Data dari Google Toolbar

Google juga meranking sebuah situs melalui toolbarnya. Tapi perlu diperhatikan juga mengenai kecepatan loading halaman dan malware.

136. Jumlah komentar

Jika tulisan anda mendapatkan banyak komentar berarti halaman itu merupakan hal penting dan perlu ditingkatkan SERPnya oleh Google.

137. Waktu dibutuhkan sewaktu membaca sebuah tulisan

Google menghitung waktu seseorang jika sedang mengunjungi sebuah halaman di sebuah situs. Semakin lama orang itu membuka halaman anda, semakin baik peringkatnya.

138. Fresh Content

Google akan memberikan tempat spesial bagi halaman yang baru diterbitkan atau baru diperbarui. Oleh karena itu, semakin banyak situs anda mempunyai halaman yang baru diterbitkan atau diperbaiki, akan semakin sering dimunculkan di halaman pertama pencariannya.

139. Kata Kunci Ambigu

Googlepun memberikan tempat tersendiri bagi kata kunci bersifat ambigu seperti nama orang atau nama organisasi.

140. Pengalaman browsing pengguna

Situs yang sering anda kunjungi saat masuk ke Google akan sering pula tampak oleh Anda.

141. Riwayat pencarian

Jika anda mencari kata-kata "ulasan" namun hasilnya tidak memuaskan dan kemudian mencari lagi kata "pemanggang", maka Google akan memberikan hasil mengenai ulasan pemanggang roti.

142. Penargetan berdasarkan wilayah

Google memberikan hasil situs dengan IP server dan ekstensi lokal berdasarkan wilayah dimana si pencari melakukan pencarian. Contoh: Jika anda menyewa sebuah server dari luar negeri dan ekstensinya adalah .com, maka ketertampakan anda di wilayah Indonesia menjadi lebih kecil dibandingkan teman anda yang menyewa server di Indonesia dan berekstensi .id.

143. Pencarian Aman

Jika situs anda mengandung konten dewasa dan kata-kata kotor maka situs anda tidak akan tampak bagi pengunjung yang mengaktifkan fitur pencaian aman di browsernya.

144. Pengaruh Google+

Google akan mengistimewakan situs yang ditautkan dengan profil Google+ anda. Apalagi jika tiap anda menulis kemudian di publish melalui G+ dan mendapatkan +1 yang banyak. Maka situs tersebut diberi nilai lebih.

145. DMCA

Jika situs anda pernah di komplain melalui DMCA (situs anda merupakan hasil copy paste dari blog orang lain), Google akan menurunkan peringkat situs tersebut.

146. Keanekaragaman domain

Mempunyai beranekaragam domain akan berdampak bagus ke SERP bagi semua situs anda.

147. Pencarian Transaksional

Google kadang-kadang menampilkan hasil berbeda terhadap sebuah kata kunci yang dituliskan.

148. Pencarian Lokal

Google sering menempatkan hasil pencarian lokal melalui Google+ di atas pencarian yang tidak menggunakan G+ di hasil pencariannya.

149. Google News Box

Google News Box merupakan sebuah grup dari beberapa buah artikel yang berisikan kejadian yang serupa. Beberapa Kata kunci tertentu memicu Google untuk menempatkannya di tempat khusus ini.

150. Domain dari Produk atau Merek Terkenal

Google memberikan nilai khusus bagi produk atau merek terkenal untuk kata kunci tertentu.

151. google Shopping

Karena orang senang belanja, terkadang Google menampilkan Google Shopping di organik SERPnya.

152. Hasil pencarian gambar

Sebuah halaman berisikan gambar dan telah diberi tag Alt, akan dapat ditemukan pada pencarian gambar pada Google Image Search.

153. Hari Raya Easter

Hari Raya Easter mempunyai tempat tersendiri di Google. Salah satu kata kunci untuk Easter ini adalah "Atari Breakout" di pencarian gambar Google. Silakan dicoba 🙂

154. Domain Tunggal dari Sebuah Merek Terkenal

Jika sebuah merek atau produk terkenal mempunyai sebuah domain saja, hasil pencarian dengan kata kunci dari merek tersebut akan ditampilkan beberapa halaman dari situs tersebut.

155. Jumlah Tweet

Sama juga dengan tautan, kicauan di Twitter berisikan link juga berpengaruh terhadap peringkat situs di Google.

156. Otoritas akun Twitter

Jika sebuah kicauan datang dari akun yang telah lama dan mempunyai banyak follower dampaknya terhadap sebuah situs akan besar sekali dibandingkan kicuauan yang datang dari akun baru dan belum mempunyai banyak follower.

157. Jumlah Like yang Didapat di Facebook

Walaupun Google tidak bisa melihat atau merayapi akun Facebook secara keseluruhan, ada kemungkinan jumlah like ini akan berpengaruh terhadap keterlihatan sebuah situs walaupun sinyalnya cukup lemah.

158. Facebook Share

Suatu web yang dishare melalui Facebook mempunyai pengaruh lebih kuat dibandingkan Like, karena sifatnya lebih mirip dengan sebuah backlink.

