16 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Blogging

bloggingJika anda baru memulai blogging, dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, maka anda perlu membaca 16 hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging. Karena belum mempunyai pengalaman, bisa saja anda akan melewatkan sesuatu yang penting dan harus dilakukan pada blog atau anda merasa tidak yakin akan bisa meraih keberhasilan seperti diharapkan.

Untuk kita ketahui bersama, semua blogger pasti pernah mengalami pasang surut dan melakukan beberapa kesalahan, merasa frustrasi, merasa buang-buang waktu dan bisa jadi mungkin merasa buang-buang uang dan tenaga.

Namun, semua blogger yang berhasil pasti tetap tegak dan terus melakukan apa yang telah dirintisnya. Memang tidak mudah, tetapi yakinlah, segala sesuatunya pasti memiliki hikmah dan hasil. Untuk itu, disini saya akan membagikan beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging agar dapat berhasil dalam waktu relatif lebih singkat dibandingkan mereka yang tidak membaca tulisan ini.

Tulisan ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

a. Bagian 1 tentang pemilihan tempat hosting dan keamanan data

b. Bagian 2 mengenai bagaimana cara agar fokus membangun blog

c. Bagian 3 cara agar blog bisa tampil dengan baik di internet

d. Bagian 4 pola fikir sebagai blogger

Bagian 1: Hosting dan Data

Sebuah blog dengan setingan yang benar, tentunya dengan tool yang dibutuhkan merupakan hal paling penting. Seiring dengan perkembangan blog, anda tentu tidak ingin dibatasi oleh tempat hosting yang terbatas atau secara tidak sengaja data yang ada terhapus atau hilang tiba-tiba atau kena bajak oleh hacker. Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah:

1. Menggunakan Tempat Hosting Berbayar

Jika anda membangun blog hanya untuk sekedar hobi, dan tidak berniat untuk menghasilkan uang dari sana, atau tidak digunakan untuk mendukung usaha yang sedang anda geluti, maka tidak ada masalah jika anda menggunakan platform gratisan seperti WordPress.com atau blogger.

Tetapi jika anda ingin memonetasi atau berkeinginan dapat menghasilkan uang dari blog tersebut, tidak ada jalan lain selain menggunakan platform berbayar untuk tempat hosting. Dengan kata lain, anda harus mempunyai nama domain sendiri dan membayar tempat hosting.
Jika anda telah mempunyai sebuah blog di tempat gratisan, dan ingin pindah ke hosting berbayar dan baru memiliki sedikit tulisan, cukup copy pastekan saja isi tulisan tersebut. Tetapi jika anda telah mempunyai cukup banyak tulisan, diperlukan langkah-langkah khusus untuk memindahkannya.

2. Pemilihan Tempat Hosting

Sewaktu memilih tempat hosting, anda harus mempertimbangkannya secara hati-hati. Jangan hanya karena seorang teman menggunakannya atau mempunyai kupon kortingan maka anda lantas memutuskan untuk menggunakan tempat hosting tersebut.

Telitilah terlebih dahulu beberapa tempat hosting yang ada di internet sebelum memulai blogging, dan sesuaikan dengan kebutuhan dari blog tersebut (bisa jadi, pilihan yang tepat bukanlah tempat hosting termurah).

Sewaktu memilih tempat hosting yang perlu diperhatikan adalah, jaminan terhadap downtime server. Semakin tinggi jaminan downtime (jika perlu tidak pernah downtime alias 100%) semakin baik. Selain masalah downtime server adalah masalah dukungan layanan teknis. Sewaktu menjalankan blog, terkadang anda akan butuh bantuan dari tempat hosting karena hanya dia yang bisa melakukannya. Untuk itu semakin cepat anda terlayani maka semakin bagus.

Seluruh perusahaan hosting mempunyai kelemahannya sendiri-sendiri, dan anda pasti akan menemukan review negatif terhadap perusahaan tersebut. Tetapi anda harus menetapkan pilihan bukan?