159. Otoritas Akun Facebook

Sama dengan Twitter di atas, sebuah akun Facebook yg mempunyai banyak follower sangat berpengaruh terhadap peringkat web di Google ketika anda membagikan hasil tulisan blog anda melalui akun berotoritas tinggi ini.

160. Pinterest

Sebaiknya tulisan web anda di bagikan juga di Pinterest, karena Pinterest merupakan media sosial yang sangat populer.

161. Situs Jejaring Sosial Lainnya

Situs media sosial lain yang harus anda ikuti adalah Reddit, Stumbleupon dan Digg dan bagikan hasil tulisan di sana.

162. Jumlah +1 di Google+

Google+ merupakan media sosial milik Google. Dengan bergabung dan membagikan ulang tulisan anda di sini tentunya bernilai istimewa di mata Google dibandingkan Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Stumbleupon dan Digg.

163. +1 dari akun berotoritas tinggi

+1 dari akun Google+ yang mempunyai follower banyak akan lebih bernilai dibandingkan +1 dari akun yang tidak mempunyai follower atau masih sedikit followernya.

164. Akun Terverifikasi

Tanda sebuah akun terverifikasi adalah adanya centang kecil di samping gambar profil atau namanya. Jika telah terverifikasi, artinya akun tersebut dimiliki oleh orang terpercaya dan efeknya terhadap situs sangat bagus sekali.

165. Sinyal Sosial yang Relevan

Google menggunakan informasi yang cocok dari akun yang membagikan sebuah konten dan teks di sekitar link tersebut.

166. Sinyal dari Tingkat Situs Sosial Media

Sinyal dari sosial media secara luas dapat meningkatkan visibilitas pencarian untuk semua halaman. Maksudnya jika anda mempunyai banyak follower dan selalu membagikan tulisan anda di sana, keterlihatan web anda akan mempunyai nilai lebih.

167. Judul Tulisan pada Judul Link

Judul link atau anchor text memberikan sinyal terdepan ke Google dengan memberitahu Google isi dari sebuah tulisan.

168. Pencarian Terhadap Nama website

Google melakukan pencarian melalui nama situs. Maksudnya ketika orang mengetik nama sebuah web di kotak pencarian (misalnya suhardimunir), otomatis Google akan mengarahkan langsung ke suhardimunir.web.id.

169. Situs yang mempunyai Halaman di Facebook dan mendapatkan banyak like.

Jika anda menghubungkan web anda dengan halaman Facebook, dan mendapatkan banyak like, juga mempengaruhi keterlihatan web secara keseluruhan.

170. Di Twitter.

Kalau web itu ditautkan dengan akun Twitter dan disana anda mempunyai banyak follower, akan berpengaruh terhadap SERP.

171. Linkedin

Perusahaan pasti mempunyai halaman resmi di Linkedin. Dengan memiliki halaman resmi di Linkedin juga berpengaruh positif terhadap website anda.

172. Mempunyai karyawan Terdaftar di Linkedin

Kalau blog anda dikerjakan bersama-sama, dan mereka semua mempunyai akun Linkedin, sebaiknya mereka semua menyebutkan bahwa mereka bekerja di blog anda di profilnya. Apalagi anda sebagai pemilik blog, terdaftar di Linkedin merupakan suatu keharusan.

173. Legitimasi di Sosial Media

Google akan mencatat bahwa sebuah akun media sosial dengan 10.000 follower namun hanya memiliki 2 postingan saja akan berdampak negatif pada blog. Tetapi sebaliknya, jika mempunyai 10.000 follower dan aktif bersosialisasi di media sosial tersebut, akan berdampak sangat positif terhadap blog anda.

174. Situs Ternama

Sebuah situs yang telah besar akan mendapatkan tempat tersendiri di hati Google. Bahkan, beberapa merek memiliki Google News Feed tersendiri pada halaman pertama.

175. Kutipan tidak langsung

Sebuah situs yang disebutkan tanpa diberikan tautan ke halamannya juga ditandai sebagai sinyal positif bagi situs tersebut.

176. Jumlah Pelanggan RSS

Feedburner RSS merupakan salah satu produk dari Google, sudah pasti jika sebuah blog yang mempunyai banyak pelanggan RSS akan berpengaruh positif.

177. Pengaruh Lokasi

Jika anda mengaktifkan berbagi lokasi di Google+ maka akan berdampak positif terhadap blog dimana anda menjadi kontributornya.

178. Pajak

Jika anda taat pajak, berpengaruh terhadap situs anda. Namun hal ini mungkin baru berlaku di negara-negara maju dimana seluruh aktifitas pemerintahnya sudah online system.

178. Hukuman Panda bagi situs

Jika secara keseluruhan blog anda berkualitas rendah akan kurang terlihat dalam pencarian setelah terkena penalti Panda.

179. Hukuman Panda bagi halaman

Suatu halaman berisikan konten berkualitas rendah akan dihukum oleh algoritma Panda. Akibatnya tidak akan terlihat di mesin pencari.

180. Link ke Situs bertema Farmasi atau pinjaman

Menautkan ke website bertemakan farmasi atau pinjaman harian dinamakan manautkan ke bad neighborhood. Ini akan merusak reputasi blog anda.

181. Melakukan pengalihan sebuah web ke web lain merupakan tindakan paling tidak bijaksana.

Maksudnya di hasil pencarian nama website yang muncul adalah suhardimunir.web.id, tetapi setelah di klik ternyata yang muncul nama situs lain. Akibatnya situs itu tidak akan di indeks.

182. Popup atau iklan yang mengganggu

Terlalu banyak popup dan sangat mengganggu pemirsa, akan merusak kualitas situs.

183. Situsnya Terlalu banyak optimisasi

Termasuk faktor on-page seperti terlalu banyak kata kunci, tag dan lain sebagainya.

184. Halamannya terlalu banyak optimisasi

Kalau sebuah halaman mempunyai terlalu banyak kata kunci akan menjadi target algoritma Penguin. Efeknya situs bakal hancur di mesin pencari.

185. Iklan

Algoritma Page Layout berperan dalam menghukum sebuah website dengan terlalu banyak iklan dan terlalu sedikit konten.

186. Menyembunyikan link afiliasi

Mempraktekkan cara-cara cloaking dengan menyembunyikan tautan afiliasi merupakan salah satu sebab dijatuhinya hukuman oleh Google.

187. Program Afiliasi

Google tidak menyukai link afiliasi dan situsnya akan diawasi secara ketat.

188. Auto Generated Content

Autogenerated content merupakan sebuah software berfungsi untuk mengisikan situs kita dengan konten-konten diambil dari berbagai sumber secara otomatis agar website itu terlihat di hasil pencarian. Jika blog anda tertangkap berisikan autogenerated content akan dihukum dan tidak muncul di hasil pencarian.

189. Nofollow

Melakukan nofollow seluruh outbound link atau internal link merupakan ciri-ciri mempermainkan sistim Google. Akibatnya buruk terhadap blog.

190. IP Address telah ditandai sebagai spam

Jika alamat IP server telah ditandai sebagai spam, akibatnya seluruh situs yang hosting pada server tersebut akan berimbas buruk. Hati-hatilah mencari webhosting kepercayaan anda.

191. Meta Tag Spamming

Jika anda mempermainkan meta tag, akan berimbas buruk terhadap situs. Contoh: Jika situs anda mengenai kesehatan, tetapi di meta tag blog di tulis tentang SEO, siap-siaplah di hukum.

192. Terdapat link tidak wajar

Jika terdapat sebuah link tidak wajar di blog akan ditandai sebagai link palsu.

193. Hukuman Penguin

Website yang telah terkena hukuman Penguin tidak akan terlihat di mesin pencari.

194. Profil link dengan persentase tinggi tetapi kualitas linknya rendah.

Link seperti ini berasal dari blog komentar dan forum-forum. Sumber link seperti ini biasanya dipergunakan oleh orang mempraktekkan trik SEO hitam.

195. Menautkan blog dengan domain tidak relevan

Sebuah situs dengan jumlah link tidak wajar dari situs yang tidak relevan atau tidak satu niche lebih rentan terhadap hukuman Penguin.

196. Link tidak natural

Jika Google memperingatkan anda dengan mengirimkan pesan melalui Google Webmaster Tools bahwa dia mendeteksi terdapat link tidak wajar, artinya blog anda kena hukuman dan akan hilang dari peredaran.

197. Link dari blog dengan IP sama.

Saling menautkan blog satu dengan blog lainnya dengan IP address sama akan dicurigai anda melakukan SEO hitam.

198. Anchor Text Beracun

Mendapatkan link dari anchor text seperti dengan kata kunci farmasi merupakan tanda anda melakukan spam atau kena hack. Akan merusak SERP.

199. Penalti Manual

Disamping penalti secara otomatis melalui algoritma Panda dan Penguin, Google pun menerapkan penalti secara manual. Semua ini dilakukan oleh tim ahli mereka dari berbagai negara.

200. Jualan Link

Jual beli link merupakan praktek SEO hitam. Jika Google mengetahuinya, siap-siap ke penalti.

201. Google Sandbox

Jika blog anda baru dibikin, situs itu akan dimasukkan ke dalam Google Sandbox. Jangan khawatir, dengan terus menulis dia akan keluar dengan sendirinya.

202. Google Dance

Google Dance adalah mempermainkan peringkat sebuah blog. Dia berfungsi untuk menentukan apakah sebuah situs mencoba mempermainkan algoritma Google.

203. Disavow Tool

Alat Disavow Tool dapat menghentikan hukuman manual atau hukuman algoritma untuk situs yang menjadi korban SEO hitam.

204. Permohonan Peninjauan Kembali

Jika situs anda kena penalti Google, anda dapat melakukan permohonan peninjauan kembali. Jika permohonan itu diterima, ranking blog akan meragkak naik kembali.

205. Melakukan Skema Temporary Link

Google dapat menangkap orang yang telah membuat sebuah link tetapi kemudian menghapusnya kembali. Tindakan ini ditandai melakukan spam link. Ini yg disebut dengan temporary link scheme.

Silakan sampaikan komentar Anda