Berdasarkan pengalaman saya di Niagahoster, selama satu bulan ini saya tidak pernah mendapat laporan situs ini down (suhardimunir.web.id). Hal ini dikarenakan saya selalu mengupdate tulisan dan memeriksa blog hampir tiap hari.

Tetapi jika anda tidak pernah meng update nya, maka situs tersebut akan down. Ini terjadi pada salah satu blog saya yang lain, dimana saya tidak pernah update selama satu bulan. Ternyata barusan saya lihat di email, ada pemberitahuan bahwa situs tersebut mengalami down.

Jika anda telah menentukan pilihan terhadap salah satu tempat hosting dan ternyata tidak memuaskan, silakan pindah saja dari sana. Proses perpindahan dari satu tempat hosting ke tempat hosting lainnya tidaklah terlalu sulit karena biasanya semua perusahaan tempat hosting memberikan layanan migrasi gratis kepada seluruh calon pelanggannya. Anda cukup meminta ke layanan pelanggan dan memberikan data-data yang mereka minta, maka mereka akan memindahkan dalam sekejap.

3. Membuat Cadangan Data

Hal berikutnya yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah membuat cadangan data. Dengan membuat cadangan data, anda tidak perlu khawatir jika suatu saat server tempat hosting mengalami kejadian tidak terduga. Apalagi jika data atau tulisan anda sudah banyak. Lakukan backup data ini minimal satu kali seminggu, atau jika perlu tiap kali anda menerbitkan sebuah tulisan. Jadikan kegiatan mencadangkan data ini menjadi kegiatan rutin dan jangan pernah sekalipun terlewati.

Walaupun hampir seluruh perusahaan hosting menawarkan backup data di server mereka, tetapi tidak ada salahnya jika anda sendiri mempunyai cadangan sendiri.

Simpanlah file cadangan tadi di cloud dan di komputer yang anda pakai. Sehingga jika komputer mengalami kerusakan atau anda sedang jauh dari komputer yang biasa digunakan, anda masih memiliki cadangan di cloud. Cloud tempat pencadangan data bisa menggunakan Google Drive, dan tempat lainnya.

4. Masalah Keamanan

Ketika baru memulai blogging, anda mungkin masih merasa belum terlihat di internet. Belum ada yang mengetahui tentang keberadaan blog (walaupun anda sangat berharap semua orang telah mengetahuinya).

Tetapi seiring dengan jumlah tulisan dan waktu, maka blog anda dari hari ke hari akan semakin terlihat di internet. Jika sudah demikian, maka keamanan menjadi masalah tersendiri. Untuk itu anda harus memulai untuk memperhatikan masalah keamanan blog. Jangan sampai blog tersebut sampai di hack atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Bangun Email List Sejak Hari Pertama

Walaupun subscriber RSS dan follower media sosial cukup menjanjikan, tetapi hal terpenting adalah berapa banyak email subscriber yang telah di dapatkan oleh blog. Makanya memiliki email list sejak hari pertama sangat penting sekali.

Salah satu langkah awal yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah dengan memberi gratisan terhadap orang yang subscribe di blog. Dengan demikian ada alasan bagi mereka untuk mendaftarkan email mereka di blog anda. Gratisan ini disebut dengan lead magnet.

Beberapa bentuk lead magnet ini bisa dalam bentuk:

a. Sebuah panduan

b. Tip, poster atau cara mudah melakukan sesuatu (sesuai dengan tema blog)

c. Rekaman audio atau video yang tidak tersedia di internet.

d. dan hal lain yang relevan dengan topik blog.

Disamping ide di atas, anda juga bisa membuat beberapa bentuk gratisan lainnya, sesuai dengan beberapa konten yang ada di blog anda. Seperti informasi tambahan mengenai tulisan yang anda buat tetapi tidak anda sebutkan di tulisan tersebut. Sebagai contoh, jika topik blog anda tentang kumpulan resep masakan, barangkali anda bisa memberikan mereka bahan tambahan rahasia anda sehingga dengan memberikan bahan tambahan ini rasa makanan akan berbeda.

Setelah anda memiliki gratisan yang akan dibagikan, sekarang masalahnya adalah tempat para pembaca untuk mendaftarkan emailnya ke blog. Menempatkan formulir untuk mendaftarkan email di sidebar biasanya tidak begitu menarik perhatian. Silakan cobakan beberapa tempat berikut:

a. Di bawah tulisan. Dengan ditempatkan dibawah tulisan merupakan tempat paling pas karena akan langsung menarik perhatian mereka setelah membaca seluruh tulisan anda. Dengan demikian mereka biasanya akan langsung mengambil keputusan untuk mendaftarkan email mereka.

b. Disamping tulisan tetapi bisa mengikuti kemana arah scroll pembaca. Ketika pembaca membaca tulisan dan menggulirkan layarnya ke bawah, maka dia akan ikut.

c. Pop up, artinya muncul layar baru yang agak menutupi tampilan layar.

d. Tampil sewaktu pembaca pertama kali mengunjungi situs dan agak menutupi seluruh layar.

e. Formulir kontak, dengan menambahkan check box di formulir kontak dengan demikian sewaktu mereka memberikan komentar dan menceklis, otomatis mereka akan terdaftar.

Jika anda benar-benar serius dalam membangun email list ini, silakan pergunakan layanan berbayar. Dengan layanan berbayar ini, anda akan diberikan beberapa tambahan seperti analitik terhadap situs dan lain sebagainya.

Bagian 2 : Membangun Blog

Banyak blogger pemula memulai membangun blognya tentang apapun yang ada di fikiran terutama jika nama domainnya menggunakan namanya sendiri (seperti nama blog saya hehe) dibandingkan jika nama domainnya menyasar salah satu nice tertentu seperti masakanenak.com dan lain sebagainya.

Untuk membangun keterikatan kuat antara blog dengan pembaca, anda harus fokus terhadap salah satu topik sehingga jika mereka membutuhkan sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut, maka mereka sudah mengetahui kemana mereka harus menuju, yaitu blog anda.

Berikut ini beberapa saran:

6. Kategori dan Tag Harus Jelas

Apapun platform blog yang dipakai, seluruhnya menyediakan tempat untuk menentukan kategori dan tag di blog tersebut. Terkadang, terdapat salah persepsi dan bahkan salah menempatkan kategori dan tag ini. Berikut penjelasannya.

Kategori seperti sebuah daftar isi di blog. Kategori merupakan daftar dari topik umum yang ada di blog yang ingin disampaikan. Sebagai contoh, jika blog anda adalah blog mengenai internet, bisa dibuat beberapa kategori seperti SEO, media sosial, blog, dan lain sebagainya. Dengan demikian ketika pembaca ingin mengetahui pendapat anda tentang media sosial, mereka cukup memilih kategori media sosial, maka seluruh tulisan anda tentang media sosial akan ditampilkan.

Sewaktu menulis, anda bisa memasukkan tulisan itu ke dalam satu atau beberapa kategori sekaligus, jika anda fikir tulisan itu cocok dengan kategori tadi.

Sementara, tag seperti sebuah indeks blog. Tag ini lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan kategori. Beberapa tag mungkin tidak terlalu digunakan di beberapa tulisan. Postingan anda tidak harus memiliki sebuah tag, atau sebuah tulisan bisa jadi mempunyai beberapa buah tag. Kegunaan tag ini agar memudahkan mesin pencari menentukan topik sebuah tulisan.

Yang perlu diingat adalah jangan pernah menggunakan tag ini terlalu banyak sehingga terlihat seperti spam, artinya anda menggunakan beberapa tag yang mirip dengan beberapa kata kunci berbeda) karena akan terlihat tidak bagus di mata pembaca.

Sebagai pemula, jangan munculkan seluruh kategori sewaktu memulai blogging, tetapi mulailah dengan tiga atau empat buah kategori paling sering digunakan dan seiring dengan waktu, boleh anda tambahkan jika memang benar-benar dibutuhkan.

7. Tambahkan dan Gunakan Google Analytics

Hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah mengetahui perilaku pembaca sehingga bisa memprediksi tulisan berikutnya. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apa yang harus ditulis dikemudian hari atau tulisan mana yang harus diperbarui dan memperoleh kunjungan paling banyak, anda harus menggunakan Google Analytics.

Alat ini gratis tetapi memberikan banyak layanan dan memberikan data tentang pengunjung ke blog, seperti dari mana mereka datang sebelum mengunjungi blog, berapa lama mereka membaca di blog, tulisan mana saja yang mereka baca, apa browser yang digunakan dan melalui perangkat apa mereka berkunjung dan lain sebagainya.

Menambahkan Google Analytics harus dilakukan sejak hari pertama anda membangun blog, tetapi banyak dari blogger pemula mengabaikan hal ini.

Setelah anda instal dan hubungkan Google Analytics ini di blog, jangan diabaikan. Pastikan dikunjungi dan dilihat perkembangannya dari hari ke hari. Dengan menggunakan alat ini anda bisa melihat bagaimana tren pembaca blog, sehingga dapat memprediksi apa sebenarnya kebutuhan pelanggan blog tersebut.

Bagian 3: Bersaing di Internet

Hal berikutnya yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah dapat bersaing di internet. Sebuah blog harus benar-benar diperhatikan dan jangan pernah mengabaikannya. Beberapa blogger pemula berfikir bahwa mereka hanya perlu mempublikasikan tulisan mereka di blog lantas selesai. Pastikan anda bisa memaksimalkan tulisan anda di blog untuk bersaing di internet sesuai dengan topik sasaran. Berikut beberapa hal yang harus diketahui agar bisa bersaing di internet sebagai blogger pemula.

8. Tulislah Tulisan Berkualitas Dengan Konsisten

Para blogger pemula berfikir bahwa mereka harus menerbitkan sebuah tulisan tiap hari, atau bahkan beberapa buah tulisan tiap harinya. Sebenarnya pemikiran seperti ini tidak benar. Yang terpenting bukanlah berapa banyak tulisan yang diterbitkan per hari, tetapi bagaimana kualitas sebuah tulisan yang akan diterbitkan.

Pembaca akan lebih menyukai jika tulisan itu sangat berbobot dan tidak merasa buang-buang waktu ketika membaca tulisan anda. Lebih baik jika anda membuat satu buah tulisan per minggu tetapi sangat berkualitas dibandingkan menerbitkan 5 tulisan perhari, tetapi kualitasnya biasa-biasa saja.

Untuk membantu pembaca agar mengetahui apa yang mereka harapkan, pastikan untuk menjadwalkan mempublish tulisan tersebut secara teratur. Jangan pernah anda ganti jadwalnya, apalagi menghilang begitu saja. Harus konsisten.

Walaupun anda telah mempunyai beberapa tulisan yang siap di publikasikan, tetapi jika belum jadwalnya, jangan pula langsung dipublish langsung.

9. On-Page SEO

Sebagai blogger pemula, anda mungkin berfikiran bahwa SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah cara untuk memperoleh tautan dari blog lain. Walaupun hal ini benar, tetapi memperoleh tautan dari blog lain (link building) hanyalah salah satu bagian dari SEO. Sebagai pemula, fokuslah terlebih dahulu ke on-page SEO.

Caranya adalah dengan menggunakan:

a. Kata kunci – Maksud kata kunci di sini adalah kata atau phrase apa saja yang ingin anda sasar agar tulisan tersebut muncul di halaman pertama mesin pencari. Dengan kata lain, dengan menggunakan kata kunci tadi, maka calon pembaca sewaktu menuliskan kata kunci dimaksud dapat menemukan tulisan anda. Jika anda bingung kata kunci apa yang harus digunakan, bisa memakai Google AdWords Keyword Planner.

b. Interlink – Tambahkan tautan atau link ke postingan yang telah dibuat sebelumnya (atau bisa juga anda tambahkan tautan ke tulisan baru pada tulisan yang telah terlebih dahulu dibuat). Ini tidak hanya bagus untuk SEO, tetapi akan membantu pembaca untuk lebih berlama-lama dengan blog. Tiap kali menulis sebuah tulisan baru, pastikan untuk menautkannya dengan tulisan lain di blog, minimal satu  buah tautan.

c. Meta tags – Jika anda menggunakan WordPress dan telah menginstal All in One SEO Pack, maka anda bisa dengan mudah menambahkan judul dan meta description terhadap postingan tersebut. Dengan menambahkan meta tag, dia akan tampil di hasil mesin pencari. Meta description biasanya pun muncul di hasil mesin pencari. Kedua tag ini harus berisi target kata kunci.

d. Sitemaps – XML sitemap berguna bagi mesin pencari. Fungsinya adalah untuk memberitahu kepada mesin pencari seluruh halaman yang ada di sebuah blog. Dengan menggunakan XML sitemap tidak bisa meningkatkan ranking blog di mesin pencari, tetapi dia membantu mesin pencari untuk merayapi blog anda lebih gampang.

e. Google Search Console – Google Search Console ini layanan gratis dari Google. Dia disebut juga dengan Google Webmaster Tools. Fungsi dari Console ini adalah untuk mendaftarkan blog anda di mesin pencari dan memeriksa sitemap tadi, memeriksa dan menset kapan mereka merayapi sebuah situs, melihat daftar URL yang ingin dirayapi oleh Google, dan lain sebagainya. Mendaftar di Google Search Console sangat penting karena jika tidak terdaftar, anda tidak akan bisa ditemukan di mesin pencari Google. Webmaster yang saya sarankan selain Google Search Console adalah Bing Webmaster, Yandex, dan Pinterest serta Baidu Webmaster (kalau sasaran anda adalah negara Cina dan tulisan blog terdapat bahasa Cina. Apalagi Google dilarang masuk ke Cina).

10. Menjadi Penulis Tamu

Banyak para blogger menggunakan trik ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog mereka. Maksud dari penulis tamu di sini adalah membuat sebuah tulisan untuk blog orang lain. Biasanya tulisan itu tidak mendapat bayaran sewaktu anda berkontribusi di blog mereka, walaupun ada juga beberapa situs yang menawarkan bayaran.

Banyak blogger pemula beranggapan bahwa mereka harus telah terkenal dan berhasil terlebih dahulu sebelum menjadi penulis tamu di blog orang lain. Sebenarnya tidak demikian, karena banyak juga situs besar tidak terlalu mempermasalahkan apakah anda sudah tenar atau jumlah pengunjung blog anda sudah banyak atau tidak.

Yang terpenting sebenarnya adalah seberapa berkualitas tulisan yang anda buat dan apakah anda benar-benar menguasai topik dari tulisan tersebut. Jadi, yang mereka pertimbangkan bukanlah berapa banyak jumlah pengunjung blog anda.

Keuntungan dari penulis tamu di blog yang sudah tenar adalah tulisan anda akan dibaca oleh ratusan atau mungkin ratusan ribu pengunjung blog tersebut. Dari sekian pengunjung yang membaca tulisan itu, pasti ada beberapa persen yang tertarik dengan diri anda dan akan mengunjungi dan melihat blog yang telah anda sematkan sewaktu menjadi penulis tamu tadi.

Selain trafik, menjadi penulis tamu juga akan meningkatkan kredibilitas anda sebagai seorang penulis. Sekali tulisan anda diterima dan diterbitkan pada blog besar tadi, maka anda bisa memberi tahu pengunjung bahwa anda telah pernah menjadi penulis tamu. Memberi tahu mereka bisa anda cantumkan di laman About atau dimanapun anda menyukainya.

Setingan Blog

Setelah tulisan anda berkualitas, tetapi ada masalah lain yang harus dibenahi, yaitu kecepatan loading situs. Mereka tidak akan mau menunggu lama kalau loading situs anda lama. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tip agar situs anda tidak berat dan bisa lancar loadingnya.

11. Menggunakan Caching Plugin

Tidak menggunakan caching plugin merupakan kesalahan lumrah dan sering terjadi pada setiap blogger pemula. Kenapa harus menggunakan caching plugin? Karena blog anda bisa tampil lebih lancar dan lebih cepat sewaktu loading.

Fungsi caching plugin ini adalah, dia akan membantu reader dengan menempatkan sebuah cache di browser mereka sewaktu pertama kali berkunjung ke blog anda. Dengan demikian, jika di masa mendatang mereka berkunjung kembali ke situs anda, maka browser tidak akan 100% mengambil data dari blog, tetapi sebagiannya diambil dari cache yang telah tersimpan tadi.

Keuntungan lainnya menggunakan plugin ini adalah akan meningkatkan ranking blog di mesin pencari karena salah satu faktor perankingan adalah kecepatan loading situs.

Saran saya, silakan pergunakan W3 Total Cache atau WP Super Cache.

12. Optimisasi Gambar

Gambar sangat menarik perhatian mata dan menarik untuk dilihat, tetapi disamping keuntungan tadi, ada kerugian menggunakan gambar, yaitu dia lebih banyak memakan bandwidth dibandingkan tulisan. Akibatnya, kecepatan loading blog akan agak sedikit melambat. Jadi, kalau menambahkan sebuah gambar di tiap tulisan, anda harus mengoptimisasinya, artinya adalah:

a. Anda harus mengcrop gambar agar ukurannya lebih kecil. Buanglah bagian gambar yang tidak diperlukan sehingga bisa fokus terhadap elemen terpenting dari gambar tadi.

b. Pergunakan tipe file .jpg dan ekstensi lainnya. Sebenarnya tidak ada masalah jika menggunakan gambar berekstensi .png untuk gambar berukuran kecil tapi jika gambarnya berukuran besar akan menjadi masalah tersendiri karena gambar dengan berekstensi .png memiliki ukuran file lebih besar dibanding dengan file dengan ekstensi .jpg.

Alternatif lain untuk mengoptimisasi gambar bisa menggunakan WP Smush untuk file gambar yang telah di upload ke internet. Tetapi pilihan terbaik tetap dengan melakukannya secara manual (anda perkecil ukurannya terlebih dahulu, barulah di upload).

13. Favicon

Favicon merupakan gambar kecil yang muncul di samping nama situs di browser. Dia seperti logo bagi blog anda. Jika anda tidak menggunakan favicon, yang akan muncul hanyalah laman kosong saja.

Dengan menggunakan favicon akan membuat blog anda menjadi terlihat lebih profesional. Dia merupakan bagian dari merek dagang bagi blog. Selain nama blog, gambar merupakan bagian tidak terpisahkan di dunia pemasaran.

Bagian 4 : Pola Fikir Sebagai Blogger

Bagian akhir dari 16 hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging adalah pola fikir anda sebagai blogger pemula. Disamping masalah teknis dan strategi blogging di atas, salah satu masalah terpenting bagi blogger pemula adalah pola fikir untuk bisa berhasil sebagai blogger. Melalui blogging bukanlah cara cepat untuk memperoleh uang. Anda tidak bisa masuk dan keluar begitu saja ketika anda merasa jenuh dan lelah ketika menjalaninya (terutama di saat anda merasa tidak memperoleh apa pun dari kegiatan blogging ini).

Berikut beberapa hal penting yang harus ditanamkan di pemikiran seorang blogger pemula:

14. Tidak akan pernah berhasil dalam semalam

Ketika anda sedang membangun blog, barangkali anda akan bertemu dan berkenalan dengan blogger yang telah sukses dimana mereka bisa memperoleh dollar hanya dalam semalam.

Kelihatannya memang enak dan gampang karena hanya dengan membuat blog maka penghasilan akan mengalir tanpa henti.

Sebenarnya tidaklah demikian. Mereka harus berjuang mati-matian selama bertahun-tahun untuk meraih keadaan mereka yang sekarang. Bisa jadi mereka telah menggunakan berbagai cara dan upaya agar bisa bertahan di dunia internet ini.

Pendapatan secara pasif ketika blogging sebenarnya tidak ada. Semua yang terlihat seperti pendapatan secara pasif ini membutuhkan kerja keras dan dedikasi tinggi untuk membangunnya. Dan jika telah memperoleh pendapatan pasif ini pun masih dibutuhkan kontinuitas dalam mempertahankannya.

Jika anda benar-benar ingin berhasil di blog ini, cobalah rubah cara pandang. Mulailah dari sekarang melihat kegiatan blogging ini sebagai bagian dari bisnis yang sedang dijalani. Fikirkanlah bagaimana sebenarnya rencana anda ke depan untuk dapat menghasilkan uang melalui blog, dan sewaktu salah satu cara tadi tidak berhasil, cobalah cari cara lain.

15. Pengaturan Waktu

Ketika anda memulai sebuah blog, mungkin anda telah mempunyai beberapa kewajiban di dalam kehidupan sehari-hari. Bisa jadi anda adalah seorang pelajar, telah memiliki keluarga dan lain sebagainya. Semua itu membutuhkan komitmen penuh dan tidak bisa diabaikan dan ditinggalkan begitu saja demi membangun blog. Untuk itu sangat penting sekali jika anda harus bisa pandai-pandai dalam mengatur waktu agar bisa seluruh kegiatan sehari-hari tidak tertinggal dan terabaikan.

Demikian juga jika anda memutuskan menjadi blogger secara full time. Anda tetap harus bisa mengatur waktu. Untuk lebih memudahkan anda membangun blog, berikut beberapa yang perlu digunakan, yaitu:

a. Pergunakan alat untuk membuat rencana kerja ke depan.

b. Selalu luangkan waktu sejenak untuk istirahat. Biasanya bekerja selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Lakukan secara teratur.

c. Jadwalkan suatu kegiatan yang dilakukan tiap hari secara khusus. Sebagai contoh, anda dapat menjadwalkan waktu tiap jam 8 malam hingga jam 9 malam adalah waktu untuk menanggapi komentar postingan di media sosial dan menjawab email masuk.

d. Lakukan pekerjaan yang memakan banyak energi di saat anda merasa bugar dan lebih fokus. Biasanya lakukan di pagi hari atau setelah beristirahat tidur.

16. Tanggapan Negatif

Blogger pemula seringkali agak mengkhawatirkan tentang bagaimana caranya menanggapi tanggapan negatif terhadap karya mereka. Tanggapan itu bisa datang dari komentar negatif di blog, atau email masuk yang bernada marah.

Sesungguhnya seluruh blogger pernah memperoleh tanggapan tidak menyenangkan ini. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang dan sebagian dari pembaca anda mungkin tidak memperoleh apa yang mereka harapkan dari tulisan tersebut.

Kebanyakan, tanggapan negatif itu tidaklah semuanya tentang diri anda. Bisa jadi mereka sedang mengalami kesialan dan sedang kesal, sehingga mereka melampiaskannya ke diri anda.
Jika anda pernah memperoleh tanggapan negatif seperti ini, jangan pernah terpancing untuk membalasnya dengan hati panas pula. Cobalah untuk mengambil nafas sejenak dan jauhkanlah tangan anda dari keyboard. Terkadang, dengan merespon tanggapan mereka dengan bijak bisa meningkatkan kredibilitas dan menambah pengikut bagi blog anda.

Hal terpentingnya adalah jangan pernah mengabaikan tanggapan negatif ini. Cobalah lihat tren komentar tersebut. Misalnya jika anda sering memperoleh komentar tentang keabsahan data yang disampaikan maka untuk ke depannya anda harus memeriksa kembali tulisan dan data-data tersebut sebelum menerbitkannya.

Demikianlah 16 hal yang harus diketahui sebelum memulai blogging. Tetapi jika anda merupakan seorang yang telah kenyang asam garam di dunia blogging atau baru merintis jalan menuju sukses sebagai blogger pemula, silakan sampaikan pendapat anda di kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

2 thoughts on “16 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Blogging

  1. Selama aku langganan di niagahoster. Websiteku juga jarang banget down. Pelayanannya oke banget, setiap penawaran-penawaran yang ada menarik

  2. makasi om sudah berkunjung. Niagahoster memang mooy

Silakan sampaikan komentar Anda